Bagaimana Agar Terhindar Dari Azab Kubur?

Bagaimana Agar Terhindar Dari Azab Kubur?

Dalam agama Islam, dikenal istilah azab atau siksa kubur. Siksa ini diberikan kepada orang yang berdosa dan belum sempat bertaubat hingga kematian datang menjemput.

Orang yang berdosa dan belum sempat bertaubat hingga kematiannya itu akan mendapatkan siksa kubur hingga hari kiamat tiba. Siksa kubur ini banyak dijelaskan dalam hadist-hadist Rasulullah dan juga di dalam Alquran.

Salah satu hadist Rasulullah tentang siksa kubur ini adalah:

"Seandainya kalian tidak akan saling menguburkan, tentulah aku akan berdoa kepada Allah agar memperdengarkan kepada kalian siksa kubur yang aku dengar." [HR. Muslim]

Karena kita yakin akan adanya siksa kubur yang mengerikan ini, maka sebaiknya mulai dari sekarang kita melakukan hal-hal yang baik dan dapat menghindarkan kita dari siksa kubur dan siksa neraka.

Menurut Al-Baihaqi yang berguru hadist pada Syekh Abu Abdullah al-Hakim menyebutkan bahwa salah satu resep agar bisa terhindar dan selamat dari siksa atau azab kubur yang pedih adalah dengan cara selalu mengerjakan amal saleh yang dikerjakan sepanjang hidupnya di dunia.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman di dalam Alquran sebagai berikut:

"Dan, barang siapa yang beramal saleh maka untuk diri mereka sendirilah mereka menyiapkan (tempat yang menyenangkan)." [QS. Ar-Ruum ayat 44]

Menurut para ahli tafsir, tempat yang menyenangkan yang dimaksud adalah sebuah kedamaian yang akan diperoleh setelah kematian.

Hal ini juga diperkuat dengan hadist riwayat Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa ketika mayat sudah diletakkan di kuburnya, maka dia akan mendengar suara langkah kaki orang-orang yang mulai meninggalkan kuburnya. Namun apabila dia adalah orang yang beriman, maka amalan shalat akan berada di atas kepalanya, puasa di sebelah kanannya, dan zakat ada di samping kirinya. Sedangkan, amalan lainnya, seperti sedekah, silaturahim, dan perbuatan baik ada di sekitar kedua kakinya. Masing-masing akan menjadi saksi dan pelindung baginya.

Jadi, sebenarnya sangat mudah bukan cara agar terhindar dan selamat dari azab dan siksa kubur? cukup lakukan amal saleh selama hidup di dunia, mentaati perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya, maka insyaAllah kita akan terhindar dari siksa kubur. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Tergelincir di Jembatan Shirathal Mustaqim

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Tergelincir di Jembatan Shirathal Mustaqim

Ketika kiamat sudah terjadi, maka semua manusia dari zaman nabi Adam hingga manusia terakhir akan dikumpulkan di padang Mahsyar untuk dimintai pertanggungjawabannya masing-masing selama mereka hidup di dunia.

Setelah itu, manusia hanya tinggal menunggu keputusan apakah akan masuk surga atau neraka. Disebutkan bahwa saat orang-orang akan berjalan menuju surga atau neraka, mereka akan melewati sebuah jembatan di akhirat yang bernama Shirathal Mustaqim.

Jembatan ini merupakan jalan menuju surga juga neraka. Sebab, siapa yang berhasil melewati jembatan ini, ia akan sampai di surga. Tapi siapa yang celaka, dia akan tergelincir dan jatuh ke dalam neraka.

Melewati jembatan ini bukanlah perkara yang mudah. Sebab jembatan Shirathal Mustaqim ini disebutkan sangat tipis, yakni bagaikan rambut yang dibelah menjadi tujuh. Selain itu, permukaan Shiratal Mustaqim ini juga sangat licin. Sehingga bisa dibayangkan bagaimana susahnya untuk melewati jembatan tersebut.

Namun, bagi orang-orang yang beriman dan beramal soleh serta taat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya dengan menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang selama hidup di dunia, maka insyaAllah dia akan mendapatkan pertolongan dari Allah ketika melewati jembatan tersebut.

Selain itu, beberapa amalan ini juga bisa membantu kita kelak di akhirat saat melewati jembatan Shirathal Mustaqim tersebut. Berikut ini adalah 5 amalan yang harus kita lakukan agar tidak tergelincir di jembatan Shirathal Mustaqim:

1. Selalu Terikat dengan Masjid

Salah satu dari 5 hal tersebut adalah dengan cara selalu terikat dengan masjid. Maksudnya adalah kita selalu ingat dan dekat dengan masjid, seperti melakukan shalat berjama'ah di masjid, mengikuti pengajian-pengajian, atau pun juga ikut membantu merawat atau membangun masjid.

2. Bersedekah dengan Ikhlas

Perbuatan baik selanjutnya yang bisa menyelamatkan kita agar tidak tergelincir saat melewati jembatan Shirathal Mustaqim adalah dengan cara bersedekah dengan ikhlas.

Dengan bersedekah, Allah akan memudahkan jalan kita saat melewati jembatan Shirathal Mustaqim. Tidak harus dengan harta, sebuah senyuman yang tulus juga sudah termasuk dalam sedekah.

Rasulullah bersabda: "Barangsiapa berbuat kebaikan dengan bersedekah, maka ia diperbolehkan melewati ash-Shiraat dengan mendapatkan petunjuk."

Jika kita ingin mendapatkan petunjuk saat melewati Shirathal Mustaqim, maka bersedekahlah dengan ikhlas.

3. Meringankan Beban Orang Lain

Hal ketiga yang dapat membantu kita agar tidak tergelincir saat melewati jembatan Shirathal Mustaqim adalah dengan cara meringankan beban orang lain.

Namun, kita juga harus melakukan hal itu dengan ikhlas dan niat yang tulus. Dengan membantu meringankan beban orang lain, maka kita juga akan mendapatkan pahala kebaikan atas apa yang sudah kita lakukan, dan hal itu akan bermanfaat di akhirat kela.

Dari Aisyah, Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang menyambungkan bagi saudaranya yang Muslim kepada orang yang mempunyai kekuasaan dalam menyampaikan kebaikan atau memberikan kemudahan kepada orang yang tengah dalam kesulitan, Allah akan memberikan pertolongan atas kemudahan melewati ash-Shiraath pada hari Kiamat ketika kaki tergoyah."

4. Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Dalam Islam, kita juga diajarkan untuk saling memaafkan kesalahan orang lain. Sebab, hal itu juga merupakan salah satu perbuatan yang baik dan terpuji.

Kita juga bisa mendapatkan kemudahan saat melewati jembatan Shirathal Mustaqim dengan cara memberikan maaf kepada orang lain. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memberi maaf terhadap orang lain, maka Allah akan menyedikitkan kesulitannya di hari Kiamat."

