Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkan Najis

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Islam adalah agama yang selalu peduli akan kebersihan, karena dalam Islam menjaga kebersihan itu sangatlah penting terutama menjaga kebersihan diri dari najis.

Seperti yang kita ketahui, najis dapat menghalangi kita untuk melakukan ibadah seperti shalat, membaca Alquran dan sebagainya. Dalam Islam sendiri najis dibedakan dalam beberapa kelompok menurut tingkatannya.

Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkan Najis


Dan berikut ini adalah beberapa macam-macam najis yang perlu kita ketahui dalam Islam.

1. Najis Mukhaffafah (Najis Ringan)

Najis Mukhaffafah adalah najis ringan, biasanya najis ini berasal dari air seni seorang bayi laki-laki yang masih dibawah usia 2 tahun dan hanya masih diberi makan berupa ASI (air susu ibu). Karena merupakan sebuah najis yang ringan maka untuk membersihkan najis ini juga cukup mudah yaitu cukup dengan memercikan air ke bagian yang terkena najis tersebut.

2. Najis Mutawassithah (Najis Biasa/Sedang)

Najis Mutawassithah adalah najis yang berasal dari kotoran baik kotoran hewan atau manusia, air kencing, bangkai (kecuali ikan dan belalang), air susu hewan yang diharamkan dagingnya, dan lain sebagainya.

Najis mutawassithah juga dibedakan menjadi dua yaitu:
  1. Najis ‘Ainiyah: Jelas terlihat rupa, rasa atau tercium baunya.
  2. Najis Hukmiyah: Tidak tampak (bekas kencing & miras)

Untuk mensucikan diri dari najis mutawassthah, yang harus dilakukan adalah membersihkan bagian yang terkena najis dengan menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar hilang najisnya.

3. Najis Mughalladhah (Najis Berat)

Najis Mughalladhah adalah najis yang paling tinggi tingkatannya, najis ini berasal dari air liur anjing, babi dan sebagainya. Karena merupakan najis yang berat, maka untuk cara membersihkan diri dari najis ini perlu menggunakan bilasan air 7 kali dimana salah satunya dibersihkan menggunakan tanah agar najis tersebut benar-benar hilang.

Itulah beberapa macam-macam najis dan cara membersihkannya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.