Macam-Macam Syirik dan Pengertiannya

Macam-Macam Syirik dan Pengertiannya

Syirik merupakan dosa terbesar yang sangat berat hukumannya bagi si pelaku syirik tersebut. Seperti yang kita tahu bersama bahwa syirik adalah suatu bentuk dosa yang disebabkan karena kita menyekutukan Allah dengan selain Allah.

Tapi sesungguhnya yang disebut syirik itu bukan hanya karena menyembah berhala atau menyekutukan Allah saja, tapi riya' juga merupakan salah satu bentuk syirik. Untuk itu, kita perlu tahu lebih banyak bentuk dan macam-macam syirik agar kita tidak terjatuh kedalam dosa besar yang satu ini.


Untuk itu, berikut ini adalah beberapa macam dan bentuk-bentuk syirik yang harus kita hindari.

1. Syirik Terkait Kekhususan Allah SWT


Allah adalah Tuhan semesta alam yang berhak disembah dan hanyalah Dia satu-satunya yang wajib kita sembah dan tidak boleh di persekutukan, syirik terkait kekhususan Allah ini ada beberapa bentuk yaitu:

Syirik di dalam Rububiyyah, kita harus tahu banhwa makna dari Rububiyyah berarti kita yakin bahwa Allah itu bersifat Esa, Maha Pencipta, Tuhan Semesta Alam dan sebagainya. Syirik Rububiyyah yaitu disaat kita meyakini bahwa ada makhluk selain Allah yang mampu menciptakan, memberi kehidupan, kematian dan lainnya yang berkaitan dengan sifat-sifat rububiyyah.

Syirik di dalam Uluhiyyah, yaitu meyakini bahwa selain Allah bisa memberikan madharat atau manfaat, memberikan syafaat tanpa izin Allah, dan lainnya yang termasuk sifat-sifat uluhiyyah.

Syirik di dalam Asma’ wa Sifat, yaitu seorang meyakini bahwa sebagian makhluk Allah memiliki sifat-sifat khusus yang Allah ta’alla miliki, seperti mengetahui perkara gaib, dan sifat-sifat lainnya yang merupakan kekhususan Rabb kita yang Maha Suci.

2. Syirik Menurut Kadarnya


Syirik Akbar (besar), yaitu syirik dalam keyakinan, dan hal ini mengeluarkan pelakunya dari agama islam.

Syirik dalam berdoa, adalah merendahkan diri kepada selain Allah dengan tujuan untuk istighatsah dan isti’anah kepada selain-Nya.

Syirik dalam niat, kehendak dan maksud, adalah manakala melakukan ibadah tersebut semata-mata ingin dilihat orang atau untuk kepentingan dunia semata. (muslimah.or.id)

Syirik dalam keta’atan, yaitu menjadikan sesuatu sebagai pembuat syariat selain Allah Subhanahu wa Ta’ala atau menjadikan sesuatu sebagai sekutu bagi Allah dalam menjalankan syariat dan ridho atas hukum tersebut.

Syirik dalam kecintaan, adalah mengambil makhluk sebagai tandingan bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Menyetarakan kecintaan makhluk dengan Allah.

Syirik Ashghar (kecil), yaitu riya’, hal ini tidak mengeluarkan pelakunya dari agama islam, akan tetapi pelakunya wajib untuk bertaubat. Akan tetapi bukan hanya riya’ saja yang termasuk syirik Ashgar. Riya’ termasuk Syirik Ashghar namun tidak semua Syirik Ashghar hanya berupa riya’.

Syirik Khafi (tersembunyi), yaitu seorang beramal dikarenakan keberadaan orang lain, hal ini pun termasuk riya’, dan hal ini tidak mengeluarkan pelakunya dari agama islam sebagaimana anda ketahui, namun pelakunya wajib bertaubat.

3. Syirik Menurut Letak Terjadinya


Syirik I’tiqodi, syirik yang berupa keyakinan, misalnya meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah menciptakan kita dan memberi rizki pada kita namun di sisi lain juga percaya bahwa dukun bisa mengubah takdir yang digariskan kepada kita. Hal ini termasuk Syirik Akbar yang mengeluarkan pelakunya dari agama islam, kita berlindung kepada Allah dari hal ini.

Syirik Amali, yaitu setiap amalan fisik yang dinilai oleh syari’at islam sebagai sebuah kesyirikan, seperti menyembelih untuk selain Allah, dan bernazar untuk selain Allah dan lainnya.

Syirik Lafzhi, yaitu setiap lafazh yang dihukumi oleh syari’at islam sebagai sebuah kesyirikan, seperti bersumpah dengan selain nama Allah, seperti perkataan sebagian orang, "Tidak ada bagiku kecuali Allah dan engkau", dan "Aku bertawakal kepadamu", "Kalau bukan karena Allah dan si fulan maka akan begini dan begitu", dan lafazh-lafazh lainnya yang mengandung unsur kesyirikan.

Dengan mengetahui beberapa kategori syirik diatas dapat membantu kita untuk menghindarinya agar tidak terjatuh dalam kesyirikan dalam bentuk apapun dan cara bagaimana pun. Semoga kita semua bisa terhindar dari syirik tersebut di manapun dan kapan pun jua. (muslimah.or.id)
Selengkapnya
Kisah Mualaf: Baron Omar Rolfvon Ehrenfels

Kisah Mualaf: Baron Omar Rolfvon Ehrenfels

Islam telah memberikan rasa aman dengan cara tunduk (patuh) pada hukum yang abadi (ketentuan Allah).

Sejak masa kanak-kanak, Leopold Werner von Ehrenfels telah memperlihatkan ketertarikannya terhadap dunia Timur, khususnya dunia Islam. Demikian sepenggal kisah yang disampaikan saudara perempuannya, seorang penyair berkebangsaan Austria, Imma von Bodmershof, dalam sebuah artikel majalah sastra Islam Lahore terbitan tahun 1953, tentang Leopold Werner von Ehrenfels, yang kemudian berganti nama menjadi Baron Omar Rolf von Ehrenfels.

Ketertarikan Rolf, demikian biasa ia disapa, pada dunia Timur kemudian diwujudkan dengan mengunjungi negara-negara Balkan dan Turki manakala ia menginjak usia dewasa. Di setiap negara yang dikunjunginya, Rolf kerap mengikuti shalat berjamaah di masjid-masjid yang disambangi, meski pada saat itu dia masih seorang Nasrani. Apa yang dilakukan Rolf ini mendapat sambutan baik dari kaum Muslimin Turki, Albania, Yunani, dan Yugoslavia.

Kisah Mualaf: Baron Omar Rolfvon Ehrenfels
Sejak saat itu, perhatiannya terhadap Islam semakin bertambah, hingga akhirnya dia menyatakan masuk Islam pada tahun 1927. Setelah resmi memeluk Islam, Guru Besar Antropologi University of Madras ini kemudian memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf von Ehrenfels.

Pada tahun 1932, Rolf mengunjungi anak benua India dan Pakistan. Selama di sana, dia sangat tertarik mempelajari soal-soal kebudayaan dan sejarah yang berhubungan dengan kedudukan wanita dalam Islam. Sekembalinya ke Austria, Rolf mengkhususkan diri dalam mempelajari soal-soal antropologi dari Matrilineal Civilization di India. Apa-apa yang dia pelajari mengenai antropologi Matrilineal Civilization di India, kemudian dia tuangkan dalam bentuk buku yang diterbitkan oleh The Oxford University Press. Buku ini merupakan buku antropologi pertama yang ditulis oleh Rolf.

Pada waktu Austria diduduki oleh pasukan Nazi Jerman tahun 1938, Rolf memutuskan untuk pergi lagi ke India dan bekerja di Hyderabad atas undangan Sir Akbar Hydari. Selama bermukim di India untuk kali kedua ini, Rolf mempelajari soal-soal antropologi di wilayah India Selatan dengan mendapat bantuan dari Wenner Gern Foundation New York di Assam.

Sejak tahun 1949, ia ditunjuk menjadi kepala bagian Antropologi pada University of Madras. Dan, pada tahun itu juga, Rolf mendapat medali emas SC Roy Golden Medal atas jasa-jasanya dalam bidang Sosial and Cultural Antropology dari Royal Asiatic Society of Bengal.

Di antara sekian banyak karangannya tentang Islam dan ilmu pengetahuan, ada dua jilid buku tentang antropologi India dan dunia, Ilm-ul-Aqwam (Anjuman Taraqqi-Delhi, 1941) dan sebuah risalah tentang suku bangsa Cochin dengan judul Kadar of Cochin (Madras, 1952).

Kebenaran Islam
Menurut Rolf, seperti dikutip dari buku Mengapa Kami Memilih Islam, Islam merupakan agama besar yang sangat berpengaruh atas jiwanya. Setidaknya, kata anak laki-laki satu-satunya dari Baron Christian Ehrenfels, pembangun teori 'Structure Psychology Modern' di Austria, ada delapan alasan yang telah menggugah kesadaran dalam dirinya tentang kebenaran agama Islam.

Ajaran-ajaran Islam yang diwahyukan berangsur-angsur itu, ungkap Rolf, telah menunjukkan kepadanya bahwa agama-agama besar keluar dari hanya satu sumber. ''Bahwa orang-orang yang membawa kerasulan besar itu hanya membawa ajaran-ajaran Tuhan yang Satu. Dan, bahwa beriman kepada salah satu kerasulan ini berarti mencari iman dalam cinta kasih.''

Bagi Rolf, Islam telah memberikan rasa aman dengan cara tunduk kepada hukum yang abadi. Sedangkan ditinjau dari sudut sejarah, ungkapnya, Islam merupakan agama besar terakhir di atas planet bumi ini. Nabi Muhammad SAW adalah rasul Islam dan mata rantai terakhir dalam rangkaian para rasul, yang membawa risalah-risalah besar.

Islam, tambah Rolf, juga menonjol dalam hal penerimaan dan cara hidup kaum Muslimin oleh penganut agama yang terdahulu. ''Berarti dia melepaskan diri dari agamanya yang dahulu,'' kata dia. Hal ini sama seperti memeluk ajaran-ajaran Buddha, yang berarti melepaskan diri dari ajaran-ajaran Hindu.

Namun, agama-agama yang berbeda-beda itu, menurut dia, sebenarnya hanya buatan manusia, sedangkan kesatuan agama itu dari dan bersifat ketuhanan. ''Ajaran-ajaran Alquran-lah yang menekankan atas prinsip kesatuan ini. Dan, percaya atas kesatuan agama berarti menerima satunya fakta kejiwaan yang umum diterima oleh semua orang, pria dan wanita,'' paparnya.

Hal menonjol lainnya adalah ajaran Islam menekankan jiwa persaudaraan kemanusiaan, yang meliputi semua hamba Allah. Ini berbeda dengan konsep rasialisme atau sukuisme yang berdasarkan perbedaan bahasa, warna kulit, sejarah tradisional, dan lain-lain dogma alami.

Selain itu, menurut Rolf, Islam memberikan kedudukan yang mulia dan hak yang sebesar-besarnya kepada kaum perempuan. Dalam pengertian inilah, Rasulullah SAW bersabda dalam kata-katanya yang tidak bisa dilupakan oleh para pengikutnya, "Surga itu di bawah telapak kaki kaum ibu."