5. Menjaga Kaum Mukminin Dari Gangguan Orang Munafik

Terakhir adalah dengan menjaga kaum mukminin dari gangguan orang-orang munafik. Orang-orang munafik ini sangat berbahaya sebab bisa menjerumuskan orang lain ke dalam neraka.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muadz bin Anas, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang menjaga seorang Mukmin dari gangguan kaum munafik, maka Allah akan mengutus baginya seorang raja yang akan menjaga dagingnya pada hari Kiamat dari panasnya api neraka dan barangsiapa yang menginginkan seseorang terjerumus pada suatu kejelekan, maka Allah akan memasukkannya ke dalam Jahannam sampai dia mau mengakui apa yang dikatakannya." [HR. Abu Dawud]

Itulah beberapa hal yang bisa memudahkan kita untuk melewati jembatan Shirathal Mustaqim, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi bahan renungan untuk kita semua.
Selengkapnya
Tips Rumah Dijual Supaya Bisa Laku Dengan Cepat

Tips Rumah Dijual Supaya Bisa Laku Dengan Cepat

Pentingnya bagi kita mengenai sebuah rumah memang sudah tidak diragukan lagi, jika berbicara penting atau tidaknya maka rumah ini sangatlah penting sekali.

Rumah ini memiliki banyak sekali kegunaan terlebih untuk mereka yang sudah berkeluarga pastinya peranan rumah ini tentunya untuk membangun kerekatan bersama dengan keluarga.

Memang tidak mudah untuk memiliki rumah tentunya untuk membeli rumah ini penuh dengan perjuangan. Nah, disini ada beberapa Tips Rumah Dijual di Jakarta yang tentunya bisa memberikan petunjuk untuk Anda yang mungkin saja kini akan menjual rumah Anda.

Dalam menjual rumah Anda harus memperhatikan hal tersebut:
  1. Melakukan renovasi rumah. Perlu sobat ketahui bahwa renovasi rumah ini sebagai salah satu upaya untuk menjadikan rumah lebih menarik dari sebelumnya, maka dengan cara merenovasi rumah ini akan dapat memberikan daya tawar rumah yang akan Anda jual bisa lebih mahal.
  2. Kemudian dari segi promosi yang dilakukan, atau penawaran yang dilakukan. Saat ini lagi populernya media online, maka media online ini menjadi salah satu hal yang tentunya penting saat ini Anda gunakan. Anda bisa melakukan penjualan melalui media online seperti halnya dengan media social seperti facebook atau bahkan juga bisa menggunakan tempat khusus website jual beli rumah secara online.
  3. Kemudian selanjutnya yaitu mengenai masalah harga yang Anda benaderol untuk rumah yang Anda jual tersebut, pastikan dengan harga yang menarik pula, jangan ada kesenjangan antara harga dan kualitas rumah tersebut, karena akan menyebabkan rumah tersebut tidak akan dilirik sama sekali oleh mereka yang akan membelinya.
Nah sobat beberapa hal yang tentunya cukup menarik yang bisa Anda temukan diatas yang bisa Anda gunakan sebagai tips rumah dijual agar rumah yang Anda jual tersebut bsia laku lebih cepat, kemudian juga harganya mahal dan memberikan kepuasan untuk Anda dan yang membeli rumah Anda.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan kepada Anda mengenai tips tersebut, semoga informasi ini bisa memberikan solusi untuk Anda semua yang membutuhkan. Terimakasih.
Selengkapnya
Tempat Tinggal Yang Nyaman Untuk Keluarga Tercinta

Tempat Tinggal Yang Nyaman Untuk Keluarga Tercinta

Jika anda bicara tentang tempat tinggal pasti ada beberapa hal yang masuk ke pikiran anda tentunya selain itu juga tempat tinggal memang sangat penting untuk beberapa hal yang bisa anda tentukan yaitu apa yang harus anda miliki untuk melindungi keluarga anda adalah tempat tinggal. Sewa apartemen adalah yang salah satunya tempat tinggal bisa anda jadikan referensi tentunya.

Tempat tinggal yang nyaman tentu saja akan memberikan kebhagiaan untuk keluarga. Namun memang biasanya apartemen emmiliki peraturan yang ketat sehingga ada beberapa orang yang memikirkan hal yang mungkin akan membuat mereka harus berpikir dua kali ketika ingin menyewa apartemen tersebut. Dan tentu saja inilah waktunya untuk anda mencoba mengerti beberapa syarat sewa apartemen.

Jika dibandingkan dengan regulasi sewa rumah biasa tentu saja ada perbedaan sehingga anda harus mengerti bahwa ada banyak sekali hal yang mungkin akan membuat anda bingung tentunya karena ketika anda melihat dari beberapa hal seperti yang mungkin anda mengerti tentu saja peraturan sewa apartemen.

Ada banyak hal yang harus diketahui untuk anda yang tidak paham tentang apasih sewa apartemen yang mungkin bisa disesuaikan.

Jika anda merasakan terlalu banyak peraturan yang rumit tentu saja anda harus melihat ke beberapa sewa apartemen yang lain sehingga anda menemukan tentunya dengan peraturan yang memang anda mengerti dan anda nyaman.

Banyak masalah lainnya yang mungkin anda harus ketahui ketika anda melihat beberapa tempat sewa apartemen yang cocok.

Perjanjian yang mungkin anda mengerti tentunya adalah yang anda mengerti kontrak resmi dan regulasi yang sesuai. Kontrak verbal tentu saja akan lebih sulit karena tidak adanya tertulis akan melihat tentunya seperti apa nantinya yang anda inginkan.

Anda bisa menyewa melalui agen juga dan tentunya ini semua bisa membuat anda semakin mudah karena ada agen yang bisa menyamakan dengan beberapa tempat lainnya yang mungkin memiliki regulasi yang juga sama sehingga anda akan mendapatkan tujuan yang benar dalam memilih tempat tinggal yang nyaman untuk anda.
Selengkapnya
Beberapa Tips Rumah Dijual Bisa Mempermudah Anda

Beberapa Tips Rumah Dijual Bisa Mempermudah Anda

Menjual rumah memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, dalam hal ini tentunya memerlukan keahlian supaya rumah yang di jual tersebut bisa secepatnya laku.

Hal tersebut tentunya sangat membutuhkan keahlian yang memang benar-benar ahli dalam penjualan tersebut. Memang tidak mudah untuk melakukan penjualan rumah ini namun kali ini saya memiliki tips rumah dijual di Depok yang tentunya dari sini sedikit banyak bisa menjadi referensi untuk Anda.

Banyak kemudahan jika Anda menggunakan tips tersebut, yang pada dasarnya tidak banyak orang yang menggunakan tips tersebut untuk penjualan rumah yang dilakukan.

Terlebih mereka mempercayakan kepada orang penjual rumah untuk menjual rumah nya, tentunya ini akan mengurangi hasil penjualan Anda yang sesungguhnya.

