Apa Itu Mesothelioma? Mengenal Penyakit Mesothelioma

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kanker adalah penyakit mematikan dan sangat sering kita mendengar seseorang meninggal karena penyakit kanker ini. Menurut Wikipedia, kanker adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali, menyerang jaringan biologis di dekatnya, dan juga bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Saat ini ada banyak sekali jenis kanker yang bisa kita ketahui, dan kali ini Makintau akan membahas tentang mesothelioma. Mesothelioma adalah salah satu jenis kanker dari sekian banyak jenis kanker yang ada.

Apa Itu Mesothelioma? Mengenal Penyakit Mesothelioma

Mungkin banyak diantara Anda yang masih belum tahu atau bahkan baru mendengar jenis kanker tersebut. Memang, mesothelioma merupakan salah satu jenis kanker yang masih jarang terjadi. Kita mungkin lebih sering mendengar tentang kanker payudara, kanker servik, kanker kulit dan lain sebagainya.

Tapi meskipun mesotheioma ini adalah jenis kanker yang jarang terjadi, namun jangan salah, jenis kanker ini justru sangat berbahaya dan mematikan. Mesothelioma sendiri merupakan jenis kanker paru-paru yang biasanya terjadi pada membran di sekitar paru-paru yang biasa disebut dengan pleura.

Penyebab Mesotheiloma

Penyebab dari penyakit ini adalah karena paparan debu asbes, asbes merupakan barang tambang kuat yang sudah dipakai untuk berbagai tujuan. Asbes ini jika hancur akan menimbulkan debu atau serat halus seperti jarum dan dapat dengan mudah terbang melayang-layang di udara.

Biasanya hal ini terdapat di lingkungan-lingkungan industri, lokasi konstruksi, pertukangan dan toko material bangunan serta tempat-tempat lain yang berhubungan dengan asbes.

Ketika debu ini terbang di udara dan terhirup oleh hidung, maka debu asbes ini akan menempel dan terperangkap di dalam paru-paru. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama, maka debu-debu tajam itu akan terus mengendap dan semakin banyak di dalam paru-paru. Inilah yang menyebabkan mesotheiloma terjadi.

Ilustrasi penyakit kanker mesothelioma

Di Jepang, tercatat sudah ratusan orang yang meninggal akibat paparan debu asbes ini. Mereka meninggal karena terserang kanker mesothelioma. Resiko penyakit ini akan semakin meningkat apabila Anda merupakan seorang perokok aktif. Dan sebuah sumber menyebutkan bahwa dan sekitar 10 persen pasien hidup setidaknya lima tahun setelah mereka didiagnosis.

Perlu diketahui, langit-langit rumah yang memiliki bahan campuran asbes juga berpotensi mendatangkan penyakit ini. Di tahun 1995 di Jepang dikeluarkan larangan penggunaan asbestos biru dan cokelat karena termasuk tipe karsinogen yang sangat tinggi.

Untuk itu, bagi Anda yang bekerja atau berhubungan langsung dengan asbes sebaiknya lebih berhati-hati dalam bekerja. Utamakan keselamatan dan kesehatan Anda dengan mematuhi K3. Jangan luoa juga untuk menggunakan masker saat bekerja untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar segala bentuk penyakit bisa terdeteksi sejak dini.