Kenapa Badan Tetap Kurus Meski Sudah Banyak Makan?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Banyak orang gemuk yang ingin memiliki bentuk tubuh ramping dan lebih kurus, tetapi sebaliknya, ada juga orang yang memiliki tubuh kurus ingin terlihat gemuk dan berisi.

Akhirnya, berbagai macam cara pun dilakukan untuk bisa menaikkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih berisi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan lebih banyak makan.

Banyak orang yang mungkin bisa dengan mudah menaikkan berat badannya hanya dengan cara tersebut, tetapi ada juga yang susah gemuk meski sudah banyak makan.

Dilansir dari situs Alodokter, ternyata ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang, sehingga meski sudah banyak makan, berat badan tubuh tidak kunjung naik.

Banyak Aktivitas Fisik


Hard Work in Office

Salah satu penyebab berat badan tak kunjung naik meski sudah banyak makan adalah karena banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Sehingga meskipun sudah makan banyak, berat badan tubuh tidak berubah. Hal ini dikarenakan setiap aktivitas yang kamu lakukan akan membakar kalori tubuh, sehingga tubuh akan tetap kurus meski sudah banyak makan.

Faktor Genetika


Faktor Genetik membuat badan tetap kurus

Ada orang yang meski makan makanan yang berlemak, meski sedikit saja bisa mempengaruhi berat badannya. Tapi ada juga yang meski makan sebanyak apapun, berat badannya akan tetap saja. Bisa jadi hal tersebut adalah karena faktor genetika.

Seorang dokter pakar diet, Phaidon L Toruan, menjelaskan bahwa faktor genetika sangat berperan dalam menentukan bentuk tubuh seseorang selain kebiasaan makan. Sifat genetik yang mempengaruhi bentuk tubuh seseorang dibagi menjadi tiga, yaitu ectomorf, endomorf, danmesomorf.

Stress


Stress

Sudah banyak makan, tetapi tetap kurus? mungkin salah satu faktor penyebab hal tersebut adalah stress. Jangan kira, stress tidak bisa mempengaruhi berat badan seseorang. Ketika stress, seseorang mungkin bisa kehilangan nafsu makan, tapi juga bisa makan dalam jumlah yang banyak juga. Tetapi kebanyakan makanan-makanan tersebut tidak bergizi. Sehingga, sebanyak apapun makanan yang masuk ke tubuh, tetapi jika tidak bergizi, maka berat badan juga tidak akan naik.

Sistem Metabolisme Tubuh yang Tinggi


How to diet

Hal utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan adalah sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori. Orang yang banyak makan tetapi tetap kurus berarti memiliki sistem metabolisme yang sangat tinggi. Sistem metabolisme yang sangat tinggi ini membuat makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar dari metabolisme rata-rata, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh.

Jadi, buat kamu yang ingin gemuk, cobalah untuk menjalankan gaya hidup sehat seperti makan yang teratur dan makan makanan bergizi, pola tidur yang baik, serta memiliki waktu istirahat yang cukup.