Waktu Akan Terasa Singkat di Akhir Zaman

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Waktu merupakan sesuatu yang tidak akan pernah lepas dari dalam kehidupan ini. Karena di dunia ini kita terikat oleh waktu, untuk itu agar tidak merugi di dunia janganlah kita menyia-nyiakan waktu.

Gunakanlah waktu sebaik mungkin dan manfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal yang baik seperti beribadah kepada Allah, berbuat baik kepada orang lain, dan lain sebagainya.

Waktu Akan Terasa Singkat di Akhir Zaman

Seperti yang kita ketahui, dari dulu hingga sekarang jumlah waktu dalam satu hari adalah sama, yakni 24 jam. Jika dihitung-hitung, 24 jam adalah waktu yang lama. Tapi di akhir zaman, waktu akan terasa singkat dan berjalan begitu cepat.

Sehingga tak terasa tahun demi tahun sudah terlewati. Dan nyatanya sekarang ini kita sudah merasakan hal tersebut, waktu terasa berjalan sangat cepat dan begitu saja berlalu.

Bahkan waktu setahun yang lalu masih teringat jelas dalam benak kita, tapi nyatanya kita sudah melewati waktu setahun.

Tapi, ternyata hal ini bukanlah hal yang aneh. Sebab, Rasulullah sudah memberikan informasi tentang keadaan ini sebelumnya. Beliau mengingatkan kita bahwa salah satu tanda akhir zaman adalah ketika waktu berjalan akan terasa sangat singkat.

Seperti yang disabdakan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

"Zaman akan berdekatan, ilmu berkurang, fitnah bermunculan, kekikiran tertanam dan al-Haraj merajalela." Seorang sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan al-Haraj?" Beliau menjawab, "Pembunuhan, pembunuhan," [HR. Bukhari dan Muslim].

Dalam hadits diatas, terdapat kalimat 'zaman akan berdekatan'. Dan menurut pendapat para ulama, maksud dari 'zaman akan berdekatan' itu adalah waktu yang akan terasa sangat singkat.

Berikut ini adalah pendapat ulama tentang sabda nabi tentang 'Zaman akan berdekatan.':

1. Sedikitnya keberkahan dalam zaman itu. Sehingga, pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam satu jam oleh generasi terdahulu, tidak dapat diselesaikan oleh generasi penerus mereka walaupun dikerjakan selama berjam-jam.

Ibnu Hajar menjelaskan, "Di zaman kita ini, kita sudah merasakan cepatnya hari berlalu yang tidak pernah kita rasakan sebelum ini."

2. Makin dekatnya jarak antara penduduk pada satu zaman, sebab sarana transportasi, darat maupun udara, yang kian berkembang, sehingga yang jauh menjadi dekat.

3. Berjalannya waktu dengan cepat. Tanda ini akan terjadi di akhir zaman. Sebab, Allah Subhanahu wa Ta'ala Mahakuasa memperpanjang perputaran hari maupun mempersingkatnya sesuai kehendak-Nya. Dia juga Mahakuasa mengganti malam dengan siang.

Pendapat ini dikuatkan oleh riwayat tentang Dajjal. Ketika Dajjal sudah muncul ke dunia ini, hari-hari pada saat itu berputar. Ada hari yang lamanya seperti satu tahun, ada yang seperti satu bulan, dan ada juga yang seperti satu pekan. Tanda kiamat ini belum terjadi.

Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu meriwayatkan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Hari kiamat belum akan terjadi sampai zaman (terasa) saling berdekatan. Sehingga, satu tahun terasa seperti satu bulan, satu bulan seperti satu pekan, satu pekan seperti satu hari, satu hari seperti satu jam dan satu jam seperti api membakar ujung ranting," [HR. Ahmad dan At-Tirmidizi].

Artinya, bahwa di akhir zaman, waktu akan terasa cepat, seperti kayu bakar yang menyala dan padam dengan cepat.

4. Ada pula pendapat yang mengatakan, bahwa maksud dari saling berdekatannya zaman adalah pendeknya usia.

Namun dari semua pendapat diatas, kita sendiri sudah merasakan bahwa memang benar jika waktu ini berjalan beitu cepat. Dan seolah-olah waktu 1 tahun hanya seperti waktu 1 bulan lamanya.