Kapan Awal Puasa Ramadhan 2016 Berdasarkan Sidang Isbat?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Sore ini, pemerintah tengah melaksanakan sidang isbat untuk menentukan kapan awal puasa Ramadhan 1437 Hijriyah. Sidang isbat dimulai pada pukul 17.00 WIB dan dilakukan secara tertutup.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menentukan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada 5 Juni 2016 dengan menggunakan hasil hisab hakiki wujudul hilal. Namun seperti biasa, pemerintah akan menggunakan metode ru'yah atau dengan cara melihat hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan.

Kapan Awal Puasa Ramadhan 2016 Berdasarkan Sidang Isbat?

Untuk itu, mari kita tunggu hasil sidang isbat pemerintah untuk menentukan awal puasa Ramadhan tahun 2016 ini.

Update


Hasil sidang isbat yang berlangsung di kementerian Agama RI, Minggu (5/6/2016) diputuskan 1 ramadhan jatuh Senin (6/6/2016).
menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan bila hasil hisab, keberadaan hilal, Minggu (5/6/2016) pukul 10.00 WIB di seluruh Indonesia berada pada posisi 2 derajat 13 menit sampai 4 derajat 6 menit.

Kemudian berdasarkan hasil rukyat di enam wilayah, dilaporkan sudah melihat hilal.

"berdasarkan hisab dan laporan petugas kita yang melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati malam ini masuk ramadhan. Kita bermufakat menyepakati puasa 1 ramadhan 1437 H akan dimulai besok bertepatan dengan 6 Juni 2016," kata Lukman.

Dikatakannya, atas nama pemerintah dirinya mengucapkan kepada masyarakat selamat menjalankan bulan ramadhan.

"Mudah-mudahan semua kita bisa jaga kesucian bulan ramadhan agar kualitas ibadah kita dan bisa menjalankan ramadhan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.