Tentang Mendoan dan Cara Membuat Mendoan

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Mendoan adalah sebuah makanan khas yang terkenal di daerah Banyumas, Purwokerto, Purbalingga dan kota-kota di sekitarnya. Mendowan merupakan makanan yang wajib kamu coba saat kamu berkunjung ke Purwokerto dan sekitarnya, karena disana kamu bisa menemukan mendoan dengan sangat mudah dan murah dibandingkan di tempat-tempat lain.

Nama mendoan sendiri berasal dari kata Banyumasan yaitu 'mendo' yang memiliki arti setengah matang atau lembek. Oleh karena itu, tempe mendoan biasanya hanya digoreng dan disajikan setengah matang.

Tentang Mendoan dan Cara Membuat Mendoan

Tempe mendoan berbeda dengan tempe-tempe yang biasa kita jumpai, ia memiliki bentuk yang tipis-tipis sehingga mudah untuk digoreng. Sekilas, mendoan hampir mirip dengan tempe goreng tepung. Namun sebenarnya berbeda, karena mendoan hanya digoreng setengah matang (mendo). Tapi meskipun begitu banyak juga penggemar mendoan yang suka dengan mendoan yang digoreng agak kering.

Mendoan memiliki rasa yang unik, hal inilah yang makanan ini menyebar hingga ke luar daerah Banyumas. Tempe Mendoan dapat ditemui di kota-kota besar Jawa Tengah, bahkan hingga ke Jakarta. Namun, cita rasanya tentu berbeda dengan mendoan khas Banyumas yang dikenal enak dan cocok untuk teman nongkrong.

Ya, mendoan memang menu yang cocok saat kita sedang nongkrong bersama teman, saudara atau sedang bersantai dengan keluarga. Mendoan biasanya disajikan bersama dengan cabai rawit atau sambal kecap dengan secangkir kopi. Lebih nikmat lagi jika disantap ketika cuaca dingin dan hujan.

Di daerah banyumas, banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan menu mendoan. Terutama warung-warung kopi pinggir jalan atau angkringan yang biasa buka hingga larut malam, seperti di Warung Kopi Combades Poenya ini.



Jika kamu ingin membuat mendoan, kali ini kamu juga akan membagikan resep cara membuat mendoan khas Banyumas Purwokerto. Tapi sebelum itu, siapkan dulu bahan-bahan dibawah ini:
  • Tempe mendoan (jika tidak punya, beli 1 batang tempe kemudian diiris tipis-tipis)
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung beras/tapioka
  • 400 ml air
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu:
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
  • 3/4 sendok teh ketumbar
  • 1 cm kencur

Cara membuatnya:

Pertama-tama campurkan tepung terigu, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu dalam sebuah baskom kecil. Setelah itu campurkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga bumbu-bumbu merata. Lalu masukan irisan daun bawang dan aduk kembali hingga rata. Terakhir, celupkan tempe mendoan tadi ke dalam adonan tepung tadi dan lumuri tempe dengan tepung tersebut hingga merata. Setelah itu goreng mendoan setengah matang.

Mendoan Warung Kopi Combades Poenya

Untuk cara penyajian, bisa ditambahkan cabai rawit atau bisa juga menggunakan sambal kecap agar semakin nikmat.

Tentang Mendoan dan Cara Membuat Mendoan

Sangat mudah kan untuk membuat mendoan? semoga bermanfaat.