Ciri-Ciri Gejala Demam Berdarah dan Pencegahannya

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Di musim seperti sekarang ini, banyak sekali penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. Salah satunya adalah penyakit demam berdarah atau biasa juga dikenal dengan singkatan DB/DBD.

Sebelumnya, apa itu penyakit demam berdarah? Demam berdarah atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi virus dengue. Penyebaran virus tersebut berasal dari nyamuk Aedes Aegypti.

Ciri-Ciri Gejala Demam Berdarah dan Pencegahannya

Penderita yang terinfeksi virus dengue dari nyamuk tersebut biasanya akan mengalami demam tinggi disertai mual dan sakit kepala, inilah gejala awal demam berdarah.

Gejala

Virus dengue biasanya memiliki masa inkubasi sekitar empat hingga tujuh hari. Gejala awal demam berdarah biasanya akan terlihat setelah tiga hingga empatbelas hari setelah penderita DB terinfeksi virus tersebut, gejala awalnya biasanya ditandai dengan demam tinggi hingga mencapai suhu 40 derajat celcius.

Dan berikut ini adalah beberapa gejala demam berdarah:
  1. Nafsu makan menurun
  2. Tubuh menggigil
  3. Sakit kepala parah
  4. Wajah yang berwarna kemerahan
  5. Munculnya bintik-bintik merah pada kulit
  6. Sakit tenggorokan
  7. Nyeri pada perut dan mual-mual
  8. Nyeri hebat pada otot-otot punggung bawah, lengan, hingga kaki
  9. Nyeri hebat pada tulang dan sendi
  10. Rasa sakit bagian belakang mata
  11. Dan lain-lain.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter agar dapat segera ditangani. Karena jika terlambat ditangani maka penyakit tersebut akan semakin parah dan dapat menyebabkan kematian.

Bagi penderita yang sudah terkena demam berdarah, maka sebaiknya banyak-banyaklah beristirahat, perbanyaklah mengkonsumsi cairan agar terhindar dari dehidrasi, dan minumlah obat penurun panas seperti parasetamol dan yang terpenting adalah periksakanlah ke rumah sakit agar cepat ditangani oleh dokter.

Cara Mencegah Demam Berdarah

Karena demam berdarah berasal dari virus yang ditularkan oleh nyamuk, maka kita harus menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar tidak menjadi sarang nyamuk atau menjadi tempat kembang biak nyamuk.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Menguras bak mandi secara rutin untuk menghilangkan jentik-jentik nyamuk.
  2. Membuang genangan-genangan air di kaleng, ember dan sebagainya yang menjadi tempat favorit nyamuk dalam berkembang biak.
  3. Menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.
  4. Menggunakan lotion anti-nyamuk.

Itulah beberapa cara mencegah timbulnya penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat.