Apa yang Terjadi Saat Kita Menelan Permen Karet?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kamu pasti pernah takut untuk makan permen karet ketika kecil karena orangtuamu mengatakan bahwa jika tertelan, maka hal itu akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Sebagai seorang anak kecil yang belum tahu apa-apa, mendengar hal semacam itu pasti sangat mengerikan bukan? tapi ternyata faktanya tidak seperti itu kok. Jika tertelan permen karet sebenarnya tidak berbahaya untuk tubuh.

Tapi, menelan permen karet dengan sengaja tentu bukan merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Ini karena permen karet bisa memblokir saluran pencernaan. Tapi kasus semacam ini sangat jarang terjadi.

Perlu diketahui bahwa permen karet dibuat dari berbagai macam bahan seperti pengawet, pemanis, pewarna, dan gum resin. Tubuh kita tentu bisa menyerap pemanis dari permen karet tersebut, tapi tidak dengan gum resinnya.

Jika tertelan gum resin pada permen karet akan bergerak melalui saluran pencernaan dengan mendorong tindakan (peristaltik) normal usus. Selanjutnya, sisa permen karet tersebut akan terbuang saat kamu BAB.

Jadi kesimpulannya, meskipun tidak berbahaya, alangkah baiknya untuk tidak menelan permen karet dengan sengaja ya guys! Karena permen karet bukan untuk ditelan.