Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Herpes adalah sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Ketika seseorang terkena herpes, biasanya akan ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada kulit yang disertai rasa sakit di sekitar daerah yang terkena penyakit tersebut.

Herpes biasanya terjadi pada kulit, kadang juga bisa menyerang mulut dan alat kelamin. Beberapa jenis herpes yang diketahui antara lain adalah herpes zoster dan herpes simpleks.

Herpes Zoster


Herpes Zoster adalah herpes yang disebabkan oleh virus varisela zoster. Orang yang terkena Herpes Zoster biasanya akan merasakan sakit disertai panas seperti terbakar dan mati rasa di daerah sekitar yang terkena penyakit tersebut.

Kemudian setelah beberapa hari di daerah yang sakit tersebut akan muncul bintik-bintik merah pada kulit yang berisi air yang akan terasa sangat gatal. Bintik tersebut biasanya akan bertahan beberapa hari hingga akhirnya mengering dan menjadi koreng.

Selain itu, ada juga gejala lain yang dialami oleh seseorang yang terkena herpes jenis ini seperti:

  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Rasa lelah dan tidak enak badan.

Meskipun bukan penyakit yang serius, namun penyakit ini tentu akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman ketika berakivitas. Biasanya herpes zoster akan sembuh dengan sendirinya setelah 14-28 hari.

Herpes Simpleks


Selain herpes zoster, jenis herpes yang lainnya adalah herpes simpleks. Herpes simpleks adalah infeksi pada alat kelamin yang bisa terjadi pada pria dan wanita. Penyakit ini termasuk salah satu infeksi menular seksual (IMS) karena umumnya ditularkan melalui hubungan seksual.

Herpes ini terkadang tidak menimbulkan gejala tertentu, tapi orang yang terinfeksi tetap bisa menularkan virus. Karena gejalanya yang cukup ringan, sekitar 80 persen orang yang terinfeksi tidak menyadari bahwa mereka telah menderita herpes.

Pengobatan


Saat ini belum ada obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi HSV. Namun obat-obatan tersebut biasanya digunakan untuk mengendalikan Obat-obatan antiherpes yang paling sering digunakan di antaranya adalah asiklovir, famsiklovir, dan valasiklovir.