Agama Islam, dinilai Rolf, sangat menghargai hasil karya umat dari agama lain dengan tidak menghancurkannya. Hal tersebut bisa kita lihat dari bangunan Gereja Aya Sophia di Istanbul, Turki, yang dialihfungsikan menjadi masjid manakala tentara Islam berhasil menguasai wilayah tersebut. Penguasa Islam saat itu hanya mengubah desain interior bekas bangunan gereja tersebut, agar mirip dengan Masjid Sultan Ahmad atau Muhammad al-Fatih (Masjid Biru) di Istanbul. Bukti sejarah ini, kata dia, telah menunjukkan bahwa umat Islam pada dasarnya mencintai perdamaian dan kasih sayang terhadap umat dari agama lain.
Selengkapnya
Allah SWT Tidak Pernah Ridha dengan Kemusyrikan

Allah SWT Tidak Pernah Ridha dengan Kemusyrikan

Kita ketahui bahwa tujuan utama penciptaan kita di dunia ini adalah untuk beribadah kepada Allah Ta’ala semata. Dan sangat penting untuk diketahui bahwa ibadah yang kita lakukan akan menjadi sia-sia apabila tercampur dengan kemusyrikan.

Apabila suatu ibadah bercampur dengan kemusyrikan, maka ibadah kita tidak akan diterima. Oleh karena itu, barangsiapa yang beribadah kepada selain Allah Ta’ala -di samping juga beribadah kepada Allah Ta’ala-, maka ibadahnya kepada Allah Ta’ala adalah ibadah yang batil. Karena suatu ibadah tidaklah bermanfaat bagi pelakunya kecuali jika disertai dengan keikhlasan dan tauhid.

Allah SWT Tidak Pernah Ridha dengan Kemusyrikan

Allah Ta’ala berfirman:

"Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi." [QS. Az-Zumar ayat 65]

Dalam ayat lain Allah juga berfirman:

"Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan." [QS. Al-An'am ayat 88]

Untuk lebih mendekatkan pemahaman kita tentang hal ini, Syaikh Muhammad At-Tamimy rahimahullah membuat suatu ilustrasi tentang kedudukan tauhid dan ikhlas dalam beribadah. Beliau rahimahullah mengatakan:

"Ketahuilah, sesungguhnya ibadah tidaklah disebut sebagai ibadah kecuali dengan tauhid (yaitu memurnikan ibadah kepada Allah semata). Sebagaimana shalat tidaklah disebut sebagai shalat kecuali dalam keadaan bersuci (thaharah). Apabila ibadah tersebut dimasuki syirik, maka ibadah itu batal. Sebagaimana hadats yang masuk dalam thaharah." (Syarh Al-Qowa’idul Arba’, hal. 14).

Dari ilustrasi yang beliau sampaikan tersebut, jelaslah bahwa ibadah kita tidak akan diterima kecuali dengan tauhid. Hal itu sebagaimana ibadah shalat dengan bersuci (thaharah).

Tauhid adalah syarat diterimanya ibadah, sebagaimana bersuci adalah syarat sah ibadah shalat. Sebagaimana shalat tidak sah jika tidak dalam kondisi suci, demikian pula ibadah kita tidak akan sah jika tidak disertai dengan tauhid, meskipun di dahinya terdapat tanda bekas sujud, berpuasa di siang hari, atau rajin shalat malam.

Karena semua ibadah tersebut syaratnya adalah ikhlas dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Apabila terdapat satu saja dari ibadah tersebut yang dicampuri dengan kemusyrikan, maka seluruh ibadah yang pernah dia lakukan akan batal dan hilanglah pahalanya.

Oleh karena itu, di dalam banyak ayat Allah Ta’ala mengumpulkan antara perintah untuk beribadah kepada Allah Ta’ala dengan perintah untuk menjauhi perbuatan syirik. Allah Ta’ala berfirman,

"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri," [QS. An-Nisa' ayat 36]

Allah Ta’ala juga berfirman,

"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus." [QS. Al-Bayyinah ayat 5]

Ketika Allah Ta’ala melarang kita untuk berbuat syirik, maka hal itu menunjukkan bahwa Allah Ta’ala tidak ridha disekutukan dengan apa pun dalam ibadah kepada-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,’Aku tidaklah butuh adanya tandingan-tandingan. Barangsiapa yang mengerjakan suatu amal dalam keadaan menyekutukan Aku dengan selain Aku, maka Aku akan meninggalkan dia dan perbuatan syiriknya itu." (HR. Muslim no. 7666)

Oleh karena itu, apabila ada sekelompok masyarakat yang rajin shalat, rajin puasa, bersyahadat laa ilaaha illallah Muhammad rasulullah, dan berhaji ke baitullah, namun di sisi lain mereka juga berdoa meminta kepada penghuni kubur, meminta kepada "Wali Songo" yang sudah meninggal, maka semua ibadahnya itu sia-sia semata.

Hal ini karena mereka menyekutukan Allah Ta’ala, mereka mengotori ibadah mereka dengan perbuatan syirik. Semua amalnya adalah amal yang batil, sampai dia bertaubat, mentauhidkan Allah Ta’ala dalam ibadah, dan mengikhlaskan ibadahnya hanya kepada Allah Ta’ala semata.

Allah Ta’ala tidak akan pernah ridha dengan kemusyrikan, meskipun yang dijadikan sebagai sekutu itu adalah malaikat yang paling mulia –yaitu Jibril ‘alaihis salaam- atau salah seorang Nabi yang diutus, seperti Muhammad, ‘Isa, Nuh, Ibrahim, dan selainnya.

Lalu, bagaimana lagi jika yang dijadikan sebagai sekutu itu adalah selain malaikat dan para nabi, seperti wali dan orang shalih yang kedudukannya tentu sangat jauh di bawah mereka? Tentu Allah Ta’ala lebih tidak ridha lagi dengan hal itu.

Maka hal ini adalah bantahan atas anggapan sebagian orang yang menganggap bahwa syirik itu baru disebut sebagai syirik jika yang disembah adalah batu, pohon, patung, dan sejenisnya. Adapun jika yang disembah adalah malaikat, nabi, atau orang shalih, maka hal itu bukan syirik.

Anggapan semacam ini adalah anggapan yang tidak benar. Dan di antara dalil yang menunjukkan atas batilnya anggapan tersebut adalah firman Allah Ta’ala,

"Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah." [QS. Al-Jinn ayat 18]

Kata "ahadan" dalam ayat di atas adalah isim nakiroh (kata benda indefinitif) yang berada dalam konteks nahi (larangan), yaitu kalimat “Janganlah kamu menyembah”. Menurut kaidah ilmu ushul fiqh, hal ini mengandung makna yang bersifat umum, mencakup seluruh jenis sekutu, tidak ada pengecualian di dalamnya sedikit pun.

Maksudnya, Allah Ta’ala melarang untuk menujukan ibadah kepada selain Allah Ta’ala, siapa pun dia. Baik malaikat yang paling dekat dan paling mulia di sisi Allah Ta’ala, seorang nabi, berhala, kubur, wali, orang shalih, baik orang tersebut masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

Oleh karena itu, perbuatan syirik tetaplah disebut syirik meskipun yang disembah adalah seorang malaikat, nabi, atau wali dan orang shalih. Semoga Allah Ta’ala melindungi dan menjauhkan kita dari perbuatan syirik. [Dikutip dari Muslim.Or.Id]
Selengkapnya
Kerudung dalam Ajaran Kristen dan Yahudi

Kerudung dalam Ajaran Kristen dan Yahudi

Krerudung adalah seperti kain atau selendang yang menutupi seluruh bagian kepala wanita dengan hanya menampakkan bagian wajahnya saja. Biasanya kerudung digunakan untuk alasan kesopanan, fashion, atau alasan keagamaan.

Selama ini kita beranggapan bahwa kerudung itu identik dengan wanita muslim, namun tahukah Anda bahwa dalam ajaran Kristen dan Yahudi juga ada anjuran untuk menggunakan kerudung bagi para penganutnya?

Sebenarnya sudah sejak lama bahkan sebelum zaman Rasulullah sudah menjadi hal yang wajib bagi wanita untuk mengenakan busana longgar panjang dari leher hingga kaki dan memakai kerudung penutup kepala.

Bahkan, Bible sendiri menganjurkan dengan jelas dan tegas untuk memakai kerudung bagi kaum wanita. Beginilah bunyi anjuran berkerudung dalam Alkitab 1 Korintus 11:

11:5 "Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya."

11:6 "Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya."

11:7 "Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki."

11:8 "Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki."

11:9 "Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki."

11:10 "Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat."

11:11 "Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan."

11:12 "Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah."

11:13 "Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?"

Itulah beberapa kutipan ayat yang menegaskan bahwa di dalam ajaran Kristen juga wanita diwajibkan untuk menggunakan kerudung. Kali ini mari kita bahas tentang bagaimana pandangan Kristen dan Yahudi tentang kerudung.

Kerudung dalam Tradisi Kristen


Kerudung dalam Ajaran Kristen dan Yahudi

Hingga sekarang ini, para Biarawati Katolik menutup kepalanya secara keseluruhan. Di Indonesia sendiri sebelum tahun 80-an pakaian biarawati adalah jilbab, pakaian panjang longgar dari leher hingga menutup kaki serta berkerudung yang menutup leher dan dada.

Namun era 80-an ke atas, jubah biarawati berubah menjadi pakaian panjang hanya sampai betis. Kerudung panjang menutup dada berubah menjadi kerudung hanya penutup rambut dan leher terbuka.

Padahal menutup kepala atau ber-kerudung, adalah sebuah tuntunan dalam Bibel yang sudah ada sejak zaman sebelum Nabi Muhammad SAW.

Kerudung dalam Tradisi Yahudi


Keluarga Yahudi Ortodoks
Keluarga Yahudi Ortodoks - Seperti muslim Arab?

Seorang pemuka agama Yahudi, Rabbi Dr. Menachem M. Brayer, Professor Literatur Injil pada Universitas Yeshiva dalam bukunya, The Jewish woman in Rabbinic Literature, menulis bahwa baju bagi wanita Yahudi saat bepergian keluar rumah yaitu mengenakan penutup kepala yang terkadang bahkan harus menutup hampir seluruh muka dan hanya mening-galkan sebelah mata saja.

Dalam bukunya tersebut ia mengutip pernyataan bebera-pa Rabbi (pendeta Yahudi) kuno yang terkenal: "Bukanlah layaknya anak-anak perempuan Israel yang berjalan keluar tanpa penutup kepala" dan "Terkutuklah laki-laki yang membiarkan rambut istrinya terlihat," dan "Wanita yang membiarkan rambutnya terbuka untuk berdandan membawa kemelaratan."

Hukum Yahudi melarang seorang Rabbi untuk memberikan berkat dan doa kepada wanita menikah yang tidak menutup kepalanya karena rambut yang tidak tertutup dianggap "telanjang".

Dr Brayer juga mengatakan bahwa "Selama masa Tannaitic, wanita Yahudi yang tidak menggunakan penutup kepala dianggap penghinaan terhadap kesopanannya. Jika kepalanya tidak tertutup dia bisa dikenai denda sebanyak empat ratus zuzim untuk pelanggaran tersebut."

Kerudung juga menyimbolkan kondisi yang membedakan status dan kemewahan yang dimiliki wanita yang menge-nakannya. Kerudung kepala menandakan martabat dan keagungan seorang wanita bangsawan Yahudi.

