Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Patah Hati

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Pernahkah kamu mengalami patah hati? patah hati biasanya dirasakan ketika seseorang baru saja kehilangan orang terkasih atau yang paling sering dan umum adalah saat seseorang baru saja putus cinta.

Patah hati memang menyakitkan, ketika sedang patah hati, biasanya seseorang akan sering diam, sedih, atau melamun. Hal itu wajar terjadi karena manusia memang diciptakan dengan dibekali perasaan dan hati, jadi wajar saat patah hati melanda, seseorang bisa seperti itu.

Namun, ketika patah hati, bukan hanya hati saja yang merasakan sakit lho. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang terjadi pada tubuh ketika kamu mengalami patah hati.

Irama jantung melambat

Menurut sebuah penelitian di Psychological Science, ketika patah hati irama jantung seseorang akan menurun. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang menghadapi patah hati di waktu yang tidak tepat dan dirinya belum siap.

Misalkan seseorang yang diputusin pacar secara tiba-tiba padahal tadinya tidak ada apa-apa, hal itu akan menyebabkan irama jantung seseorang menurun. Dan yang harus kamu tahu adalah, hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

Sakit jantung

Sebuah penelitian di New England Journal of Medicine mengatakan bahwa stress emosional bisa menyebabkan kerusakan pada jantung. Hal ini bisa mengakibatkan sakit jantung, penyebabnya adalah respon berlebihan yang diberikan sama sistem syaraf kamu.

Sakit badan

Ketika sedang patah hati, seseorang juga sering mengalami sakit pada beberapa bagian badan mereka. Penelitian di Current Directions in Psychological Science mengatakan bahwa bagian otak yang mengatur rasa sakit akibat kehilangan juga mengatur rasa sakit fisik. Inilah yang kadang menyebabkan seseorang juga mengalami sakit badan ketika patah hati.

Pencernaan terganggu

Pencernaan dan imunitas kamu juga akan terganggu saat sedang patah hati. Stress yang kamu rasakan bisa meningkatkan hormon kortisol dan juga peradangan tubuh. Untuk informasi saja, selain dikenal sebagai hormon stress, kortisol juga mengatur persebaran nutrisi di tubuh. Jadi, ketika kadarnya tidak sesuai, sistem tubuh yang lain seperti pencernaan dan imunitas jadi terganggu. Sehingga tidak heran jika sakitnya di hati, tapi kamu susah tidur, males makan, dan bahkan bisa jadi flu.

Itulah beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat kamu sedang patah hati. Apakah kamu pernah merasakannya?