Wasiat Rasulullah di Akhir Zaman Untuk Kaum Muslimin

Wasiat Rasulullah di Akhir Zaman Untuk Kaum Muslimin

Rasulullah SAW diutus sebagai nabi terakhir sekaligus pertanda bahwa akhir zaman telah tiba. Dalam sebuah hadits, Rasulullah pernah mengatakan bahwa jarak antara kiamat dan diutusnya dirinya itu sangat dekat.

Hari kiamat adalah hari dimana seluruh alam semesta ini akan musnah, segala sesuatu yang ada di langit maupun di bumi akan hancur kecuali mereka yang Allah kehendaki. Namun, sebelum hari kehancuran alam semesta itu datang, ada tanda-tanda yang pernah Rasulullah sebutkan.

Baca Juga: Fenomena Sebelum Datangnya Kiamat

Bisa kita lihat, tanda-tanda tersebut memang sudah terjadi di zaman sekarang. Itu berarti hari kiamat memang sudah benar-benar ada didepan mata. Rasulullah pernah berwasiat tentang akhir zaman. Berikut ini adalah wasiat akhir zama yang pernah Rasulullah sampaikan dalam hadits.

Wasiat Rasulullah di Akhir Zaman Untuk Kaum Muslimin

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah menceritakan kepada kami Abdul Malik bin Qudamah Al Jumahi dari Ishaq bin Abu Furat dari Al Maqburi dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Akan datang tahun-tahun penuh dengan kedustaan yang menimpa manusia, pendusta dipercaya, orang yang jujur didustakan, amanat diberikan kepada pengkhianat, orang yang jujur dikhianati, dan Ruwaibidlah turut bicara." Lalu beliau ditanya, "Apakah Ruwaibidlah itu?" beliau menjawab: "Orang-orang bodoh yang mengurusi urusan perkara umum." [HR. Ibnu Majah]

Kemudian dalam hadits lain dari Abdullah bin Amr bin Ash ra bahwa Rasulullah SAW bersabda Rasulullah bersabda,

"Bagaimana denganmu jika kamu berada di tengah kekacauan, janji janji dan amanat mereka abaikan, kemudian mereka berselisih seperti ini?" Lalu, beliau menyilangkan antara jari jari. Abdullah bin Amr bertanya, "Lalu, dengan apa engkau menyuruhku?" Beliau menjawab, "Jagalah rumah, keluargamu, lidahmu, dan lakukanlah apa yang kamu tahu dan tinggalkan yang mungkar, serta berhati hatilah dengan urusanmu sendiri, lalu tinggalkanlah perkara yang umum." [HR. Abu Dawud dan An-Nasa'i]

Kemudian dalam riwayat lain, Dari Hudzaifah bin al-Yaman ra bertanya,

"Wahai Rasulullah, apakah setelah kebaikan akan datang kejahatan?" Beliau menjawab, "Ya, banyak penyeru yang mengajak ke pintu jahanam, maka, barangsiapa yang mengijabahnya (mengikutinya), mereka akan dilemparkan ke dalamnya." Aku bertanya, "Sifatkanlah mereka itu kepada kita." Beliau SAW berkata, "Mereka dari golongan kita dan berbicara dengan bahasa kita." Aku berkata, "Lalu, kau suruh apa ketika aku melihatnya?". Beliau SAW menjawab, "Lazimilah (berpeganglah) pada jamaah muslimun dan imam mereka." Aku berkata, "Jika tidak ada jamaah dan Imam?" Beliau SAW menjawab, "Jauhilah semua kelompok itu meskipun akar pohon melilitmu hingga maut menjemputmu, dan engkau tetap seperti itu." [HR. Muslim]

Kemudian dari Abu Dzar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Abu Dzar, bagaimana kamu jika berada dalam kekacauan?" Lalu beliau Rasulullah SAW menyilangkan jari jarinya. Abu Dzar berkata, "Apa yang akan engkau perintahkan kepadaku, ya Rasulullah?" beliau menjawab, "Bersabarlah! bersabarlah! manusia akan berpura-pura dengan akhlak dan perbuatan mereka." [HR. Hakim dan Baihaqi]

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari wasiat Rasulullah ini. Mari kita bagikan wasiat ini agar menjadi nasehat sesama muslim dan semoga menambah keimanan dan ketakwaan. Aamiin.
Selengkapnya
Kisah Hancurnya Umat Nabi Luth

Kisah Hancurnya Umat Nabi Luth

Luth adalah salah satu nabi dalam kepercayaan 3 agama besar yaitu Islam, Kristen dan Yahudi. Tetapi di agama Yahudi dan Kristen lebih dikenal dengan nama Lot. Nabi Luth atau Lot menurut Islam merupakan nabi ke-7 setelah nabi Ibrahim AS, nabi Luth adalah nabi yang di utus Allah SWT untuk berdakwah pada kaumnya di negeri Sadum (Sodom) dan Gomorrah (Amora).

Namanya disebutkan sebanyak 27 kali di dalam Alquran, nabi Luth masih memiliki ikatan saudara dengan nabi Ibrahim. Lebih tepatnya ia adalah keponakan dari nabi Ibrahim AS. Saat berdakwah kepada kaumnya di kota Sodom, nabi Luth mendapatkan banyak tentangan. Masyarakat di kota Sodom adalah masyarakat yang rendah moralnya dan rusak akhlaknya. Masyarakat Sodom tidak mempunyai pegangan agama atau nilai kemanusiaan yang beradab.

Kisah Hancurnya Umat Nabi Luth

Dengan alasan itulah nabi Luth di utus oleh Allah SWT untuk meluruskan kelakuan serta akhlak umantnya itu. Pada waktu itu, kaum Sodom setiap harinya melakukan hal-hal yang bertentangan dengan perintah Allah SWT.

Maksiat dan kemungkaran merajalela dalam pergaulan hidup mereka. Pencurian dan perampasan harta merupakan kejadian sehari-hari di mana yang kuat menjadi penguasa sedangkan yang lemah menjadi korban penindasan dan perlakuan sewenang-wenang.

Yang lebih parah lagi, masyarakatnya melakukan penyimpangan seksual dimana hampir seluruh kaum laki-lakinya hanya tertarik kepada sesamanya dan begitu juga kaum wanitanya. Kedua jenis kemungkaran ini begitu merajalela di dalam masyarakat sehingga hal tersebut merupakan suatu kebudayaan bagi kaum Sodom.

Kelakuan para masyarakat Sodom ini diabadikan di dalam Al-Qur'an:

"Mengapa kamu mendatangi jenis lelaki di antara manusia, dan kamu tinggalkan isteri-isteri yang dijadikan oleh Tuhanmu untukmu, bahkan kamu adalah orang-orang yang melampaui batas". [QS. Ash-Shu`arā' ayat 165-166]

Berkali-kali nabi Luth menyerukan kepada mereka untuk meninggalkan kebudayaan menyimpang mereka, namun karena sudah terlanjur hancur moral masyarakat disana merekapun tidak mau mendengar perkataan nabi Luth. Hanya sebagian kecil saja yang mau mengikuti ajaran nabi Luth.

Demikianlah Nabi Luth, melaksanakan dakwahnya sesuai dengan tugas risalahnya. Ia tidak henti-henti menggunakan setiap kesempatan dan dalam tiap pertemuan dengan kaumnya secara berkelompok atau perorangan mengajak agar mereka beriman dan percaya kepada Allah dan menyembah-Nya. Diajaknya kaumnya untuk melakukan amal saleh dan meninggalkan perbuatan maksiat dan mungkar.

Akan tetapi keruntuhan moral dan kerusakan akhlak telah mendarah daging di dalam pergaulan sosial mereka dan pengaruh hawa nafsu serta bujukan setan sudah begitu kuat dan menguasai tindak-tanduk mereka, maka dakwah dan ajakan Nabi Luth yang dilaksanakan dengan kesabaran dan ketekunan tidak mendapat tempat di dalam hati dan pikiran mereka dan berlalu begitu saja, masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

Telinga-telinga mereka sudah menjadi tuli terhadap ajaran-ajaran Nabi Luth sedang hati dan pikiran mereka sudah tersumbat rapat dengan ajaran-ajaran setan dan iblis.

Hingga pada suatu saat, kaumnya merasa kesal dengan nabi Luth yang selalu berdakwah dan mengingatkan mereka. Mereka pun kemudian meminta nabi Luth untuk menghentikan dakwahnya dan mengusir ia beserta keluarganya dan pengikutnya untuk pergi dari kota Sodom.

Nabi Luth merasa bahwa berdakwah kepada mereka yang sudah runtuh akhlaq dan moralnya adalah perbuatan yang sia-sia. Sehingga ia meminta kepada Allah SWT untuk dijatuhkan azab kepada para kaumnya itu.

Permohonan Nabi Luth dan doanya diperkenankan dan dikabulkan oleh Allah. Dikirimkanlah kepadanya tiga orang malaikat yang menyamar sebagai manusia biasa.

Mereka adalah malaikat yang bertemu Nabi Ibrahim dengan membawa berita gembira atas kelahiran Nabi Ishaq, dan memberitahukan kepada mereka bahwa mereka adalah utusan Allah dengan tugas menurunkan azab kepada kaum Luth, penduduk kota Sadum (Sodom).

Dalam Al-Quran surat Adh-Dhariyat Allah SWT berfirman:

"Ibrahim bertanya: "Apakah urusanmu hai para utusan?" Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami diutus kepada kaum yang berdosa (kaum Luth), agar kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah, yang ditandai di sisi Tuhanmu untuk membinasakan orang-orang yang melampaui batas". [QS. Adh-Dhāriyāt ayat 31-34]

Dalam pertemuan tersebut Nabi Ibrahim memohon agar penurunan azab kepada kaum Sodom ditunda, kalau-kalau mereka kembali sadar, kemudian mendengarkan dan mengikuti ajakan Luth serta bertobat dari segala maksiat dan perbuatan mungkar.

Juga dalam pertemuan itu Nabi Ibrahim mohon agar anak saudaranya, Luth diselamatkan dari azab yang akan diturunkan kepada kaum Sodom, permintaan itu oleh para malaikat tersebut diterima dan dijamin bahwa Luth dan keluarganya tidak akan terkena azab.

Para malaikat tersebut sampai di Sodom dengan menyamar sebagai lelaki muda yang berparas tampan dan badan yang berotot, serta tegap tubuhnya. Dalam perjalanan, ketika mereka hendak memasuki kota, mereka berselisih dengan seorang gadis yang cantik yang sedang mengambil air dari sebuah perigi.

Lelaki muda (malaikat) bertanya kepada si gadis kalau-kalau mereka diterima di rumah sebagai tamu. Si gadis tidak berani memberi keputusan sebelum ia berunding terlebih dahulu dengan keluarganya. Maka ditinggalkanlah para lelaki muda itu lalu pulang ke rumah cepat-cepat untuk memberitahu ayahnya (Luth).

