Inilah Makanan Para Penghuni Neraka

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Surga dan neraka merupakan dua tempat yang akan menjadi tempat kembali manusia ketika hari kiamat datang. Apakah seseorang akan masuk ke surga atau neraka adalah tergantung amal dan perbuatannya selama di dunia.

Jika seseorang memiliki amal baik dan amal saleh yang banyak, maka ia pasti akan mendapatkan keberuntungan di akhirat dengan mendapatkan ganjaran berupa surga dengan kenikmatan di dalamnya.

Namun jika orang tersebut memiliki banyak dosa daripada amal baiknya, maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka dan mendapatkan siksa di dalamnya. Tidak ada kenikmatan di dalam neraka tersebut, yang ada hanya siksaan yang sangat pedih sebagai ganjaran atas apa yang telah diperbuat di dunia selama hidupnya.

Neraka merupakan seburuk-buruknya tempat kembali, para penghuni neraka akan sangat tersiksa di dalamnya. Bahkan makanan dan minuman di dalamnya pun sangat menjijikan dan menyiksa siapa pun yang memakan atau meminumnya.

Dan berikut ini adalah makanan para penghuni neraka yang menjijikan.

1. Pohon Zaqqum

Pohon ini adalah pohon yang ada di neraka. Buah dari pohon Zaqqum inilah yang akan menjadi makanan para penghuni neraka kelak. Dalam sebuah riwayat bahkan disebutkan bahwa jika pohon ini diletakkan di dunia, maka akan hancur bumi beserta isinya. Jika dimakan rasanya akan seperti kuningan yang dicairkan bahkan lebih buruk.

Dalam Alquran, Allah menjelaskan:

"Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya." [QS. Al-Waqi'ah ayat 51-53]

Pohon dan buah Zaqqum itu diterangkan Allah dalam surat As-Saffat sebagai berikut:

"(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim." [QS. As-Saffat ayat 62-68]

2. Pohon Dhari

Pohon Dhari adalah salah satu menu makanan para penghuni neraka. Pohon Dhari ini merupakan pohon yang memiliki duri yang sangat keras. Apabila dimakan maka tidak akan membuat perut kenyang, tapi menyumbat tenggorokan.

Tidak bisa dibayangkan bagaimana rasa sakit saat memakan makanan neraka yang satu ini. Allah berfirman:

"Mereka tidak akan mendapat makanan selain dari pohon yang berduri (Dhari). Yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar." [QS. Al-Ghasiyah ayat 6-7]

3. Ghislin

Selain mendapatkan makanan, para penghuni neraka juga akan mendapatkan minuman yang menjijikan. Minuman itu adalah Ghislin, yaitu darah dan nanah para penghuni neraka. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

"Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa." [QS. Al-Haqqah ayat 35-37]

Apakah kamu bisa membayangkan bagaimana menjijikannya minuman penghuni neraka yang satu ini? semoga kita tidak akan pernah menjumpainya.

4. Al-Hamim

Saat kepanasan, kita pasti akan mencari air untuk diminum dengan harapan tenggorokan menjadi sejuk. Namun, di neraka ada minuman yang bernama Al-Hamim. Yakni minuman yang sangat panas dan dapat menghancurkan isi perut bagi siapa yang meminumnya.

"Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah," [QS. An-Naba ayat 24-25]

Bukan kesejukan yang akan didapat, justru siksa yang akan dirasakan penghuni neraka yang meminum Al-Hamim.

5. Al-Ghassaq

Berbeda dengan Al-Hamim yang sangat panas, Al-Ghassaq merupakan minuman para penghuni neraka berupa cairan nanah dan darah yang sangat dingin dan sangat busuk. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa apabila satu tetes dari nanah tadi ditumpahkan di barat, bau busuknya akan sampai kepada orang yang di timur. Sekiranya air nanah itu dituangkan di timur, orang yang tinggal di barat akan mencium baunya.

Na'udzubillahi min dzalik, semoga kita dijauhkan dari neraka sehingga kita tidak menemui hidangan-hidangan yang mengerikan itu. Semoga artikel ini bermanaat.