Pengertian dan Hukum Shalat Dhuha

Pengertian dan Hukum Shalat Dhuha

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dapat dilakukan pada waktu pagi atau waktu dhuha. Waktu dhuha biasanya berawal ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggelah atau sekitar pukul tujuh, delapan, sembilan, hingga akan masuk waktu dzuhur.

Allah SWT sendiri juga menerangkan dalam Alquran surat ad-Dhuha dalam permulaan ayatnya Allah berfirman, "Demi waktu matahari sepenggalahan naik," maka saat itu telah dipilih untuk melakukan suatu kebajikan bagi manusia yang tentunya beriman kepada-Nya dengan melaksanakan shalat dhuha.

Pengertian dan Hukum Shalat Dhuha

Shalat dhuha memiliki manfaat dan dipercaya Allah akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang melakukan shalat dhuha. Itulah alasan mengapa Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk melakukan shalat dhuha.

Hukum Shalat Dhuha


Shalat dhuha adalah salah satu shalat muakkadah (sangat dianjurkan untuk dilaksanakan) disamping shalat-shalat lainnya seperti shalat tahajjud dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu barangsiapa yang ingin mendapatkan pahala shalat dhuha maka hendaknya mengamalkannya. Dan bagi yang tidak mengamalkannya pun tidak akan mendapatkan dosa.

Dalam sebuah hadits disebutkan: "Rasulullah SAW senantiasa shalat dhuha sampai-sampai kita mengira bahwa beliau tidak pernah meninggalkannya. Tetapi kalau sudah meninggalkan sampai-sampai kita mengira bahwa beliau tidak pernah mengerjakannya." [HR. Tirmidzi]

Kemudian dalam hadits lain dari Abu Hurairah RA berkata:

"Nabi SAW tercinta berpesan kepadaku tiga hal yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, mengerjakan dua rakaat dhuha dan berwitir dulu sebelum tidur." [HR. Bukhari dan Muslim]

Bilangan Shalat Dhuha


Mengenai bilangan rakaat shalat dhuha, paling sedikit adalah dua rakaat dan paling banyak adalah dua belas rakaat dengan setiap dua rakaat satu kali melakukan salam. Hal ini sudah dijelaskan Rasulullah SAW dalam sabda beliau.

Sementara itu ada pula hadits yang mengatakan bahwa bilangan rakaat shalat dhuha itu tidak tentu alias tidak terbatas. Diriwayatkan dari Ibrahim an-Nakhi bahwa ada seseorang bertanya kepada Aswad bin Yazid: "Berapa rakaatkah saya harus mengerjakan shalat dhuha?", ia menjawab: "Sesuka hatimu". Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Ciri-Ciri Gejala Demam Berdarah dan Pencegahannya

Ciri-Ciri Gejala Demam Berdarah dan Pencegahannya

Di musim seperti sekarang ini, banyak sekali penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Salah satunya adalah penyakit demam berdarah atau biasa juga dikenal dengan singkatan DB/DBD.

Sebelumnya, apa itu penyakit demam berdarah? Demam berdarah atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi virus dengue. Penyebaran virus tersebut berasal dari nyamuk Aedes Aegypti.

Ciri-Ciri Gejala Demam Berdarah dan Pencegahannya

Penderita yang terinfeksi virus dengue dari nyamuk tersebut biasanya akan mengalami demam tinggi disertai mual dan sakit kepala, inilah gejala awal demam berdarah.

Gejala

Virus dengue biasanya memiliki masa inkubasi sekitar empat hingga tujuh hari. Gejala awal demam berdarah biasanya akan terlihat setelah tiga hingga empatbelas hari setelah penderita DB terinfeksi virus tersebut, gejala awalnya biasanya ditandai dengan demam tinggi hingga mencapai suhu 40 derajat celcius.

