5 Tempat Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi Saat di Purwokerto

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Nama kota Purwokerto memang masih terdengar asing, khususnya jika dikaitkan dengan tempat-tempat wisata terkenal lainnya di Jawa Tengah dan sekitarnya seperti Solo, Jogja, Semarang dan lainnya.

Kebanyakan orang akan memilih tempat-tempat yang sudah terkenal sebagai tempat destinasi wisata mereka ketika liburan seperti Jogja dan Bali. Tapi, ternyata ada banyak kota-kota lain di Indonesia yang juga memiliki tempat wisata yang bagus dan menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah kota Purwokerto ini.

Purwokerto merupakan kota yang terletak di Jawa Tengah dan merupakan ibu kota kabupaten Banyumas. Terletak di sebelah selatan kaki Gunung Slamet membuat kota yang memiliki julukan Kota Satria ini punya beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Nah, agar kamu makintau tempat-tempat wisata di Purwokerto ini, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Purwokerto yang bisa kamu kunjungi saat traveling ke sana.

1. Baturraden


Lokawisata Baturraden

Nah, tempat wisata yang satu ini tampaknya menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Purwokerto. Lokawisata Baturraden terletak di sebelah selatan Gunung Slamet, tempat wisata ini memiliki udara sejuk dan bebas polusi khas daerah pegunungan.

Lokasinya juga mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari pusat kota Purwokerto. Dengan uang sebesar Rp. 14.000 saja, kamu bersama keluarga bisa menikmati keindahan alam serta sejuknya udara di kawasan Baturraden.

Selain itu di sekitar kawasan Baturraden juga terdapat banyak penginapan dengan harga yang terjangkau. Sehingga ketika lelah saat berkunjung ke sana, pengunjung bisa dengan mudah menemukan penginapan untuk beristirahat.

Di malam hari, kamu bisa melihat keindahan kota Purwokerto dari ketinggian Baturraden. Dari ketinggian, kota Purwokerto akan terlihat cantik dengan cahaya-cahaya lampu yang terlihat seperti bintang.



2. Pancuran Telu dan Pancuran Pitu


Pancuran Telu dan Pancuran Pitu

Pancuran Telu (Pancuran 3) dan Pancuran Pitu (Pancuran 7) ini masih berada di sekitaran lokawisata Baturraden, di tempat ini kamu bisa menikmati kehangatan air yang ada di sana.

Ya, tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata air hangat. Kawasan tersebut sangat cocok untuk dikunjungi jika kamu ingin menikmati keindahan alam kota Purwokerto sembari menikmati mandi air hangat.

Air hangat yang ada di sana juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, sebab air tersebut memang mengandung kandungan belerang yang tidak berbahaya untuk kesehatan manusia.

Untuk kamu yang ingin ke tempat wisata ini, kamu harus berjuang untuk bisa sampai ke sana. Sebab, kamu harus melalui ratusan anak tangga, sehingga stamina tubuh juga harus prima saat akan menuju ke sana.

Tapi jangan khawatir, rasa lelah dan letih pasti akan hilang sesampainya di sana. Sebab, pemandangan indah yang ada di tempat wisata tersebut pasti akan menghilangkan semua rasa lelah tersebut.



3. Telaga Sunyi


Telaga Sunyi

Nah, Telaga Sunyi bisa menjadi salah satu tujuan kamu saat datang ke Purwokerto. Letaknya juga tak jauh dari Baturraden, Telaga Sunyi merupakan salah satu tempat yang indah di kaki Gunung Slamet yang wajib untuk didatangi.

Di sana terdapat sebuah telaga alami yang memiliki air yang sejuk. Kamu juga bisa mandi dan berenang di sana karena air di Telaga Sunyi masih sangat jernih.

Untuk kamu yang tinggal di daerah perkotaan, tempat seperti ini pasti tidak akan bisa kalian jumpai. Di waktu-waktu tertentu, kamu bisa menjumpai banyak kupu-kupu dan capung yang beterbangan, ini merupakan pemandangan langka di zaman modern seperti sekarang ini.



4. Curug Cipendok


Curug Cipendok

Curug Cipendok merupakan sebuah air terjun setinggi 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Berjarak 25 km dari pusat kota Purwokerto, tempat ini memiliki daya tarik bagi para pelancong untuk mampir ke Curug Cipendok.

Keindahan alam yang sangat indah, lingkungan yang masih alami, serta udara yang sejuk dan bebas polusi ini akan membuat kamu dan keluarga merasa nyaman dan tenang seperti hidup di pedesaan.

Masih banyak suara kicau burung yang bisa kamu dengar di sana, selain itu akses jalan menuju Curug Cipendok juga cukup bagus sehingga tidak akan mengganggu perjalanan kamu.

Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.



5. Wisata Kuliner Jl. Prof Dr. Suharso


Wisata Kuliner Jl. Prof Dr. Suharso

Setelah seharian mengitari kota Purwokerto pasti akan merasa lelah dan lapar. Nah untuk menghilangkan itu semua, coba datang ke tempat yang satu ini.

Di Jl. Prof Dr. Suharso, Purwokerto atau di kawasan GOR Satria Purwokerto ini ada banyak sekali tempat makan yang bisa kamu temukan mulai dari warung makan, resto, cafe, angkringan dan masih banyak lagi.

Di sana kamu bisa menikmati berbagai makanan khas Purwokerto seperti mendoan dan gethuk goreng yang hanya bisa kamu jumpai di Purwokerto. Buat kamu yang sangat senang wisata kuliner, coba deh sekali-kali mampir ke sana.



Purwokerto merupakan tempat yang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang wajib dikunjungi. Jadi jika kamu sedang liburan di Purwokerto, jangan lupa juga untuk mampir ke tempat-tempat di atas ya!