Hukum Menuntut Ilmu dan Mengajarkannya

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Jika kita menelaah isi dari Alquran dan Hadits, maka kita akan menemukan beberapa nas yang menjelaskan kepada kita tentang kewajiban menuntut ilmu. Ilmu merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap orang sebagai bekal untuk menjalani kehidupan di dunia ini.

Selain itu, perintah menuntut ilmu dalam Islam juga memiliki tujuan agar kita jauh dari kebodohan atau kejahilan sehingga kita bisa menjadi umat yang cerdas. Rasulullah pernah bersabda tentang wajibnya menuntut ilmu bagi laki-laki dan perempuan.

Hukum Menuntut Ilmu dan Mengajarkannya

Rasulullah bersabda,

"Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan." [HR. Ibn Abdul Barr]

Dari hadits diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa Islam adalah agama yang mewajibkan pemeluknya untuk menuntut ilmu. Karena dengan ilmu maka kita dapat mengetahui segala hal yang belum kita ketahui sebelumnya. Dan dengan ilmu pula kita dapat mengambil pelajaran yang sangat berharga dari pengalaman umat-umat terdahulu.

Islam mewajibkan oemeluknya untuk menuntut berbagai macam ilmu yang berhubungan dengan kehidupan dunia agar kita dapat mengetahui manfaat dan dapat menuntun kita mengenai hal-hal yang berhubungan dengan dunia. Selain itu, dengan memiliki ilmu maka kita juga akan lebih disegani dan dihormati oleh orang lain.

Selain menuntut ilmu dunia, kita juga wajib mempelajari ilmu-ilmu untuk akhirat. Karena di dalam ajaran agama Islam, kita percaya bahwa kehidupan setelah mati itu ada. Menuntut ilmu untuk bekal kehidupan di akhirat akan membuat kita semakin yakin dalam menyongsong kehidupan baru tersebut dan terhindar dari jalan-jalan yang dapat menyengsarakan kita kelak di akhirat.

Lalu bagaimanakah hukumnya mengajarkan ilmu yang telah kita miliki?


Seperti halnya menuntut ilmu, mengajarkan ilmu juga merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang yang telah memiliki ilmu. Karena dengan mengajarkan ilmu tersebut kepada orang lain maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT dan ditinggikan derajatnya.

Selain itu, dengan mengajarkan ilmu tersebut maka kita juga telah memberikan manfaat kepada orang lain dengan ilmu yang kita ajarkan tersebut. Mengajarkan ilmu juga merupakan salah satu pekerjaan yang mulia, bahkan Rasulullah SAW pun diutus oleh Allah ke dunia ini untuk memberikan pengajaran kepada kita semua.

Allah telah menyiapkan azab bagi orang yang menyembunyikan ilmu yang mereka ketahui, melalui sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu, kemudian menyembunyikan (tidak mau memberikan jawabannya), maka Allah akan mengekangnya (mulutnya), kelak di hari kiamat dengan (kendali) dari api neraka." [HR. Ahmad]

Oleh sebab itu, marilah kita menuntut ilmu dan mengajarkannya agar kita mendapat manfaat dari ilmu tersebut dan terhindar dari azab karena enggan menuntut dan mengajarkan ilmu. Semoga bermanfaat.