Mendengar kabar berita anak perempuannya, Nabi Luth menjadi bingung, jawaban apa yang harus ia berikan kepada para pendatang yang ingin bertamu ke rumahnya untuk beberapa waktu, namun menerima tamu yang berparas tampan akan mengundang risiko yaitu gangguan kepadanya dan kepada tamu dari kaumnya yang tergila-gila untuk melakukan hubungan sejenis dengan anak muda yang mempunyai tubuh bagus dan paras wajah elok.

Sedang kalau hal yang demikian itu terjadi ia sebagai tuan rumah harus bertanggungjawab terhadap keselamatan tamunya, padahal ia merasa bahwa ia tidak akan berdaya menghadapi kaumnya yang bengis-bengis dan haus maksiat itu.

Nabi Luth memutuskan untuk menerima lelaki-lelaki muda itu sebagai tamu di rumahnya. Luth hanya pasrah kepada Allah dan berlindung sekiranya terdapat segala rintangan yang datang.

Lalu pergilah Luth menjemput tamu yang sedang menanti di pinggir kota dan diajaklah mereka bersama-sama ke rumah. Ketika itu, kota Sodom sudah dalam keadaan malam hari dan penduduknya sudah nyenyak tidur di rumah masing-masing.

Nabi Luth telah pun berpesan kepada isteri dan kedua puterinya agar merahasiakan kedatangan anak-anak lelaki muda itu. Jangan sampai terdengar dan diketahui oleh kaumnya.

Namun, isteri Nabi Luth membocorkan berita kedatangan tamu Luth kepada mereka. Berita kedatangan tamu Luth tersebar kerana isteri Nabi Luth.

Datanglah beramai-ramai lelak-lelaki Sodom, yang buta ini, ke rumah Nabi Luth, berkeinginan untuk memuaskan nafsu mereka, setelah lama tidak mendapat anak muda. Berteriaklah mereka memanggil Luth untuk melepaskan anak-anak muda itu, agar diberikan kepada mereka untuk memuaskan nafsu.

Dengar teriakan mereka, Nabi Luth tidak membuka pintu bagi mereka dan berseru agar mereka kembali ke rumah masing-masing dan jangan mengganggu tamu yang datangnya dari jauh yang sepatutnya dihormati dan dimuliakan.

Mereka diberi nasihat agar meninggalkan perbuatan mereka yang keji itu. Perbuatan mereka yang bertentangan dengan fitrah manusia dan kodrat alam di mana Allah telah menciptakan manusia berpasangan antara lelaki dengan perempuan untuk menjaga kelangsungan keturunan umat manusia sebagai makhluk yang termulia di atas bumi.

Nabi Luth berseru agar mereka kembali kepada isteri-isteri mereka dan meninggalkan perbuatan maksiat dan mungkar yang tidak senonoh, sebelum mereka dilanda azab dan siksaan Allah.

Seruan dan nasihat-nasihat Nabi Luth tidak dihiraukan dan dipedulikan, mereka bahkan mendesak akan membuka pintu rumahnya dengan paksa jika pintu tidak dibuka dengan sukarela. Merasa dirinya sudah tidak berdaya untuk menahan arus orang-orang lelaki kaumnya itu yang akan memaksakan kehendaknya dengan kekerasan berkatalah Nabi Luth secara terus terang kepada para tamunya:

"Sesungguhnya aku tidak berdaya lagi menahan orang-orang itu jika menyerbu ke dalam. Aku tidak memiliki senjata dan kekuatan fisik yang dapat menolak kekerasan mereka, tidak pula mempunyai keluarga atau sanak saudara yang disegani oleh mereka yang dapat aku mintai pertolongannya. Aku merasa sangat kecewa, bahwa sebagai tuan rumah aku tidak dapat menghindarkan gangguan terhadap tamu di rumahku sendiri.".

Mendengar keluh kesah Nabi Luth, lantas pemuda-pemuda itu memberitahu hal yang sebenarnya, bahwa mereka adalah malaikat-malaikat yang menyamar sebagai manusia yang diutus oleh Allah untuk menurunkan azab dan siksa atas rakyatnya karena segala kemungkaran dan kemaksiat yang keji dan kotor.

Malaikat-malaikat itu menyuruh Nabi Luth membuka pintu rumahnya seluas mungkin agar dapat memberi kesempatan bagi orang-orang yang haus akan nafsu terhadap lelaki itu masuk. Mereka pun menyerbu masuk.

Namun malangnya ketika pintu dibuka dan para penyerbu menginjakkan kaki mereka untuk masuk, tiba-tiba gelaplah pandangan mereka dan tidak dapat melihat sesuatu pun. Malaikat-malaikat tadi telah membutakan mata mereka. Lalu, diusap-usap dan digosok-gosok mata mereka, ternyata mereka sudah menjadi buta.

Sementara para penyerbu rumah Nabi Luth berada dalam keadaan kacau balau berbenturan satu dengan yang lain berteriak-teriak, bertanya-tanya apa gerangan yang menjadikan mereka buta mendadak.

Para malaikat tersebut berseru kepada Nabi Luth agar meninggalkan segera perkampungan tersebut bersama keluarga dan pengikutnya, karena telah tiba waktunya azab Allah ditimpakan.

Para malaikat berpesan kepada Nabi Luth dan keluarganya agar dalam perjalanan ke luar kota jangan ada seorang pun dari mereka menoleh ke belakang.

Nabi Luth keluar dari rumahnya selepas tengah malam, bersama keluarganya terdiri dari seorang isteri dan dua puterinya berjalan cepat menuju keluar kota, tidak menoleh ke kanan maupun ke kiri sesuai dengan petunjuk para malaikat yang menjadi tamunya.

Akan tetapi si isteri yang menjadi musuh dalam selimut bagi Nabi Luth tidak tega meninggalkan kaumnya. Ia berada di belakang rombongan Nabi Luth berjalan perlahan-lahan tidak secepat langkah suaminya dan tidak henti-hentinya menoleh ke belakang karena ingin mengetahui apa yang akan menimpa atas kaumnya, seakan-akan meragukan kebenaran ancaman para malaikat yang telah didengarnya sendiri.

Dan begitu Nabi Luth beserta kedua puterinya melewati batas kota Sadum, sewaktu fajar menyingsing, bergetarlah bumi dengan dahsyatnya di bawah kaki rakyat Sadum, tidak terkecuali isteri Nabi Luth yang munafik itu.

Allah berfirman:

"Para utusan (malaikat) berkata: "Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan-utusan Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah dengan membawa keluarga dan pengikut-pengikut kamu di akhir malam dan janganlah ada seorangpun di antara kamu yang tertinggal, kecuali isterimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat jatuhnya azab kepada mereka ialah di waktu subuh; bukankah subuh itu sudah dekat?". [QS. Hud ayat 81]

Getaran tersebut kemudian diikuti gempa bumi yang dahsyat disertai angin yang kencang dan hujan batu yang menghancurkan kota Sadum berserta semua penghuninya. Bertebaran mayat-mayat yang dilaknat oleh Allah di kota Sodom, dan hancurlah kota tersebut.

Namun, masih ditinggalkan sisa-sisa kehancuran kota tersebut oleh Allah, sebagai peringatan kaum yang kemudian yang melalui bekas kota Sodom tersebut. Demikianlah kebesaran dan ayat Allah yang diturunkan untuk menjadi pelajaran bagi hamba-hamba-Nya yang mendatang.

Kisah nabi Luth ini di ceritakan dalam Al-Quran, di antaranya adalah sebagai berikut:

"Kaum Luth telah mendustakan rasul-rasul, ketika saudara mereka, Luth, berkata kepada mereka: mengapa kamu tidak bertakwa?" Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Dan aku sekali-kali tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semeta alam. Mengapa kamu mendatangi jenis lelaki di antara manusia, dan kamu tinggalkan isteri-isteri yang dijadikan oleh Tuhanmu untukmu, bahkan kamu adalah orang-orang yang melampaui batas". Mereka menjawab: "Hai Luth, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti, benar-benar kamu termasuk orang-orang yang diusir" Luth berkata: "Sesungguhnya aku sangat benci kepada perbuatanmu". (Luth berdoa): "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan". Lalu Kami selamatkan ia beserta keluarganya semua, kecuali seorang perempuan tua (isterinya), yang termasuk dalam golongan yang tinggal. Kemudian Kami binasakan yang lain. Dan Kami hujani mereka dengan hujan (batu) maka amat jeleklah hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu." [QS. Ash-Shu`arā' ayat 160-173]

"...dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah (keji) itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu?" Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas. Jawab kaumnya tidak lain hanya mengatakan: "Usirlah mereka (Luth dan pengikut-pengikutnya) dari kotamu ini; sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berpura-pura menyucikan diri. Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya (yang beriman) kecuali istrinya (istri Nabi Luth); dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan), dan Kami turunkan kepada mereka hujan (batu); maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu." [QS. Al-A’raaf ayat 80-84]

Semoga kita tidak seperti kaumnya nabi Luth, dan semoga Allah selalu melindungi kita dari bujuk rayu setan yang terkutuk.

Baca Juga: 5 Perang Besar dalam Sejarah Islam
Selengkapnya
Siapa Makhluk yang Pertama Kali Dihisab?

Siapa Makhluk yang Pertama Kali Dihisab?

Setelah menjalani masa-masa panjang, maka tibalah manusia dalam hari perhitungan amal atau hisab. Dalam hisab ini, Allah akan menghisab seluruh makhluknya mulai dari binatang, jin dan manusia.

Perhitungan ini dilakukan dengan sangat adil, setiap amal baik atau buruk pasti mendapatkan balasannya pada hari perhitungan ini. Dalam pelaksanaannya, hisab disaksikan oleh malaikat sebagai saksi.

Siapa Makhluk yang Pertama Kali Dihisab?

Hisab ini akan menentukan dari manakah kita akan menerima kitab, dari tangan kanan atau kiri? dan dari situ kita sudah mengetahui dimana kita akan tinggal. Namun, pernahkah Anda berfikir siapa yang dihisab pertama kali? golongan binatang, jin, atau manusia?

Ternyata, binatang adalah makhluk yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Jadi, bukan bangsa jin atau manusia dulu yang dihisab, Allah SWT berfirman:

"dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan," [QS. At-Takwir ayat 5]

Dalam surat lain, Allah berfirman:

"Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan." [QS. Al-'An`am ayat 38]

Hisabnya hewan-hewan ini akan disaksikan oleh malaikat, jin dan manusia tentunya baik yang beriman maupun kafir. Dan setelah para binatang dihisab, maka Allah berfirman: "Jadilah tanah!" maka binatang-binatang tersebut berubah menjadi tanah, lalu orang-orang kafir berkata: "Alangkah baiknya jika aku menjadi tanah." karena mereka telah mengetahui kemana mereka akan kembali dari amal mereka.