Maka dari itu beberpa hal akan saya berikan kepada Anda mengenai tips rumah dijual yang tentunya akan mempermudah Anda:

  1. Yang pertama yaitu buatlh rumah Anda menjadi semenarik mungkin dari segi kebersihan dan berbagai hal yang lainnya, yang tentunya bisa membuat orng lain yang memandang rumah Anda merasa nyaman ketika melihatnya.
  2. Pastikan dengan benar dan sesuai dengan sasaran Anda mempromosikan rumah Anda. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan cara yang manual, namun yang lebih efektifnya saat ini Anda bisa menggunakan media online seperti halnya di forum jual beli facebook, kemudian juga di website dan tempat jual beli online yang lainnya.
  3. Selanjutnya yaitu mengenai masalah harga yang Anda bandrol jangan terlalu mahal. Berilah harga yang sesuai dengan porsinya. Supaya orang lain juga tertarik untuk melihat dan sudi untuk melihat-lihat dan kemudian membelinya. Jika dari segi harga saja sudah tidak tertarik maka bisa di pastikan rumah yang Anda jual tersebut tidak akan laku-laku.
Nah beberapa hal yang tentunya bisa Anda lihat. tips rumah dijual diatas pastinya akan bisa membantu Anda untuk menjual rumah tersebut. Demikian informasi yang bisa saya bagikan kepada Anda yang sedang ingin menjual rumah dan semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Tips Rumah Dijual Supaya Cepat Laku

Tips Rumah Dijual Supaya Cepat Laku

Berbicara mengenai rumah memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak sekali saat ini yang namanya rumah tersebut, lahan pun untuk saat ini sangat mahal karena memang pembangunan rumah yang semakin hari semakin banya. Ada juga yang mencari rumah yang sudah jadi dan tidak perlu untuk membuatnya dari awal.

Berbagai macam rumah saat ini juga bisa kita temukan mulai dari model yang minimalis dan ada yang memiliki model yang mewah. Nah jika Anda ingin menjual rumah, maka saat ini tentunya sangat mudah sekali. Terlebih jika Anda mengerti tentang tips rumah dijual di Bandung.

Bisa Anda lihat mengenai beberapa tips jika Anda ingin rumah yang Anda jual cepat laku dan memiliki harga yang tinggi:

  1. Mepercantik rumah dengan cara merenovasinya dengan sebaik-baiknya. Dengan kita merenovasi dan menjadikan rumah tersebut bersih dan terlihat menarik maka ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya.
  2. Memasarkan atau mempromosikan rumah yang Anda jual tersebut melalui media online. Apa hari ini yang tidak di jual lewat media online. Hampir semua yang ada di sekitar kita penjualannya akan lebih efektif jika menggunakan media online. Karena dengan menggunakan ini pastinya akan sangat cepat di ketahui oleh banyak orang. Dengan media ini pula biayanya sangat murah pula.
  3. Berikan harga yang menarik pada rumah yang Anda jual tersebut. Harga yang proporsional dan tidak terkesan tinggi tentunya akan lebih banyak diminati. Hal ini mengingat bahwa masyarakat kita merupakan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Jadi jika Anda ingin menjadi penjual rumah maka lebih baik dengan rumah-rumah yang tidak terlalu mahal.

Nah beberapa hal tersebut tentunya merupakan Tips Rumah Dijual yang pastinya juga cukup penting untuk Ada gunakan supaya rumah yang Anda jual tersebut cepat laku dan.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan kepada Anda, semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk Anda semuanya yang membutuhkan. Terimakasih.
Selengkapnya
Inilah Makanan Para Penghuni Neraka

Inilah Makanan Para Penghuni Neraka

Surga dan neraka merupakan dua tempat yang akan menjadi tempat kembali manusia ketika hari kiamat datang. Apakah seseorang akan masuk ke surga atau neraka adalah tergantung amal dan perbuatannya selama di dunia.

Jika seseorang memiliki amal baik dan amal saleh yang banyak, maka ia pasti akan mendapatkan keberuntungan di akhirat dengan mendapatkan ganjaran berupa surga dengan kenikmatan di dalamnya.

Namun jika orang tersebut memiliki banyak dosa daripada amal baiknya, maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka dan mendapatkan siksa di dalamnya. Tidak ada kenikmatan di dalam neraka tersebut, yang ada hanya siksaan yang sangat pedih sebagai ganjaran atas apa yang telah diperbuat di dunia selama hidupnya.

Neraka merupakan seburuk-buruknya tempat kembali, para penghuni neraka akan sangat tersiksa di dalamnya. Bahkan makanan dan minuman di dalamnya pun sangat menjijikan dan menyiksa siapa pun yang memakan atau meminumnya.

Dan berikut ini adalah makanan para penghuni neraka yang menjijikan.

1. Pohon Zaqqum

Pohon ini adalah pohon yang ada di neraka. Buah dari pohon Zaqqum inilah yang akan menjadi makanan para penghuni neraka kelak. Dalam sebuah riwayat bahkan disebutkan bahwa jika pohon ini diletakkan di dunia, maka akan hancur bumi beserta isinya. Jika dimakan rasanya akan seperti kuningan yang dicairkan bahkan lebih buruk.

Dalam Alquran, Allah menjelaskan:

"Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya." [QS. Al-Waqi'ah ayat 51-53]

Pohon dan buah Zaqqum itu diterangkan Allah dalam surat As-Saffat sebagai berikut:

"(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim." [QS. As-Saffat ayat 62-68]

2. Pohon Dhari

Pohon Dhari adalah salah satu menu makanan para penghuni neraka. Pohon Dhari ini merupakan pohon yang memiliki duri yang sangat keras. Apabila dimakan maka tidak akan membuat perut kenyang, tapi menyumbat tenggorokan.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana rasa sakit saat memakan makanan neraka yang satu ini. Allah berfirman:

"Mereka tidak akan mendapat makanan selain dari pohon yang berduri (Dhari). Yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar." [QS. Al-Ghasiyah ayat 6-7]

3. Ghislin

Selain mendapatkan makanan, para penghuni neraka juga akan mendapatkan minuman yang menjijikan. Minuman itu adalah Ghislin, yaitu darah dan nanah para penghuni neraka. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

"Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa." [QS. Al-Haqqah ayat 35-37]

Apakah kamu bisa membayangkan bagaimana menjijikannya minuman penghuni neraka yang satu ini? semoga kita tidak akan pernah menjumpainya.

4. Al-Hamim

Saat kepanasan, kita pasti akan mencari air untuk diminum dengan harapan tenggorokan menjadi sejuk. Namun, di neraka ada minuman yang bernama Al-Hamim. Yakni minuman yang sangat panas dan dapat menghancurkan isi perut bagi siapa yang meminumnya.

"Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah," [QS. An-Naba ayat 24-25]

Bukan kesejukan yang akan didapat, justru siksa yang akan dirasakan penghuni neraka yang meminum Al-Hamim.