Dan berikut ini adalah beberapa gejala demam berdarah:
  1. Nafsu makan menurun
  2. Tubuh menggigil
  3. Sakit kepala parah
  4. Wajah yang berwarna kemerahan
  5. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit
  6. Sakit tenggorokan
  7. Nyeri pada perut dan mual-mual
  8. Nyeri hebat pada otot-otot punggung bawah, lengan, hingga kaki
  9. Nyeri hebat pada tulang dan sendi
  10. Rasa sakit bagian belakang mata
  11. Dan lain-lain.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat segera ditangani. Karena jika terlambat ditangani maka penyakit tersebut akan semakin parah dan dapat menyebabkan kematian.

Bagi penderita yang sudah terkena demam berdarah, maka sebaiknya banyak-banyaklah beristirahat, perbanyaklah mengkonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi, dan minumlah obat penurun panas seperti parasetamol dan yang terpenting adalah periksakanlah ke rumah sakit agar cepat ditangani oleh dokter.

Cara Mencegah Demam Berdarah

Karena demam berdarah berasal dari virus yang ditularkan oleh nyamuk, maka kita harus menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar tidak menjadi sarang nyamuk atau menjadi tempat kembang biak nyamuk.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Menguras bak mandi secara rutin untuk menghilangkan jentik-jentik nyamuk.
  2. Membuang genangan-genangan air di kaleng, ember dan sebagainya yang menjadi tempat favorit nyamuk dalam berkembang biak.
  3. Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.
  4. Menggunakan lotion anti-nyamuk.

Itulah beberapa cara mencegah timbulnya penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
5 Negara Dengan Jumlah Pertumbuhan Umat Islam Tercepat

5 Negara Dengan Jumlah Pertumbuhan Umat Islam Tercepat

Awal pekan ini, the Telegraph melaporkan data terbaru perkembangan umat muslim di Inggris. Untuk pertama kalinya tahun ini, jumlah pemeluk Islam di Negeri Ratu Elizabeth mencapai tiga juta jiwa. Perkembangannya sangat pesat dalam satu dekade terakhir, mengingat pada 1991, penduduk beragama Islam di Britania Raya baru sebesar 950 ribu jiwa.

Pertumbuhan pemeluk Islam dipicu beberapa faktor. Dua aspek utama adalah tingginya angka kelahiran keluarga muslim, serta arus imigran beragama Islam di Inggris.

5 Negara Dengan Jumlah Pertumbuhan Umat Islam Tercepat

Terlepas dari alasan spesifik di setiap negara, situasi demografi Inggris sejalan dengan tren yang dicatat Lembaga survei Pew Research Center dari Amerika Serikat. Pew menyatakan umat Islam akan mencapai 34,9 persen dari total populasi dunia selepas 2070. Hal ini ditopang pertambahan penduduk muslim sebesar 2,2 persen saban tahun.

Artinya, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, jumlah umat muslim diyakiani akan melampaui penganut agama Kristen yang selama beberapa abad dominan.

"Pada 2050 populasi umat Kristen dunia (2,9 miliar jiwa) nyaris diimbangi umat Islam (2,8 miliar). Ini kondisi yang belum pernah terjadi sepanjang sejarah," tulis laporan Pew tahun lalu.

Lantas, di negara mana saja agama Islam berkembang paling pesat? Berikut rinciannya mengacu pada data Pew seperti yang kami kutip dari situs merdeka.com:

1. India


Inilah calon negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar sedunia, melewati Indonesia. Pew menyatakan apabila tidak ada perubahan berarti dari sisi demografi, diperkirakan pada 2050 India resmi menjadi negara penduduk muslim terbanyak sejagat.

Situasi di India dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang padat baik dari kalangan Hindu maupun Muslim. Usia pemeluk dua agama itu di Negeri Sungai Gangga juga sangat muda, lebih dari 30 persen di bawah 30 tahun. Prpyeksi peningkatan populasi penduduk muslim mencapai 18,4 persen (setara 311 juta jiwa) hingga 2050 nanti, jauh lebih tinggi dibanding pemeluk agama lainnya.

Saat ini, umat Islam di India baru berjumlah 177 juta jiwa. Hanya berselisih satu juta jiwa dari negara mayoritas muslim terbesar kedua dunia, Pakistan.

"Mayoritas penduduk India tetaplah warga penganut Hindu. Namun jumlah pemeluk Islam di India juga meningkat drastis melampaui Indonesia," tulis laporan Pew tersebut.

