Gejala-Gejala Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Kematian bisa menghampiri siapa saja, tak kenal waktu dan tempat, maut bisa menjemput bahkan hanya dalam waktu sekejap saja. Sudah banyak kejadian dimana orang-orang yang pada pagi hari terlihat biasa-biasa saja namun tak disangka pada siang harinya dia mendadak meninggal dunia.

Kematian mendadak ini biasanya sering dan kebanyakan diakibatkan oleh serangan jantung. Dan kasus-kasus orang meninggal mendadak akibat serangan jantung ini sudah sangat sering sekali kita dengar.


Seperti penyakit-penyakit pada umumnya, serangan jantung juga tidak datang secara tiba-tiba. Ia datang dengan gejala-gejala yang dapat kita rasakan dengan mudah. Jika kamu mengalami tanda-tanda seperti berikut, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan gejala penyakit jantung ke dokter agar jika benar itu adalah gejala penyakit jantung maka bisa ditangani dengan cepat.

Adapun beberapa gejala serangan jantung yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut:

Jantung Nyeri

Jantung nyeri merupakan salah satu gejala yang umum dialami oleh orang yang kemungkinan memiliki penyakit jantung. Rasa nyeri ini kadang hanya terjadi beberapa saat saja dan setelah itu hilang, dan karena hal inilah banyak orang yang mengabaikan gejala tersebut dan menganggap bahwa nyeri itu hanyalah nyeri biasa. Padahal itu adalah gejala penyakit jantung yang dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Mudah Lelah

Kamu mudah lelah? mungkin lelah itu biasa terjadi apabila kita habis melakukan aktivitas yang melelahkan, dan itu masih sangat normal. Namun jika kamu sangat mudah sekali lelah bahkan ketika kamu hanya melakukan hal-hal kecil, waspadalah, karena bisa jadi itu adalah salah satu ciri gejala serangan jantung.

Jika kamu adalah seorang perokok, maka sebaiknya kamu segera hentikan kebiasaan buruk itu. Karena rokok adalah salah satu penyebab utama seseorang terkena serangan jantung. Apalagi jika kamu tidak sering berolahraga dengan teratur, maka kemungkinan kamu terkena serangan jantung dapat meningkat dua kali lipat. Untuk itu, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dan mulailah membiasakan diri untuk berolahraga.

Sesak Napas

Jika kamu merasa sesak napas ketika melakukan aktivitas yang menurut kebanyakan orang seusiamu adalah hal yang biasa, maka sebaiknya cepatlah periksakan kondisimu itu ke dokter.

Sebab bisa jadi hal itu adalah salah satu gejala penyakit jantung. Jangan pernah abaikan tanda-tanda semacam ini karena bisa sangat fatal akibatnya.

Jantung Berdebar

Entah itu jantung berdetak kencang atau sebaliknya, seolah kamu merasa jantung berhenti berdetak sejenak, apapun yang di luar kebiasaan harusnya merupakan alasan yang cukup kuat bagi kamu untuk segera menghubungi dokter, saran Nicole Weinberg, M.D., ahli jantung di California's Providence Saint John's Health Center.

Sering Merasa Pusing

Ini lebih dari pusing ketika kamu berdiri terlalu cepat dari posisi duduk. Pusing yang merupakan sinyal gangguan jantung seolah datang tanpa alasan yang nyata.

Itulah beberapa gejala-gejala penyakit jantung yang sering diabaikan. Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut, maka sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa ditangani dengan tepat. Mulailah untuk peduli terhadap kesehatan tubuh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.