Tanda-Tanda Sebelum Datangnya Nabi Isa

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Seperti yang telah kita tahu bahwa di hari kiamat kelak nabi Isa AS akan kembali diturunkan oleh Allah SWT ke bumi untuk membunuh Dajjal dan meneruskan ajaran Nabi Muhammad SAW serta meluruskan umatnya yang selama ini menyembah dan menganggap dia sebagai Tuhan.

Sebagai seorang muslim, kita percaya bahwa berita ini pasti benar dan pasti akan terjadi. Banyak sekali hadits yang mengabarkan bahwa Nabi Isa kelak akan kembali turun ke bumi untuk ikut berjuang dengan kaum muslimin dalam menegakkan agama Allah.

Tanda-Tanda Sebelum Nabi Isa Turun

Turunnya Nabi Isa juga merupakan salah satu ciri atau tanda-tanda akhir zaman dan kiamat. Bersama dengan Imam Mahdi, dia akan berjuang menegakkan tauhid di muka bumi.

Namun sebelum turun ke bumi, ada beberapa tanda-tanda sebelum turunnya Nabi Isa yang bisa kita lihat dan rasakan. Tanda-tanda tersebut antara lain:

Huru-Hara Dimana-mana

Sebelum Isa bin Maryam kembali diturunkan ke bumi untuk membantu kaum muslimin oleh Allah, akan ada huru-hara, kekacauan serta perang yang berkepanjangan antara kaum muslimin dengan orang-orang yang memusuhi Islam, konon inilah yang disebut dengan perang Armageddon atau al-Malhamah.

Al-Malhamah adalah sebuah perang besar yang terjadi sebagai tanda-tanda akhir zaman, ketika kekacauan ini sudah terjadi maka disitulah Dajjal akan muncul di dunia dia akan berusaha menyesatkan manusia kedalam neraka.

Kemudian, Imam Mahdi dan Nabi Isa akan datang untuk melawan dan membunuh Dajjal dan meneruskan ajaran Tauhid yang sebelumnya dibawa oleh Rasulullah dan nabi-nabi sebelumnya.

Ramai Shalat Subuh Berjamaah Seperti Shalat Jum'at

Ini adalah salah satu tanda yang pasti, yakni ketika banyak sekali masjid-masjid penuh saat shalat subuh seperti shalat Jum'at, maka Nabi Isa akan segera turun ke bumi untuk menolong kaum muslimin.

Karena fenomena ini menandakan bahwa tingkat keimanan kaum muslimin berada pada tingkat hampir seperti zaman sahabat, di mana seluruh laki-laki baligh melakukan shalat di masjid dengan tepat waktu dan berjamaah.

Jika sudah seperti ini maka Allah akan segera menolong kaum muslimin dengan menurunkan hamba-Nya, Isa ibnu Maryam. Bersama Imam Mahdi, dia akan memerangi musuh-musuh Islam dan membunuh Dajjal.

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA dalam sahih Muslim, dikatakan bahwa "Ketika mereka bersiap-siap menghadapi peperangan dan meluruskan shaf shalat, turunlah Isa putra Maryam lalu mengimami mereka."

Dan dalam riwayat lain dari Abu Hurairah RA dengan lafadz,"Kemudian turun Isa putra Maryam dari langit, memimpin umat manusia. Maka, ketika dia mengangkat kepalanya dari rukunya, dia berkata, ‘Allah mendengar orang-orang yang memujinya, Allah memusnahkan Dajjal, dan memenangkan kaum Muslimin."