Syaikh Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin rahimahullah mengatakan, "Pada hari Kiamat kelak, seluruh binatang akan dikumpulkan, sedangkan manusia menyaksikannya. Kemudian binatang-binatang itu diadili, sehingga binatang yang tidak bertanduk akan menuntut balas terhadap binatang bertanduk yang telah menanduknya di dunia. Setelah binatang tersebut diqishosh, Allah akan mengubahnya menjadi tanah. Allah melakukannya untuk menegakkan keadilan di antara makhluk-Nya." [Tafsir Juz 'Amma, hal. 70]

Allah SWT berfirman:

"Dan orang kafir itu berkata, "Alangkah baiknya sekiranya aku menjadi tanah saja." [QS. An-Naba ayat 40]

Kemudian, setelah bangsa binatang dihisab Allah kemudian menghisab bangsa manusia dan jin. Allah juga menegakkan keadilan dengan seadil-adilnya dalam menghisab manusia dan jin.

Bagi kaum mukminin, Allah akan menutupi aib-aibnya pada hari perhitungan amal. Adapun orang-orang kafir dan munafiq, mereka akan dipanggil di hadapan seluruh makhluk. Para saksi akan menyeru mereka di hadapan seluruh makhluk:

"...Orang-orang inilah yang telah berdusta terhadap Tuhan mereka". Ingatlah, kutukan Allah (ditimpakan) atas orang-orang yang zalim," [QS. Hud ayat 18]

Semoga bisa menjadi renungan untuk kita semua, dan Allah senantiasa mengampuni dosa dan kesalahan kita semua. Aamiin.
Selengkapnya
Tahap-Tahap Perjalanan Manusia Setelah Mati

Tahap-Tahap Perjalanan Manusia Setelah Mati

Mati adalah sesuatu yang pasti bagi tiap-tiap makhluk yang bernyawa, begitulah janji Allah. Kehidupan yang kita jalani di dunia ini hanyalah salah satu hiburan dan tempat singgah sementara saja, karena masih ada rentetan perjalanan panjang yang harus kita lewati setelah kehidupan ini.

Dalam Islam, kita percaya akan kehidupan setelah mati. Yang dimaksud kehidupan setelah mati dalam Islam bukanlah seperti yang kita jalani di dunia ini, bukan juga sebuah reinkarnasi. Namun yang dimaksud kehidupan setelah mati dalam Islam adalah kehidupan yang akan dijalani dengan kekal abadi di akhirat.

Tahap-Tahap Perjalanan Manusia Setelah Mati
Ilustrasi

Namun, sebelum menuju kehidupan kekal di akhirat sekarang ini kita hidup di dunia ini. Dan di dunia ini kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk beribadah dan berbuat amal baik, karena hal itu akan bermanfaat di akhirat kelak.

Untuk itu, sebelum kita menuju akhirat sangat penting bagi kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, baik dalam hal ibadah maupun yang lainnya. Selain itu, kita juga harus mentaati apa yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya serta menjauhi segala yang dilarang dan diharamkan-Nya. Karena hal itu dapat menyelamatkan kita di hari pembalasan kelak, karena setelah mati ada banyak tahapan dan perjalanan yang akan kita lalui dan tahap-tahap perjalanan manusia setelah mati akan dimulai dari tahap berikut ini.

1. Alam Kubur

Setelah mati, perjalanan yang akan kita lalui adalah perjalanan menuju alam kubur. Alam kubur adalah tempat singgah pertama yang akan kita singgahi setelah mati.

Dialam kubur inilah, kita sebagai manusia sudah bisa tahu dimana kita akan tinggal kelak di akhirat. Karena di alam kubur orang-orang kafir, munafik, dan golongan mukmin yang berbuat dosa akan mendapatkan siksa didalamnya, inilah yang dimana siksa kubur.

Orang mukmin yang disiksa didalam kubur itu karena minimnya pengetahuan mereka tentang Allah SWT. Mereka percaya bahwa Allah adalah Tuhan mereka, namun mereka suka meninggalkan perintah-Nya tapi malah menjalankan larangan-Nya.

Kita akan berada di alam kubur hingga kita dibangkitkan kembali pada hari kebangkitan.

2. Hari Kebangkitan

Hari kebangkitan akan dimulai ketika malaikat Israfil meniupkan sangkakala yang menandakan kebangkita manusia dari kematiannya atas perintah dan izin Allah SWT.

Pada saat dibangkitkan dari kematian, manusia datang dengan berbondong-bondong dengan rupa dan keadaan yang berbeda-beda untuk menunggu keputusan dari pengadilan Allah.

Pada saat itu, kita akan diadili dalam pengadilan yang seadil-adilnya, karena sekecil apapun kebaikan atau kejahatan akan mendapatkan balasannya disana.

3. Padang Mahsyar

Padang Mahsyar adalah dataran yang sangat luas tempat berkumpul para makhluk pertama, hingga makhluk yang terakhir hidup. Dataran Mahsyar berada di alam akhirat, dan dikatakan berpasir, tidak terlihat tinggi maupun rendah.

Di Mahsyar inilah semua makhluk Allah yang berada di tujuh lapis langit dan bumi termasuk malaikat, jin, manusia, binatang berkumpul dan berdesak-desakan. Setiap manusia pada hari pengadilan akan hadir di mahsyar, diiringi oleh dua malaikat, yang satu sebagai pengiringnya dan yang satu lagi sebagai saksi atas segala perbuatannya di dunia.

4. Hisab

Yaumul hisab atau hari perhitungan amal adalah hari dimana Allah memperlihatkan kepada hamba-hamba-Nya tentang amal mereka. Allah Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka, kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka." [QS. Al-Ghashiyah ayat 25-26]

Disinilah tahap yang paling menentukan nasib kita kelak, karena apabila hisab kita menunjukkan amal baik yang lebih tinggi maka kita akan selamat. Namun berbeda dengan orang-orang kafir dan orang yang banyak dosanya, mereka akan celaka.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering berdoa di dalam sholat dengan mengucapkan:

Allohumma haasibni hisaaban yasiiro (Ya Allah, hisablah diriku dengan hisab yang mudah.)

Kemudian 'Aisyah radhiyallahu 'anha bertanya tentang apa itu hisab yang mudah? Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab: "Allah memperlihatkan kitab (hamba)-Nya kemudian Allah memaafkannya begitu saja. Barangsiapa yang dipersulit hisabnya, niscaya ia akan binasa." [Diriwayatkan oleh Ahmad, VI/48, 185, al-Hakim, I/255, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam Kitaabus Sunnah, no. 885. Hadits ini dinilai shohih oleh al-Hakim dan adz-Dzahabi]

5. Melintasi Jembatan Sirath

Semua manusia akan akan melintasi jembatan ini. Jembatan Sirath adalah jembatan yang membentang di atas neraka, dan jembatan inilah jalan satu-satunya menuju surga.

Orang-orang yang memiliki amal shaleh akan dengan mudah melewati jembatan sirath ini, namun bagi mereka orang-orang kafir, mereka tidak akan bisa melewatinya dan mereka akan jatuh kedalam neraka dan mereka kekal didalamnya.

Disinilah penentuan akhirnya, yaitu surga atau neraka. Karena jika kita dapat melewatinya maka kita akan hidup di surga yang penuh dengan kenikmatan dan kekal didalamnya. Dan sebaliknya, apabila kita tidak dapat melewatinya maka kita akan menjadi penghuni neraka, Na'udzubillah.

Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa seluruh umat mukmin akan masuk kedalam surga, namun jika mereka ada yang memiliki dosa maka dosa-dosanya akan dilebur terlebih dahulu dineraka sebelum Allah memasukkannya kedalam surga.

Semoga ini bisa menjadi bahan renungan untuk kita semua. Aamiin.
Selengkapnya
Mobil-Mobil Keren dan Canggih Masa Depan

Mobil-Mobil Keren dan Canggih Masa Depan

Mobil masih menjadi barang mewah hingga saat ini, bahkan semua pabrikan mobil saat ini sedang berlomba-lomba untuk berinovasi demi menciptakan mobil-mobil terbaru yang lebih baik tentunya.

Selain itu, gencarnya gagasan teknologi ramah lingkungan saat ini membuat para pabrikan terus berusaha sebaik mungkin untuk membuat sesuatu yang terbaik dan pastinya ramah lingkungan.

Meskipun mengusung gagasan ramah lingkungan, para pabrikan mobil terkenal tentu saja tetap menanamkan teknologi serta fitur-fitur canggih yang memanjakan pemiliknya. Dan berikut ini adalah mobil-mobil futuristik yang masih dalam tahap pengembangan dan siap beredar dipasaran seperti yang sudah dirangkum palingtau.com untuk Anda.

Mercedes-Benz F 015 Luxury in Motion

Mercedes-Benz F 015 Luxury in Motion

Mobil besutan Mercedes-Benz ini hadir dengan konsep yang mewah, modern namun tetap ramah lingkungan. Mobil ramah lingkungan ini menggunakan mesin elektrik yang tidak membuang gas karbondioksida.

Kecanggihan yang diusung Mercedes-Benz F 015 Luxury in Motion ini juga terletak pada kontrol kemudi mobil ini. Mobil masa depan ini dilengkapi dengan cruise control yang membuat mobil ini bisa dikemudikan lewat layar sentuh interaktif.

Terrafugia TF-X

Terrafugia TF-X

Terrafugia hadir dengan konsep mobil terbang, jika Anda seorang gamer, tentu Anda pernah bermain GTA (Grand Theft Auto). Nah, disana kita bisa melakukan cheating yang salah satunya adalah mobil terbang. Dan jika Anda beranggap mobil terbang hanya ada di dalam game saja, maka Anda keliru.

Karena saat ini tengah dikembangkan mobil terbang Terrafugia TF-X sebagai salah satu inovasi untuk mengatasi kemacetan. Nantinya mobil ini bisa digunakan dalam dua konsep, di darat dan di udara. Mobil ini juga didukung sayap yang bisa ditekuk dan juga propeler yang bisa membuatnya terbang vertikal untuk lepas landas. Keren bukan?

Mercedes-Benz BIOME

Mercedes-Benz BIOME

Mercedes Benz BIOME merupakan salah satu inovasi lain dari pabrikan asal Jerman ini. BIOME memanfaatkan bahan natural untuk bodinya, bahan yang disebut BioFibre ini disebut dibuat dari bahan daur ulang namun memiliki kekuatan yang tak kalah dari bahan karbon fiber.

Mobil ini pertama kali muncul di ajang Los Angeles Design Challenge.

Cadillac Aera

Cadillac Aera

Tak kalah dengan pabrikan mobil Eropa serta Asia, General Motors (GM) juga hadir dengan mobil konsep bernama Cadillac Aera. Walau dibangun sebagai mobil ramah lingkungan, tetapi GM tidak meninggalkan kesan mewah, handal, serta stylish di mobil satu ini. Mengusung bodi serta sasis yang sangat ringan, mobil ini masih enjoy dipakai dengan mengusung empat kursi di tahap interior. Salah satu teknologi harapan yang dibawa Cadillac Aera merupakan mesin tipe pneumatic drive system yang diklaim sanggup menambah efisiensi bahan bakar sampai membikin mobil ini lebih ramah lingkungan.