Oleh karena itu di masyarakat Yahudi kuno, pelacur-pelacur tidak diperboleh-kan menutup kepalanya. Tetapi pelacur-pelacur sering memakai penutup kepala agar mereka lebih dihormati (S. W. Schneider, 1984, hal 237).

Wanita-wanita Yahudi di Eropa menggunakan kerudung sampai abad ke 19 hingga mereka bercampur baur dengan budaya sekuler. Dewasa ini, wanita-wanita Yahudi yang shalih tidak pernah memakai penutup kepala kecuali bila mereka mengunjungi sinagog (gereja Yahudi) (S.W.Schneider, 1984, hal. 238-239).
Selengkapnya
Metode Belajar Membaca Alquran Untuk Anak

Metode Belajar Membaca Alquran Untuk Anak

Orangtua yang baik tentu akan mengajarkan hal-hal yang baik juga untuk anak-anak mereka, salah satunya dengan mengajarkan mereka untuk belajar membaca Alquran. Karena Alquran adalah sebaik-baiknya buku bacaan, karena didalamnya terdapat berbagai macam ilmu pengetahuan.

Selain itu, memang sudah menjadi hak seorang anak dan menjadi kewajiban orangtua untuk mengajari anak-anaknya untuk dapat membaca Alquran. Namun, memang bukan hal mudah untuk membujuk anak agar mau belajar.

Apalagi di zaman sekarang ini sudah banyak sekali gadget-gadget terbaru yang canggih dengan permainan yang asyik dan seru. Tentu anak-anak akan lebih sulit lagi dibujuk untuk mau belajar membaca Alquran.

Metode Belajar Membaca Alquran Untuk Anak

Disinilah peranan orangtua sangat dibutuhkan, orangtua harus bisa membujuk anak agar termotivasi untuk mau membaca atau bahkan menghafal Alquran. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips agar anak Anda mau belajar membaca Alquran.

1. Rangsang Anak Agar Terbiasa Mendengar Bacaan Alquran

Anak yang terbiasa mendengar bacaan Alquran sejak kecil cenderung lebih mudah untuk belajar Alquran. Untuk itu, biasakan anak Anda untuk mendengar bacaan-bacaan Alquran. Apalagi jika anak Anda masih berada di dalam kandungan, hal itu akan lebih baik lagi.

Baca Juga: Merinding! Beginilah Reaksi Janin Ketika Mendengar Alquran

Mulailah mengenalkan anak Alquran dengan bacaan dari suratan pendek, hal ini akan mempermudah anak dalam menghafal Alquran. Ingatlah bahwa usia emas anak mulai dari 0-9 tahun, di mana ia mudah meniru dan menghafal. Para orangtua dapat memanfaatkan momen emas ini.

2. Mengenalkan Anak pada Hafalan yang Sebenarnya

Setelah anak mulai terbiasa, cobalah untuk meluangkan waktu Anda untuk menemani anak dalam belajar membaca atau menghafal Alquran. Metode yang umum digunakan adalah dengan cara mendengarkan rekaman suratan pendek. Temani anak Anda ketika membaca Alquran, jika ada yang salah dalam bacaan ataupun tajwid harap dibetulkan dengan diberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh anak.

3. Memasukkan Anak ke Taman Pendidikan Alquran

Selain mengandalkan peranan dari orangtua, tidak ada salahnya memasukkan anak Anda ke dalam Taman Pendidikan Alquran di masjid-masjid yang dekat dengan rumah Anda. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam belajar membaca Alquran, karena dengan suasana yang kondusif dan memiliki banyak kawan di lingkungan TPQ akan membuat anak menjadi lebih nyaman dalam belajar.

Selain itu, dukungan dari guru yang sudah berpengalaman tentu akan membuat anak semakin mahir membaca Alquran dengan tajwid yang benar tentunya.

Nah, itulah beberapa tips agar anak Anda mau untuk belajar membaca Alquran. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Isyarat Alquran Tentang Water Birth Mampu Kurangi Rasa Sakit
Selengkapnya
Inovasi dari Para Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia

Inovasi dari Para Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia

Alquran diturunkan kepada manusia bukan hanya sebagai pedoman dan petunjuk bagi kehidupan manusia saja, tapi Alquran juga mengandung berbagai macam ilmu pengetahuan didalamnya. Dan bahkan beberapa ilmuwan sudah ada yang membuktikan kebenaran yang tertera di dalam Alquran.

Sehingga tak jarang jika dulu banyak sekali ilmuwan-ilmuwan muslim yang mampu menyumbangkan inovasinya untuk peradaban manusia. Sebut saja Ibnu Sina dan Khawarij yang karya-karyanya hingga saat ini masih banyak digunakan sebagai referensi bagi para ilmuwan dunia.

Inovasi dari Para Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia

Namun, seiring dengan perkembangan zaman yang terus berganti, sumbangsih dari para ilmuwan muslim ini banyak yang dilupakan. Bahkan umat muslim sendiri banyak yang dibuat lupa dengan berbagai cara.

Sekedar merefresh ingatan saja, berikut ini adalah para ilmuwan muslim yang mampu mengubah dunia dengan penemuannya:

1. Aljabar

Matematika adalah sebuah ilmu pasti yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Setiap hari kita pasti selalu berhubungan dengan matematika. Namun mata pelajaran ini menjadi mata pelajaran yang sangat dibenci oleh kebanyakan siswa.

Di Indonesia, penyebutan Al-Jabr adalah sebutan matematika yang sering digunakan oleh orang-orang zaman dulu. Namun saat ini, kita dibiasakan menyebutnya dengan nama matematika.

Aljabar sendiri dikembangkan oleh seorang ilmuwan besar dan ahli matematika asal Persia dan Irak yang bernama Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī, ia lahir antara 780-850 masehi.

Dalam Al-Kitab al-mukhtaar fi isab al-jabr wa-l-muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing), Khawarizmi menyusun empat prinsip dasar persamaan aljabar.

Kata 'Al-Jabr' sendiri memiliki arti 'selesai'. Pada awalnya, penemuan ini hanya digunakan untuk memecahkan masalah di kehidupan nyata seperti perhitungan zakat, pembagian warisan dan lain-lain. Kemudian, pada tahun 1.000 – 1100 masehi, buku karya Khawarizmi ini diterjemahkan kedalam bahasa Latin. Karya ilmuwan muslim ini lebih dikenal dengan sebutan algoritma. Mungkin, tanpa temuan dari Khawarizmi, aplikasi modern matematika seperti di bidang teknik mungkin takkan pernah ada.

2. Madrasah

Islam sangat berperan besar dalam peradaban dunia, pada awal berdirinya Islam masjid berperan ganda. Selain sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, masjid juga berperan sebagai sekolahan.

Seiring dengan membesarnya umat Islam, para pendidik membutuhkan lembaga formal pendidikan bagi anak-anak. Kemudian tercetus nama Madrasah dipakai untuk lembaga formal itu.

Madrasah formal yang pertama berdiri adalah al-Karaouine yang dibangun pada 859 M oleh Fatima al-Fihri di Fes, Marok. Sekolah ini bisa menarik perhatian dari anak didik dari Afrika Utara.

Pada madrasah tersebut juga diperkenalkan konsep ijazah sebagai bukti kelulusan seorang murid yang dianggap telah mengerti dan menguasai materi pendidian.

3. Marching Band

Marching band biasa dimainkan oleh para prajurit militer. Namun, siapa sangka jika ternyata konsep dari marching band ini berasal dari dunia Islam.

Adalah pasukan elit Janissary yang masih menjadi bagian dari kerajaan Ottoman. Oleh kerajaan itu, sebuah tim marching sengaja dibentuk untuk memainkan musik dengan keras di sebuah laga pertempuran. Tujuannya untuk menakuti musuh secara psikologis sekaligus memompa semangat para prajurit.

Kemudian konsep tim marching militer tersebut ditiru oleh pasukan militer Eropa untuk menakuti para musuhnya.

4. Konsep Fotografi

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika dunia ini tanpa fotografi? tentu dunia ini akan tampak berbeda. Untuk itu, kita patut berterimakasih kepada Abu Ali Muhammad al-Hassan ibnu al-Haitham atau Ibnu Haitham.

Ia adalah seorang ilmuwan muslim yang gemar melakukan penelitian. Ia juga mengembangkan konsep titik cahaya sekaligus untuk pertama kalinya menggambarkan cara kerja dari kamera.

Pada awal 1.000 M, Ibnu Al-Haytham merupakan salah satu ilmuwan besar yang bekerja pada pusat Kerajaan Kairo. Al-Haytham merupakan ilmuwan pertama yang menyadari jika sebuah lubang kecil ditempatkan disebuah kotak bercahaya, bayangnya dari cahaya yang keluar dari gambar diproyeksikan melalui lubang tersebut dan menciptakan gambar di dinding.

Dalam penelitiannya tersebut, dia menyadari semakin kecil lubang cahaya, maka akan semakin tajam kualitas gambar yang muncul.

Mungkin tanpa temuan al-Khaytam ini takkan ada yang namanya kamera modern yang bisa digenggam masyarakat era digital seperti saat ini.
Selengkapnya
Wanita Ini Mualaf Karena Merasa Islam Ajarkan Kebenaran

Wanita Ini Mualaf Karena Merasa Islam Ajarkan Kebenaran

Namanya adalah Melissa Hardy, dia adalah seorang wanita Jerman yang memilih Islam setelah menemukan sebuah kebenaran dalam Islam. Sejak kecil, dirinya sangat rajin dalam mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan.

Ketika kecil, oleh orangtuanya ia juga sering diajarkan doa-doa sesuai dengan kepercayaannya. Dan ia juga sangat suka mengamalkannya, setiap akan melakukan sesuatu ia selalu memanjatkan doa kepada Tuhan berharap Tuhan mendengar doa yang ia panjatkan kepada-Nya.

Suatu ketika, muncul pertanyaan yang membuatnya berfikir keras. Dalam hatinya ia terus bertanya dalam hati "mengapa Tuhan bisa mati?", dari pertanyaan itulah ia mulai bingung dan mencoba mencari tahu akan kebenaran.

Wanita Ini Mualaf Karena Merasa Islam Ajarkan Kebenaran

Kemudian dalam pikirannya muncul kata iman, "Saya percaya, iman merupakan cara untuk mengetahui apakah dasar agama saya adalah nyata dan benar," ucapnya seperti yang dikutip dari OnIslam.

Setiap kali mencoba konfirmasi soal pertanyaannya itu, Melissa tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Ia hanya bisa membawa pertanyaan itu dalam pikirannya. Hingga suatu hari, ia terpikir untuk mempelajari Yudaisme.

Pemikiran ini muncul karena ia menyaksikan film 'The Pianist'. Film itu berkisah seorang Yahudi yang bertahan hidup dari kejaran Nazi. "Saya menjadi benci Palestina dan cinta Israel," kenangnya.

Seiring berjalannya waktu, munculah rasa hampa dalam keyakinan Melissa. "Saya tidak memiliki hal yang bisa dipercaya. Saya merasa ada yang hilang. Tapi saya tidak tahu apa yang harus dilakukan," kata dia.

Merasa frustasi, Melissa melampiaskannya dengan mabuk dan berpesta. Namun, Melissa tidak merasa cocok dengan gaya hidup tersebut. Akhirnya, ia pun kembali melakukan pencarian.

