5 Tempat yang Dipercaya Bisa Membuat Seseorang Bertemu dengan Nyi Roro Kidul

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Bagi masyarakat di Jawa, sosok Nyi Roro Kidul bukanlah sosok yang asing. Sosok yang dipercaya sebagai si penguasa laut selatan ini sangat dikenal di pulau Jawa.

Tak hanya sebatas tahu sosok Nyi Roro Kidul saja, bahkan banyak juga yang mengenal sosok Nyi Roro Kidul hingga tahu apa warna kesukaannya dan tempatnya tinggal.

Banyak yang percaya juga bahwa Nyi Roro Kidul ini juga bisa mendatangkan kekayaan bagi siapa saja yang bisa menemuinya dan memenuhi syarat-syarat yang diberikannya.

Oleh sebab itu, hingga sekarang masih banyak orang yang percaya dan masih melakukan ritual-ritual khusus untuk bisa bertemu dengan Nyi Roro Kidul dengan tujuan-tujuan tertentu.

Sosok ini sangat erat dan melekat dengan pantai selatan, bahkan jika ada orang yang tewas di pantai selatan, banyak yang berasumsi kalau itu adalah tumbal Nyi Roro Kidul.

Namun meskipun begitu, ternyata bukan hanya pantai selatan saja loh tempat yang dipercaya sebagai tempat singgahnya Nyi Roro Kidul. 5 tempat ini juga dipercaya sebagai tempat yang dapat digunakan untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul, inilah daftarnya.

1. Hotel Inna Samudera


Hotel Inna Samudera

Berada di kawasan Pelabuhan Ratu, tempat ini dipercaya sebagai salah satu tempat terkenal untuk bisa bertemu dengan sosok Nyi Roro Kidul. Hotel Inna Samudera ini memiliki daya tarik berbau mistis, menurut mitos, Nyi Roro Kidul sering hadir dan beristirahat di kamar 308.

Meski begitu, kamar tersebut justru yang menjadi incaran para pelancong untuk menginap di hotel tersebut. Tujuannya adalah untuk mencari ilmu dan bersemedi.

2. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis dipercaya sebagai gerbang untuk memasuki kerajaan ratu pantai selatan, Nyi Roro Kidul. Masyarakat setempat juga percaya bahwa Nyi Roro Kidul sangat suka dengan warna hijau, oleh karena itu mereka percaya bahwa warna hijau adalah warna yang pantang digunakan ketika berkunjung ke pantai tersebut.

Karena, pengunjung yang menggunakan pakaian warna hijau akan dijadikan pelayan oleh Nyi Roro Kidul. Dan pada malam 1 Suro, masyarakat setempat biasanya akan melarung sesajian di sekitar pantai. Itu dilakukan sebagai bentuk rasa hormat terhadap sang penguasa lautan.

3. Kraton Surakarta Hadiningrat


Kraton Surakarta Hadiningrat

Jika kamu berkunjung ke Solo, tak ada salahnya untuk mampir ke Kraton Surakarta Hadiningrat atau Kraton Kasunanan Surakarta. Menawarkan arsitektur dengan sentuhan Eropa, Kraton Surakarta memiliki sejuta pesona yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu hal menarik yang bisa kamu temukan di kraton tersebut adalah kisah mistis tentang panggung Sangga Buwana yang ada di area kraton ini.

Konon, panggung itu menjadi tempat bercengkerama antara sultan Surakarta dengan Kanjeng Ratu. Menurut legenda yang sudah diceritakan turun-temurun di kraton tersebut, sang ratu akan hadir dalam sosok wanita muda nan cantik. Namun, lambat-laun wajahnya yang cantik itu memudar dan jadi buruk rupa.

4. Pantai Karang Hawu


Pantai Karang Hawu

Tak kalah mistis, Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Jawa Barat, juga disebut sebagai tempat untuk bertemu Nyi Roro Kidul. Di sekitar pantai ini, kamu juga bisa mengunjungi sebuah hotel yang menawarkan sebuah kamar yang dipercaya sebagai tempat istirahat sang ratu.

Pantai Karang Hawu adalah salah satu spot yang diyakini sebagai tempat bermukimnya Kanjeng Ratu. Hal itu membuat banyak peziarah datang ke sini dan melakukan ritual 'mandi suci' di tepi batu karang.

5. Pantai Sembukan


 Pantai Sembukan

Ada satu lagi pantai yang diyakini menjadi pintu gerbang untuk bertemu sang penguasa pantai selatan, yakni Pantai Sembukan. Lokasi dari pantai ini berada di ujung Wonogiri, Jawa Tengah. Selain menawarkan pesona alam yang menakjubkan, pantai ini memiliki aura mistis yang cukup kuat. Ini karena banyak tokoh-tokoh spiritual yang rutin datang ke Sembukan untuk melakukan ritual gaib.

Mitosnya, pantai Sembukan juga dianggap sebagai pintu ke-13 untuk bertemu dengan Sang Ratu Laut Selatan. Konon tempat ini dulunya juga sering digunakan oleh raja-raja Kasunanan Surakarta untuk bertemu dengan Kanjeng Ratu. Pada malam satu Suro, semua orang di Keraton Surakarta akan datang ke pantai ini untuk membawa sesajen. Sesajen itu menjadi simbol rasa hormat yang mereka tujukan kepada sang penguasa lautan.