BMW GINA

BMW GINA

Perwakilan lainnya dari Jerman yaitu BMW juga tidak mau kalah menampilkan mobil konsepnya yang futuristik serta juga ramah lingkungan. Tidak hanya meluncurkan BMW i8 di pasaran yang mengusung konsep hybrid serta ramah lingkungan, BMW juga mempunyai harapan lainnya yaitu BMW Gina. BMW Gina yang telah dikembangkan sejak 2001 ini telah tidak jarang dibawa BMW dalam gelaran autoshow di seluruh dunia. Mobil satu ini disebut mempunyai keunggulan di sisi tampilan yang sangat aerodinamis serta juga terbuat dari material yang sangat ringan berupa kain khusus.

Kira-kira kapan ya mobil-mobil diatas siap dipasarkan?
Selengkapnya
Kala Adik Ipar PM Inggris Mualaf

Kala Adik Ipar PM Inggris Mualaf

Ramadhan 1429H (2008), wartawan cantik BBC Lauren Booth pergi ke Gaza. Setelah melalui berbagai pemeriksaan dan hambatan oleh pasukan Israel, sampai juga ia di sebuah perkampungan Palestina.

Di perkampungan Palestina itu, adik ipar mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair ini mengetuk pintu sebuah rumah. Pintu segera terbuka, seorang ibu Palestina keluar, dengan wajah berseri-seri, "Assalamu’alaikum, faddhal (silahkan masuk)."

Kala Adik Ipar PM Inggris Mualaf


Lauren bercerita: "Wajahnya berseri, matanya bersinar, dia mempersilahkan saya masuk ke rumahnya seperti mempersilahkan saya masuk ke istana Taj Mahal. Seakan-akan rumahnya adalah tempat terindah di dunia."

Lauren memperhatikan rumahnya: Hanya dinding, atap, dan dua tikar terhampar. Satu tikar untuk tidur dan shalat, satu tikar untuk hidangan makanan. Tidak ada apa-apa selain itu. Lemari, kursi, apalagi televisi, tidak ada.

Tapi ungkapan wajah dan bahasa tubuhnya seperti orang yang sangat berbahagia, Lauren tak habis pikir.

Mereka pun duduk di tikar. Dan si ibu menyodorkan makanan, yang hanya terdiri dari roti, bumbu, dan selada. Melihat ‘menu prihatin’ itu, Lauren berulang-ulang menolak tawaran makanan itu, bukan tidak suka, tapi bagaimana mungkin ia memakan makanan orang miskin? Yang makanannya sangat terbatas? Hanya makanan itulah yang si ibu punya.

Tapi si ibu terus menyodorkan makanan. "Anda adalah tamu kami," katanya. Akhirnya, untuk sekedar menghargai, dia memakan satu roti sembari bilang: "Mari makan bersama."

Si Ibu menolak karena sedang puasa.

Seperti diceritakannya, ia marah kepada si ibu itu "Sudah prihatin, ada makanan, nahan-nahan makan."

"Saya marah kepada Islam, yang mengharuskan orang berlapar-lapar selama 30 hari. Saya marah kepada Alquran, yang mewajibkan ibu ini menahan lapar dan dahaga, padahal mereka butuh makan-minum, dan makanan minuman itu ada."

"Saya jengkel. Maka saya tanya ibu itu: Mengapa ibu puasa? Untuk apa?"

Ibu itu menjawab: "Kami berpuasa untuk bersyukur kepada Tuhan, karena bisa merasakan apa yang dialami saudara-saudara kami yang miskin."

Lauren bercerita lagi, dengan suara gemetar: "Mendengar jawaban itu, saya tak kuasa membendung air mata. Ibu ini tak punya apa-apa di dunia. Dia masih bersyukur dan berbagi rasa dengan orang yang lebih malang darinya."

Ketika menuliskan ini, kulit saya pun merinding, malu pada ibu itu, ingat sudah punya ini-itu, masih ingin ini-itu, masih terus merasa kurang, dan sangat-sangat-sangat sedikit berkorban untuk orang lain.

Hening beberapa saat dalam diri Lauren. Lalu ia berkata kepada dirinya sendiri: "Jika ini Islam, Saya ingin jadi Muslim."

Tahun 2010, Lauren muncul di saluran TV Islam dalam acara Global Peace and Unity, mengenakan busana Muslimah, dan memaklumkan: "My name is Lauren Booth, and I am a Muslim."

Sumber: Fimadani
Selengkapnya
Ciri dan Gejala Penderita HIV AIDS (AIDS Symptoms)

Ciri dan Gejala Penderita HIV AIDS (AIDS Symptoms)

AIDS Symptoms, AIDS adalah sebuah penyakit paling mematikan di dunia dan sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengertian lengkap dari AIDS sendiri memiliki kepanjangan yaitu Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome.

AIDS terjadi karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia yang dikarenakan oleh virus HIV. Virus HIV sendiri memiliki nama lengkap Human Immunodeficiency Virus.

AIDS Symptoms

Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkannya. HIV dan virus-virus lainnya ditularkan melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam atau juga aliran darah dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.

Penularan dapat terjadi melalui hubungan suami isteri yang terjadi seperti vaginal, anal, ataupun oral yang dilakukan dengan penderita HIV positif. Selain itu, tranfusi darah dan penggunaan jarum suntik yang tidak sehat juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab penularan penyakit ini.

Di seluruh dunia, sudah ada sekitar 38,6 juta orang yang terinfeksi virus mematikan ini. Pada Januari 2006, UNAIDS bekerja sama dengan WHO memperkirakan bahwa AIDS telah menyebabkan kematian lebih dari 25 juta orang sejak pertama kali diakui pada tanggal 5 Juni 1981. Dengan demikian, penyakit ini merupakan salah satu wabah paling mematikan dalam sejarah.

Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang baik umumnya tidak akan mengalami gejala-gejala awal penyakit AIDS. Bahkan banyak orang yang di dalam darahnya mengandung virus HIV/AIDS, tetapi sama sekali tidak menunjukkan asimptomtik (gejala sakit / penyakit).

Tapi, umumnya penderita AIDS mengalami gejala-gejala ini.

  1. Rasa lelah yang berkepanjangan.
  2. Sesak nafas dan batuk berkepanjangan.
  3. Pembesaran kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau lipatan, paha), sekurang-kurangnya dua buah, selama lebih dari 3 bulan, tanpa sebab yang jelas.
  4. Bercak putih atau luka di mulut.
  5. Mencret (diare) lebih dari satu bulan tanpa sebab yang jelas.
  6. Sering demam (lebih adri 48 derajat celcius) disertai keringat alam tanpa sebab yang jelas.
  7. Berat badan anjlok secara drastis (lebih dari 10 persen).
  8. Bercak merah kebiruan pada kulit (kanker kulit).
  9. Infeksi oportunistik yang berat tanpa dasar penyakit yang jelas.
  10. Tumor seperti Sarkoma Kaposi, Limfoma Burkitt, dan neo-plasma, dan lain-lain.

AIDS adalah penyakit yang sangat mematikan, untuk itu demi menghindari penyakit AIDS yang sudah jelas-jelas berbahaya ini lebih baik kita mencegah dengan cara menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit ini muncul. Karena ada pepatah mengatakan "lebih baik mencegah daripada mengobati".
Selengkapnya
Pria Ini Lempar Kucing Hidup ke Kolam Penuh Buaya

Pria Ini Lempar Kucing Hidup ke Kolam Penuh Buaya

Sungguh keterlaluan dan biadab kelakuan dua pria asal Peru ini. Mereka sangat kejam dan tidak berperasaan, tanpa rasa bersalah mereka melempar kucing hidup ke kolam penuh buaya.

Pria Ini Lempar Kucing Hidup ke Kolam Penuh Buaya

Kelakuan pria Peru ini lantas mendapatkan kecaman dari para netizen yang geram dengan ulah dua pria itu. Si kucing yang dilemparkan kedalam kolam buaya itu mencoba kabur, namun karena pagar kandang buaya terlalu tinggi si kucing pun tidak bisa memanjat keluar kandang.



Sudah barang tentu kucing malang itu segera jadi santapan enak buaya. Banyak orang yang mengutuk kelakuan orang-orang dalam video tersebut, bagaimana menurutmu?
Selengkapnya
@jualbayimurah Hebohkan Netizen

@jualbayimurah Hebohkan Netizen

Netizen dihebohkan oleh akun Instagram dengan username @jualbayimurah (https://instagram.com/jualbayimurah). "TRUSTED Ambil bayi langsung melalui panti asuhan Alamat: Panti Asuhan Bayi Parartasih Jl. Jatinegara Barat 122, Jakarta 13320 8514938", begitulah deskripsi akun tersebut.

Akun tersebut mengatas namakan Panti Asuhan Parartasih beralamat di Jalan Jatinegara Barat Nomor 122, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, dengan nomor telepon 8514938.

@jualbayimurah Hebohkan Netizen

Akun tersebut tampak masih baru karena hanya ada 6 kiriman, dalam kirimannya akun tersebut menampilkan foto bayi yang diperjual belikan. Menanggapi hal ini, tim Kepolisian bersama Kemensos langsung mendatangi alamat yang dicantumkan namun mendapati alamat itu milik Gereja Santa Maria de Fatima Jatinegara Jakarta Timur.

Adapun, panti asuhan yang disebutkan berada di bawah Yayasan Gembala Baik. Namun demikian, petugas memastikan tidak ada praktik jual-beli bayi yang dilakukan pihak panti asuhan. Ketika akun ini mencuat di media sosial sudah banyak pihak yang tidak memercayai kebenarannya.

Fakta ini diperkuat oleh pengakuan seorang ayah bernama Samuel Sabandar yang merasa foto anaknya dipanjang oleh akun itu. Dia menegaskan foto anaknya sengaja dicatut dan memaki pemiliki akun dalam status Facebooknya menggunakan bahasa Inggris.

"Jual bayi murah?? Sell babies for cheap? this is crazy, somebody just took my daughter's pic an post it on Instagram. I know she's cute, but she's not for sale. Please help to report this account. Who would even buy babies through Instagram" tulisnya.

Hingga kini, pemilik akun yang meresahkan masyarakat tersebut masih misterius.
Selengkapnya
Kisah Tragis Dibalik Foto Bahagia

Kisah Tragis Dibalik Foto Bahagia

Dalam sebuah foto kita dapat melihat memori yang tersimpan dalam gambar tersebut. Seperti misalnya jika kita melihat gambar orang tersenyum bahagia pasti kita akan beranggapan bahwa foto tersebut diambil ketika dala suasana bahagia.

Foto-foto dengan raut wajah bahagia tak selamanya memiliki arti bahwa yang berada dalam foto tersebut bahagia. Seperti yang ada pada foto dibawah ini, dalam foto-foto bahagia terdapat peristiwa tragis dan bahkan mengerikan yang terjadi pada mereka.