2. Inggris


Inggris adalah salah satu negara Barat dengan pertumbuhan pemeluk Islam tercepat di dunia. Seperti sudah dijabarkan di awal artikel ini, penduduk muslim di Negeri Ratu Elizabeth kini mencapai tiga juta jiwa.

Selain dipicu kelahiran dan arus imigran, komunitas Islam di Inggris juga berkembang karena perpindahan agama. Berdasarkan Badan Sensus Inggris, setidaknya 6 ribu warga Inggris beralih memeluk Islam saban tahun. Kebanyakan perpindahan agama ini dilakukan oleh warga Inggris berjenis kelamin perempuan.

Persentase warga Muslim terbanyak berada di Ibu Kota London. Komunitas muslim besar tinggal di London Timur, mencapai 45,6 persen.

Sedangkan untuk populasi Muslim terbesar di luar ibukota, letaknya terdapat di Blackburn, Lancashire, dengan 29,1 persen dari jumlah populasi.

3. Rusia


Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, mencakup 21-28 juta jiwa. Jumlah itu setara dengan 20 persen dari total populasi Negeri Beruang Merah. Pertambahan jumlah pemeluk Islam di bekas Uni Soviet diproyeksikan mencapai 14,4 persen hingga 2030 mendatang.

Pew meramalkan Rusia akan menjadi salah satu negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Indikasi sudah terlihat sejak lima tahun terakhir, dengan pesatnya pembangunan masjid di Ibu Kota Moskow.

"Moskow perlahan-lahan beradaptasi menjadi kota berpenduduk Muslim terbesar di Eropa," kata peneliti sosial Alexei Malashenko.

Komunitas Islam di Rusia masyarakat sejauh ini terbagi dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama berada di sekitar Volga-Ural, Siberia Barat, dan Moskow. Sedangkan, kelompok kedua berada di Kaukasus Utara. Etnis Muslim terbesar di Rusia berasal dari suku bangsa Tatar (7 juta), Bashkirs (1,5 juta), dan Chechen (1 juta).

4. Kanada


Islam di Rusia adalah agama terbesar kedua setelah Kristen Ortodoks, mencakup 21-28 juta jiwa. Jumlah itu setara dengan 20 persen dari total populasi Negeri Beruang Merah. Pertambahan jumlah pemeluk Islam di bekas Uni Soviet diproyeksikan mencapai 14,4 persen hingga 2030 mendatang.

Pew meramalkan Rusia akan menjadi salah satu negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Indikasi sudah terlihat sejak lima tahun terakhir, dengan pesatnya pembangunan masjid di Ibu Kota Moskow.

"Moskow perlahan-lahan beradaptasi menjadi kota berpenduduk Muslim terbesar di Eropa," kata peneliti sosial Alexei Malashenko.

Komunitas Islam di Rusia masyarakat sejauh ini terbagi dalam dua kelompok besar. Kelompok pertama berada di sekitar Volga-Ural, Siberia Barat, dan Moskow. Sedangkan, kelompok kedua berada di Kaukasus Utara. Etnis Muslim terbesar di Rusia berasal dari suku bangsa Tatar (7 juta), Bashkirs (1,5 juta), dan Chechen (1 juta).

5. China


Pertumbuhan jumlah pemeluk Islam sangat pesat di Republik Rakyat China (RRC). Islam merupakan agama mayoritas yang dianut warga etnis Uighur, Hui, maupun Kazakh. Pada sensus lima tahun lalu, jumlah mereka sudah tembus 50 juta jiwa. Tiga kali lipat dibanding sensus pada 2000.

Namun, harus diakui pertumbuhan jumlah ini tak berbanding lurus dengan kebebasan beragama. Warga etnis Uighur di Provinsi Xinjiang mengalami penindasan rutin oleh pemerintah pusat Beijing.

