4 Model Atap yang Sesuai untuk Rumah Anda

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Bagian luar rumah Anda adalah salah adu yang terpenting untuk dijaga. Hal ini karena bagian eksterior yang baik merupakan kunci dari kualitas kenyamanan dan juga kecantikan dari rumah. Maka dari itu, hal ini harus selalu dijaga; mulai dari kualitas, hingga konsep dan juga modelnya.

Model eksterior rumah dijual di Jakarta selatan yang terdapat di Indonesia sendiri bermacam-macam. Coba saja tengok beragam rumah yang dijual di situs jual beli rumah gratis seperti www.urbanindo.com, ada banyak model rumah yang memiliki bentuk eksterior berbeda. Terutama, bagian atapnya.

4 Model Atap yang Sesuai untuk Rumah Anda

Bagian atap rumah sendiri merupakan bagian yang penting. Karena selain untuk menjaga dari panas dan hujan, bentuk dari atas sendiri dapat menjadi penentu bentuk dari rumah secara keseluruhan. Maka dari itu, sebelum Anda membangun sebuah rumah, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis atap yang banyak digunakan di Indonesia.

Model Datar

Atap rumah model datar Urbanindo

Atap model datar diklaim merupakan atap dengan desain sederhana dan paling mudah untuk dibuat Selain itu, atap model ini juga disebut-sebut yang paling murah atau hemat biaya untuk membangunnya. Material yang digunakan biasanya berupa beton bertulang, seng, asbes, hingga material lainnya.
Kelebihan model atap ini adalah mudah dibersihkan dan juga diperbaiki. Walau begitu model atap ini riskan terhadap genangan air sehingga pemilik harus rajin untuk memperhatikan drainase dari atap.

Model Sandar

Atap rumah Model Sandar
Image by Rooang

Jenis atap ini biasanya digunakan untuk bangunan yang merupakan bangunan tambahan dari rumah misalnya selasar. Walau begitu, kini pamornya telah naik dan banyak digunakan di rumah-rumah modern. Model atap ini banyak digunakan di daerah yang rumahnya cenderung memiliki angin kencang. Tampilannya dapat membuat terlihat lebih besar dan tidak tampak minimalis. Biasanya jenis atap ini dipadukan dengan jenis atap pelana.

Model Pelana

Atap rumah Model Pelana
Image by Rumah Kecil Minimalis

Atap model huruf “V” yang terbalik ini merupakan model yang paling banyak digunakan oleh banyak rumah di Indonesia. Hal ini karena jenis atap ini dapat dipadukan baik untuk rumah modern ataupun rumah minimalis. Desain miring dari atap pelana membuat kondisi rumah menjadi lebih sejuk dan dapat menyerap cahaya matahari dengan baik sehingga tidak terlalu panas untuk bagian dalam rumah. karena bentuknya yang miring, maka tidak perlu khawatir akan adanya genangan air di atap, walau tetap saja harus waspada terhadap kebocoran ketika hujan.

Model Perisai

Atap rumah Model Perisai
Image by Gambar Desain Properti

Model ini dikenal juga dengan sebutan model limasan. Model atap ini merupakan perkembangan jari jenis atap pelana yang menjadi favorit banyak rumah. Perbedaannya, model atap perisai memiliki sisi miring di seluruh sisinya.