1. Hello Kitty Murder

Hello Kitty Murder

Hello Kitty, siapa yang tidak mengenalnya? tokoh kartun lucu asal Jepang ini banyak digemari oleh banyak orang. Namun, ada kisah mengerikan tentang Hello Kitty ini.

Pada akhir abad ke-20, publik Hong Kong dihebohkan dengan kasus bernama "Hello Kitty". Pada saat kasus ini mencuat ke ranah publik, masyarakat Hong Kong merasa tercengang dengan aksi kriminal yang sangat brutal tersebut, karena itu baru pertama kali terjadi di Hong Kong.

Aksi kriminal tersebut berawal ketika 3 anggota Gangster Triad (Hong Kong) menculik dan menyiksa seorang wanita muda berusia 23 tahun selama satu bulan hingga meninggal dunia.

Setelah meninggal dunia, mayat wanita tersebut akhirnya dimutilasi, dimasak dan sebagian lainnya dibuang dengan sampah. Kaki dan lengannya diberikan kepada anjing liar untuk dimakan dan bagian tengkoraknya disembunyikan di dalam kepala boneka Hello Kitty Mermaid besar.

2. Columbine Class Photo of ‘99

Columbine Class Photo of ‘99

Foto diatas tampak seperti biasa-biasa saja bukam? hampir semua siswa nampak ceria. Tapi lihatlah pada dua orang di pojok kanan atas pada foto tersebut, ada dua orang yang berpose seperti mengarahkan senjata api.

Mereka berdua adalah Eric Harris dan Dylan Klebold, yang ternyata adalah tersangka dalam kasus penembakkan brutal dalam sejarah Amerika Serikat. Selang beberapa hari setelah foto tersebut diambil, kedua orang ini melakukan penembakkan yang menewaskan 12 orang siswa dan seorang guru Columbine High School serta melukai 21 siswa lainnya sebelum keduanya melakukan aksi bunuh diri.

3. Senyum Penggemar John Lennon

Senyum Penggemar John Lennon

Siapa yang tidak kenal dengan John Lennon? ia adalah salah satu sosok superstar yang berjaya dimasanya. Kemanapun ia pergi, ia selalu dikerubungi oleh fans-fans yang ingin berfoto bersama atau hanya sekedar meminta tanda tangan seperti dalam foto diatas.

Tapi, siapa sangka bahwa penggemar yang tampak tersenyum tersebut adalah malaikat kematian sang legendaris? selang beberapa jam setelah foto tersebut diambil, fans gila bernama Mark David Chapman itu membunuh Lennon dengan cara menembak mati pada tanggal 8 Desember 1980.

4. Pogo The Clown

Pogo The Clown

Siapa yang tidak suka dengan badut? beberapa orang mungkin merasa takut dengan badut, hal ini bisa jadi karena mereka pernah mendengar kisah badut yang satu ini.

Pogo The Clown alias John Wayne Gacy, adalah badut yang paling berbahaya di dunia. Dia adalah seorang pedofil dan dalang dari 45 pembunuhan berantai paling sadis di Amerika Serikat.

Ia terbukti membunuh 45 anak-anak antara tahun 1972 hingga 1978. Sebagian besar korbannya dikubur di pekarangan belakang rumahnya. Pada bulan Mei 1994, John Wayne Gacy dihukum mati dengan suntikan.

5. Tyler Hadley Party

Tyler Hadley Party

Inilah kisah terakhir yang dapat palingtau.com rangkum untuk kamu. Pesta Tyler Hadley adalah kisah paling mengerikan yang pernah saya dengar. Pada tanggal 16 Juli 2011, Tyler mengadakan sebuah pesta meriah dirumahnya.

Namun, beberapa teman sempat ada yang heran karena orangtuanya dikenal galak oleh teman-temannya. Namun, mendengar bahwa orangtuanya sedang tidak ada dirumah, teman-teman Tyler pun datang berbondong bondong kerumahnya untuk berpesta.

Siapa sangka, dibalik meriahnya pesta tersebut ternyata sebelumnya peristiwa tragis telah dialami oleh orangtua Tyler. Siang hari sebelum pesta diadakan, Tyler mengayunkan kapak ke bagian belakang kepala ibunya sebelum melakukan hal yang sama kepada ayahnya.

Ia menyembunyikan mayat kedua orangtuanya itu dikamar dengan ditututupi handuk dan perabotan lainnya. Sungguh tega ya anak ini, demi pesta ia tega membunuh kedua orangtuanya sendiri.

Semoga ini semua dapat menjadi pelajaran untuk kita semua.
Selengkapnya
Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Banyak masyarakat yang percaya bahwa ada pohon-pohon yang dipercaya sebagai tempat tinggal hantu. Dan akhirnya pohon yang dipercaya memiliki penunggu tersebut akhirnya dikeramatkan.

Hantu atau penunggu pohon biasanya dipercaya tinggal di pohon-pohon besar dan tua. Selain itu, banyak yang meyakini bahwa pohon yang memiliki penunggu tidak boleh ditebang karena yang menebang pohon tersebut akan dijadikan tumbal, benarkah? Lalu pohon-pohon apa saja yang dipercaya memiliki hantu atau penunggu?

1. Pohon Beringin

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Dari dulu, pohon beringin memang terlihat memiliki kesan dan aura mistis yang sangat besar. Akar-akar pohon beringin yang menggantung membuat pohon beringin tersebut terlihat lebih seram dari pohon-pohon yang lainnya.

Penunggu pohon beringin dipercaya berasal dari bangsa genderuwo. Genderuwo adalah makhluk yang memiliki wujud tunggi besar dan berbulu lebat. Ia dipercaya suka menempati pohon beringin.

Selain itu, pohon beringin yang sangat besar dipercaya sebagai salah satu istana jin. Sehingga sering kita jumpai cerita-cerita mistis seputar pohon beringin dikalangan masyarakat.

2. Pohon Sukun

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Pohon sukun adalah pohon yang dipercaya sebagai tempat tinggal yang disukai oleh bangsa pocong. Pohon ini memiliki buah yang sangat enak, namun banyak cerita beredar di masyarakat bahwa pohon tersebut dipercaya memiliki aura mistis tersendiri apabila dimala hari.

Pocong sangat gemar tinggal di pohon sukun tersebut. Sukun merupakan tanaman tahunan yang tumbuh baik pada lahan kering (daratan), dengan tinggi pohon dapat mencapai 10 m atau lebih. Buah muda berkulit kasar dan buah tua berkulit halus. Daging buah berwarna putih agak krem, teksturnya kompak dan berserat halus. Rasanya agak manis dan memiliki aroma yang spesifik.

3. Pohon Randu

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Pohon randu atau dikenal juga sebagai kapuk randu adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan famili Malvaceae (sebelumnya dikelompokkan ke dalam famili terpisah Bombacaceae), berasal dari bagian utara dari Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia, dan (untuk varitas C. pentandra var. guineensis) berasal dari sebelah barat Afrika. Kata "kapuk" atau "kapok" juga digunakan untuk menyebut serat yang dihasilkan dari bijinya.

Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapok Jawa, atau pohon kapas-sutra. Juga disebut sebagai Ceiba, nama genusnya, yang merupakan simbol suci dalam mitologi bangsa Maya.

Pohon ini tumbuh hingga setinggi 60-70 m dan dapat memiliki batang pohon yang cukup besar hingga mencapai diameter 3 m. Dibalik itu semua, banyak cerita mitos beredar bahwa pohon randu adalah pohon yang dipercaya sebagai tempat tinggal kuntilanak. Penampakan hantu wanita berbaju putih sedang nangkring di pohon randu kerap menjadi perbincangan dimasyarakat.

4. Pohon Pisang



Pisang adalah tanaman yang serba guna seluruh bagian pohon ini dapat dimanfaatkan. Namun, apakah kamu pernah dengar cerita bahwa pohon pisang adalah tempat tinggal favorit para hantu? Konon, banyak orang yang sering melihat penampakan pocong atau kuntilanak di balik rimbunnya pepohonan pisang.

5. Pohon Bambu

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Pohon bambu dapat kita jumpai di daerah pedesaan atau hutan. Pohon bambu memiliki ciri khas yaitu mereka tumbuh bergerombol, banyak cerita beredar bahwa pohon bambu merupakan tempat yang paling digemari oleh para hantu.

Secara tampilan saja kita tahu bahwa pohon bambu tumbuh bergerombol dan sangat rimbun, tak heran jika para hantu sangat menyukainya. Pernah suatu ketika disalah satu kampung, ada tukang ojek yang melihat kuntilanak sedang duduk diatas pohon bambu. Ada juga yang menyebutkan melihat sosok tinggi besar dengan mata merah menyala sedang duduk diatas bambu sambil memegang rokok, menghalang-halangi orang yang mau lewat dijalan yang kebetulan bersebelahan dengan kebun bambu tersebut.
Selengkapnya
Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Bagi para pecinta meme, tentu sudah tidak asing dengan gambar meme 'Hmmm sudah kuduga'. Foto jadul dari seorang pria tersebut akhirnya menghiasi dunia maya.

Jika kamu mengetik kata kunci 'hmm sudah kuduga' di Google, maka yang akan kamu temukan adalah sosok misterius tersebut. Namun, belakangan ini sosok misterius tersebut tampaknya mulai terkuak.

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Lalu sebenarnya, siapa sosok sudah kuduga tersebut?

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Dan ternyata dia adalah seorang blogger bernama Dion Cecep Supriadi.

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Inilah foto-foto Cecep dengan keluarganya.

Terungkap Sosok Dibalik Meme 'Hmm Sudah Kuduga'

Semoga menjawab rasa penasaran kamu semua ya. Hmmm sudah kuduga.
Selengkapnya
Keajaiban Alquran Tentang Kelahiran Manusia

Keajaiban Alquran Tentang Kelahiran Manusia

Banyak sekali hal-hal yang disebutkan di dalam Alquran yang mampu mengundang manusia untuk beriman. Alquran sebagai firman Allah selalu memberikan informasi yang sangat akurat dan sesuai dengan apa yang terjadi dimasa sekarang.

Sudah banyak sekali ilmuwan membuktikan kebenaran Alquran melalui penemuan-penemuan mereka, dan ini memang salah satu cara Allah untuk menunjukkan kekuasaan dan keagungann-Nya.

Keajaiban Alquran Tentang Kelahiran Manusia

Salah satu keakuratan informasi dari Alquran yang paling mudah kita pahami adalah tentang penciptaan manusia. Jika kita melihat, ada banyak ayat yang mengingatkan manusia tentang penciptaan manusia.

Manusia sering diingatkan tentang bagaimana tahapan-tahapan yang dilalui hingga kita sampai ke bumi, dan bahkan Alquran juga menjelaskan secara gamblang bahan dasar manusia.

