Pentingnya Belajar dari Pengalaman

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Banyak istilah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Ya, memang benar demikian. Pengalaman merupakan guru terbaik untuk kita semua, lewat pengalaman, kita bisa belajar banyak hal dari hal-hal yang pernah kita lalui sebelumnya.

Untuk itu pula sangatlah penting bagi kita untuk belajar dari pengalaman yang ada. Tidak hanya lewat pengalaman diri sendiri, kita juga bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Pentingnya Belajar dari Pengalaman

Mengapa kita wajib belajar dari pengalaman? karena memang dalam hidup ini kita harus belajar dari peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi dan yang pernah kita alami. Ibaratnya ketika kita sedang berjalan dan menemui jalan yang berlubang, tentu keesokan harinya kita akan memilih jalan lain yang tidak berlubang. Begitu juga dengan pengalaman, ketika kita pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan, maka kita wajib belajar dari peristiwa itu agar peristiwa serupa tidak terjadi kembali.

Lalu apa poin utama yang membuat belajar dari pengalaman itu penting?

1. Hidup Akan Bermakna Jika Kita Belajar.

Apa yang tidak kamu ketahui tidak akan melukaimu. Kamu harus tetap belajar agar eksis, dan sukses. Hidup terasa bermakna jika kamu belajar dari pengalamanmu sendiri, baik yang negatif dan positif. Kita belajar bagaiman melakukan hal yang benar, dimana terkadang melakukan kesalahan terlebih dahulu. Kita juga belajar dari pengalaman orang lain, apakah yang positif atau negatif.

Kita belajar dari apa yang kita lihat dan perhatikan. Melalui apa yang kita dengar dengan menjadi pendengar yang baik. Kita belajar dari apa yang kita baca. Belajar dari banyak sumber. Belajar dari guru, lagu dari pembicaraan dengan orang-orang yang peduli. Yang pada intinya teruslah belajar.

2. Hidup Akan Bermakna Jika Kita Mencoba.

Tidak hanya dengan belajar, kita juga harus mencoba untuk mengetahui apakah kita bisa melakukannya. Cobalah melakukan sesuatu yang berbeda, mencoba membuat beberapa kemajuan, mencoba belajar beberapa ketrampilan baru.

Tidak berarti kita harus mencoba semuanya, tapi ada banyak hal yang bisa kita lakukan, jika kita mau mencobanya. Mencoba yang terbaik. Kerahkan seluruh upaya.

3. Hidup Akan Bermakna Jika Kita Peduli.

Peduli untuk memberikan hasil terbaik. Peduli melakukan perubahan. Peduli untuk menjadi pemenang, dan sebagainya. Intinya kita harus peduli dengan apa yang terjadi disekitar kita.

Jadi poinnya adalah kita wajib belajar dari pengalaman, mencoba untuk melakukan sesuatu agar kita tahu kemampuan kita, dan peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Semoga bermanfaat.