Melissa kemudian teringat tentang Islam. Sepengetahuannya, Islam merupakan agama bangsa Arab. Tapi ia merasa penasaran, dan memutuskan untuk membaca literatur tentang Islam. "Saya beli beberapa buku. Saya baca laman Islam seperti Islamonline," kata dia.

Ketika mempelajari Islam, Melissa merasa terkejut. Islam menyatakan tiada Tuhan selain Allah. Islam juga mewajibkan shalat dan berpuasa bagi setiap Muslim. "Islam juga mewajibkan bagi yang mampu untuk melaksanakan haji," kata dia.

Sejak itu, ia mulai belajar shalat. Kemudian, ketika Ramadhan tiba, Melissa turut berpuasa. Langkah lain yang dilakukan, ia kenakan hijab. "Saya juga belajar umat Islam percaya bahwa Yesus (Anak Perawan Maria) Sebagai seorang Nabi. Muhammad adalah Nabi terakhir. Saya tahu, mereka mengimani Alkitab dan Taurat," kata dia.

"Saya masuk Islam pada bulan Mei 2004 di usia 16. Saya sekarang seorang Muslim. Islam telah membentuk tidak hanya keyakinan, tetapi juga pendapat dan tindakan saya. Alhamdulillah," ucapnya.

Baca Juga: Ilmuwan: Baca Alquran Sehatkan Jasmani dan Rohani
Selengkapnya
BloggerAtoZ.com, Tempat yang Cocok Untuk Belajar Ngeblog

BloggerAtoZ.com, Tempat yang Cocok Untuk Belajar Ngeblog

Dua master blogger tanah air yakni +Adhy Suryadi dan +Kang Ismet baru-baru ini meluncurkan sebuah forum yang khusus membahas tutorial-tutorial seputar internet dan blogging.

Jika Anda seorang blogger yang sering mencari informasi seputar tutorial blog, pasti Anda pernah singgah ke blog kompiajaib.com ataupun blog.kangismet.net. Kedua blog tersebut sering sekali menjadi rujukan para blogger untuk menggali ilmu tentang dunia blogging baik ilmu design, javascript, SEO dan lain sebagainya.

BloggerAtoZ.com

Kini mereka berdua berkolaborasi dalam membangun sebuah forum khusus untuk para blogger untuk saling berbagi informasi dan ilmu tentang dunia per-bloggeran. Forum tersebut bernama Blogger A to Z dan beralamat di bloggeratoz.com.

Sesuai dengan namanya, disini para blogger baik dari blogger pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging dapat bergabung untuk berbagi informasi dan ilmu seputar blog dari pembahasan A sampai Z bisa dibahas disini.

Seperti forum pada umumnya, dalam forum tersebut semua member dapat bertanya ataupun menjawab pertanyaan dari member lain yang berhubungan dengan masalah blog, SEO, design dan sebagainya.

Ada beberapa kategori dan sub-kategori yang masing-masing memiliki topik pembahasan yang berbeda seperti:

Diskusi Blogger


Pada kategori Diskusi Blogger ini ada beberapa sub kategori yang membahas beberapa topik berbeda seperti:

  • Tutorial Dasar/Pemula - Disini adalah topik pembahasan yang ditujukan untuk para blogger yang masih pemula atau baru mengenal blog.
  • Tutorial Lanjutan - Nah, untuk blogger yang sudah cukup paham tentang Edit Template, HTML, CSS dan lain-lain dapat memperdalam atau membagi ilmunya di sub-kategori ini.
  • Javascript dan jQuery - Disini blogger dapat berbagi dan mencari informasi seputar kode Javascript atau jQuery.
  • Monetasi Blog - Disini kita bisa saling belajar bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog, bagaimana cara mengoptimalkan penghasilan dan lain sebagainya.
  • Template - Disini kita dapat menemukan dan berbagi template.

X-Tra


Pada kategori ini, kita dapat menemukan topik seperti:

  • Google - Untuk diskuti seputar security, Google update, dan lain sebagainya.
  • WordPress - Pengguna WordPress dapat berdiskusi pada topik ini.
  • Domain & Hosting - Disini kita bisa menanyakan seputar domain dan hosting

Lounge


Disini adalah tempat santai untuk member yang ingin mengobrol dengan member lainnya atau sekedar saling sapa antar member asalkan sopan dan tetap mematuhi peraturan-peraturan yang ada dalam forum tersebut. Berikut ini tampilan halaman depan forum Blogger A to Z.

Tempat yang Cocok Untuk belajar Ngeblog

Nah, jika Anda ingin belajar dan mendalami dunia blogging cobalah untuk bergabung dengan forum ini karena pasti banyak manfaat yang dapat kita dapatkan disini. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Para Istri Sebaiknya Menghindari Kesalahan-Kesalahan ini Terhadap Suami

Para Istri Sebaiknya Menghindari Kesalahan-Kesalahan ini Terhadap Suami

Sosok istri sangatlah penting dalam sebuah hubungan rumahtangga, istri haruslah menjadi seorang istri yang baik bagi suami serta ibu yang baik bagi anak-anaknya. Selain itu, istri juga memiliki kewajiban untuk tunduk dan patuh kepada suami selama suaminya tidak mengajak pada hal-hal yang tidak baik.

Namun di zaman modern seperti sekarang ini tampaknya hal-hal tersebut kebanyakan diabaikan oleh para istri, meskipun tidak semua seperti itu namun tidak sedikit pula para istri yang mengabaikan aturan-aturan islam dalam rumahtangga.

Para Istri Sebaiknya Menghindari Kesalahan-Kesalahan ini Terhadap Suami

Oleh karena itu, Anda para istri sebaiknya menghindari kesalahan-kesalahan berikut ini agar bisa menjadi seorang istri yang baik serta di ridhai oleh Allah SWT.

Tidak Menjaga Penampilan


Seorang istri hendaknya menjaga penampilannya ketika sedang bersama suami, ia haruslah tampil cantik dan indah agar dapat menarik perhatian suami sehingga rumahtangga akan berjalan dengan harmonis.

Namun yang terjadi saat ini adalah sebaliknya, seorang istri akan berias, berdandan dengan cantik ketika hendak keluar rumah saja atau ketika hendak bertemu dengan seseorang namun mengabaikan penampilannya saat ia sedang berada dirumah.

Sehingga jangan heran apabila suami tidak betah dirumah, oleh karena itu sebaiknya seorang istri tetap menjaga penampilannya agar tetap anggun dan cantik menawan ketika sedang bersama suaminya.

Tidak Taat Kepada Suami


Suami adalah kepala rumahtangga, sehingga sudah menjadi kewajiban seorang istri untuk selalu taat kepada suaminya. Namun yang terjadi saat ini banyak istri yang tidak taat kepada suami seperti:

  1. Suka menolak ketika suami mengajak untuk berhubungan baik secara halus maupun secara terang-terangan.
  2. Menjalin hubungan dengan pria lain.
  3. Menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak perlu tanpa sepengetahuan suami.
  4. Menyakiti suami baik secara fisik maupun perkataan.
  5. Keluar rumah tanpa izin dari suami

Seorang istri yang sholihah tentu tidak akan membangkang kepada suaminya, sebaliknya justru ia akan selalu taat, patuh dan tunduk kepada sang suami. Karena ketaatan seorang istri pada suami akan membawanya kedalam surga.

Cemburu Buta


Dalam sebuah hubungan wajib ada bumbu-bumbu cemburu, namun kadarnya haruslah masih dalam batasan yang wajar. Namun apabila rasa cemburu itu muncul secara berlebihan dan tidak berdasar maka itu bisa menjadi bumerang dalam rumahtangga.

Cemburu yang disyariatkan adalah cemburunya istri terhadap suami karena kemaksiatan yang dilakukannya, misalnya: berzina, mengurangi hak-hak nya, menzhaliminya, atau lebih mendahulukan istri lain ketimbang dirinya.

Jika cemburu istri adalah cemburu buta yang tidak berdasarkan dengan bukti-bukti yang kuat, maka jangan heran jika suami merasa bosan dan tidak nyaman jika berada di dalam rumah. Dan ia akan lebih suka menghabiskan waktu diluar daripada dirumah.

Mengungkit-Ungkit Kebaikan


Tidak benar jika seorang istri selalu mengungkit-ungkit kebaikannya kepada suami, karena Allah SWT berfirman:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima)." [Al Baqarah: 264]

Abu Dzar radhiyallahu ‘Anhu meriwayatkan, bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, "Ada tiga kelompok manusia dimana Allah tidak akan berbicara dan tak akan memandang mereka pada hari kiamat. Dia tidak mensucikan mereka dan untuk mereka adzab yang pedih."

Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakannya sebanyak tiga kali." Lalu Abu Dzar bertanya, “Siapakah mereka yang rugi itu, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Orang yang menjulurkan kain sarungnya ke bawah mata kaki (isbal), orang yang suka mengungkit-ungkit kebaikannya dan orang yang suka bersumpah palsu ketika menjual." [HR. Muslim]

Itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh seorang istri, semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Pria Ini Melakukan Hal Keji yang Sangat Menghina Islam

Pria Ini Melakukan Hal Keji yang Sangat Menghina Islam

Alvin Tan, dia adalah seorang pria asal Malaysia yang saat ini menjadi buronan polisi negeri Jiran. Dia adalah seorang blogger dan penulis buku berjudul 'Sex, Pork and Persecution'.

Beberapa kali ia tersangkut kasus di Malaysia hingga mendekam di penjara lantaran kelakuannya yang selama ini selalu menghina dan menjelek-jelekan Islam. Kini kabarnya ia berada di Amerika Serikat untuk melarikan diri dan menghindar dari jeratan hukum di Malaysia.

Pria Ini Melakukan Hal Keji yang Sangat Menghina Islam

Melalui akun Facebook miliknya, ia selalu menuliskan hal-hal yang sangat membuat umat Islam di seluruh dunia geram, selain berupa tulisan, ia juga sering sekali menghina Islam dengan mengunggah gambar-gambar yang sangat provokatif.

Dan berikut ini adalah beberapa kelakuan Alvin Tan yang sangat menghina agama Islam, mulai dari:

Adzan dengan Bertelanjang Dada dan Menggunakan Alat Musik


Adzan adalah panggilan bagi umat Islam untuk melakukan ibadah shalat. Adzan juga sebagai tanda bahwa pada saat itu waktu shalat telah tiba. Sehingga mengumandangkan adzan tidak boleh dilakukan sembarangan apalagi dengan main-main.

Namun, kelakukan blogger gila ini sungguh sangat bikin geram. Bagaimana tidak, ia mengumandangkan adzan dengan tidak sepantasnya. Ia melakukannya seperti orang yang sedang bernyanyi dengan diiringi alat musik. Berikut videonya:



Menggambar Lafadz Allah di Paha Belakang


Hal yang kedua ini sungguh kelewat batas, ia dengan berani menggambar lafadz Allah di bagian paha. Akibat kelakuannya ini tentu saja ia mendapatkan kecaman dari netizen, tak hanya umat Islam bahkan banyak yang tidak setuju dengan cara-caranya yang sangat menghina Islam.

Ia mengunggah fotonya itu ke akun Facebook miliknya.