5. Al-Ghassaq

Berbeda dengan Al-Hamim yang sangat panas, Al-Ghassaq merupakan minuman para penghuni neraka berupa cairan nanah dan darah yang sangat dingin dan sangat busuk. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa apabila satu tetes dari nanah tadi ditumpahkan di barat, bau busuknya akan sampai kepada orang yang di timur. Sekiranya air nanah itu dituangkan di timur, orang yang tinggal di barat akan mencium baunya.

Na'udzubillahi min dzalik, semoga kita dijauhkan dari neraka sehingga kita tidak menemui hidangan-hidangan yang mengerikan itu. Semoga artikel ini bermanaat.
Selengkapnya
Hindari 5 Cara Berpakaian Terburuk Saat Melamar Kerja

Hindari 5 Cara Berpakaian Terburuk Saat Melamar Kerja

Ketika menghadiri wawancara kerja, kamu pasti sudah seharusnya berpakaian bagus, rapi, sopan dan enak dilihat kan? Tapi terkadang masih saja ada orang yang kurang paham bagaimana cara berpakaian yang semestinya saat melamar kerja dan melakukan hal-hal ini.

Berdandan "seadanya"

Jeans dan sandal adalah kesalahan besar. Seperti yang kamu tahu, berpakaian rapi adalah keharusan. Kamu bisa pakai blazer, hem lengan panjang, dan celana kain hitam. Ini adalah dasarnya. Pakailah baju yang fresh, tak harus baru sih, namun pastikan pakaian formalmu tidak terlihat lawas dan lusuh karena sudah kamu pakai puluhan kali.

Masalah high heels

Jangan memaksakan diri memakai high heels jika memang kamu tidak nyaman menggunakannya. Pakai sepatu yang nyaman dipakai, cukup pakai sepatu pantofel dengan hak 5 cm dengan heels yang tidak terlalu kecil. Pewawancara akan tahu jika kamu merasa tidak nyaman. Mereka lebih suka orang yang nyaman dengan dirinya terlebih dahulu daripada orang yang memaksakan diri.

Membawa banyak barang

Kamu terlihat sangat merepotkan dan tidak praktis karena kamu membawa banyak barang. Cukup bawa resume atau CV mu yang lengkap dalam satu map. Jika memang diperlukan bawa laptop, bawa yang ringkas bersama smartphone. Jangan bawa camilan, minuman atau yang lainnya ke dalam ruang interview.

Terlalu banyak aksesoris

Hindari pakai banyak aksesoris. Tak perlu bergemerincing pakai banyak kalung, lengkap dengan gelang dan anting panjang. Hal ini membuatmu terlihat lebih mementingkan bersolek ketimbang bekerja. Orang yang serius bekerja akan lebih simpel secara penampilan namun enak dilihat.

Pakai warna baju yang mencolok

Hindari pakai warna mencolok seperti orange, kuning dan hijau. Sebuah penelitian mengatakan bahwa warna hitam adalah warna yang paling membuat banyak orang percaya diri. Warna lain yang mengikutinya adalah putih. Warna hitam memberi kesan tegas, serius, kuat dan terpercaya.

Selain kepribadian dan kemampuanmu dalam bekerja, berpenampilan baik adalah kesan pertama yang bisa memengaruhi apakah kamu akan diterima atau tidak. Jadi, belajarlah mengenali bagaimana cara berpakaian yang baik sebelum berangkat kerja ya. (Vemale)
Selengkapnya
Bocah 7 Tahun Ini Sudah Punya Payudara Ukuran Jumbo

Bocah 7 Tahun Ini Sudah Punya Payudara Ukuran Jumbo

Payudara wanita akan tumbuh seiring dengan pertumbuhan orang tersebut, dan biasanya itu akan terjadi saat seorang wanita menginjak usia remaja dan dewasa.

Namun apakah mungkin seorang bocah berusia 7 tahun memiliki payudara berukuran besar layaknya orang dewasa? hal ini benar-benar dimiliki oleh seorang bocah asal Glendale, California.

Meski usianya baru 7 tahun, gadis belia ini sudah memiliki payudara berukuran jumbo. Awal mula bocah ini bisa memiliki payudara dengan ukuran seperti orang dewasa itu adalah saat gadis bernama Juliet Manson ini menerima hadiah natal yang sangat istimewa dari sang bunda.

Ternyata hadiah tersebut adalah hadiah yang paling sangat dia inginkan selama ini, yakni memiliki payudara seperti orang dewasa. Ibunya mengajaknya pergi ke China dan melakukan implan payudara.

Selama dua tahun terakhir, Juliet selalu memohon kepada sang bunda untuk melakukan operasi implan payudara karena ia sangat menginginkannya. Namun sang ibu selalu mengatakan kepadanya bahwa dia akan memilikinya saat tumbuh dewasa nanti.

Namun Juliet bersikeras ingin melakukan implan payudara.

"Dia (Juliet) akan meminta kepada saya beberapa kali setiap harinya. Tidak ada yang dinginkannya di dunia ini selain memiliki payudara," kata ibu Juliet kepada NBC, seperti dilansir worlddailynewsreport.com.

Sang ibu bahkan sempat berkonsultasi dengan beberapa psikiater untuk menyembuhkan obsesi putrinya itu. Namun hasilnya tidak begitu membaik, justru seorang psikeater bernama Eduardo Ramirez malah menyarankan dia untuk mengabulkan keinginan putrinya itu.

Hingga akhirnya, Dana pun mewujudkan keinginan aneh putrinya itu. Ia sempat menghubungi beberapa klinik di Amerika Serikat dan Meksiko, namun semuanya tidak ada yang sanggup melakukan implan payudara terhadap seorang gadis kecil.

Namun akhirnya sang ibu, Dana Manson menemukan sebuah klinik di kota Hangzhou, China, di mana dokter bersedia melakukan operasi implan payudara terhadap putrinya.

Dan pada 22 Desember tahun lalu, Dana berangkat ke China bersama putrinya dan melakukan operasi implan payudara. Kini, Juliet sudah memiliki payudara berukuran 30C. Dana mengaku putrinya sangat senang dengan hadiah tersebut, meskipun dia masih kecil kini dia memiliki payudara dengan ukuran besar.
Selengkapnya
Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil dan Melahirkan?

Berapa Usia Terbaik Untuk Hamil dan Melahirkan?

Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan kehadiran seorang anak dalam keluarga kecil mereka. Sebab, tidak ada hal yang lebih membahagiakan selain mendapatkan seorang momongan.

Apalagi untuk pasangan-pasangan yang baru saja menikah, banyak dari mereka yang ingin memiliki anak meski baru saja menikah. Hal ini wajar, karena dengan kehadiran seorang anak pasti sebuah keluarga akan terasa lebih lengkap dan sempurna.

Namun, tak ada salahnya bukan untuk mengetahui kira-kira berapa sih usia terbaik dan ideal untuk hamil dan melahirkan? menurut hasil riset University of California menyebutkan bahwa usia terbaik bagi wanita untuk hamil dan melahirkan adalah antara usia dibawah 30 tahun atau 20-an ke atas.

