Hindari 5 Cara Berpakaian Terburuk Saat Melamar Kerja

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Ketika menghadiri wawancara kerja, kamu pasti sudah seharusnya berpakaian bagus, rapi, sopan dan enak dilihat kan? Tapi terkadang masih saja ada orang yang kurang paham bagaimana cara berpakaian yang semestinya saat melamar kerja dan melakukan hal-hal ini.

Berdandan "seadanya"

Jeans dan sandal adalah kesalahan besar. Seperti yang kamu tahu, berpakaian rapi adalah keharusan. Kamu bisa pakai blazer, hem lengan panjang, dan celana kain hitam. Ini adalah dasarnya. Pakailah baju yang fresh, tak harus baru sih, namun pastikan pakaian formalmu tidak terlihat lawas dan lusuh karena sudah kamu pakai puluhan kali.

Masalah high heels

Jangan memaksakan diri memakai high heels jika memang kamu tidak nyaman menggunakannya. Pakai sepatu yang nyaman dipakai, cukup pakai sepatu pantofel dengan hak 5 cm dengan heels yang tidak terlalu kecil. Pewawancara akan tahu jika kamu merasa tidak nyaman. Mereka lebih suka orang yang nyaman dengan dirinya terlebih dahulu daripada orang yang memaksakan diri.

Membawa banyak barang

Kamu terlihat sangat merepotkan dan tidak praktis karena kamu membawa banyak barang. Cukup bawa resume atau CV mu yang lengkap dalam satu map. Jika memang diperlukan bawa laptop, bawa yang ringkas bersama smartphone. Jangan bawa camilan, minuman atau yang lainnya ke dalam ruang interview.

Terlalu banyak aksesoris

Hindari pakai banyak aksesoris. Tak perlu bergemerincing pakai banyak kalung, lengkap dengan gelang dan anting panjang. Hal ini membuatmu terlihat lebih mementingkan bersolek ketimbang bekerja. Orang yang serius bekerja akan lebih simpel secara penampilan namun enak dilihat.

Pakai warna baju yang mencolok

Hindari pakai warna mencolok seperti orange, kuning dan hijau. Sebuah penelitian mengatakan bahwa warna hitam adalah warna yang paling membuat banyak orang percaya diri. Warna lain yang mengikutinya adalah putih. Warna hitam memberi kesan tegas, serius, kuat dan terpercaya.

Selain kepribadian dan kemampuanmu dalam bekerja, berpenampilan baik adalah kesan pertama yang bisa memengaruhi apakah kamu akan diterima atau tidak. Jadi, belajarlah mengenali bagaimana cara berpakaian yang baik sebelum berangkat kerja ya. (Vemale)