Mengenal Program Microsoft Visual Basic


0

Apakah kamu tau tentang program aplikasi Microsoft Visual Basic? Microsoft Visual Basic (VB) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat program aplikasi berbasis Windows.

Program VB ini sangat mudah untuk dipelajari untuk pemula, karena Visual Basic menggunakan bahasa pemrograman BASIC yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sederhana dan sangat mudah untuk dipelajari.

Visual Basic dapat digunakan untuk menciptakan suatu program dengan beberapa keunggulan, diantaranya adalah mudah digunakan dan mudah dikembangkan namun tidak mengurangi kualitas dan keindahan desain dan programnya.

Fasilitas kontrol yang tersedia juga cukup lengkap. Inilah salah satu faktor pendukung yang bagus jika kamu ingin belajar menjadi seorang programmer.

Sejarah Ms. Visual Basic

Bill Gates memulai bisnis perangkat lunak dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800. Kemudian ia ubah agar dapat berjalan pada IBM PC dengan sistem operasi DOS.

Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).

Visual Basic adalah pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Bahasa BASIC diciptakan oleh Professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz dari Perguruan Tinggi Dartmouth pada pertengahan tahun 1960-an.

Bahasa program tersebut tersusun mirip dengan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh para programer untuk menulis program-program komputer sederhana yang berfungsi sebagai pembelajaran bagi konsep dasar pemrograman komputer.

Sejak saat itu, banyak versi BASIC yang dikembangkan untuk digunakan pada berbagai platform komputer, seperti Microsoft QBASIC, QUICKBASIC, GWBASIC, IBM BASICA, Apple BASIC dan lain-lain.

Perkembangan Visual Basic

Visual Basic 1.0 di perkenalkan pada tahun 1991. Konsep pemrograman dengan metode drag-and-drop untuk membuat tampilan aplikasi Visual Basic ini diadaptasi dari prototype generator form yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan perusahaannya, dengan nama Tripod. Microsoft kemudian mengontrak Cooper dan perusahaannya untuk mengembangkan Tripod menjadi sistem form yang dapat diprogram untuk Windows 3.0, di bawah kode nama Ruby.

Tripod tidak memiliki bahasa pemrograman sama sekali. Ini menyebabkan Microsoft memutuskan untuk mengkombinasikan Ruby dengan bahasa pemrograman Basic untuk membuat Visual Basic.

Bagaimana? Sudah kenal dengan Microsoft Visual Basic? sekarang tunggu apalagi, ayo belajar Visual Basic!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Bangga Bangga
0
Bangga
Keren Keren
0
Keren
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Wow Wow
0
Wow
Marah Marah
0
Marah
Takut Takut
0
Takut

Legend

Pecinta ayam goreng, tempe penyet dan klepon.

Comments

comments

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format