Sedangkan usia sangat matang bagi wanita untuk hamil dan melahirkan adalah di usia 35 tahun. Dari hasil riset yang dilakukan pada bulan November 2016 lalu itu menyebutkan bahwa wanita yang melahirkan pertama kali saat menginjak usia 35 tahun memiliki ekspektasi hidup lebih lama dan fungsi mental yang stabil.

Riset ini membandingkan wanita yang melahirkan pada usia 15 hingga 24 tahun dengan wanita melahirkan usia 35 tahun. Dan hasilnya wanita yang melahirkan pada usia 35 tahun memiliki kemampuan memecahkan masalah lebih baik, cerdas dalam berdiplomasi, mental stabil, dan kekuatan memori yang akurat.

Singkatnya, riset menyimpulkan bahwa wanita yang baru melahirkan pada usia 35 tahun hidup lebih bahagia dan kemungkinan berusia panjang.
Selengkapnya
Heboh! Kuntilanak Terekam Kamera Saat Tawuran Warga

Heboh! Kuntilanak Terekam Kamera Saat Tawuran Warga

Sebuah kamera smartphone diciptakan untuk memudahkan orang-orang ketika ingin merekam atau mengabadikan sebuah momen yang ingin mereka simpan.

Saat ini perkembangan kamera smartphone sudah semakin canggih karena dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru yang lebih mumpuni tentunya.

Namun tak jarang dengan kecanggihan kamera smartphone yang sekarang ini justru kadang penggunanya malah bisa merekam hal-hal ganjil yang bisa bikin bulu kuduk merinding.

Seperti kejadian yang baru-baru ini sedang heboh di media sosial ini. Netizen saat ini sedang ramai membicarakan soal sebuah rekaman video yang di dalamnya diduga ada penampakan kuntilanak.

Video berdurasi singkat itu pada awalnya hanya merekam kerumunan warga yang sedang terlibat tawuran. Tapi tak lama kemudian sekelebat bayangan putih muncul dari balik lampu dan terbang di atas gerombolan orang itu.

Tak ada yang menyadari kejadian itu, bahkan si perekam video juga tak menyadarinya. Berikut ini adalah videonya,



Berbagai reaksi dan komentar netizenpun beragam, ada yang percaya dan ada juga yang menanggapinya dengan santai dan guyonan.

"mungkin kuntinya lagi nonton, tpi kena lemparn batu, jadi mau pindah tempat tuh... Heeeee" tulis akun dengan nama @ciniree

"Menurut pendapat saya itu memang kuntilanak asli... Ato sejenisnya" tulis @pramanta_jati

Ada juga yang menganggap kalau itu hanyalah asap, seperti kata akun di bawah ini,

"Ah itu mah asep kali," tulis @ayusriirahayu

Saat ini video tersebut sudah dilihat oleh 23 ribu netizen di Instagram dan lebih dari 340 ribu di Facebook. Bagaimana pendapatmu?
Selengkapnya
Komunitas Flat Earth Temui Kepala LAPAN Untuk Minta Bukti Bumi Itu Bulat

Komunitas Flat Earth Temui Kepala LAPAN Untuk Minta Bukti Bumi Itu Bulat

Teori Bumi Datar atau Flat Earth baru-baru ini kembali menjadi salah satu sorotan publik sepanjang tahun 2016 lalu. Meski sudah banyak bukti kalau bumi itu bulat, namun nyatanya banyak juga orang yang percaya dengan teori tersebut.

Di negara-negara dengan ilmu sains yang sudah maju saja, masih banyak orang yang percaya dengan teori bumi datar tersebut. Dan di Indonesia sendiri, komunitas tersebut juga ada.

Di Facebook, komunitas tersebut memiliki grup Facebook dengan nama Indonesian Flat Earth Society yang mempunyai anggota 19.659 orang. Teori tersebut berkembang di Indonesia dan menjadi perdebatan setelah salah satu saluran YouTube bernama Flat Earth 101 mengunggah video-video bantahan teori bumi bulat.

Dari situlah sehingga banyak orang yang menjadi percaya dengan teori bumi datar. Beberapa waktu lalu, beberapa orang dari komunitas Flath Earth menemui profesor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin untuk berdiskusi tentang bentuk bumi.

Pertemuan itu dilakukan di LAPAN pada Jumat, 30 Desember 2016 lalu. Kedatangan mereka pun disambut baik oleh Thomas Djamaluddin yang kemudian menjelaskan bantahan tentang teori flat earth.

Dikutip dari Brilio.net, Thomas mengatakan,

"Beberapa penggemar FE (Flat Earth) meminta berdiskusi tentang konsep gerhana, satelit, dan hal-hal terkait. Saya sediakan waktu Jumat, 30 Desember 2016 di Kantor LAPAN. Saya jelaskan konsep sains yang benar,"

Dalam sebuah video yang diunggah oleh djamaluddin di YouTube, terlihat penggemar FE menyebut jika kedatangan mereka untuk meminta penjelasan dari Thomas Djamaluddin.

Pertemuan tersebut direkam dan bisa dilihat pada video dibawah ini:



Jawaban-jawaban dari Profesor Thomas Djamaluddin bisa dilihat di blog tdjamaluddin.wordpress.com.
Selengkapnya
Begini Jadinya Kalau Truk Nekat Lewat Jembatan Kayu

Begini Jadinya Kalau Truk Nekat Lewat Jembatan Kayu

Sebuah truk bisa memiliki bobot yang sangat berat, oleh karena itu jalan yang harus dilewatinya pun harus bisa menerima beban truk tersebut yang sangat berat agar jalan tidak amblas.

Lalu, bisakah sebuah jembatan kayu menampung beban berat truk? hanya dengan melihat saja, mungkin kita bisa mengetahui apakah jembatan tersebut bisa dilalui oleh sebuah truk atau bahkan mobil atau tidak.

Sebagai pengemudi, seseorang harus bisa mempertimbangkan apakah jalan yang akan dilalui itu bisa dilalui oleh kendaraannya atau tidak. Jangan sampai kejadian ini menimpa kamu juga saat sedang menghadapi jalanan yang memang benar-benar sulit.

Dalam sebuah video yang diunggah di halaman Facebook Tribun Jogja Video, terlihat sebuah truk berwarna merah mencoba untuk melintas di atas jembatan kayu.

Hanya dengan melihatnya saja, seseorang mungkin sudah bisa memperkirakan jika jembatan tersebut tidak akan kuat menahan beban truk yang sangat berat itu.

Namun, entah apa yang ada di dalam benak sang sopir, dengan modal niat 'yang penting yakin', dia mencoba untuk melewati jembatan tersebut.

Hasilnya, jembatan itu pun tak bisa menahan beban kendaraan dan akhirnya ambruk. Truk yang berada di atasnya pun nyemplung ke sungai yang ada di bawahnya. Beruntung, sang pengemudi bisa langsung keluar dari dalam truk dan menyelamatkan diri.



