Istilah-Istilah Dalam Game Pokemon GO

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Pokemon GO adalah sebuah permainan yang sedang populer di berbagai kalangan saat ini. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk memainkan game besutan Niantic ini untuk mendapatkan Pokemon-Pokemon terbaik dan menjadi salah seorang Pokemon master.

Bahkan banyak kisah-kisah unik dibalik Pokemon GO dari yang lucu, konyol hingga yang tragis. Dan hingga saat ini Pokemon GO masih sangat populer dan masih menjadi bahan perbincangan di seluruh dunia.

Istilah-Istilah Dalam Pokemon GO yang Harus Kamu Tahu

Seperti dalam game-game lain seperti Clash of Clans, Harvest Moon, dan lainnya, di game Pokemon GO juga ada istilah-istilah yang harus kamu ketahui. Untuk itu, artikel kali ini kami akan memberi tahu kalian istilah-istilah dalam game Pokemon GO agar kamu makintau istilah-istilah dalam game Pokemon GO ini.

Berikut ini adalah istilah-istilah dalam game Pokemon GO yang harus kamu ketahui.

Pokéball

Pokéball

Istilah yang harus kamu ketahui pertama adalah Poké Ball (Pokéball). Poké Ball adalah sebuah item berbentuk bola berwarna merah dan putih yang digunakan oleh trainer untuk menangkap dan menyimpan Pokémon.

Dalam serial TV Pokémon, ini adalah bagian terpenting yang harus trainer Pokémon miliki. Karena tanpa menggunakan Pokéball, trainer Pokémon tidak akan bisa menangkap Pokémon.

Pokéstop

Pokéstop

Pokéstop dalam game Pokémon GO adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan Pokéball dan perlengkapan-perlengkapan Pokémon lainnya secara gratis. Biasanya, Pokéstop terdapat di tempat-tempat yang ramai seperti monumen-monumen, taman-taman kota, ikon kota, bahkan tempat-tempat ibadah.

Pokéstop akan banyak kita jumpai di kota-kota besar yang memiliki bangunan-bangunan penting dan ramai. Sedangkan jika di desa-desa, kita akan sulit untuk menemukan Pokéstop karena memang jarang ada tempat-tempat yang ramai.

GYM

GYM

GYM adalah sebuah tempat yang digunakan untuk bertarung atau melatih Pokémon yang kita miliki. Namun, untuk bisa menggunakan fitur Gym ini pemain harus sudah mencapai level 5 dalam game.

Setelah itu, pemain akan disuruh untuk memilih tim Instinct, Mystic, atau Valor. Ketika sudah masuk ke tim, maka pemain bisa untuk bertarung melawan tim lain di Gym atau hanya sekedar melatih Pokémon yang dimiliki dengan sesama tim nya.

CP atau Combat Point

CP atau Combat Point

CP adalah indikator kekuatan dari Pokémon yang dimiliki. Semakin besar CP atau Combat Point Pokémon tersebut, maka semakin kuat pula Pokémon yang dimiliki itu.

Pokemon dengan CP besar biasanya akan mudah ditemui oleh pemain-pemain dengan level tinggi. Oleh karena itu, jika kamu ingin mendapatkan Pokémon dengan CP yang besar, maka teruslah menangkap Pokémon dan naikkan level karaktermu.

PokéCoins

PokéCoins

Poké Coins adalah mata uang dalam game Pokemon GO. Sama halnya dengan Gems di game Clash of Clans, PokéCoins digunakan untuk membeli item-item premium yang ada di dalam game Pokémon GO.

Berikut ini adalah tabel harga Pokecoins di berbagai negara:

Amount of PokéCoinsPrice in ¥ (Japan)Price in € (EU), $ (US)Price in £ (UK)Price in $ (AUD)
1001200.990.791.49
5506004.993.997.99
120012009.997.9914.99
2500240019.9914.9930.99
5200480039.9929.9962.99
145001180099.9979.99159.99

Untuk membeli Poke Coins dibutuhkan uang nyata. Kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit atau pulsa melalui Google Play.

Medals

Medals

Medals adalah sebuah tanda pencapaian yang ada dalam game Pokemon GO. Bahkan tidak hanya dalam game ini saja, dalam game lain pun pasti ada istilah Medal atau dikenal juga dengan Achievement.

Jadi ketika kita sudah melengkapui tugas-tugas yang ada, maka kita akan mendapatkan medal ini.

Egg dan Incubator

Egg dan Incubator

Egg atau telur bisa kita tetaskan di dalam Incubator agar bisa menetas menjadi Pokemon baru. Jadi, jika kamu memiliki telur, maka kamu harus memiliki incubatornya agar telur itu bisa menetas.

Untuk menetaskan telur Pokemon, kamu harus berjalan sejauh yang tertera di dalam game. Misal sebuah telur membutuhkan 5 kilometer untuk menetas, maka kamu harus berjalan sejauh 5 kilometer agar telur bisa menetas. Semakin jauh jarak yang dibutuhkan untuk menetaskan telur, maka semakin bagus pula Pokemon yang akan di dapatkan. Tabelnya sebagai berikut:

Distance to hatchHatching Pokémon
2km (1.24 miles)Charmander, Bulbasaur, Squirtle, Caterpie, Weedle, Pidgey, Rattata, Spearow, Pikachu, Clefairy, Jigglypuff, Zubat, Geodude, Magikarp
5km (3.10 miles)Ekans, Sandshrew, Nidoran♀, Nidoran♂, Vulpix, Oddish, Paras, Venonat, Diglett, Meowth, Psyduck, Mankey, Growlithe, Poliwag, Abra, Machop, Tentacool, Bellsprout, Ponyta, Slowpoke, Magnemite, Farfetch'd, Doduo, Seel, Grimer, Shellder, Gastly, Drowzee, Krabby, Voltorb, Exeggcute, Cubone, Lickitung, Koffing, Rhyhorn, Tangela, Kangaskhan, Horsea, Goldeen, Staryu, Tauros, Porygon
10km (6.21 miles)Onix, Hitmonlee, Hitmonchan, Chansey, Mr. Mime, Scyther, Jynx, Electabuzz, Magmar, Pinsir, Lapras, Eevee, Omanyte, Kabuto, Aerodactyl, Snorlax, Dratini

Team Instinct, Mystic dan Valor

Team Instinct, Mystic dan Valor

Ketika kita bermain Pokemon GO dan sudah mencapai level 5 maka kita bisa bertarung dengan para pemain Pokemon GO yang lainnya di GYM. Namun sebelum itu kita wajib untuk memilih akan ikut di tim yang sudah di sediakan.

Ada tim Instinct, Valor dan Mystic yang masing-masing memiliki misi yang berbeda. Baca artikelnya: Perbedaan Antara Tim Instinct, Mystic dan Valor.

Itulah beberapa istilah dalam game Pokemon GO yang wajib kamu ketahui. Artikel ini mungkin belum lengkap dan akan dilengkapi pada lain waktu.