Allah SWT berfirman:

"Kami telah menciptakan kamu, maka mengapa kamu tidak membenarkan? Maka terangkanlah kepadaku tentang nutfah yang kamu pancarkan. Kamukah yang menciptakannya, atau Kamikah yang menciptakannya?" [QS. Al-Waqi'ah ayat 57-58]

Penciptaan manusia dan aspek-aspeknya yang luar biasa itu ditegaskan dalam banyak ayat. Beberapa informasi di dalam ayat-ayat ini sedemikian rinci sehingga mustahil bagi orang yang hidup di abad ke-7 untuk mengetahuinya. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. Manusia tidak diciptakan dari mani yang lengkap, tetapi dari sebagian kecilnya (spermazoa).

    "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat." [QS. Al-Insan ayat 2]
  2. Sel kelamin laki-lakilah yang menentukan jenis kelamin bayi.

    "dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita. dari air mani, apabila dipancarkan." [QS. An-Najm ayat 45-46]
  3. Janin manusia melekat pada rahim sang ibu bagaikan lintah.

    "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah." [QS. Al-`Alaq ayat 1-2]

    Arti kata "`alaq" dalam bahasa Arab adalah "sesuatu yang menempel pada suatu tempat". Kata ini secara harfiah digunakan untuk menggambarkan lintah yang menempel pada tubuh untuk menghisap darah.
  4. Manusia berkembang di tiga kawasan yang gelap di dalam rahim.

    "...Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?" [QS. Az-Zumar ayat 6]

    Dalam buku Basic Human Embryology, sebuah buku referensi utama dalam bidang embriologi, fakta ini diuraikan sebagai berikut:

    "Kehidupan dalam rahim memiliki tiga tahapan: pre-embrionik; dua setengah minggu pertama, embrionik; sampai akhir minggu ke delapan, dan janin; dari minggu ke delapan sampai kelahiran." [(Williams P., Basic Human Embryology, 3. edition, 1984, s. 64.]

Orang-orang yang hidup pada zaman kala Alquran diturunkan, pasti mengetahui bahwa bahan dasar kelahiran berhubungan dengan mani laki-laki yang terpancar selama persetubuhan seksual.

Fakta bahwa bayi lahir sesudah jangka waktu sembilan bulan tentu saja merupakan peristiwa yang gamblang dan tidak memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Akan tetapi, sedikit informasi yang dikutip di atas itu berada jauh di luar pengertian orang-orang yang hidup pada masa itu, namun dimasa sekarang apa yang tertera didalam Alquran sudah didukung dengan bukti ilmiah pengetahuan modern abad ke-20
Selengkapnya
Mencium Istri Saat Puasa Batal Gak?

Mencium Istri Saat Puasa Batal Gak?

Puasa yaitu menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Saat ini banyak yang masih bingung bagaimana hukumnya mencium pasangan hidup saat berpuasa? Apakah hal tersebut dapat membatalkan puasa?

Mencium Istri Saat Puasa Batal Gak?

Untuk mencari tahu jawabannya, mari kita lihat hadits berikut ini.

Dari Umar bin Al-Khatab ra. berkata, "Suatu hari aku beristirahat dan mencium isteriku sedangkan aku berpuasa. Lalu aku datangi nabi SAW dan bertanya, "Aku telah melakukan sesuatu yang fatal hari ini. Aku telah mencium dalam keadaan berpuasa." Rasulullah SAW menjawab, "Tidakkah kamu tahu hukumnya bila kamu berkumur dalam keadaan berpuasa?" Aku menjawab, "Tidak membatalkan puasa." Rasulullah SAW menjawab, "Maka mencium itu pun tidak membatalkan puasa." [HR. Ahmad dan Abu Daud]

Atau dalam pelafalan lainnya:

Umar bin Khattab pernah datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan mengadu, "Syahwatku naik, kemudian aku mencumbu istriku sementara aku sedang puasa." Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam balik bertanya, "Apa pendapatmu ketika kamu berkumur ketika kamu puasa?" Umar menjawab, "Tidak masalah." Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika demikian, apa yang perlu dikhawatirkan?" [HR. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani]

Yang perlu menjadi catatan tentu saja, jangan sampai tindakan tersebut berlanjut menjadi hubungan suami istri yang sudah pasti membatalkan puasa dan dikenakan hukuman cukup berat bagi yang melakukannya.
Selengkapnya
Video Lukman Sardi Pindah Agama Menjadi Kristen

Video Lukman Sardi Pindah Agama Menjadi Kristen

Dalam sebuah video yang diunggah ke situs jejaring sosial YouTube, terlihat Lukman Sardi memberikan kesaksian kepada para tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam video tersebut, ia mengungkapkan bahwa ia menjadi percaya sejak 6 tahun lalu. "Saya lebih memilih menjadi percaya, sekitar 6 tahun lalu," kata Lukman dalam kesaksiannya di GBI Ecclesia.


Video tersebut diunggah oleh seseorang dengan akun Ikka LyFrans 24 Mei 2015 lalu. Lukman mengaaku bahwa ia murtad tanpa ada paksaan dari pihak manapun, termasuk dari sang istri yang juga beragama Nasrani.

Video ini seolah menjawab rasa penasaran publik yang selama ini mempertanyakan berita sipang siur yang mengatakan perpindahan agama Lukman Sardi tersebut.

Berikut ini videonya:



Seperti kita ketahui bahwa Lukman Sardi adalah seorang aktor, sekaligus sutradara film Indonesia yang sudah malang melintang di dunia perfilman tanah air.

Ia pernah memerankan tokoh dalam beberapa film seperti memerankan tokoh K.H Ahmad Dahlan dalam film Sang Pencerah, Bung Hatta dalam film Soekarno, dan menyutradarai film layar lebar Dibalik 98.
Selengkapnya
Binatang Langka Tinggal Satu di Dunia

Binatang Langka Tinggal Satu di Dunia

Keserakahan manusia menyebabkan banyaknya kerusakan dimuka bumi ini. Penebangan hutang, perusakan lingkungan dan perburuan adalah hal yang menjadi kebiasaan manusia.

Perburuan liar yang dilakukan tanpa memikirkan dampak di masa mendatang membuat manusia dengan seenaknya sendiri melakukan perburuan pada hewan-hewan, tak terkecuali pada hewan-hewan langka di dunia ini.

Dan bisa kita lihat sekarang, sudah banyak hewan yang punah akibat perburuan liar. Dan inilah hewan-hewan yang hampir punah dan hanya ada satu dan menjadi satu-satunya di dunia.

Lonesome George Kura Kura Raksasa Galapagos

Lonesome George Kura Kura Raksasa Galapagos

Apakah kamu tau Lonesome George? Lonesome George adalah kura-kura raksasa asal Galapagos yang menjadi kura-kura paling langka di dunia. Kura-kura dengan nama latin Chelonoidis Nigra Abingdoni ini hanya ada satu di dunia dan terancam punah.

Tidak ada seorangpun yang mengetahui berapa usia Lonesome George ini, namun para ilmuwan memperkirakan bahwa usia Lonesome George ini sudah lebih dari 100 tahun.

Lonesome George dikatakan dapat hidup lebih dari 100 tahun lamanya, namun sayangnya pada tahun 2012 Lonesome George telah mati. Kematian George menjadi kehilangan besar bagi para ilmuwan yang berharap dia masih bisa bertahan setidaknya untuk beberapa dekade ke depan. Sebenarnya upaya untuk melestarikan spesies Lonesome George terus dilakukan sejak para ilmuwan menemukan George pada 1972 lalu, namun semua upaya itu menemui kegagalan.

Sudan, Badak Putih Utara

Sudan, Badak Putih Utara

Sudan adalah seekor badak putih utara yang hanya tinggal satu-satunya di dunia. Badak berkelamin jantan itu sudah hampir punah lantaran ia hanya menjadi satu-satunya badak putih utara di dunia. Memiliki nama latin Ceratotherium simum cottoni, hewan bercula satu ini kemana-mana selalu dijaga oleh petugas keamanan.

Usia Sudan sudah mencapai 40 tahun, kemanapun ia pergi tak kurang dari 4 tentara bersenjata lengkap selalu mendampinginya selama 24 jam demi menjaganya dari ulah pemburu liar dan melindungi spesiesnya dari kepunahan.

Apabila Sudan mati, maka badak putih utara dipastikan punah. Keberlangsungan badak jenis itu juga tergantung pada dua badak putih utara betina yang berada di pusat konservasi badak Kenya. Pada saat yang tepat nanti, Sudan akan dikawinkan agar badak putih utara tetap lestari.

Badak putih utara menjadi incaran para pemburu liar beberapa dekade lalu. Cula dari badak tersebut bisa dijual Rp900 juta per kilogram. Akibat banyaknya pemburuan liar itu, populasi badak putih utara terus menurun.

Pada 1984 saja, badak putih utara tinggal 15 ekor di dunia. Berbeda dengan badak putih selatan yang masih memiliki populasi hingga 17.000 ekor di dunia.
Selengkapnya
Misteri Aneh di Dunia yang Sudah Terpecahkan

Misteri Aneh di Dunia yang Sudah Terpecahkan

Rasa keingintahuan manusia akan sesuatu acapkali membuat manusia ingin mencari tahu kebenaran akan sesuatu. Selain itu, rasa penasaran yang berkobar juga dapat menjadi salah satu faktor yang membuat manusia untuk terus menyelidiki kebenaran sebuah misteri.

Tak terhitung berapa banyak misteri yang ada di dunia ini. Namun karena dibantu oleh kecanggihan teknologi dan informasi, saat ini sudah banyak misteri di dunia ini yang mulai terpecahkan.

Misteri Aneh di Dunia yang Sudah Terpecahkan


Dan inilah beberapa misteri dunia yang sudah terpecahkan.

Misteri Segitiga Bermuda

Misteri Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda telah menjadi sebuah misteri dunia sejak zaman Christopher Columbus. Pada 1492 ketika Columbus berlayar di lautan antara Florida, Puerto Rico, dan Bermuda, kompas yang dipegangnya mulai bertindak aneh. Sejak saat itu, daerah tersebut telah dikaitkan dengan sejumlah lenyapnya benda yang melintas di atasnya. Pada 1950 sebuah artikel tentang misteri Segitiga Bermuda bahkan diterbitkan dalam Associated Press.

Namun dalam studi terbaru, telah menunjukkan bahwa Segitiga Bermuda bahkan belum meminta korban sebanyak tempat lain di dunia. Isu-isu tidak berfungsinya kompas adalah sesuatu yang biasa ditemui oleh para pelaut. Tidak hanya itu, histeria media dan penulis yang terobsesi dan ingin dipublikasikan turut membuat Segitiga Bermuda makin eksis di dunia misteri.

Akhirnya Terkuak Misteri Jenazah Anastasia

Akhirnya Terkuak Misteri Jenazah Anastasia

Kisah keluarga Romanov sangat tragis dan misterius. Czar Nicholas II dan keluarganya secara brutal digulingkan dan dieksekusi selama Revolusi Rusia. Semua jenazah keluarga kerajaan itu bisa ditemukan kecuali Anastasia Nikolaevna. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa ia masih hidup.