Warga Uighur dituding punya kecenderungan 'memberontak'. Kebijakan ekonomi China yang mengutamakan etnis Han memperburuk situasi di Xinjiang.
Selengkapnya
Tata Cara Melakukan Shalat Gerhana

Tata Cara Melakukan Shalat Gerhana

Gerhana merupakan sebuah fenomena alam yang langka dan jarang sekali terjadi. Gerhana sendiri terdapat dua macam yakni gerhana Matahari dan gerhana Bulan. Gerhana Matahari dapat terjadi pada saat posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Kemudian gerhana Bulan terjadi ketika sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Itu terjadi bila Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai Bulan karena terhalang oleh bumi.

Ketika terjadi gerhana, maka umat Islam di sunnahkan untuk melakukan shalat gerhana atau shalat khusuf. Anjuran untuk shalat khusuf pada saat gerhana ini juga diperkuat oleh hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

Tata Cara Melakukan Shalat Gerhana

"Pada shalat gerhana Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam menyaringkan bacaannya. Dan dikerjakannya empat kali ruku’ dalam dua raka'at serta empat kali sujud." [HR. Bukhari dan Muslim]

Kemudian dalam beberapa hadits lain juga disebutkan tentang shalat gerhana ini diantaranya:

"Dari al-Mughirah Ibn Syu'bah r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: "Terjadi gerhana matahari pada hari meninggalnya Ibrahim. Lalu ada orang yang mengatakan terjadinya gerhana itu karena meninggalnya Ibrahim." Maka Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua dari tanda-tanda kebesaran Allah. Keduanya tidak gerhana karena mati atau hidupnya seseorang. Apabila kamu melihat hal itu, maka berdoalah kepada Allah dan kerjakan salat sampai matahari itu terang (selesai gerhana)" [HR. Bukhari].

"Dari Aisyah (diriwayatkan) bahwa pernah terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah saw, maka beliau lalu menyuruh orang menyerukan "ash-shalatu jami'ah". Kemudian beliau maju, lalu mengerjakan salat empat kali rukuk dalam dua rakaat dan empat kali sujud" [HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad]

Tata Cara Shalat Gerhana

Para ulama bersepakat bahwa shalat gerhana dilakukan sebanyak dua rakaat. Namun tata cara shalat gerhana ini ada beberapa perbedaan pendapat dikalangan ulama, ada yang mengatakan bahwa shalat gerhana dilakukan sebagaimana shalat sunnah biasa, dengan dua raka'at dan setiap raka'at ada sekali ruku', dua kali sujud. Ada juga yang berpendapat bahwa shalat gerhana dilakukan dengan dua raka'at dan setiap raka'at ada dua kali ruku', dua kali sujud. Berdasarkan hadits, pendapat yang terakhir inilah yang paling kuat dasarnya sebagaimana bunyi hadits berikut:

"Aisyah menuturkan bahwa gerhana matahari pernah terjadi pada masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Lantas beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bangkit dan mengimami manusia dan beliau memanjangkan berdiri. Kemuadian beliau ruku' dan memperpanjang ruku’nya. Kemudian beliau berdiri lagi dan memperpanjang berdiri tersebut namun lebih singkat dari berdiri yang sebelumnya. Kemudian beliau ruku’ kembali dan memperpanjang ruku’ tersebut namun lebih singkat dari ruku' yang sebelumnya. Kemudian beliau sujud dan memperpanjang sujud tersebut. Pada raka'at berikutnya beliau mengerjakannya seperti raka’at pertama. Lantas beliau beranjak (usai mengerjakan shalat tadi), sedangkan matahari telah nampak." [HR. Bukhari]

Dan berikut ini adalah tata cara shalat gerhana seperti yang Rasulullah kerjakan:

  1. Berniatlah di dalam hati.
  2. Melakukan takbiratul ikhram seperti shalat biasa.
  3. Membaca do'a iftitah dan berta'awudz, lalu dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah dan surat-suratan yang panjang dengan suara yang dikeraskan.
  4. Ruku' dan memanjangkannya.
  5. Bangkit dari ruku' (i'tidal) sambil mengucapkan "SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH, RABBANA WA LAKAL HAMD".
  6. Setelah i'tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.
  7. Setelah i'tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama.
  8. emudian bangkit dari ruku’ (i’tidal).
  9. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali.
  10. Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya.
  11. Salam.
  12. Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jama'ah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdo'a, beristighfar, sedekah, dan membebaskan budak.