Wah, jangan sampai kejadian ini juga terjadi pada kamu ya sob. Selalu perhatikan keadaan sekitar ketika sedang berkendara.
Selengkapnya
Kasihan, Gadis Ini Tak Boleh Keluar Rumah Karena Dianggap Terlalu Cantik

Kasihan, Gadis Ini Tak Boleh Keluar Rumah Karena Dianggap Terlalu Cantik

Seorang gadis asal Rusia bernama Angelica Kenova ini dilarang keluar rumah oleh orangtuanya karena dianggap terlalu cantik. Orangtuanya beranggapan bahwa anaknya terlalu berbahaya jika harus berada di luar rumah.

Orangtuanya sangat takut jika dirinya keluar rumah, akan ada hal buruk yang menimpanya. Bahkan hampir seumur hidupnya gadis cantik itu menghabiskan waktu hanya berada di dalam rumah.

Bahkan untuk membeli baju, sepatu, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya pun Angelica harus mengandalkan ibunya untuk membelikan semua itu. Saat keluar rumah, dirinya juga harus dikawal oleh beberapa orang agar orangtuanya bisa memastikan jika anaknya benar-benar aman diluar sana, bahkan saat dirinya berkencan.

"Orang tua saya membesarkan saya seperti seorang putri dan tidak pernah membiarkan saya pergi , kencang dengan anak laki-laki atau melakukan kegiatan orang dewasa lainnya," kata Kenova, seperti dilansir Viral4real.

"Akibatnya, saya merasa tidak cocok dengan kehidupan di dunia nyata. Aku seperti boneka hidup. Sejak masih kecil, orang tua saya mendandani saya seperti boneka Barbie," tambahnya.

Kasihan, Gadis Ini Tak Boleh Keluar Rumah Karena Dianggap Terlalu Cantik

Wajah Kenova memang terlihat seperti boneka Barbie, namun dirinya mengatakan bahwa dia tak pernah sekalipun melakukan operasi plastik dan setiap bagian tubuhnya adalah alami.

Yang dia harapkan saat ini adalah bisa keluar dan hidup dengan bebas serta bisa pergi kemanapun dia mau.
Selengkapnya
Ada Apa dengan Fitsa Hats?

Ada Apa dengan Fitsa Hats?

Sejak beberapa jam yang lalu, banyak netizen di media sosial membicarakan Fitsa Hats. Mungkin banyak dari kita yang mengenal salah satu tempat makanan yang terkenal dengan nama Pizza Hut.

Namun kali ini netizen banyak yang mengubah nama tersebut dengan sebutan Pizza Hut, kira-kira kenapa ya? ternyata 'Fitsa Hats' menjadi bahan perbincangan di media sosial setelah sidang keempat kasus penistaan agama yang dijalani gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyita perhatian netizen.

Dikutip dari Liputan6.com, usai sidang, Ahok ketika itu membeberkan sejumlah kejanggalan para saksi yang dihadirkan jaksa. Salah satu yang disebut Ahok adalah saksi atas nama Novel Chaidir Hasan Bamukmin.

Menurut dia, saksi tersebut merasa malu karena pernah bekerja di Pizza Hut dan memilih mengubah nama restoran tersebut di dalam BAP menjadi Fitsa Hats. Kontan, pernyataan tersebut pun ramai dibicarakan di internet, terutama media sosial.

Bahkan, pembahasan mengenai Fitsa Hats ini sempat menjadi trending topic di Twitter. Sejumlah netizen pun ramai mengunggah kata-kata tersebut dan menjadikannya bahan guyonan.

Ada Apa dengan Fitsa Hats?

Beberapa di antaranya juga mengaitkan kata-kata tersebut dengan Sari Roti dan Equil yang sudah lebih dulu populer di media sosial. Kendati demikian, tak sedikit pula yang menyebut bahwa penulisan BAP merupakan wewenang kepolisian dan bukannya saksi.

Banyak netizen yang membahas Fitsa Hats ini di media sosial. Banyak netizen menyebarkan berbagai meme dengan tulisan 'Fitsa Hats' beserta gambar-gambar lucu.
Selengkapnya
Dijahili Orang Iseng, Tulisan 'Hollywood' Berubah Jadi 'Hollyweed'

Dijahili Orang Iseng, Tulisan 'Hollywood' Berubah Jadi 'Hollyweed'

Ada hal menarik pada hari pertama di tahun 2017 lalu, orang-orang di media sosial banyak yang membicarakan 'Hollywood'. Pasalnya, salah satu ikon di kota Los Angles, California ini sempat menjadi sasaran keusilan seseorang.

Tulisan raksasa 'Hollywood' itu dibuat seolah-olah terlihat seperti 'Hollyweed' jika dilihat dari kejauhan karena pada huruf 'O' tulisan tersebut ditutupi terpal sehingga terlihat seperti huruf 'e'.

Pelaku yang belum diketahui identitasnya itu melakukan aksi tersebut sebelum tahun baru dan tulisan 'Hollyweed' itu bertahan beberapa jam pada awal tahun 2017.

Para turis yang melihat kejadian itu langsung mengabadikan kejadian tersebut dan melakukan swafoto / selfie dengan latar tulisan 'Hollyweed' tersebut.

Dengan cepat, gambar-gambar 'Hollywood' yang berubah menjadi 'Hollyweed' itu pun langsung menyebar di media sosial dan menjadi viral.

Petugas setempat mengatakan, seseorang dengan mengenakan baju serba hitam tampak terekam kamera saat melakukan aksi tersebut. Dan mereka mengatakan bahwa pelaku berpotensi menghadapi masalah hukum karena dianggap masuk ke sebuah tempat tanpa izin. Dalam rekaman, pelaku terlihat memanjat pagar pelindung yang dikelilingi oleh Griffith Park.

Aksi ini mungkin berkaitan dengan persetujuan warga California bulan November lalu atas Proposition 64 - suatu aturan yang melegalkan ganja untuk tujuan non-medis mulai tahun 2018 nanti. Dan kata "Weed" yang pelaku ganti disana artinya adalah ganja.

Tindakan itu bukanlah yang pertama kali, sebab pada tahun 1976, seorang mahasiswa juga pernah melakukan aksi yang serupa.
Selengkapnya
Meski Tinggal Serumah, Pria Ini Tak Bicara Pada Istrinya Selama 20 Tahun

Meski Tinggal Serumah, Pria Ini Tak Bicara Pada Istrinya Selama 20 Tahun

Dalam sebuah rumah tangga, pasti ada pertengkaran yang pernah terjadi dan hal itu merupakan hal yang sangat wajar. Sebab, setiap orang yang menjalani rumah tangga pasti pernah mengalami masalah-masalah kecil dalam kehidupannya.

Ketika sedang terjadi pertengkaran, biasanya suami dan istri tidak akan berbicara satu sama lain dalam beberapa waktu. Biasanya hanya beberapa hari saja, namun yang terjadi pada suami istri yang satu ini sangat mengherankan.