Namun banyak yang bertanya mampukah ia menanggung beban kisah tragis keluarganya. Selama bertahun-tahun kemudian, banyak wanita yang mengaku sebagai Anastasia sehingga menjadi inspirasi bagi penulisan buku dan pembuatan film. Namun 1991, sesosok jenazah yang sebelumnya hilang telah ditemukan dekat tempat di mana keluarga Romanov dibantai meski riset saat itu tak mampu meyakinkan itu adalah Anastasia. Kemudian pada 2008, melalui teknologi DNA yang cangghi baru diketahui bahwa itu memang jenazah Anastasia.

Misteri Batu Berjalan Death Valley

Misteri Batu Berjalan Death Valley

Hampir seabad batu-batu yang berada di Death Valley atau Lembah Kematian di California menjadi misteri ilmu pengetahuan. Bebatuan besar yang rata-rata beratnya sekitar 320 kilogram ditemukan berpindah tempat.

Seolah ada kekuatan magis atau alien yang menggerakannya. Hingga pada 2006, seorang ilmuwan bernama Ralph Lorenz mulai mempelajari batuan, dan sampai pada kesimpulan bahwa ketika suhu mulai turun di Death Valley, air dan es yang terbentuk di bawah batu mampu membuat batu-batu 'mengambang' dan bergerak, meninggalkan jejak lumpur di bawahnya.

Misteri Kematian Raja Richard III

Misteri Kematian Raja Richard III

Raja Richard III hidup antara 1452-1485 dan hanya memerintah selama dua tahun. Dia merupakan raja terakhir yang mati di medan pertempuran. Dia telah digambarkan dalam berbagai cara dalam sastra Inggris selama berabad-abad, namun lokasi jenazahnya masih misteri. Namun pada 2012, para peneliti menemukan sebuah kerangka di bawah tempat parkir mobil di Leicester.

Kerangka tersebut dipastikan adalah Raja Richard III. Antropolog dan ilmuwan forensik akhirnya bisa mengetahui dengan pasti bagaimana dia menemui kematiannya dalam pertempuran. Disimpulkan bahwa Richard III menderita cedera pukulan fatal sehingga membunuhnya.

Terjawabnya Misteri Ekspedisi Kapal Franklin

Terjawabnya Misteri Ekspedisi Kapal Franklin

Setelah menjadi misteri selama 170 tahun, nasib Kapal HMS Erebus dan HMS Terror hampir terpecahkan. Dua kapal ini hilang pada 1846 di Artik dekat Pulau King William, Nunavut. Berdasarkan kesaksian suku Inuit saat itu dan kuburan yang ditemukan, disimpulkan bahwa kedua kapal tenggelam atau terjebak dalam es. Tapi tak seorang pun tahu di mana kapal tersebut hingga September 2014.

Ketika citra sonar dari salah satu kapal muncul sebagai kapal mengapung di atas reruntuhan. Langkah pemerintah Kanada selanjutnya adalah melakukan penyelaman dan pengangkatan kedua kapal terbesar dalam sejarah.

Misteri Pilot Wanita Amelia Earhart

Misteri Pilot Wanita Amelia Earhart

Seorang Amelia Earhart menjadi berita utama pada tahun 1930 sebagai salah satu pilot wanita yang paling ambisius dan sukses saat itu. Dia mencoba memecahkan rekor dengan terbang sejauh 29 ribu mil. Pada sisa penerbangannya pada 1936, ia lenyap secara misterius setelah kehilangan kontak, bersama co-pilot Fred Noonan. Dia benar-benar menghilang tanpa jejak.

Banyak yang menduga dia ditangkap Jepang dan kembali ke AS secara diam-diam, atau dia hidup di sebuah pulau kosong. Namun berkat teknologi satelit dan sonar, pada Oktober 2014, diyakini bahwa sebuah bagian pesawatnya ditemukan di lepas pantai sebuah pulau. Sementara jauh sebelumnya pada 1940 sisa kerangka manusia ditemukan di tempat yang sama, tapi identitasnya tidak pernah terungkap.
Selengkapnya
Adzab yang Dilihat Penggali Kubur

Adzab yang Dilihat Penggali Kubur

Terdapat seorang pemuda yang kerjanya adalah menggali kubur dan mencuri kain kafan untuk dijual. Pada suatu hari, pemuda tersebut berjumpa dengan seorang alim/ahli ibadah untuk menyatakan kekesalannya dan keinginan untuk bertaubat kepada Allah SWT.

Dia berkata, "Sepanjang aku menggali kubur untuk mencuri kain kafan, aku telah melihat 7 perkara ganjil yang menimpa mayat-mayat tersebut. Lantaran aku merasa sangat insaf atas perbuatanku yang sangat keji itu dan ingin sekali bertaubat."

Adzab yang Dilihat Penggali Kubur

Yang pertama, "aku lihat mayat yang pada siang harinya menghadap kiblat. Tetapi apabila aku menggali semula kuburnya pada waktu malam, aku lihat wajahnya telahpun membelakangkan kiblat. Mengapa terjadi begitu, wahai tuan guru?" tanya pemuda itu.

"Wahai anak muda, mereka itulah golongan yang telah mensyirikkan Allah SWT sewaktu hidupnya. Lantaran Allah SWT menghinakan mereka dengan memalingkan wajah mereka dari mengadap kiblat, bagi membedakan mereka daripada golongan muslim yang lain," jawab ahli ibadah tersebut.

Sambung pemuda itu lagi, "Golongan yang kedua, aku lihat wajah mereka sangat elok semasa mereka dimasukkan ke dalam liang lahat. Tatkala malam hari ketika aku menggali kubur mereka, aku melihat wajah mereka telah berubah menjadi ****. Mengapa begitu halnya, wahai tuan guru?"

Jawab ahli ibadah tersebut, "Wahai anak muda, mereka itulah golongan yang meremehkan dan meninggalkan solat sewaktu hidupnya. Sesungguhnya solat merupakan amalan yang pertama sekali dihisab. Jika shalatnya sempurna, maka sempurnalah amalan-amalan kita yang lain,"

Pemuda itu menyambung lagi, "Wahai tuan guru, golongan yang ketiga yang aku lihat, pada waktu siang mayatnya kelihatan seperti biasa saja. Apabila aku menggali kuburnya pada waktu malam, ku lihat perutnya terlalu gelembung, keluar pula ulat yang terlalu banyak daripada perutnya itu."

Jawab ahli ibadah tersebut "Mereka itulah golongan yang gemar memakan harta yang haram, wahai anak muda," balas ahli ibadah itu lagi.

Golongan keempat, ku lihat mayat yang jasadnya bertukar menjadi batu bulat yang hitam warnanya. Mengapa terjadi begitu, wahai tuan guru?”

Jawab ahli ibadah itu, "Wahai pemuda, itulah golongan manusia yang derhaka kepada kedua ibu bapanya sewaktu hayatnya. Sesungguhnya Allah SWT sama sekali tidak redha kepada manusia yang menderhakai ibu bapanya."

"Ku lihat ada pula mayat yang kukunya amat panjang, hingga membelit-belit seluruh tubuhnya dan keluar segala isi dari tubuh badannya," sambung pemuda itu.

"Anak muda, mereka itulah golongan yang gemar memutuskan silaturrahim. Semasa hidupnya mereka suka memulakan pertengkaran dan tidak bertegur sapa lebih daripada 3 hari. Bukankah Rasulullah SAW pernah bersabda, bahawa sesiapa yang tidak bertegur sapa melebihi 3 hari bukanlah termasuk dalam golongan umat baginda," jelas ahli ibadah tersebut.

"Wahai guru, golongan yang keenam yang aku lihat, sewaktu siangnya lahatnya kering kontang. Tatkala malam ketika aku menggali semula kubur itu, ku lihat mayat tersebut terapung dan lahadnya dipenuhi air hitam yang amat busuk baunya,"

"Wahai pemuda, itulah golongan yang memakan harta riba sewaktu hayatnya," jawab ahli ibadah tadi.

"Wahai guru, golongan yang terakhir yang aku lihat, mayatnya sentiasa tersenyum dan berseri-seri pula wajahnya. Mengapa demikian halnya wahai tuan guru?" tanya pemuda itu lagi.

Jawab ahli ibadah tersebut, "Wahai pemuda, mereka itulah golongan manusia yang berilmu. Dan mereka beramal pula dengan ilmunya sewaktu hayat mereka. Inilah golongan yang beroleh keredhaan dan kemuliaan di sisi Allah SWT baik sewaktu hayatnya mahupun sesudah matinya. Ingatlah, sesungguhnya daripada Allah kita datang dan kepada-Nya jualah kita akan kembali. Kita akan di pertanggungjawabkan atas setiap amal yang kita lakukan, hatta walaupun amalan sebesar zarah.

Setelah Anda membaca kisah ini. Sampaikan atau hantarkan kepada sahabat dan rakan-rakan anda. Mudah-mudahan amalan baik yang sedikit ini diambil kira oleh Allah Taala di Akhirat kelak. Aamiin. (Zilzaal)
Selengkapnya
Janji Allah pada Orang yang Gemar Sedekah

Janji Allah pada Orang yang Gemar Sedekah

Sedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW. Sedekah yang dilakukan secara ikhlas dapat mendatangkan pahala bagi yang melakukannya, namun sebaliknya sedekah yang dilakukan dengan tujuan tertentu (riya', sombong, dsb) maka sedekahnya hanya sia-sia belaka.

Sedekah bisa dilakukan dengan apa saja, karena sedekah tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan sesuatu. Namun, dapat juga dilakukan baik dengan memberikan jasa, menolong orang lain dan sebagainya asal dilakukan dengan ikhlas. Bahkan dalam sebuah hadits digambarkan "Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah."

Janji Allah pada Orang yang Gemar Sedekah

Sedekah berbeda dengan zakat dan infaq, karena sedekah bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kita berada. Sedekah memiliki berbagai macam keutamaan dan manfaat sesuai yang telah Allah janjikan kepada kita. Dan berikut ini adalah janji Allah kepada orang yang bersedekah.

1. Sedekah dapan Menghapus Dosa

Daalam sebuah hadits riwayat Imam Tirmidzi menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." [HR. Tirmidzi]

Sedekah dapat menghapus dosa, namun hal itu juga harus disertai dengan taubat atas dosa yang telah dilakukan. Orang yang dengan sengaja melakukan maksiat seperti korupsi, memakan riba, mencuri, berbuat curang, mengambil harta anak yatim dan lain sebagainya tidak berlaku sedekahnya apabila ia bersedekah hanya bertujuan agar dosa-dosanya impas.

2. Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu, hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah:

"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." [HR. Bukhari]

3. Allah Melipatgandakan Pahala Orang yang Bersedekah

Janji Allah selanjutnya bagi orang yang gemar bersedekah adalah Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT.

"Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." [QS. Al-Hadid ayat 18]

4. Terdapat Pintu Surga yang Hanya dapat Dimasuki Orang yang Bersedekah

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda,

"Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: "Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan" Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah." [HR. Bukhari dan Muslim]

5. Dapat Membebaskannya dari Siksa Kubur

Rasulullah SAW bersabda,

"Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." [HR. Ath-Thabrani]

6. Menjauhkan Diri dari Api Neraka

Sesungguhnya sedekah itu walaupun sedikit, memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

"Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah" [HR. Bukhari dan Muslim]

Itulah beberapa janji Allah kepada orang-orang yang gemar bersedekah. Semoga bermanfaat, Aamiin.
Selengkapnya
Fakta Unik dan Menarik Seputar Alquran

Fakta Unik dan Menarik Seputar Alquran

Alquran adalah kitab terakhir yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad sekaligus menjadi kiteb penyempurna dari kitab-kitab terdahulu sebelum Alquran yaitu Taurat, Zabur, dan Injil.

Allah menurunkan Alquran sebagai pedoman hidup bagi manusia. Selain itu, Alquran adalah mukjizat Rasulullah yang berlaku hingga akhir zaman. Allah yang menurunkannya dan Dia pula yang memelihara kemurniannya.

Selama ini, sudah banyak sekali hal-hal ilmiah yang terbukti sesuai dengan apa yang ada di dalam Alquran dan bahkan tidak sedikit pula ilmuwan yang mengatakan bahwa Alquran ini memang benar-benar berisi petunjuk Allah SWT.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Alquran

Berbicara tentang Alquran, ada beberapa fakta unik dan menarik seputar Alquran yang mungkin saja belum Anda ketahui. Dan berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang Alquran tersebut.

1. Surat Terpanjang dalam Alquran

Pernahkah Anda mencari tahu apa sih surat terpanjang dalam Alquran? Surat terpanjang dalam Alquran adalah surat Al-Baqarah. Al-Baqarah adalah surat ke-2 dalam Alquran yang berarti Sapi Betina. Surat Al-Baqarah ini terdiri dari 286 ayat, 6.221 kata, dan 25.500 huruf.

Surat Al-Baqarah tergolong dalam surat Madaniyah. Dinamai Al-Baqarah karena di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74).

Selain itu, Al-Baqarah juga dinamai Fustatul Qur'an (Puncak Al-Qur'an) karena memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surah yang lain.



2. Surat Terpendek dalam Alquran

Fakta selanjutnya yaitu tentang apa surat terpendek dalam Alquran? surat terpendek dalam Alquran adalah surat Al-Kausar. Surat Al-Kausar terdiri dari 3 ayat saja, Al-Kausar sendiri bermakna nikmat yang banyak.

Surat ini tergolong dalam surat Makkiyah. Pokok isi surah ini adalah perintah melaksanakan salat dan berkorban karena Allah memberikan banyak kenikmatan untuk untuk mereka yang beriman sedangkan para orang kafir pembenci Nabi SAW yang mengatakan keturunan Nabi terputus karena semua putranya wafat maka sesungguhnya merekalah yang terputus.



3. Ayat Terpanjang dalam Alquran

Apa ayat terpanjang dalam Alquran? coba Anda buka Alquran surat Al-Baqarah ayat 282, itu adalah surat Alquran terpanjang di dalam Alquran yang bunyinya sebagai berikut,

Surah Al-Baqrah ayat 282 ayat terpanjang dalam Alquran

Artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua oang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka yang seorang mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." [QS. Al-Baqarah ayat 282]

4. Ayat Terpendek dalam Alquran

Sedangkan ayat terpendek di dalam Alquran adalah ayat ke-64 dari surat ke-55 Ar-Rahman yang berbunyi,

Surah Ar-Rahman ayat 64 ayat terpendek dalam Alquran

Artinya:

"Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya."



5. Ayat Alquran yang Mengandung Seluruh Huruf Hijaiyah

Di beberapa surat di Alquran terdapat salah dua ayat yang mengandung seluruh huruf hijaiyah, ayat tersebut adalah ayat ke-29 dari surat Al-Fath dan ayat 154 dari surat Ali Imran. Berikut bunyinya,

Ayat yang mengandung seluruh huruf hijaiyah.

Artinya:

"Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu, sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah. Mereka berkata: "Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?". Katakanlah: "Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah". Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata: "Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini". Katakanlah: "Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh". Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati." [QS. Ali Imran ayat 154]



Kemudian dalam surat Al-Fath

Ayat yang mengandung seluruh huruf hijaiyah.

Artinya:

"Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar." [QS. Al-Fath ayat 29]



6. Surat Paling Utama dalam Alquran

Untuk yang satu ini pasti semua orang sudah banyak yang mengetahuinya. Surat paling utama dalam Alquran adalah surat Al-Fathiah, surat Al-Fatihah mrmiliki makna pembukaan. Karena surat ini adalah surat pertama dalam Alquran.

Surah ini diturunkan di Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Selain itu, Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Qur'an.

Surat Al-Fatihah juga memiliki nama lain yaitu Ummul Qur'an atau Ummul Kitab, dinamakan demikian karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Al-Fatihah dinamakan surat yang utama karena saat shalat wajib hukumnya membaca surat ini, dan masih banyak hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan Al-Fatihah.



7. Juz yang Paling Banyak Berisi Suratan Pendek

Juz 30 atau lebih dikenal dengan sebutan Juz 'Amma adalah Juz terakhir dalam Alquran. Juz 'Amma memiliki ciri-ciri yaitu banyak berisi suratan-suratan pendek dengan bahasa yang sangat indah.

Disebut Juz 'Amma karena terdapat kalimat عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ pada surat An-Naba.

8. Surat yang Banyak Berisi Sumpah Allah

Asy-Syams adalah surat yang paling banyak berisi sumpah Allah didalamnya. Surat ini bercerita tentang kaum Tsamud telah dihancurkan Allah karena kedurhakaannya.

Allah memberi gambaran bahwa hal ini adalah mudah bagi-Nya, sebagaimana mudahnya menciptakan benda-benda alam, siang dan malam, dan menciptakan jiwa yang tersebut dalam sumpah-Nya. Allah memberitahukan kepada manusia jalan ketakwaan dan jalan kekafiran, manusia mempunyai kebebasan memilih antara kedua jalan itu.

Surat Asy Syams berisi dorongan kepada manusia untuk membersihkan jiwanya agar mendapat keberuntungan di dunia dan di akhirat dan menyatakan bahwa Allah akan menimpakan azab kepada orang-orang yang mengotori jiwanya seperti halnya kaum Tsamud.



9. Nabi yang Paling Banyak Disebut dalam Alquran

Alquran banyak bercerita tentang sejarah-sejarah nabi di masa lalu, dan nabi yang paling banyak disebutkan didalam Alquran adalah Nabi Musa AS. Nabi Musa mendapatkan julukan yaitu Kalimullāh yang artinya "orang yang diajak bicara oleh Allah".

Nama Musa disebutkan lebih dari seratus kali dalam Alquran dan kisahnya tertuang dalam 28 surah.

Itulah beberapa fakta-fakta menarik seputar Alquran. Semoga bermanfaat bagi pengetahuan kita semua, Aamiin.
Selengkapnya
Sejumlah Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Sejumlah Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan dipercaya sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan. Karena di bulan Ramadhan Allah membuka pintu rahmat-Nya dengan seluas-luasnya. Dan di tahun ini, bulan Ramadhan sudah dekat dan bahkan hanya menghitung berapa hari saja.

Banyak orang yang meningkatkan intensitas ibadahnya di bulan Ramadhan, selain itu banyak hal lain yang dilakukan pada bulan Ramadhan seperti memperingati turunnya Alquran, mencari malam Lailatul Qadar, dan masih banyak yang lainnya.

Sejumlah Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan juga bulan yang bersejarah bagi umat Islam, banyak sekali hal-hal dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada bulan suci Ramadhan ini. Jika melihat sejarah kebelakang, ada banyak sekali peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan suci Ramadhan ini. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Bulan Diturunkannya Alquran

Alquran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan pedoman hidup manusia. Allah menurunkan Alquran pada bulan Ramadhan.

Alquran yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad adalah kitab terakhir yang Allah turunkan, Alquran adalah kitab yang tidak ada tandingannya karena ia berlaku sepanjang zaman dan Allah menjamin kemurniannya.

Allah SWT berfirman:

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." [QS. Al-Baqarah ayat 185]

2. Bulan diturunnya Taurat, Zabur, Injil dan Kitab Suci Lainnya

Begitu istimewanya Ramadhan sehingga Allah memilih bulan suci ini sebagai bulan diturunkannya kitab-kitab-Nya. Taurat, Zabur, Injil dan Alquran turun pada bulan Ramadhan.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad, Rasulullah bersabda,

"Suhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadhan, Taurat diturunkan pada enam Ramadhan, Injil diturunkan pada tiga belas Ramadhan, dan Allah menurunkan Al-Quran pada dua puluh empat Ramadhan." [HR. Ahmad]

Telah diriwayatkan pula hadits dari Jabir bin 'Abdullah radhiyallahu 'anhu. Di dalamnya disebutkan, "Bahwasannya Zabur diturunkan pada dua belas Ramadhan dan Injil pada sepuluh Ramadhan."

Hal ini merupakan bukti keberkahan dari Allah dalam bulan Ramadan, bulan turunnya ayat-ayat qauliyah petunjuk jalan bagi orang-orang yang mau mensucikan Ramadan.

3. Bulan Terjadinya Perang Badar

Perang Badar merupakan perang yang pertama kali dilakukan umat Islam dalam melawan kaum kafir Quraisy. Perang Badar ini terjadi pada bulan suci Ramadhan dimana umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa.

Meskipun tengah berpuasa dan dengan senjata dan pasukan yang minim, namun atas kekuasaan Allah SWT akhirnya umat Islam mampu meraih kemenangan. Sehingga umat Islam dapat berjaya pada masa itu.

4. Futuh Makkah

Pada tanggal 10 Ramadhan 8 H, Rasulullah dan 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun dan sekaligus menghancurkan berhala yang ada di sekitar Ka'bah, inilah salah satu kemenangan umat Islam terbesar di bulan suci Ramadhan.

5. Perintah Pemindahan Kiblat Umat Islam

Sebelum Ka'bah di Masjidil Haram, kiblat umat muslim adalah Baitul Maqdis di Palestina. Namun bersamaan dengan turunnya ayat tentang kewajiban berpuasa di bulan Ramadan, Allah memerintahkan Rasulullah untuk memindahkan kiblat umat Islam dari Baitul Maqdis di Palestina ke Masjidil Haram di Mekkah. Hal ini sebagai penegasan bahwa semula kaum Yahudi merasa lebih benar dengan sebab puasa dan kiblatnya diikuti umat Islam.

Allah berfirman:

"Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan." [QS. Al-Baqarah ayat 144]

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, Aamiin.
Selengkapnya