Jangan Ditinggalkan, Inilah Keutamaan Shalat Dhuha

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dapat dilakukan ketika matahari sudah mulai naik sepenggalah (sekitar pukul 7 pagi) hingga matahari mulai tergelincir (saat memasuki waktu dzuhur). Namun ada waktu yang paling tepat untuk melakukan shalat dhuha yaitu ketika matahari sudah agak tinggi dan panas agak terik.

Ibadah ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena memiliki beberapa keutamaan-keutamaan yang sangat bermanfaat bagi yang melakukannya. Untuk itu mulai dari sekarang, rajin-rajinlah melaksanakan shalat dhuha walaupun hanya sebanyak 2 rakaat karena meskipun hanya 2 rakaat namun memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Jangan Ditinggalkan, Inilah Keutamaan Shalat Dhuha

Diantara sekian banyak keutamaan-keutamaan shalat dhuha, berikut ini beberapa diantaranya:

Merupakan Salah Satu Wasiat Rasulullah SAW

Shalat dhuha merupakan salah satu wasiat Nabi Muhammad SAW kepada kita semua. Rasulullah pernah berwasiat bahwa kita dianjurkan untuk melakukan shalat dhuha, minimal 2 rakaat setiap harinya. Dalam sebuah hadits, berikut wasiat Rasulullah tersebut:

Dari Abu Hurairah, beliau berkata, "Kekasihku (Nabi Muhammad) mewasiatkan kepadaku untuk berpuasa tiga hari dalam tiap bulan, melakukan dua rakaat shalat dhuha dan melakukan sholat witir sebelum tidur." [HR. Bukhari dan Muslim]

Hadits diatas menegaskan bahwa Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk melakukan shalat dhuha meskipun hanya 2 rakaat, padahal kita tahu bahwa setiap yang Rasulullah perintahkan kepada kita pasti memiliki manfaat dan kebaikan di dalamnya.

Sebagai Pengganti Sedekah

Dalam Islam, kita diwajibkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan salah satu caranya adalah dengan cara bersedekah. Setiap hari, kita diwajibkan untuk bersedekah. Bersedekah sendiri tidak harus memberi sesuatu kepada orang lain, karena dalam Islam bersedekah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dan salah satu cara untuk mendapatkan pahala sedekah adalah dengan cara melakukan shalat dhuha dua rakaat.

Dan hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah sebagai berikut, diriwayatkan oleh Abu Dzar bahwa Rasulullah bersabda,

"Pada pagi hari, setiap persendian salah seorang dari kalian wajib bershadaqah; setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, menyuruh berbuat baik adalah shadaqah, melarang dari yang mungkar adalah shadaqah, dan itu semua cukup dengan dua raka’at shalat Dhuha yang ia kerjakan" [HR. Muslim]

Shalatnya Orang-Orang yang Bertaubat

Rasulullah bersabda: "Shalatnya orang-orang yang bertaubat adalah pada saat berdirinya anak unta karena teriknya matahari." [HR. Muslim]

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin dan Syaikh Abdul 'Aziz bin Baz rahimahumallah dalam Penjelasan Riyadush Shalihin menjelaskan bahwa shalat yang dimaksud adalah sholat Dhuha. Hadits ini juga menjelaskan bahwa waktu paling afdhol untuk melakukan shalat dhuha adalah ketika matahari sudah terik.

Shalatnya Orang-Orang yang Taat

Orang yang rajin melakukan shalat dhuha akan memiliki nilai lebih dimata Allah SWT, karena orang-orang yang rajin melaksanakan shalat dhuha akan dianggap sebagai orang yang kembali taat di jalan kebaikan islam, inilah mengapa shalat dhuha juga disebut juga sebagai shalat awwabin.

"Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin." [HR. Ibnu Khuzaimah]

Diampuni Dosa-Dosanya Sehari Penuh

Salah satu keutamaan shalat dhuha yang lain ialah akan diampuni dosa-dosanya selama seharian oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah sebagai berikut:

"Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, maka akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah. Sekalipun itu seperti buih di lautan." [HR. Tirmidzi]

Dimudahkan Segala Sesuatunya Oleh Allah

Orang yang melakukan shalat dhuha sebanyak 4 rakaat, maka Allah akan memudahkan segala urusannya pada hari itu, menuntaskan masalah-masalah yang dihadapinya, dan mencukupi segala sesuatunya.

Allah berfirman: "Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu." [HR. Ahmad]

Mendapatkan Pahala Haji dan Umrah Dengan Shalat Dhuha

Haji dan umrah merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi mereka yang memiliki rizki yang cukup untuk bepergian ke tanah suci. Pahala yang didapat dari haji dan umrah sangatlah besar, namun jika Anda belum bisa melaksanakannya, maka perbanyaklah melaksanakan shalat dhuha. Karena dengan melaksanakan shalat dhuha, maka Allah akan memberikan pahala yang setara dengan haji dan umrah, masya Allah.

"Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna." [Shahih al-Jami`: 6346]

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan tentang shalat dhuha, semoga membuat kita semua menjadi lebih rajin melaksanakan shalat dhuha meski hanya dua rakaat setiap pagi. Semoga bermanfaat.