Kebiasaan yang Dilakukan Rasulullah Ketika Baru Bangun Tidur

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Rasulullah adalah manusia terbaik dan paling mulia, ia juga merupakan sosok pemimpin, suami, ayah, dan panutan yang baik bagi umat Islam. Oleh karena itu, maka marilah kita meneladani sifat-sifat dan perilaku Rasulullah.

Rasulullah selalu melakukan hal-hal yang baik dalam setiap perilakunya, sehingga sangat pantas jika dia menjadi sosok panutan yang wajib kita contoh. Salah satu hal yang perlu kita contoh dari perilaku Rasulullah ini adalah ketika beliau baru saja bangun dari tidur.

Kebiasaan yang Dilakukan Rasulullah Ketika Baru Bangun Tidur

Kebanyakan dari kita akan merasa lesu dan lebih suka bermalas-malasan di ranjang ketika kita bangun tidur daripada melakukan aktivitas lain. Namun, tentu saja hal ini berbeda dengan apa yang Rasulullah kerjakan pada saat beliau baru bangun tidur.

Dan inilah yang sering dilakukan Rasulullah ketika baru bangun tidur:

1. Duduk Sejenak

Ketika baru bangun tidur, Rasulullah duduk sejenak untuk menghilangkan rasa kantuknya. Kemudian beliau mengusapkan tangannya ke wajah. Dalam hadits riwayat Imam Muslim dijelaskan:

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bangun tidur, lantas beliau duduk sembari menghilangkan rasa kantuk sembari mengusapkan tangannya ke wajahnya." [HR. Muslim]

2. Berdoa

Setiap hal yang dilakukan Rasulullah pasti diawali dengan do'a. Begitu juga ketika beliau baru bangun tidur Rasulullah berdo'a dengan lafal sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kami dikembalikan [HR. Bukhari]

3. Bersiwak

Bersiwak merupakan salah satu sunah Rasul yang memiliki banyak manfaat. Ini merupakan kebiasaan yang dilakukan Rasulullah ketika baru bangun tidur. Untuk zaman sekarang, mungkin orang lebih banyak menggunakan sikat gigi untuk membersihkan mulut ketika baru bangun tidur.

Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa:

"Kebiasaan Rasulullah apabila bangun pada malam hari, beliau menggosok giginya dengan siwak." [HR. Bukhari dan Muslim]

Itulah beberapa hal yang dilakukan Rasulullah ketika beliau baru bangun tidur. Semoga bermanfaat.