July 9, 2014

Quick Count Pilpres 2014: Jokowi-JK Unggul, TVOne Memang Beda

Waktu pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden telah selesai, kini kita hanya menunggu pengumuman resmi dari KPU tentang siapa yang akan melangkah maju sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia untuk jangka waktu lima tahun kedepan. Pengumuman dari hasil perhitungan manual oleh KPU akan di umumkan pada tanggal 22 Juli 2014 mendatang. Namun, kini kita bisa melihat hasil perhitungan cepat dari lembaga-lembaga survei yang ada di Indonesia.

Saat ini, lembaga-lembaga survei perhitungan cepat pemilu sudah menampilkan data hasil perolehan sementara. Hasil ini bisa kita lihat di televisi atau juga bisa kita lihat di Internet atau situs-situs berita terpercaya seperti Kompas, Detik, Tribun, OkeZone, Viva News, dan yang lainnya.

Menurut beberapa lembaga survei, Jokowi-JK lebih unggul di bandingkan dengan Prabowo-Hatta. Namun, ada juga lembaga survei yang menyebutkan bahwa Prabowo-Hatta lebih unggul dari Jokowi-JK. Hal ini tentu membuat bingung banyak kalangan terkait manakah hasil survei yang benar. Namun, kebanyakan lembaga survei menyatakan bahwa Jokowi-JK lah yang meraih suara lebih banyak daripada pasangan Prabowo-Hatta.

Quick Count Pilpres 2014: Jokowi-JK Unggul, TVOne Memang Beda

Berikut adalah hasil survei dari beberapa lembaga survei Indonesia:

No Lembaga Survei Prabowo-Hatta JokowiJK Sumber
1 Populi Center 49,05 50,95 Suara.com
2 CSIS 48,1 51,9 Liputan6.com
3 Litbang Kompas 47,66  52,33  Kompas.com
4 Indikator Politik Indonesia 47,05 52,95 Metrotvnews.com
5 Lingkaran Survei Indonesia 46,43 53,37 Konferensi pers
6 Radio Republik Indonesia 47,32 52,68 Detik.com
7 Saiful Mujani Research Center 47,09 52,91 Detik.com
8 Puskaptis 52,05 47,95 Viva.co.id
9 Indonesia Research Center 51,11 48,89 okezone.com
10 Lembaga Survei Nasional 50,56 49,94 Viva.co.id
11 Jaringan Suara Indonesia 50,13 49,87 Viva.co.id

Dari tabel diatas terlihat mayoritas lembaga survei memperlihatkan hasil yang memenangkan pasangan Jokowi-JK, tapi hanya beberapa yang menampilkan data yang menyatakan Prabowo-Hatta menang. Perbedaan ini juga terjadi pada beberapa stasiun TV Indonesia. Stasiun TVRI, TRANS TV, Indosiar, Metro TV, NET TV menyatakan bahwa pasangan nomor urut 2 menang.

Namun hal beda justru ada pada RCTI, MNC TV, Global TV dan TV One. Keempat stasiun televisi ini menyebutkan bahwa Capres nomor urut 1 mengungguli suara dari Jokowi-JK. Hal ini mungkin saja terjadi, mengingat stasiun-stasiun televisi ini memang memiliki kedekatan yang spesial dengan Capres nomor urut 1 tadi. Jadi, memang benar slogan dari TVOne yaitu TVOne [Memang Beda].

Jadi, Anda tidak perlu bingung dengan hasi-hasil survei diatas, karena hasil tersebut bersifat sementara. Hasil quick count bisa saja berbeda dengan hasil yang akan di umumkan oleh KPU minggu depan.

Loading...

Author Profile

7 komentar

Bingung aq koq masing² kandidat ngaku bahwa merekalah pemenangx..zzz

Ini yang membuat bingung saya, dan mungkin juga masyarakat Indonesia pada umumnya tentang hasil hasil quick countnya lembaga Survey ini. Yang mana yang harus dipercaya. Bagaimana kredibelnya lembaga lembaga survey itu. Bagaimana proses perhitungannya sehingga bisa mencapai angka angka tersebut? Ini yang harus menjadi bahan pertimbangan semua pihak

Dagelan pemilu presiden 2014 Mas.,,tidak ada capres yang kalah.. hehe

Yang terpenting adalah hasil perhitungan dari KPU mas .. :D

Hehehe benar mas, masing-masing menang di stasiun tv yang berbeda ... :v

benar sekali itu mas nazar, kemenangan akan kita ketahui saat diumumkan oleh KPU

Silakan tulis komentar Anda...