Pria Ini Melakukan Hal yang Sangat Menghina Islam

Menggunakan Alquran Sebagai Kertas Toilet


Ini adalah salah satu kelakuan terbarunya yang membuat jutaan umat Islam di dunia marah. Baru-baru ini ia mengunggah gambar yang berisi hinaan terhadap Islam.

Entah apa tujuannya ia kembali beraksi dengan menampilkan gambar Alquran digunakan sebagai kertas toilet. Gambar yang dia unggah tentu saja membuat seluruh umat Islam, tak hanya di Malaysia namun di seluruh dunia geram.

Pria Ini Melakukan Hal Keji yang Sangat Menghina Islam

Akibat aksinya itu, kini ia menjadi buronan pihak berwenang Malaysia dan berupaya untuk menangkap Alvin di Amerika untuk di adili di Malaysia. Semoga orang ini bisa secepatnya ditangkap dan diadili atas kejahatan yang telah dia lakukan.
Selengkapnya
Bunuh Diri Dalam Pandangan Islam

Bunuh Diri Dalam Pandangan Islam

Bunuh diri adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang untuk mengakhiri hidupnya, dengan harapan bahwa segala sesuatu urusan yang menimpanya berakhir karena ia telah meninggal dunia.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang nekat melakukan bunuh diri, dan hal yang paling sering menjadi penyebab bunuh diri adalah karena putus asa dalam menghadapi sebuah masalah seperti masalah ekonomi, masalah rumah tangga dan lainnya.

Bunuh Diri Dalam Pandangan Islam

Baru-baru ini ada berita tentang seseorang yang melakukan bunuh diri pada saat peringatan hari buruh sedunia di Gelora Bung Karno, Jum'at (1/5). Diketahui pria yang diketahui identitasnya bernama Sebastian Manufuti (45) warga Bekasi, Jawa Barat. Ia merupakan salah seorang buruh pabrik yang bekerja di PT. Tirta Alam Segar di kawasan industri MM2100.

Baca: Insiden Bunuh Diri May Day 2015 Di GBK

Ia membakar dirinya sendiri karena ia kecewa dengan nasib para buruh, pelaku menginginkan adanya perubahan dari nasib buruh, itulah sebabnya dia melakukan aksi bunuh diri itu. Tujuannya agar kematiannya dijadikan sebagai simbol kalau para buruh itu wajib untuk diperhatikan dan disejahterakan.

Jika Anda penasaran, berikut ini videonya:



Namun, bagaimana pandangan Islam tentang bunuh diri yang semacam ini? Dengan dasar pengorbanan, seseorang rela mengakhiri hidupnya sendiri dengan cara yang tragis seperti ini.

Dalam Islam, bunuh diri dengan alasan apapun adalah haram dan orang yang melakukannya terancam dosa yang sangat besar. Ya, bunuh diri termasuk dalam dosa-dosa besar, bahkan pelakunya diancam dengan neraka sedangkan ia kekal didalamnya. Sebagaimana firman Allah SWT,

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." [QS. An-Nisa' ayat 29]

"Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah." [QS. An-Nisa' ayat 30]

Na'udzubillahi min dzalik! bahkan Rasulullah sendiri bersabda,

"Siapa yang menjatuhkan dirinya dari gunung hingga mati maka di neraka jahanam dia akan menjatuhkan dirinya, kekal di dalamnya selamanya. Siapa yang menegak racun sampai mati, maka racun itu akan diberikan di tangannya, kemudian dia minum di neraka jahanam, kekal di dalamnya selamanya. Siapa yang membunuh dirinya dengan senjata tajam maka senjata itu akan diberikan di tangannya kemudian dia tusuk perutnya di neraka jahanam, kekal selamanya." [HR. Bukhari 5778 dan Muslim 109]

Lalu, apakah jenazah orang yang bunuh diri harus dishalatkan atau tidak?

Meskipun orang tersebut melakukan sebuah dosa besar dengan melakukan bunuh diri, namun ia tetaplah menjadi seorang muslim. Maka, jenazahnya tetap wajib disikapi sebagaimana layaknya jenazah seorang muslim. Dia wajib dimandikan, dikafani, dishalati, dan dimakamkan di pemakaman kaum muslimin.

Orang yang melakukan bunuh diri akan mengalami 3 penderitaan, yaitu penderitaan di dunia yang mendorongnya berbuat seperti itu, penderitaan menjelang kematiannya, dan penderitaan yang kekal di akhirat nanti. Na'udzubillahi min dzalik, semoga bisa menjadi renungan untuk kita semua.
Selengkapnya
Dampak Negatif dari Marah dan Emosi

Dampak Negatif dari Marah dan Emosi

Manusia diciptakan dengan dibekali akal dan nafsu, hal itulah yang membuat manusia memiliki berbagai macam sifat seperti baik, jahat, pemarah, dan lain sebagainya. Marah dan emosi juga termasuk dalam sifat-sifat manusia itu, dan dalam kehidupan sehari-hari kita tentu saja sering menjumpai atau mengalami yang namanya marah atau emosi itu.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata marah dan emosi memiliki dampak negatif terhadap kesehatan manusia? Dari sekian banyak dampak negatif dari marah dan emosi beberapa diantaranya, pertama terjadinya peningkatan gula darah akibat pelepasan glikogen dalam liver sehingga menyebabkan penyakit diabetes, para ahli mengatakan sebagian besar kasus diabetes timbul karena emosi yang berlebihan.

Dampak Negatif dari Marah dan Emosi

Sedangkan yang kedua, meningkatnya kadar koesterol sehingga menyebabkan pengerasan arteri dan mengakibatkan penyakit jantung. Lalu yang ketiga terjadinya gangguan pencernaan dan kontipasi akut. Keempat, melemahnya system kekebalan tubuh sehingga menyebabkan timbulnya kanker akibat gangguan kolesterol.

Untuk sebab itu, kita harus mencegah hal itu agar kita terhindar dari dampak negatif yang bisa ditimbulkan. Nabi selalu membaca ta'awudz ketika hendak marah. Sehingga Rasulullah menjadi reda amarahnya.

Para ahli juga menyarankan orang-orang yang mudah marah untuk melakukan latihan relaksasi otak. Hal itu bisa dilakukan dengan menghitung dari 1-30 sebelum berbicara.

Kedokteran modern menyimpulkan bahwa amarah timbul akibat suhu yang panas, sekresi keringat dan perasaan tertekan. Oleh sebab itu wudu atau mandi dengan air dingin dapat meringankan gelaja-gejala dan menenangkan system saraf.

Sikap Pemaaf dapat Mencegah Penyakit


Di dalam Al-Quran terdapat banyak ayat-ayat yang menyeru manusia agar memaafkan kesalahan orang-orang yang berbuat salah. Allah berfirman,

"Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik." [QS Al-Hijr ayat 85]

Demikian pula sunnah Nabi, banyak hadist yang menganjurkan untuk memaafkan segala kesalahan orang lain dan menyingkirkan kedengkian dalam hati.
Selengkapnya
Beginilah Cara Menyikapi Ujian dan Cobaan Hidup

Beginilah Cara Menyikapi Ujian dan Cobaan Hidup

Dalam hidup pasti ada cobaan dan ujian yang selalu datang menghampiri kita. Namun, bentuk cobaan itu datang dengan cara yang berbeda-beda. Kebanyakan dari kita biasanya menganggap segala bentuk cobaan itu berbentuk musibah saja.

Tapi sebenarnya kenikmatan dan rizki juga merupakan salah satu dari sekian banyak bentuk cobaan yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya. Allah juga berfirman dalam sebuah ayat,

"Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." [QS. Al-Anbya ayat 35]

Allah telah menegaskan kepada kita semua bahwa sesungguhnya ujian dan cobaan itu tidak hanya seputar hal-hal yang buruk dan tidak menyenangkan saja, justru kesenangan dan nikmat juga merupakan sebuah ujian yang tentu saja harus kita renungkan bersama.

Lalu bagaimana cara kita menyikapi berbagai macam bentuk ujian hidup?

Beginilah Cara Menyikapi Ujian dan Cobaan Hidup

Menyikapi Nikmat Sebagai Cobaan Hidup


Terkadang saat kita diberi nikmat oleh Allah, kita akan merasa sangat senang dan gembira. Kemudian kita menganggap bahwa Allah telah memuliakan kita dengan melapangkan rizki kita. Lalu, mari kita renungkan ayat berikut ini,

"Adapun manusia apabila Rabbnya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: 'Rabbku telah memuliakanku.' Adapun bila Rabbnya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: 'Rabbku menghinakanku.' Sekali-kali tidak (demikian)." [QS. Al-Fajr ayat 15-17]

Ayat diatas adalah sebagai pelajaran bagi kita, karena kebanyakan dari kita akan merasa sombong dan lalai ketika kita diberi nikmat oleh Allah. Padahal Allah sendiri mengatakan bahwa Dia juga menguji hamba-Nya dengan nikmat yang Dia berikan.

Ujian kenikmatan adalah ujian yang paling berat jika dibandingkan dengan ujian dalam bentuk musibah. Karena, ujian ini dapat melalaikan kita dan cenderung membuat kita sombong dan bahkan dapat menjadikan kita menjadi seorang yang kufur terhadap nikmat-Nya jika kita tidak bersyukur.

Sehingga, sikap terbaik ketika mendapat nikmat dari Allah SWT adalah dengan cara mensyukuri nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Karena kita sebagai manusia memang dituntut untuk bersyukur terhadap segala sesuatu yang Allah berikan kepada kita.

Ada banyak cara untuk bersyukur kepada Allah, salah satu yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara meyakini bahwa nikmat yang diterima semata-mata pemberian Allah dan tidak menisbatkan kenikmatan itu kepada kepintaran, kekuatan, keberanian, dan sebagainya yang membuat diri kita sombong dan malah merendahkan orang lain.

Kita dapat membandingkan bagaimana cara menyikapi nikmat yang Allah berikan kepada dua orang ini. Orang pertama yaitu Nabi Sulaiman, ketika singgasana Ratu Balqis bisa didatangkan di hadapannya dalam tempo sekejap, maka beliau berkata:

"Ini termasuk karunia Rabbku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya)." [QS. An-Naml ayat 40]

Inilah sikap yang harus dilakukan oleh orang mukmin, lalu mari kita bandingkan dengan sikap dan ucapan Qarun yang menyombongkan kemampuannya, seperti yang Allah kisahkan:

"Qarun berkata: 'Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu karena ilmu yang ada padaku'." [QS. Al-Qashash ayat 78]

Karena kesombongannyalah akhirnya Allah membinasakan Qarun dan tanah menelannya bersama dengan harta benda miliknya hanya dalam waktu semalam. Inilah salah satu bukti azab dari Allah untuk orang-orang yang mengingkari nikmat-Nya. Namun, meskipun Qarun sudah binasa beribu-ribu tahun yang lalu, namun sifatnya masih ada hingga sekarang.

Untuk itu, ketika mendapatkan nikmat, hendaknya kita selalu mensyukuri nikmat Allah tersebut, jangan menisbatkan nikmat yang kita peroleh itu kepada kekuatan, kepintaran, keberaniannya, dan semisalnya yang menjadikan kita sombong dan ingkar kepada nikmat Allah.

