Tanda Akhir Zaman: Penyanyi Wanita, Alat-Alat Musik dan Perubahan Fisik Manusia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kita tahu bahwa kiamat besar itu bisa saja hadir dalam jangka waktu dekat ini, atau mungkin masih cukup lama. Namun yang pasti, tanda demi tanda yang telah diwartakan oleh Rasulullah ﷺ satu per satu mulai bermunculan. Dan salah satu tanda yang akan terjadi di kelak ialah perubahan wujud manusia karena laknat Allah.

Semua tanda itu merupakan azab dan hukuman yang akan menimpa sebagian manusia pada akhir zaman. Munculnya tanda-tanda tersebut merupakan isyarat akan dekatnya saat kedatangan hari kiamat.

Tanda Akhir Zaman: Penyanyi Wanita, Alat-Alat Musik dan Perubahan Fisik Manusia

Imran ibn Hushain RA meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Umat ini akan melihat manusia-manusia yang dikutuk Allah hingga berubah wujud, bumi amblas dan hujan batu.” Seorang sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, kapankah itu terjadi?” Beliau ﷺ menjawab, “Apabila para penyanyi wanita dan alat-alat musik sudah bermunculan,” (HR. Tirmidzi).

Apabila orang sudah tidak melaksanakan amar makruf nahi munkar, maka berbagai kemaksiatan pasti muncul dan tersebar. Jika sudah demikian, maka azab Allah pun kian dekat.

Aisyah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Pada akhir kehidupan umat ini akan terjadi kutukan berupa perubahan wujud manusia, bumi amblas dan hujan batu.” Aisyah lalu bertanya, “Wahai Rasulullah apakah kita akan binasa, sedangkan di tengah-tengah kita masih ada orang-orang shaleh?” Nabi menjawab, “Benar, apabila perbuatan mungkar sudah dilakukan di mana-mana,” (HR. Tirmidzi).

Rasulullah ﷺ sudah mewartakan bahwa perubahan wujud manusia, bumi amblas dan hujan batu juga akan menimpa para pelaku bid’ah yang melanggar akidah, seperti kelompok zindiq (orang-orang munafik dan para penentang syariat Islam) dan kaum Qadariyah (orang-orang yang tidak mengakui takdir Allah atas nasib dan tindakan hamba-hamba-Nya).

Nafi’ menuturkan, ketika ia sedang duduk bersama Abdullah ibn Umar, tiba-tiba seorang datang dan berkata, “Fulan dari Syam mengirimkan salam untukmu.” Abdullah ibn Umar menjawab, “Aku mendengar bahwa ia sudah mengada-adakan sesuatu yang tidak diajarkan agama (melakukan bid’ah). Jika benar demikian, maka aku tidak akan pernah mengirim salam untuknya. Sebab, aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Akan terjadi pada umatku perubahan wujud manusia dan hujan batu yang akan menimpa orang zindiq dan Qadariyah’,” (HR. Ahmad).

Dalam beberapa hadis dijelaskan bahwa amblasnya bumi di akhir zaman akan menimpa satu pasukan yang menyerang Ka’bah. Allah benamkan mereka dari barisan paling depan hingga barisan paling akhir.

Baqirah istri al-Qa’qa’ ibn Abi Hadrad menuturkan bahwa ia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda di atas mimbar, “Apabila kalian mendengar tentang satu pasukan yang ditenggelamkan ke dalam bumi di dekat kota ini, maka berarti kiamat hampir tiba,” (HR. Ahmad).

Maksudnya, pasukan itu nanti akan tenggelam di dekat Madinah.

Tidak diragukan lagi, bahwa azab dan hukuman ini akan menimpa para pelaku maksiat dan mereka yang membiarkan kemungkaran. Oleh karena itu, setiap muslim harus selalu waspada dan berhati-hati. (Islampos/Kiamat Sudah Dekat?/Karya: Dr. Muhammad Al-‘Areifi/Penerbit: Qisthi Press)