Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi CCTV


0

Seiring dengan semakin majunya teknologi, kini apapun bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mempermudah suatu pekerjaan. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah tentang fungsi smartphone Android yang bisa dijadikan sebagai alat yang multiguna.

Smartphone Android juga bisa dimanfaatkan sebagai CCTV. Seperti yang kita ketahui, CCTV merupakan sesuatu yang penting karena fungsi CCTV sendiri adalah sebagai kamera pengawas yang berguna untuk mengawasi suatu area dari jarak jauh. Sehingga kita bisa melihat keadaan di sekitar area yang di pasangi CCTV dan memantaunya dari jauh.

Cara Menjadikan Smartphone Android Menjadi CCTV

Nah, lalu bagaimana cara memanfaatkan smartphone Android sebagai CCTV? Nah, untuk melakukannya silahkan lakukan hal-hal berikut ini.

Cara memanfaatkan smartphone Android sebagai CCTV:

Langkah pertama:

  1. Siapkan satu buah device Smartphone Android.
  2. Satu buah notebook yang terintegrasi dengan WiFi atau satu buah PC yang sudaf dilengkapi dengan perangkat WiFi.
  3. Kunjungi Play Store, lalu cari aplikasi dengan nama IPCam dan di situ akan ada beberapa pilihan. (kami menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Happy Droids yang bisa didapatkan dengan gratis).
  4. Pilih aplikasi itu and install pada ponsel Android anda.

Proses pengubahan smartphone menjadi CCTV:

  1. Aktifkan fasilitas Tethering WiFi Sharing pada ponsel Android.
  2. Jalankan aplikasi IPCam yang barusan diinstall.
  3. Pada bagian bawah paling kiri, anda akan melihat tombol dengan huruf (i). Itu adalah petunjuk penggunaan dari IPCam. Silahkan baca untuk sedikit memahami bagaimana camera ini bekerja.
  4. Di sebelahnya ada gambar kunci. Pilihan itu untuk memberikan autentikasi jika ada yang ingin mengakses camera. Untuk percobaan kali ini, agar lebih mudah, kosongkan saja pilihan ini.
  5. Pilih setting Quality sesuai dengan keinginan anda. Semakin baik Quality, maka akses bisa tambah lambat dan begitu juga sebaliknya, semakin jelek Quality maka akses semakin cepat (Gambar tidak patah-patah). Paca contoh kali ini, kami mencoba 50%, pertengahan dari kualitas camera.
  6. pada bagian size, pilih size sesuai dengan keinginan anda. Hal ini juga tergantung dengan ponsel, jika ponsel memang belum mampu mengambil resolusi yang tinggi, jangan dipaksakan.
  7. Tekan gambar IP pada bagian bawah dan masukkan port yang akan anda gunakan. Jika anda belum faham apa itu port, gunakan por 8000 saja (Default port) dan lanjutkan dengan memilih Save.
  8. Sekarang, nyalakan camera dengan cara “touch” pada bagian kanan bawah gambar tombol On/Off.
  9. Di situ anda akan melihat IP address dari camera beserta port dari camera tersebut.
  10. Saat ini, kembali ke notebook/komputer, koneksikan WiFi dengan ponsel Android yang sudah dikatifkan Tethering WiFi Sharing.
  11. Setelah terkoneksi, buka web browser dan masukkan alamat IP address sesuai dengan yang tertera pada gambar sebelumnya. Pada contoh, IP address yang digunakan adalah 192.168.43.1 dengan port 8000 maka pada adress browser, tuliskan http://192.168.43.1:8000/ . Jika semua proses sudah terkonfigurasi dengan baik, anda akan melihat tulisan seperti gambar di bawah ini.
  12. Selanjutnya pilih salah satu metode yang akan digunkan, apakah memilih menggunakan web browser, menggunakan media player atau menggunakan yang lain. Silahkan berkreatifitas. Pada contoh, kami menggunakan web browser Firefox.
  13. Yang perlu diingat, tidak semua web browser support dengan aplikasi ini. Untuk itu pastikan anda menggunakan web browser yang paling baru atau menggunakan media selain web browser.

Sekarang, smartphone Android Anda sudah siap digunakan sebagai CCTV yang siap membantu Anda dalam mengawasi rumah atau tempat kerja Anda. Jadi, selamat mencoba.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format