Selain itu, pergunakanlah nikmat yang kita peroleh untuk melakukan amal-amal shaleh yang lainnya seperti jika kita diberikan harta dan rizki yang melimpah, maka kita gunakan untuk beramal, membantu orang lain yang membutuhkan, berzakat, dan lain sebagainya. Dan apabila kita mendapatkan nikmat berupa kesehatan maka pergunakanlah nikmat tersebut untuk menjadi lebih taat kepada apa yang Allah perintahkan kepada kita.

Menyikapi Cobaan Berupa Musibah


Salah satu dari bentuk cobaan ialah musibah. Namun perlu diketahui bahwa setiap musibah itu datang atas kehendak dan seizin dari Allah SWT, dan Allah mengatakan bahwa barangsiapa yang bersabar menghadapinya maka Allah akan memberikannya balasan berupa kebaikan. Allah berfirman,

"Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." [QS. At-Taghabun ayat 11]

Lalu bagaimana sebaiknya sikap kita kala menghadapi cobaan? ketika menghadapi sebuah musibah, sebaiknya kita lebih banyak bersabar dan tabah dalam menghadapinya. Kita juga harus meyakini bahwa setiap cobaan yang datang itu atas kehendak dari Allah SWT, kita hanya bisa pasrah dalam menjalaninya dengan meyakini bahwa disetiap cobaan tersebut pasti akan ada hikmah yang baik untuk kita.

Adapun kita juga harus menganggap sebuah musibah sebagai nikmat karena musibah yang menimpa seorang mukmin adakalanya sebagai penghapus dosa yang dilakukannya, atau untuk meninggikan derajatnya, atau sebagai cambuk peringatan agar dia kembali ke jalan Allah.

Kesimpulan


Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah rahimahullah mengatakan:

"Di antara tanda-tanda kebahagiaan dan keberuntungan adalah, apabila ilmu seseorang bertambah maka ia semakin tawadhu’ dan pengasih. Bila amalnya bertambah maka ketakutan dan kewaspadaannya juga bertambah. Jika umurnya bertambah maka makin berkurang sifat tamaknya. Setiap kali bertambah hartanya maka makin dermawan dan makin tinggi kesungguhannya dalam berinfak. Semakin tinggi posisinya maka ia semakin dekat dengan banyak orang, memenuhi hajat mereka dan bersikap rendah hati terhadap manusia."

"Sementara, tanda-tanda kesengsaraan seseorang adalah, apabila ilmunya bertambah maka ia semakin sombong dan sesat, setiap kali amalnya bertambah maka ia semakin bangga dan meremehkan orang lain, semakin tambah usianya maka ia semakin tamak, semakin banyak hartanya maka ia semakin kikir dan bakhil, setiap kali naik jabatannya maka semakin sombong ia dan makin sesat."

Karena sejatinya kenikmatan adalah cobaan dari Allah yang akan memperlihatkan rasa syukur atau kufur. Sama halnya dengan musibah, dia juga datang dari Allah untuk memperlihatkan kesabaran atau kemarahan. Sehingga kenikmatan dan kelapangan adalah ujian yang harus di sikapi dengan rasa syukur. Sedangkan cobaan dan musibah juga merupakan ujian yang harus di sikapi dengan kesabaran.

Itulah sikap seorang mukmin ketika menghadapi cobaan dan ujian hidup. Semoga menjadi bahan renungan untuk kita semua, aamiin.
Selengkapnya
Waspada! Virus Android Ini Bisa Bikin Android Kamu Jadi Sampah!

Waspada! Virus Android Ini Bisa Bikin Android Kamu Jadi Sampah!

Android adalah sistem operasi seluler paling banyak digunakan dan terpopuler saat ini, sehingga pantas saja jika OS besutan Google ini seringkali menjadi sasaran empuk para hacker untuk menanamkan software-software jahat di smartphone Android.

Baru-baru ini perusahaan keamanan asal Amerika Serikat, Lookout melaporkan bahwa mereka telah menemukan sebuah jenis virus baru yang bisa dibilang merupakan virus Android terganas saat ini, virus tersebut bernama Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug.

Waspada! Virus Android Ini Bisa Bikin Android Kamu Jadi Sampah!

Bayangkan saja, apabila smartphone Android Anda terkena virus atau malware ini bisa jadi Android Anda tidak dapat digunakan kembali dan jalan satu-satunya adalah mengganti smartphone Android Anda dengan smartphone baru.

Lookout mengatakan bahwa virus ini menyamar sebagai aplikasi-aplikasi populer seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi berbahaya ini sekilas akan tampak seperti aslinya, namun setelah kita menginstall aplikasi tersebut dan menjalankannya virus akan bekerja.

Virus tersebut akan langsung menginfeksi smartphone yang terjangkit virus dan bahkan virus ini dapat membobol sistem keamanan Android dan secara otomatis akan melakukan rooting pada Android dan kemudian langsung menanamkan virus-virus tersebut sebagai aplikasi sistem.

Smartphone yang terjangkit biasanya akan menampilkan iklan-iklan pop-up sangat sering yang tentu saja ini akan sangat mengganggu Anda. Selain itu, virus ini dikhawatirkan dapat mencuri data-data penting pengguna yang tersimpan di dalam smartphone.

Jangan meremehkan virus yang satu ini karena Lookout juga memberikan kabar yang sangat buruk bahwa jika ada smartphone yang sudah terinfeksi virus ini, maka jangan coba-coba untuk menghapus virus tersebut karena hal itu sangatlah mustahil untuk dilakukan sejauh ini.

Jika sudah begitu, maka jalan satu-satunya adalah mengganti smartphone Anda dengan yang baru karena smartphone tersebut sudah tidak aman lagi untuk digunakan, selain itu munculnya iklan yang sangat sering muncul tiba-tiba juga akan sangat mengganggu Anda.

Cara Mencegah dan Mengatasi Malware Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug


Biasanya seseorang akan berikir untuk melakukan factory reset untuk menghapus virus ini, namun menurut Lookout hal itu akan sia-sia karena virus tersebut tidak akan mempan dengan factory reset.

Jika smartphone Anda terinfeksi virus ini, maka cobalah untuk menemui orang yang profesional untuk membantu menghapus virus ini. Selain itu, beberapa pengguna menyarankan agar melakukan flashing ROM untuk membunuh virus Android ini.

Lookout sendiri sudah menemukan beberapa smartphone yang terinfeksi virus ini, kebanyakan mereka pengguna dari negara Amerika Serikat, Jerman Iran, Rusia, India, Jamaika, Sudan, Brazil, Meksiko, dan tentu saja negara kita Indonesia. Kebanyakan mereka yang terinfeksi adalah pengguna yang sering mengunduh aplikasi di toko aplikasi pihak ketiga (selain di Play Store).

Sehingga, untuk mencegah smartphone terinfeksi virus Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug maka unduhlah aplikasi hanya dari Play Store. Selain itu, jangan pernah menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Caranya, dengan cara klik Setting > Pengamanan > Uncheck (jangan centang) Sumber tidak dikenal (Izinkan pemasangan aplikasi selain dari sumber Play Store).
Selengkapnya
Ka'bah akan Dihancurkan di Akhir Zaman

Ka'bah akan Dihancurkan di Akhir Zaman

Kita sudah banyak tahu tentang tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, selain kemunculan Dajjal dan Nabi Isa AS, pada suatu saat nanti juga akan datang seseorang yang akan menghancurkan Ka'bah.

Siapakah orang tersebut? Seperti yang terdapat dalam banyak hadits, orang tersebut dikatakan bernama Dzussuwaiqatain. Dzussuwaiqatain adalah nama sebuah gelar yang artinya Si Pemilik Dua Betis yang Kecil.

Ka'bah akan Dihancurkan di Akhir Zaman

Dzussuwaiqatain akan muncul setelah Nabi Isa dan pasukannya membinasakan Ya'juj dan Ma'juj. Mengetahui Ka'bah akan dihancurkan, Nabi Isa mengirim pasukannya untuk memerangi balatentara Dzussuwaiqatain. Mereka berkekuatan antara 700 sampai 800 orang. Namun ketika mereka berjalan, Allah mengirimkan angin sejuk dari arah negeri Yaman. Angin itu mencabut nyawa setiap orang yang beriman. Dan sisanya tinggal manusia-manusia jahat.

Jika Ka'bah dihancurkan, maka pada saat itu hari Kiamat sudah sangat dekat. Banyak hadits yang berkaitan tentang kedatangan dari Dzussuwaiqatain tersebut diantaranya,

Imam Ahmad meriwayatkan dalam musnadnya dari Abdullah ibn Umar bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Dzussuwaiqatain dari Habasyah akan menghancurkan Ka’bah, pengikutnya akan merampasnya, dan menganggalkan kain kiswahnya. Seakan-akan saya melihatnya botak dan ditinggalkan."

Kemudian dalam Shahih Bukhari dan Musnad Ahmad diriwayatkan dari Ibn Abbas bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Seakan-akan saya melihat Ka'bah sedang diturunkan batu demi batu."

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dzussuwaiqatain dari Habasyah akan menghancurkan Ka'bah."

Imam Ahmad meriwayatkan pula bahwa Ibnu Abbas mengabarkan kepada perawi hadist ini, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Seakan-akan aku melihatnya, orangnya hitam, dengan congkaknya dia merobohkannya (Ka'bah) batu demi batu".

Wallahu a'lam bish-shawab. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita semua.
Selengkapnya
Indra Mengagumkan ini Hanya Dimiliki Hewan

Indra Mengagumkan ini Hanya Dimiliki Hewan

Hewan-hewan di dunia ini sangat beragam bentuk dan jenisnya, dan keberagaman hewan dan makhluk-makhluk bumi tersebut adalah salah satu bukti dan tanda akan kekuasaan Allah SWT Yang Maha Kuasa.

Manusia diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan untuk berfikir dan menggunakan akalnya ketika hendak melakukan sesuatu, namun hewan hanya diberikan insting. Namun, meskipun tidak memiliki akal seperti manusia, ternyata hewan memiliki indra yang lebih mengagumkan daripada manusia.

Indra Mengagumkan ini Hanya Dimiliki Hewan

Bahkan beberapa teknologi yang manusia ciptakan ada yang meniru cara kerja indra hewan tersebut, berikut ini adalah indra mengagumkan yang hanya dimiliki oleh hewan.

Feromon


Pernahkah Anda melihat semut berlari kesana kemari? Anda tentu berfikir bahwa pergerakan yang dilakukan semut tersebut tidak terorganisir dengan baik. Namun nyatanya, anggapan tersebut adalah salah.

Anda harus tahu bahwa ternyata semut itu hewan yang terkenal mampu memancarkan aroma yang disebut dengan feromon. Feromon dapat mengkomunikasikan pikiran yang rumit berdasarkan jenis dan jumlah feromon yang dipancarkan. Biasanya menggunakan sepuluh sampai dua puluh jenis feromon, semut dapat memancarkan aroma yang memberitahu semut lain untuk memperhatikan, datang dalam arah ini dan itu, serangan, atau minggir.

Bakteri dan beberapa serangga lainnya pun menggunakan feromon sebagai cara berkomunikasi dengan sesamanya. Luar biasa bukan?

Magnetoreception


Magnetoreception bisa disebut juga sebagai 'indra keenam' hewan. Indra keenam hewan ini tentu berbeda dengan manusia, jika manusia yang mengaku memiliki indra keenam biasanya mengaku dapat melihat makhluk ghaib, sedangan magnetoreception adalah salah satu kemampuan hewan untuk mendeteksi magnet bumi.

