Bagaimana Agar Terhindar Dari Azab Kubur?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Dalam agama Islam, dikenal istilah azab atau siksa kubur. Siksa ini diberikan kepada orang yang berdosa dan belum sempat bertaubat hingga kematian datang menjemput.

Orang yang berdosa dan belum sempat bertaubat hingga kematiannya itu akan mendapatkan siksa kubur hingga hari kiamat tiba. Siksa kubur ini banyak dijelaskan dalam hadist-hadist Rasulullah dan juga di dalam Alquran.

Salah satu hadist Rasulullah tentang siksa kubur ini adalah:

"Seandainya kalian tidak akan saling menguburkan, tentulah aku akan berdoa kepada Allah agar memperdengarkan kepada kalian siksa kubur yang aku dengar." [HR. Muslim]

Karena kita yakin akan adanya siksa kubur yang mengerikan ini, maka sebaiknya mulai dari sekarang kita melakukan hal-hal yang baik dan dapat menghindarkan kita dari siksa kubur dan siksa neraka.

Menurut Al-Baihaqi yang berguru hadist pada Syekh Abu Abdullah al-Hakim menyebutkan bahwa salah satu resep agar bisa terhindar dan selamat dari siksa atau azab kubur yang pedih adalah dengan cara selalu mengerjakan amal saleh yang dikerjakan sepanjang hidupnya di dunia.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman di dalam Alquran sebagai berikut:

"Dan, barang siapa yang beramal saleh maka untuk diri mereka sendirilah mereka menyiapkan (tempat yang menyenangkan)." [QS. Ar-Ruum ayat 44]

Menurut para ahli tafsir, tempat yang menyenangkan yang dimaksud adalah sebuah kedamaian yang akan diperoleh setelah kematian.

Hal ini juga diperkuat dengan hadist riwayat Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa ketika mayat sudah diletakkan di kuburnya, maka dia akan mendengar suara langkah kaki orang-orang yang mulai meninggalkan kuburnya. Namun apabila dia adalah orang yang beriman, maka amalan shalat akan berada di atas kepalanya, puasa di sebelah kanannya, dan zakat ada di samping kirinya. Sedangkan, amalan lainnya, seperti sedekah, silaturahim, dan perbuatan baik ada di sekitar kedua kakinya. Masing-masing akan menjadi saksi dan pelindung baginya.

Jadi, sebenarnya sangat mudah bukan cara agar terhindar dan selamat dari azab dan siksa kubur? cukup lakukan amal saleh selama hidup di dunia, mentaati perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya, maka insyaAllah kita akan terhindar dari siksa kubur. Semoga bermanfaat.