Pria ini tidak mau berbicara kepada istrinya selama 20 tahun meski mereka masih tinggal dalam satu atap. Karena sebuah pertengkaran yang pernah terjadi, pasangan asal Nara, Jepang bernama Otou Katayama dan istrinya, Yumi ini tidak saling berbicara selama 20 tahun lamanya.

Sang istri selalu berusaha untuk mengajak suaminya untuk berbicara kepadanya, namun tiap kali istrinya ingin mengajak bicara, Katayama hanya menjawab dengan anggukan kepala atau menggumam.

Kabar ini bisa sampai didengar oleh media karena anak mereka yang bernama Yoshiki, 18 tahun, menulis surat ditujukan kepada sebuah acara televisi agar kedua orangtuanya bisa didamaikan karena dia tidak pernah mendengar ibu bapaknya saling bicara.

Setelah itu, mereka menyusun rencana untuk mempertemukan suami istri tersebut di sebuah tempat dimana mereka pertama kali berkencan dulu. Sementara itu, ketiga anaknya juga ikut memperhatikan kedua orangtuanya dari kejauhan secara diam-diam.

"Sudah lama sejak kita bicara terakhir kali. Yumi, hingga saat ini, kau sudah menjalani banyak kesulitan. Aku ingin kau tahu, saya bersyukur atas segalanya," ujar Katayama kepada istrinya.

Dalam pengakuannya Katayama mengatakan dia cemburu atas perhatian istrinya terhadap anak-anak mereka.

"Saya agak cemburu. Saya merajuk. Tapi sekarang tidak lagi," kata dia.

Meski Tinggal Serumah, Pria Ini Tak Bicara Pada Istrinya Selama 20 Tahun

Anak-anak mereka yang melihat kejadian itu tak kuasa menahan haru hingga meneteskan air mata.

Kini pasangan yang sudah tak saling berbicara selama 20 tahun itu sudah kembali mengobrol seperti biasa, mereka juga bisa hidup dengan bahagia.
Selengkapnya
5 Peristiwa Paling Menghebohkan di Tahun 2016

5 Peristiwa Paling Menghebohkan di Tahun 2016

Kini tahun 2016 sudah berlalu dan berganti ke tahun 2017. Selama tahun 2016 itu ada banyak sekali peristiwa-peristiwa yang menghiasi perjalanan selama satu tahun ini.

Nah, kali ini makintau.com akan merangkum beberapa peristiwa paling menghebohkan sepanjang tahun 2016 ini yang dikutip dari situ merdeka.com. Berikut ini adalah beberapa peristiwa paling menghebohkan tersebut:

1. Bom Sarinah

Bom Sarinah

Kamis (14/1), warga ibu kota dikejutkan sebuah serangan bom di depan gerai Starbucks yang berada di Jakarta Theater, Jakarta Pusat. Ledakannya menimbulkan asap di seluruh ruangan, sejumlah pengunjung pun panik dan berlarian keluar.

Sedikitnya, terjadi dua ledakan. Seorang warga negara asing asal Kanada ditembak mati oleh seorang teroris. Namun aksi pertama tersebut belum tercium aparat kepolisian.

Sorotan langsung terjadi ketika bom ketiga meledak di Pos Polisi Sarinah, tepat pukul 10.00 WIB, yang langsung menewaskan tiga orang termasuk pelakunya. Seorang polisi ikut terluka dalam ledakan tersebut. Kejadian itu langsung mendapat perhatian warga sekitar, bahkan mereka mendekat ke lokasi.

Rupanya, kelengahan itu dimanfaatkan dua pelaku teror, Afif dan Muhammad Ali. Keduanya langsung melancarkan tembakan ke arah polisi yang sedang berada di sekitar Pos Polisi. Satu dari serangkaian peluru yang ditembakkannya mengenai kepala Rais, security Bangkok Bank, hingga tewas di tempat.

Dalam waktu singkat polisi berdatangan, para pelaku terpojok di sebuah lahan parkir di dalam Jakarta Theater. Tembakan AKBP Untung Sangaji tepat mengenai tangan Afif, yang saat itu tengah memegang bom untuk dilempar ke arah petugas.

Bom yang dipersiapkan Afif itu keburu meledak sebelum dilempar. Afif dan rekannya Ali tewas di tempat.

2. Kasus Kopi Sianida Jessica

Kasus Kopi Sianida Jessica

Kasus Mirna sangat menyita perhatian masyarakat. Sebab, banyak yang melihat proses kematian Wayan Mirna Salihin sangat tidak wajar, wanita kelahiran 30 Maret 1988 itu tewas setelah meminum es kopi Vietnam saat bersama dua temannya, Jessica Kumala Wongso dan Hani Juwita Boon di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta.

Kejadian itu berlangsung 6 Januari 2016. Awalnya banyak yang menduga Mirna memiliki kelainan pada kesehatannya, namun hasil uji laboratorium menemukan adanya racun sianida di dalam lambung.

Hasil otopsi yang dilakukan terhadap jenazah Mirna, ditemukan adanya pendarahan pada lambung dikarenakan adanya zat yang bersifat korosif masuk dan merusak mukosa lambung. Belakangan diketahui, zat korosif tersebut berasal dari Sianida.

Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri juga sudah mengeluarkan hasil pemeriksaan sampel kopi yang diminum Mirna. Hasilnya, ditemukan 15 gram racun sianida. Sebagai perbandingan, 90 miligram sianida bisa menyebabkan kematian pada orang dengan berat badan 60 kilogram. Sekitar 90 miligram, jika dalam bentuk cairan, dibutuhkan 3-4 tetes saja. Sedangkan 15 gram, sekitar satu sendok teh.

Setelah dilakukan pengembangan dan memeriksa beberapa saksi, polisi segera menetapkan Jessica, rekan Mirna saat kuliah di Australia, sebagai tersangka. Dia diduga kuat telah memasukkan racun mematikan itu ke dalam minuman Mirna.

Jessica sendiri diperiksa sebanyak 5 kali. Tidak hanya meminta keterangan Jessica, polisi juga menggeledah rumahnya untuk mencari celana yang dipakai Jessica saat kejadian. Namun celana tersebut tidak ditemukan.

Jessica dituntut 20 tahun penjara atas tindak pidana pembunuhan yang diatur dalam Pasal 340 KUHP. Dalam tuntutannya, jaksa meyakini Jessica terbukti bersalah meracuni Mirna dengan menaruh racun sianida dengan kadar 5 gram. Jessica disebut menutupi aksinya dengan cara meletakkan 3 kantong kertas di meja nomor 54.

Setelah melalui rangkaian persidangan panjang, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat akhirnya menjatuhkan vonis 20 tahun penjara terhadap Jessica pada 27 Oktober lalu. Kubu Jessica tidak terima terhadap putusan tersebut dan mengajukan banding.