Dengan magnetoreception, hewan dapat mendeteksi dimana arah magnet bumi, menentukan arah, serta mengetahui mereka berada dalam ketinggian berapa. Sungguh luar biasa. Burung menggunakan magnetoception untuk mengikuti rute migrasi, ikan Salmon menggunakannya untuk menavigasi laut dan menemukan jalan mereka kembali ke rumah mereka dan beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa anjing menggunakan medan magentik untuk menyesuaikan diri sebelum pergi ke kamar mandi.

Echolocation


Pernah dengar istilah biosonar? Echolocation kurang lebih hampir sama denga biosonar. Echolocation adalah indra hewan yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain meskipun jarak mereka ratusan kilometer. Ini biasanya digunakan ikan paus dan lumba-lumba untuk berkomunikasi.

Sementara itu, kelelawar juga memiliki indra ini ketika mencari makanan dimalam hari. Kelelawar mampu mendeteksi makanan dan keadaan sekitar dengan menggunakan echolocation.

Saking canggihnya echolocation, sampai-sampai manusiapun menerapkannya dalam teknologi canggih dan nyatanya memang sangat berguna bagi manusia. Salah satu teknologi yang menggunakan echolocation adalah kapal selam.

Gelombang Elektromagnetik


Ada beragam warna yang dapat manusia lihat didalam kehidupan ini, namun sebenarnya tidak semua spektrum warna dapat dilihat oleh indra manusia. Cahaya putih yang disebut monokromatik (satu warna) terurai menjadi beragam jenis warna yang disebut polikromatik dengan perbedaan panjang gelombang cahaya. Warna merah memiliki panjang gelombang terpanjang namun frekuensi terendah, sebaliknya biru memiliki panjang gelombang lebih renda namun dengan frekuensi lebih tinggi. Jenis gelombang elektromagnetik salah satunya sinar ultraviolet tak mampu kita lihat secara jelas.

Serangga seperti lebah dan kupu-kupu lah yang memiliki kemampuan melihat secara detail ultraviolet untuk membantu mereka dalam melakukan penyerbukan pada bunga-bunga disekitar mereka yang difavoritkan.

Bahkan yang terunik, burung Merpati memiliki kemampuan membedakan warna yang hampir sama dan sama sekalipun dalam pandangan manusia. Hal ini dikarenakan Merpati dikaruniai kemampuan melihat perbedaan panjang gelombang lima warna dasar yang disebut Pentachromates dalam satu waktu yang sama. Sedangkan kita manusia, termasuk Trichromates yang memproses tiga warna dasar yakni merah, biru dan hijau pada stau waktu. (kaskus)
Selengkapnya
Belanja Online Aman, Murah dan Mudah di Blanja.com

Belanja Online Aman, Murah dan Mudah di Blanja.com

Masyarakat Indonesia sekarang ini tampaknya sudah tak asing lagi dengan istilah online shop. Bahkan di Indonesia sendiri online shop sudah menjadi salah satu trend tersendiri.

Online shop alias olshop dapat memudahkan kita yang tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke mall atau supermarket untuk berbelanja sehingga dapat membeli dan memesan barang dengan mudah hanya menggunakan sarana internet.

Blanja.com

Bagi Anda yang sering berbelanja, tentu banyak hal yang sering diperhatikan ketika hendak membeli sebuah barang, salah satunya adalah diskon.

Di online shop, ada banyak sekali toko online yang sering memberikan tawaran berupa potongan harga yang lumayan besar. Salah satu situs online shop yang bernama blanja.com adalah salah satu situs yang juga sering menawarkan diskon besar dan harga-harga barang yang murah.

Situs tersebut merupakan sebuah marketplace hasil kerjasama atau (joint venture) antara Telkom Indonesia dengan situs online shop raksasa, eBay.

Blanja.com

Karena konsepnya yang merupakan marketplace online, sehingga selain dapat membeli barang disana Anda juga dapat menjadi penjual apabila Anda memiliki usaha yang produknya ingin dijual secara online.

Anda dapat menemukan macam-macam barang yang dapat Anda beli di situs online shop tersebut layaknya ketika Anda berbelanja di supermarket.
Disana Anda dapat memilih barang-barang seperti fashion, perlengkapan kosmetik dan kecantikan, gadget, komputer dan masih banyak yang lainnya.

Saat ini sudah ada ribuan merchant yang dapat ditemukan di blanja.com. Tapi tidak seperti situs marketplace lainnya, untuk dapat membuka toko online disana penjual harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan.

Salah satu syarat dan ketentuannya yaitu penjual harus memiliki izin usaha dari pemerintah, sehingga calon konsumen tidak perlu khawatir akan tindak penipuan.

Selain itu, nama besar eBay juga sudah cukup untuk menjadi jaminan bahwa blanja.com merupakan situs belanja online yang terpercaya dan tidak perlu diragukan lagi.

Belanja di blanja.com dapat dilakukan dimanapun dan kapanmun selama Anda terkoneksi dengan internet. Selain kemudahan dalam mencari dan memilih barang, yang harus Anda ketahui tentang blanja.com adalah tentang metode pembayarannya yang mudah dan bervariasi.

Di sana ada beberapa metode pembayaran yaitu pembayaran via transfer bank, selain itu jika Anda pengguna produk Telkomsel, Anda juga dapat membayar menggunakan T-Cash.

Selain melakukan pembayaran via bank dan T-Cash, Anda juga dapat melakukan pembayaran dengan sistem COD (Cash on Delivery). Namun, pembayaran ini hanya apabila barang atau produk tersebut memiliki ikon COD pada bagian support. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

Blanja.com

Tampilan situs blanja.com yang responsif juga dapat memudahkan Anda ketika menavigasi situs dan memilih barang via smartphone atau gadget Anda.
Sebagai contoh, saya akan memberikan gambaran bagaimana cara memesan kamera di blanja.com melalui smartphone.

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah membuka dulu halaman situs blanja.com. Setelah itu, maka akan terlihat tampilan awal situs yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

Blanja.com

Setelah itu, klik pada bagian menu pada bagian pojok kiri atas layar, setelah itu akan muncul banyak pilihan kategori produk mulai dari fashion, gadget dan lain-lain. Tapi karena kita akan memsan kamera maka pilih menu fotografi dan video > pilih kamera digital > lalu pilih DSLR/SLR.

Blanja.com

Setelah itu maka akan muncul daftar produk beserta harga yang ditawarkan disana dan jika ada diskon, maka akan ditampilkan juga berapa persen jumlah diskon yang ditawarkan.

Blanja.com

Bagaimana, mudah bukan? saat ini blanja.com sudah memiliki ribuan pelanggan yang telah merasakan kemudahan dalam membeli produk dan barang disana.

Dan hampir dari semua pelanggan yang pernah belanja di blanja.com menyatakan bahwa mereka merasa puas dengan pelayanan yang mereka dapatkan.
Berikut ini adalah beberapa testimoni dari pelanggan yang sudah pernah belanja di blanja.com, berikut ini screen shoot kepuasan mereka:

Testimoni Blanja.com

Jadi, kesimpulannya adalah adalah blanja.com adalah situs jual beli online yang aman dan terpercaya. Sehingga jika Anda ingin belanja di online shop, maka Anda bisa mencoba belanja di blanja.com yang sudah terbukti kualitasnya.

Karena selain harganya yang murah, blanja.com juga selalu memberikan diskon besar-besaran untuk pelanggan setianya. Dengan metode pembayaran yang beragam, Anda akan mendapatkan berbagai macam kemudahan saat membeli produk di blanja.com.
Selengkapnya
Jual Rumah Griya Depok Asri Yang Keren

Jual Rumah Griya Depok Asri Yang Keren

Rumah dijual di bandung merupakan rumah yang memang pilihan yang keren juga untukanda. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya pelanggan yang melirik rumah ini. Dengan demikian jangan sampai anda keduluan oleh orang lain. pastikan anda menjadi orang pertama yang memilih rumah yang akan menjadi kawan untuk anda sepanjang waktu ini.

Bahkan rumah yang satu ini juga akan menjadi pelindung terbaik dan tempat bernaung ternyaman utuk anda. Ini tentunya terlihat dari begitu indahnya view di sekitar rumah ini yang tentunya akan menciptakan rasa betah tersendiri bagi siapa saja yang tinggal di rumah yang juga berada di lingkungan yang sehat ini.

Jual Rumah Griya Depok Asri Yang Keren
Sumber: Urbanindo.com

Rumah yang berada di lingkungan yang sehat ini juga merupakan rumah yang kami tawarkan dengan harga yang sangat terjangkau yang tentunya akan memudahkan anda dalam membeli rumah tanpa harus membuat kantong anda menjadi kosong karenanya.

Makanya, tunggu apalagi? Web jual rumah online ini memang tahu betul bagaimana membuat konsumen kami menjadi puas dan tidak kecewa dengan pelayanan kami. Inilah yang membuat web jual rumah online ini selalu menjadi web jual rumah online pilihan yang juga hanya menawarkan rumah pilihan terbaik untuk anda.

Makanya, tunggu apalagi? Pastikan anda sudah memilih web jual rumah online yang memang pas untuk anda jadikan pilihan dengan memastikan bahwa anda juga akan mendapatkan rumah yang pas jadi pilihan juga. Rumah yang satu ini juga kami tawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan rumah yang oke tanpa harus membuat kantong anda menjadi kosong karenanya.

Bahkan kami juga menawarkan sistem kredit bagi anda yang ingin menggunakan sistem tersebut. Makanya, jangan berfikir terlalu jauh dan terlalu lama keburu di ambil orang lain, menidng segera saja hubungi web jual rumah online yang memang pas sekali untuk anda jadikan pilihan ini. Segera hubungi kami dan dapatkan rumah ini segegera mungkin pula.
Selengkapnya
Jual Rumah Green Lake City 6x15 yang Pas Jadi Pilihan

Jual Rumah Green Lake City 6x15 yang Pas Jadi Pilihan

Web jual rumah online yang satu ini merupakan web jual rumah online yang memang pas untuk anda jadikan pilihan. Web jual rumah online ini bahkan emnjadi web jual rumah online dengan jumlah pelanggan yang tersebar di berbagai kota di indonesia termasuk jogja, gresik, bahkan kota besar lainnya.

Padahal web jual rumah online ini berpusat di bandung sehingga pencapaikan ke luar kota di indonesia ini tentu saja menjadi bukti bahwa web jual rumah online ini memang pas untuk anda jadikan pilihan.

Jual Rumah Green Lake City 6x15 Yang Pas Jadi Pilihan
Sumber: Urbanindo.com

Rumah itu sendiri merupakan bangunan yang di dalamnya ada dapur, kamar tidur, kamar mandir, ruang makan, ruaang keluarga serta ruangan pendukung lainnya yang tentunya pula pas untuk anda jadikan pilihan jika anda mmeilih rumah yang oke oke untuk di pilih.

Rumah yang oke untuk dipilih adalah rumah yang berada di web jual rumah online yang juga selalu jadi pilihan seperti rumah dijual di bandung. Seperti halnya web jual rumah online yang situsnya sedang anda buka ini. Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa web jual rumah online yang satu ini merupakan web jual rumah online yang memang acap kali selalu jadi pilihan, maka tentunya web jual rumah online ini juga pas untuk anda pilih.