Kapan Melakukan Shalat Gerhana?

Shalat gerhana dilakukan ketika gerhana muncul hingga gerhana tersebut hilang. Sebagaimana hadits Rasulullah berikut ini:

"Matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Kedua gerhana tersebut tidak terjadi karena kematian atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat keduanya, berdo’alah pada Allah, lalu shalatlah hingga gerhana tersebut hilang (berakhir)." [HR. Bukhari dan Muslim]

Itulah tata cara melakukan shalat gerhana baik gerhana matahari maupun gerhana bulan, semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Imam Besar Syiah Marah Ketika Putrinya Diminta Nikah Mut'ah

Imam Besar Syiah Marah Ketika Putrinya Diminta Nikah Mut'ah

Bukan sebuah hal yang aneh jika para imam-imam syi’ah berada di peringkat pertama untuk memberikan semangat agar para pengikuti mereka melakukan nikah mut’ah dengan para wanita sewaan. Bukan hanya itu, bahkan mereka juga berada di peringkat pertama sebagai pendeta pelaku mut’ah.

Namun bagaimana reaksi para imam Syi’ah jika ada orang syi’ah yang ingin melakukan nikah mut’ah dengan putri imam-imam syi’ah? Apakah mereka ridha ataukah tidak? Fitrah mereka tentu akan mengatakan “tidak”. Karena siapapun tidak ridha jika anaknya disewa dalam jangka 1 jam atau 1 hari, atau 1 minggu saja, dan diberi upah karena telah menyewakan kemaluan untuk lelaki berhidung belang.

Imam Besar Syiah Marah Ketika Putrinya Diminta Nikah Mut'ah

Sayyid Husain Al-Musawi, tokoh Syiah Irak yang akhirnya bertaubat bercerita mengenai imam besar Syiah Imam Al-Khu’i:

جلست مرة عند الإمام الخوئي في مكتبه، فدخل علينا شابان يبدوا أنهما اختلفا في مسألة فاتفقا على سؤال الإمام الخوئي ليدلهما على الجواب

"Aku pada suatu ketika sedang duduk di sisi Imam Al-Khu’i di kantornya. Maka dua orang pemuda masuk kepada kami dan terlihat mereka berdua sedang berselisih dalam sebuah permasalahan. Maka keduanya sepakat untuk bertanya kepada Imam Al-Khu’i untuk memberikan jawaban kepada keduanya."

فسأله أحدهما قائلاً: سيد ما تقول في المتعة أحلال هي أم حرام؟

"Maka salah seorang dari mereka bertanya: 'Wahai Sayyid, apa pendapatmu mengenai nikah mut’ah? Apakah dia halal ataukah haram?'"

نظر إليه الإمام الخوئي وقد أوجس من سؤاله أمراً ثم قال له: أين تسكن؟ قال الشاب السائل: أسكن الموصل وأقيم هنا في النجف منذ شهرين تقريباً

"Maka Imam Al-Khu’i memandangnya dan seakan-akan menangkap sesuatu dari pertanyaannya. Kemudian imam bertanya: 'Dimana kamu tinggal?' Maka pemuda yang bertanya tadi menjawab: 'Saya tinggal di Mosul. Dan saya tinggal di sini di Najf sejak dua bulan yang lalu'."

قال له الإمام: أنت سني إذن؟

"Imam bertanya kembali: 'Kalau begitu kamu adalah seorang sunni?'"

قال الشاب: نعم

"Pemuda menjawab: 'Iya'."

قال الإمام: المتعة عندنا حلال وعندكم حرام

"Imam berkata: 'Mut’ah menurut kami halal namun menurut kalian adalah haram'."

فقال له الشاب: أنا هنا منذ شهرين تقريباً غريب في هذه الديار فهلا زوجتني ابنتك لأتمتع بها ريثما أعود إلى أهلي

"Maka pemuda berkata kepada imam: 'Saya di sini sejak dua bulan yang lalu kira-kira dan sendirian saja di rumah. Maka nikahkanlah aku dengan putrimu agar aku bisa nikah mut’ah dengannya sebelum aku kembali kepada keluargaku'."