3. Ahok dan Kasus Penistaan Agama

Ahok dan Kasus Penistaan Agama

Basuki Tjahaja Purnama, atau akrab disapa Ahok, mungkin tidak menyangka kedatangannya ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu bakal berbuntut panjang. Mantan Bupati Belitung Timur itu langsung dituduh melakukan penistaan agama usai menyinggung Surah Al Maidah ayat 51.

Semula, tidak ada yang menyadari bentuk perkataan Ahok yang dikatakan menghina ayat suci Alquran dan para ulama, hingga sebuah video berjudul 'Ahok: Anda Dibohongi Al-Quran Surat Al-Maidah 51' diunggah oleh Buni Yani dan viral di media sosial. Ahok pun segera dilaporkan ke Bareskrim, sedikitnya polisi menerima 10 laporan dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam video tersebut, Ahok mengatakan, "Bapak ibu ndak bisa memilih saya, dibohongi pake surah Al-Maidah 51 dan macem-macem itu. Itu hak bapak ibu. Ya, jika bapak ibu perasaan tidak bisa pilih nih karena saya takut masuk neraka, dibodohin gitu ya, ya enggak apa-apa? Karena inikan panggilan pribadi bapak-ibu."

Setelah banyak dilaporkan ke polisi, Ahok segera meminta maaf. Namun, permintaan maaf itu tak menyurutkan umat Islam agar dia dijebloskan ke penjara.

Sejumlah aksi demonstrasi menuntut Ahok dipenjara pun digelar, mulai demonstrasi yang dilakukan elemen ormas Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Umat Islam (FUI), hingga demonstrasi pada 4 November yang berakhir ricuh dengan dibakarnya tiga kendaraan milik kepolisian.

Tepat 16 November lalu, Ahok resmi ditetapkan sebagai tersangka. Meski demikian, Ahok tetap dapat mengikuti tahapan Pilkada sebagai Calon Gubernur, dan tidak ditahan. Tidak ditahannya Ahok memicu aksi unjuk rasa gelombang ketiga yang digelar 2 Desember.

Tak hanya Ahok, Buni Yani selaku pengunggah pertama video tersebut juga telah ditetapkan sebagai tersangka. Berbeda dengan Ahok, Buni langsung mengajukan gugatan praperadilan atas kasus yang menjeratnya, namun ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kini, kasus yang menjerat Ahok telah melewati masa persidangan ketiga. Dalam sidang terakhir, majelis hakim menyatakan menolak nota pembelaan atau eksepsi Ahok, dan sidang akan dilanjutkan kembali pada 3 Januari mendatang.

4. Vaksin Palsu

Vaksin Palsu

Terbongkarnya perdaran vaksin palsu membuat gempar masyarakat Indonesia. Apalagi, peredarannya tak hanya berada di klinik-klinik kecil, sejumlah rumah sakit swasta juga ikut mengedarkannya.

Polemik keberadaan vaksin palsu ini dimulai dengan tertangkapnya pasangan suami istri Rita Agustina dan Hidayat Taufiqurahman pada 21 Juni lalu. Keduanya dibekuk penyidik Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Dari tangan keduanya, polisi menyita barang bukti berupa 36 dus atau sekitar 800-an sampul vaksin palsu. Selain Rita dan Taufiq, polisi juga menangkap belasan orang lainnya yang ikut memproduksi, dan menjual vaksi palsu tersebut ke sejumlah klinik, bidan dan rumah sakit.

Tidak main-main, vaksin yang dipalsukan tersebut merupakan vaksin untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya, seperti campak, polio, hepatitis B hingga BCG. Meski demikian, kandungannya tidak berbahaya di mana isi vaksin berbeda dengan kemasan pada botol, misalnya vaksin BCG diisin vaksin hepatitis B.

Terungkapnya kasus itu langsung membuat masyarakat resah. Beberapa rumah sakit yang namanya diungkap oleh Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan (BPOM) diserbu para pasiennya, dan berjanji akan memberi vaksin ulang secara gratis.

Kini, kedua pasangan suami istri tersebut tengah menjalani persidangan. Saat ini, pengadilan masih memeriksa saksi-saksi, termasuk mendatangkan saksi dari BPOM.

Atas perbuatannya, keduanya didakwa UU Kesehatan dengan ancaman 10 tahun penjara. Tak hanya itu, mereka juga dijerat UU Pencucian uang.

5. Isu Makar

Isu Makar

Pagi hari jelang aksi demonstrasi 2 Desember, atau dikenal aksi 212, masyarakat dikejutkan dengan sejumlah penangkapan yang dilakukan aparat kepolisian. 11 Orang dibekuk di tempat berbeda, mulai dari Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, hingga Kivlan Zen.

Dari 11 nama, tujuh di antaranya dituduh akan melakukan aksi makar. Sisanya, terlibat dalam kasus penghinaan terhadap presiden serta ujaran kebencian. Akan tetapi, masing-masing membantah.

Setelah menjalani pemeriksaan yang berlangsung selama berjam-jam, mereka semua dilepas, kecuali Sri Bintang Pamungkas. Tak hanya itu, polisi juga menyematkan status tersangka kepada 11 nama tersebut.

Polisi lantas bergerak cepat memburu penyandang dana kasus makar tersebut.

Penyelidikan kasus makar ini diduga dimulai dari beredarnya surat dari Sri Bintang Pamungkas yang meminta Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk mengubah konstitusi kembali kepada Undang-Undang Dasar 1945, mencabut mandat Presiden Joko Widodo serta mengangkat presiden baru.

Sejauh ini, belum ada satupun tersangka yang diajukan ke pengadilan. Polisi masih menyelidiki kasus tersebut.
Selengkapnya
Kemeriahan Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara di Dunia

Kemeriahan Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara di Dunia

Perayaan tahun baru berlangsung sangat meriah di daerah-daerah di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, momen pergantian tahun 2016 ke 2017 itu juga disambut dengan meriah di berbagai negara di dunia.

Kembang ada banyak sekali kembang api yang menyambut momen pergantian tahun tersebut. Dikutip dari Kompas.com, pesta kembang api di Sydney dikenal sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Menurut informasi yang dikutip Australia Plus, tahun ini ada 20.000 kembang api yang ditembakkan dari Sydney Opera House dan Harbour Bridge menciptakan 2.700 efek warna.

Perayaan di New York juga salah satu yang dinanti-nantikan. Warga New York dan turis berkumpul di Times Square untuk menghitung mundur detik-detik pergantian tahun yang ditandai jatuhnya bola raksasa warna-warni.

Dan berikut ini adalah beberapa foto kemeriahan perayaan tahun baru di berbagai negara di dunia.

1. Singapura



2. Australia.

Video kiriman StreetArtGlobe (@streetartglobe) pada


3. Perancis.



4. Inggris.

Video kiriman ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ญ๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง (@armie.loves.london) pada


Bagaimana dengan perayaan tahun baru di tempatmu?
Selengkapnya