Apalagi, kami selalu menawarkan rumah terbaik kami untuk setiap konsumen kami. Hal ini kami buktikan dengan hanya menawarkan rumah yang bagus dan pas jadi pilihan saja.

Seperti halnya rumah yang berada di lingkungan yang sehat ini. Rumah yang satu ini juga tidak hanya berada di lingkungan yang sehat tetapi juga merupakan rumah yang memang memiliki arsitektur yang sangat cantik yang akan membuat pengunjung rumah anda merasa kagum dengan rumah yang anda pilih ini. Soal harga tenang saja, karna kami menawarkan harga yang sangat terjangkau untuk rumah yang pasti pas untuk anda jadikan pilihan ini. Nah, tunggu apalagi coba?.
Selengkapnya
Cara Mudah Mengatasi Jerawat Secara Alami

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat memang sangat mengganggu penampilan kita, jika Anda adalah orang yang termasuk memperhatikan penampilan tentu Anda akan merasa sangat risih apabila wajah Anda terdapat jerawat.

Penyebab jerawat sendiri bermacam-macam, namun umumnya jerawat timbul karena pori-pori kulit tersumbat sehingga bagian kulit yang tersumbat itu akan membengkak dan menjadi kantung nanah.

Cara Mudah Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat adalah penyakit kulit yang jumlah penderitanya sangat banyak, bahkan hampir setiap orang diseluruh dunia pasti pernah mengalami masalah jerawat pada kulit mereka.

Mungkin sudah banyak yang tau bahwa jerawat itu memiliki bermacam-macam tipe dan jenisnya, jadi sebelum membahas obat jerawat yang paling ampuh dan alami, ada baiknya jika kita mengenal dahulu jenis-jenis jerawat.

1. Komedo


Komedo adalah pori-pori yang tersumbat yang diakibatkan oleh sel-sel kulit mati. Dan biasanya, jika komedo terus dibiarkan menumpuk maka akan menyebabkan jerawat. Untuk itu menjaga kebersihan kulit terutama bagian wajah sangatlah penting untuk mencegah munculnya komedo yang dapat menyebabkan jerawat muncul.

2. Jerawat Biasa


Jerawat jenis ini banyak dialami oleh banyak orang, dengan ciri-ciri yang mudah dikenali yaitu memiliki warna pink atau kemerahan. Penyebab jerawat ini biasanya karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Bakter-bakteri tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak dibawah kulit tanpa membutuhkan oksigen. Biasanya, bakteri tersebut menular melalui handuk, waslap, udara, atau tangan yang tidak terjaga kebersihannya. Sehingga, bakteri tersebut menempel dan masuk kedalam pori-pori kulit dan menginfeksi pori-pori yang tersumbat.

3. Jerawat Batu


Munculnya jerawat batu biasanya ditandai dengan benjolan besar pada kulit yang keras dan jika disentuh akan merasa sakit. Hal ini disebabkan karena jerawat jenis ini memiliki jenis peradangan yang sangat hebat.

Biasanya, jerawat batu adalah sebuah penyakit genetik yaitu penderita jerawat jenis ini biasanya karena anggota keluarganya ada juga yang menderita jerawat ini. Secara genetik, penderita jerawat batu disebabkan oleh:

  1. Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
  2. Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
  3. Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat yang ampuh?

Cara Mengatasi Jerawat


Setelah mengenal jenis-jenis jerawat, kini saatnya kita membahas bagaimana cara mengobati jerawat secara ampuh. Sebenarnya, mengobati jerawat sangatlah mudah yaitu dengan cara:

  • Menjaga kulit wajah agar harus selalu bersih saat istirahat di rumah.
  • Jangan memecahkan jerawat dan jangan sering di sentuh.
  • Hindari pemakaian kosmetika rias saat tidur.
  • Kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal, demikian juga sebaliknya.
  • Membersihkan wajah pada sore hari berbeda dengan pada pagi hari.

Namun, ada juga cara tradisional dan alami untuk mengatasi jerawat yaitu:

1. Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya dipercaya mampu mengatasi jerawat dengan ampuh dan alami, caranya:

  1. Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, kemudian dijemur.
  2. Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  3. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Lakukan ini secara rutin agar jerawat diwajah Anda hilang selamanya.

2. Dengan menggunakan lemon dan tomat.

Selain daun pepaya, tomat juga dipercaya menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat di kulit, caranya:

  1. Iris tipis beberapa buah lemon kemudian taruh di atas wajah yang berjerawat.
  2. Iris tipis buah tomat kemudian taruh di atas irisan buah lemon yang sebelumnya telah diletakkan di wajah (jika memiliki kulit sensitif cukup gunakan salah satu dari buah ini).
  3. Diamkan kira-kira selama 10 menit.
  4. Bersihkan wajah dengan air dingin.

Anda harus melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

3. Putih Telur

Telur selain kaya akan manfaat dan gizi ternyata memiliki kemampuan untuk mengusir jerawat, caranya:

  1. Siapkan 1 butir telur.
  2. Pisahkan antara kuning telur dan putih telur.
  3. Kocok putih telur sekitar 5 menit.
  4. Usapkan ke wajah anda sebagai masker secara perlahan.
  5. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  6. Bersihkan wajah dengan air bersih.

Mudah bukan?

4. Pakai Lobak

Lobak? ya, kita bisa membersihkan kulit kita dari masalah jerawat dengan menggunakan lobak, caranya:
  1. Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya.
  2. Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata.
  3. Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering.
  4. Setelah kering, bersihkan dengan air.
  5. Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.

Silahkan dicoba.

5. Dengan menggunakan bawang putih.

Inilah cara yang sudah sangat populer dan terbukti ampuh mengusir jerawat dari kulit wajah, caranya:

  1. Kupas 2-3 butir bawang putih.
  2. Tumbuk bawang putih hingga halus.
  3. Oleskan ke bagian wajah yang ada jerawatnya.
  4. Diamkan selama 10 menit.
  5. Bilas dengan air bersih.

Bagaimana? Mudah bukan untuk mengatasi jerawat? nah, daripada kita repot untuk mengobati jerawat pada kulit, lebih baik kita mencegah jerawat tumbuh di wajah kita. Caranya:

  1. Minum air secukupnya.
  2. Menjauhi stres dan selalu santai.
  3. Makan sayuran dan buah-buahan supaya buang air besar lebih lancar.
  4. Cuci muka dengan air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air leding di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi.
  5. Rutin mencuci handuk, helm, dan bantal.
  6. Jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat.
  7. Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2 kali sehari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.
  8. Hindari makanan mengandung yodium dan gula, kopi, dan juga minuman berkarbonisasi.
  9. Rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan
  10. Perawatan wajah secara rutin setiap 2 minggu sekali akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Keliru memilih produk perawatan wajah dapat memperparah masalah.
  11. Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Jintan hitam dan madu sangat baik untuk dikonsumsi.
  12. Bersihkan tangan anda sebelum menyentuh wajah, karena ada berbagai macam bakteri yang menempel di tangan akibat aktivitas sehari-hari

Untuk pembelajaran saja, jagalah selalu kebersihan kulit wajah Anda agar tidak mengalami masalah jerawat dan komedo seperti orang-orang dalam video ini:




Semoga bermanfaat.
Selengkapnya
Video Sambutan Untuk Rossi Lebih Meriah Ketimbang Lorenzo

Video Sambutan Untuk Rossi Lebih Meriah Ketimbang Lorenzo

Meski tidak menjadi juara dunia, namun selepas finish Valentino Rossi langsung mendapat sambutan yang begitu meriah dari para pendukungnya. Bahkan sambutan untuk X-Fuera kalah meriah daripada sambutan untuk Valentino Rossi.

Selepas race berakhir, para pendukung The Doctor langsung turun dan menyerbu pit stop untuk menyambut kedatangan Valentino Rossi. Saat Rossi tiba di pit stop, ia pun disambut bagaikan sang juara dunia.

Video Sambutan Untuk Rossi Lebih Meriah Ketimbang Lorenzo

Bukan hanya pendukung dan kru timnya saja yang menyambut kedatangan The Doctor, bahkan ada beberapa kru dari tim lain yang juga ikut menyambut Rossi yang saat itu terlihat sebagai pahlawan yang baru saja pulang membawa kemenangan.

Aksi-aksi heroiknya sepanjang balapan membuatnya menjadi bintang dalam balapan malam tadi, bahkan Lorenzo yang menjadi juara dunia malam tadi tampak biasa-biasa saja karena semua mata tertuju pada Valentino Rossi.

Dalam sebuah video yang diunggah ke situs YouTube, terlihat jelas bagaimana seorang The Doctor begitu dicintai oleh banyak orang. Ia bahkan di elu-elukan meskipun tak berhasil meraih gelar juara dunianya musim ini.


Pemandangan tersebut sungguh menakjubkan, sambutan tersebut terlihat sangat istimewa untuk seorang Valentino Rossi yang gagal memperoleh gelar juara dunia.
Selengkapnya
Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Lucu Bikin Ngakak

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Lucu Bikin Ngakak

Lorenzo keluar sebagai juara dunia MotoGP 2015 setelah ia mampu finish pertama pada seri terakhir yang digelar di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Tampil di rumah sendiri, tiga pembalap Spanyol terus memimpin race dari saat start hingga lap berakhir.

Sementara Rossi harus berjuang dari belakang untuk bisa mengejar rivalnya, Lorenzo. Rossi yang tampil begitu menakjubkan akhirnya hanya mampu finish di posisi 4 setelah perjuangannya yang mati-matian melibas 21 pembalap di depannya.

Meme Lucu Bikin Ngakak MotoGP Lorenzo dan Marquez

Meskipun tidak menang dan menjadi juara dunia, namun Rossi mendapatkan tepuk tangan riuh dan sorakan dari penonton, di media sosial pun dirinya mendapatkan banyak pujian dari para netizen. Bahkan netizen menyebut bahwa Rossi lah juara sesungguhnya.

Namun, hal kurang mengenakan menghampiri sang juara dunia, Jorge Lorenzo. Meskipun ia mendapatkan dukungan dari pendukungnya, namun ia juga mendapatkan bully dan ejekan dari banyak orang. Tak hanya di Indonesia, para penggemar MotoGP dari seluruh dunia pun menganggap bahwa yang layak menjadi juara dunia adalah Rossi.

Bully dan ejekan yang diterima Lorenzo banyak yang berupa meme-meme lucu yang dibuat oleh netizen. Dan berikut ini adalah beberapa meme lucu ejekan kepada Lorenzo dan Marc Marquez yang dianggap sebagai 'bodyguard' Lorenzo.

Meme Lucu Lorenzo dan Marc Marquez


Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Marc - Lorenzo Married

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
The Best Couple

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Emak ngantesr anak sekolah

Drama MotoGP The Series

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Dikawal Patwal

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Jangan ditiru ya!

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Bayar cash aja lah.

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Koalisi Biru-Oranye

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Titanic MotoGP

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Setuju?

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Umbrela Girlnya Cantik

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Rossi memenangkan hati semua orang

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Ada tim suksesnya lho.

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Yang sabar ya Lorenzo

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
So sweet.

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
MahoGP? What?!

Kumpulan Meme Lorenzo - Marquez Bikin Ngakak
Pada akhirnya merekalah pemenangnya

Itulah beberapa meme lucu dari kreatifitas para netizen dalam mengolah gambar dan menjadikannya meme-meme lucu yang cukup menghibur. Semoga terhibur.
Selengkapnya