فحملق فيه الإمام هنيهة ثم قال له: أنا سيد وهذا حرام على السادة وحلال عند عوام الشيعة

"Maka mata imam terbelalak kemudian berkata: 'Aku adalah Sayyid dan menikahkan putrinya secara mut’ah adalah haram bagi Sayyid namun boleh bagi awwam syiah'.

ونظر الشاب إلى السيد الخوئي وهو مبتسم ونظرته توحي أنه علم أن الخوئي قد عمل بالتقية. ثم قاما فانصرفا، فاستأذنت الإمام الخوئي في الخروج فلحقت بالشابين فعلمت أن السائل سني وصاحبه شيعي اختلفا في المتعة أحلال أم حرام فاتفقا على سؤال المرجع الديني الإمام الخوئي

"Kemudian keduanya berdiri. Maka aku meminta izin kepada imam. Dan Pemuda tadi melihat kepada Sayyid Al-Khu’i dan dia tersenyum dan tahu bahwa Al-Khu’i sedang melakukan taqiyyah. Maka aku mengikuti dua pemuda tadi, maka aku mengetahui bahwa penanya adalah seorang sunni dan kawannya adalah seorang syi’ah. Mereka berdua berselisih dalam permasalahan mut’ah, apakah dia halal ataukah haram lalu keduanya sepakat untuk bertanya kepada marji’ Imam Al-Khu’i”.

فلما حادثت الشابين انفجر الشاب الشيعي قائلاً: يا مجرمين تبيحون لأنفسكم التمتع ببناتنا وتخبروننا بأنه حلال وأنكم تتقربون بذلك إلى الله، وتحرمون علينا التمتع ببناتكم

"Maka tatkala aku mengajak bicara kedua pemuda tadi, maka pemuda syi’ah marah sambil berkata: 'Wahai orang-orang yang berdosa. Kalian membolehkan diri kalian untuk melakukan mut’ah dengan anak kami dan kalian katakan bahwa itu adalah halal dan kalian mendekatkan diri kepada Allah dengan itu, namun kalian malah mengharamkan kami untuk melakukan mut’ah dengan anak-anak kalian'."

وراح يسب ويشتم، وأقسم أنه سيتحول إلى مذهب أهل السنة

"Maka pemuda syi’ah tadi menghina, dan dia bersumpah untuk berpindah ke madzhab ahlussunnah."

Kisah diambil dari kitab Lillah Tsumma Li At-Tarikh 1/38, yang ditulis Sayyid Husain Al-Musawi setelah beliau bertaubat dan keluar dari agama Syiah.

Sumber: Jurnal Muslim
Selengkapnya
Istilah-Istilah dalam Psikologi yang Harus Kamu Tahu

Istilah-Istilah dalam Psikologi yang Harus Kamu Tahu

Psikologi merupakan sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Oleh karena itu, dalam dunia psikologi kadang terdapat banyak istilah yang merujuk pada tingkah laku dan fungsi mental manusia yang digunakan oleh para psikolog untuk menjelaskan tingkah laku tersebut.

Dan berikut ini ada beberapa istilah dalam dunia psikologi yang wajib untuk kamu ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya:

Istilah-Istilah dalam Psikologi yang Harus Kamu Tahu

Amimism: istilah untuk menyebut kesalahan logika yang terjadi pada anak-anak yang menganggap benda mati memiliki perasaan dan motif.

Arctophile: istilah untuk seseorang yang memiliki kesukaan/mengkoleksi boneka beruang (Teddy Bear).

Avoidant: istilah untuk menyebut perasaan tidak percaya diri dan sangat sensitif terhadap hal-hal yang negatif, takut dinilai, dikritik dan dipermalukan.

Cellanoma: merupakan dorongan untuk mengambil ponsel kamu setiap kali orang lain melakukan hal itu.

Cotard's Syndrome: adalah keadaan gangguan jiwa dimana si penderita mempercayai bahwa dia sudah mati.

Cyber-Love: adalah pola kedekatan yang terjalin dari hubungan yang tercipta dalam sosial media atau interaksi cyber lainnya.

Dysania: adalah keadaan di mana seseorang sulit meninggalkan tempat tidurnya saat pagi hari.

Eccedentesiast: adalah istilah untuk seseorang yang menyembunyikan rasa sakit mereka di balik senyumnya

Hipotimia: adalah keadaan seseorang yang selalu murung dan sedih, selalu mengeluh dan tak punya semangat.

Librocubicularist: adalah sebutan untuk seseorang yang suka membaca di tempat tidur.

Lychnobite: adalah sebutan untuk orang yang bekerja di malam hari dan tidur di siang hari.

Mondegreen: adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketika kamu salah dengar lirik lagu.

Munchausen: adalah gangguan yang menggambarkan seseorang yang berpura-pura menjadi sedih/sakit untuk mendapatkan perhatian dari orang lain.

Mythomania: adalah penyakit bohong yang dilakukan secara terus-menerus tapi penderitanya tidak mempunyai rasa bersalah apapun.

Nyctophilia adalah sebutan untuk seseorang yang menyukai kegelapan atau saat malam hari.

Proprioception: adalah kemampuan otak untuk mengetahui letak bagian tubuh kita tanpa perlu melihatnya.

Retrouvailles: adalah istilah untuk menyebut perasaan bahagia seseorang ketika akhirnya bertemu kembali dengan seseorang setelah sekian lama.

Rhotascim: adalah istilah medis untuk orang yang kesulitan mengucapkan huruf 'R' (cadel)

Sindrom Narcolepsy: merupakan serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk.

Sleep Related Eating Disorder: adalah istilah untuk orang yang kerap terjaga tengah malam untuk makan makanan kecil/ringan (snack) lalu tidur kembali.

Sleepwalking: adalah yang kita kenal dengan tidur sambil berjalan. Penyebabnya bisa gen, lingkungan atau medis.

Somniloquy: adalah istilah untuk orang yang memiliki kebiasaan berbicara saat tertidur.

Spotlight Effect: adalah ketika kamu merasa seseorang sedang memerhatikan kamu.

Textiety: adalah rasa resah dan tidak tenang ketika kamu tidak menerima atau mengirim pesan singkat atau SMS.

Itulah istilah-istilah dalam psikologi yang harus kamu tahu. Semoga kamu menjadi makintau ya, dan semoga bermanfaat.
Selengkapnya
5 Entrance Paling Populer di WWE SmackDown

5 Entrance Paling Populer di WWE SmackDown

Smanckdown merupakan salah satu olahraga hiburan gulat yang merupakan bagian dari World Wrestling Entertainment atau WWE. WWE SmackDown pernah ditayangkan di Indonesia, namun karena banyak anak-anak yang menirukan gerakan-gerakan para pegulat hingga menimbulkan korban cidera dan meninggal, maka tayangan tersebut akhirnya dicekal di Indonesia.

Bicara soal Smackdown, maka kita berbicara tentang para Superstar. Salah satu hal paling di ingat dan unik di WWE adalah entrance dari para superstar tersebut yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

5 Entrance Paling Populer di WWE SmackDown

Seperti The Rock misalnya dengan lagu khasnya dan dengan teriakan "If you smell...! what The Rock is cooking." atau si besar Big Show dengan tagline "Eeeeeeii, where is the Big Show?" dan lainnya.

Dan berikut ini adalah 5 entrance para pemain smackdown yang palig populer dan paling di ingat di WWE Smackdown.


5 Entrance WWE Paling Diingat
Inilah 5 entrance yang paling populer dan paling diingat di WWE versi Fakta Unik Dunia, menurut kamu siapa yang memiliki entrance yang paling keren? ataukah kalian punya versi sendiri? Tulis saja di komentar ya. :D #FUDVideo
Posted by Fakta Unik Dunia on Monday, February 29, 2016

Itulah 5 entrance paling di ingat di WWE, atau kalian punya versi sendiri? tulis saja di komentar ya!
Selengkapnya