Inilah Khutbah Iblis yang Paling Menyentuh Hati

Inilah Khutbah Iblis yang Paling Menyentuh Hati

Iblis telah berjanji bahwa ia akan menyesatkan manusia hingga akhir zaman nanti. Iblis adalah makluk Allah yang terlaknat, ia telah dikutuk oleh Allah hingga hari pembalasan nanti karena ia mengingkari perintah Allah.

Iblis meminta kepada Allah agar ia diizinkan untuk menggoda manusia dan menyesatkan manusia dari jalan yang lurus. Sehingga nanti diakhirat ia memiliki teman untuk ditempatkan didalam neraka.

Di hari akhirat kelak, iblis akan berkhutbah kepada para pengikutnya. Bahkan khutbah iblis ini adalah khutbah yang paling menyentuh hati. Bagaimana khutbah iblis di hari hari pembalasan nanti di depan para pengikutnya? Allah telah menunjukkannya kepada kita di dalam Alquran:

Inilah Khutbah Iblis yang Paling Menyentuh Hati

"Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu". Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih." [QS. Ibrahim ayat 22]

"Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam surga itu ialah "salaam". [QS. Ibrahim ayat 23]

Itulah khutbah iblis di akhirat kelak. Iblis akan berkata kepada para pengikutnya bahwa ia tidak dapat menolong pengikutnya. Bahkan iblis tidak mau dicerca.

Beruntunglah bagi yang membaca Alquran, karena didalamnya Allah telah memberitahu kita tentang apa yang akan iblis katakan di akhirat nanti. Oleh sebab itu, marilah kita mendekatkan diri kepada Allah agar kita tidak terjebak dalam tipu daya iblis. Dan semoga Allah selalu melindungi kita dari hasutan iblis.

Baca Juga: Fakta Menarik dari Negeri Islam Brunei Darussalam
Selengkapnya
Apakah Dulu Iblis Termasuk Golongan Malaikat?

Apakah Dulu Iblis Termasuk Golongan Malaikat?

Iblis adalah nenek moyang bangsa jin, dia adalah makhluk terlaknat. Ia dilaknat Allah karena durhaka kepada-Nya, pada saat Allah telah menciptakan Adam, Allah memerintahkan malaikat dan iblis untuk bersujud atau memberi penghormatan kepada Adam.

Namun iblis menolak perintah Allah dan durhaka kepada-Nya. Kemudian Allah melaknat iblis dan berjanji akan memasukkan iblis ke dalam neraka di akhirat nanti. Setelah diusir dari surga, iblis memohon kepada Allah untuk diberikan kekuasaan untuk dapat menyesatkan anak cucu Adam, kecuali hamba-Nya yang mukhlis. Kisah ini tertulis di dalam Alquran sebagaimana berikut:

Apakah Dulu Iblis Termasuk Golongan Malaikat?

"(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah". [QS. Shaad ayat 71]

"Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya dan Kutiupkan kepadanya roh (ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya". [QS. Shaad ayat 72]

"Lalu seluruh malaikat-malaikat itu bersujud semuanya," [QS. Shaad ayat 73]

"kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir." [QS. Shaad ayat 74]

"Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?". [QS. Shaad ayat 75]

"Iblis berkata: "Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah". [QS. Shaad ayat 76]

"Allah berfirman: "Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk," [QS. Shaad ayat 77]

"Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan". [QS. Shaad ayat 78]

"Iblis berkata: "Ya Tuhanku, beri tangguhlah aku sampai hari mereka dibangkitkan". [QS. Shaad ayat 79]

"Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh," [QS. Shaad ayat 80]

"sampai kepada hari yang telah ditentukan waktunya (hari Kiamat)". [QS. Shaad ayat 81]

"Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya," [QS. Shaad ayat 82]

"kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka." [QS. Shaad ayat 83]

"Allah berfirman: "Maka yang benar (adalah sumpah-Ku) dan hanya kebenaran itulah yang Ku-katakan". [QS. Shaad ayat 84]

"Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya." [QS. Shaad ayat 85]

Berbicara tentang iblis, ada yang bilang bahwa iblis dahulunya adalah termasuk dari golongan malaikat, benarkah demikian?

Dalam Alquran, tidak ada penyebutan iblis secara plural sehingga iblis hanya ada satu. Sedangkan yang banyak adalah keturunan iblis itu.

Sedangkan pertanyaan apakah iblis termasuk golongan malaikat? hal ini sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi, karena sudah jelas bahwa iblis bukan termasuk golongan malaikat, ia termasuk dalam golongan jin.

Bukti ini juga terdapat dalam Alquran surat Al-Kahfi ayat 50:

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim." [QS. Al-Kahfi ayat 50]

Sejumlah ulama seperti Ibnu Mas'ud, Ibnu Abbas, dan Said bin Musayib, mengatakan bahwa iblis dulunya merupakan pemimpin para malaikat, Ibnu Abbas menambahkan, "Iblis itu bernama Azazil." Dalam riwayat lain, Ibnu Abbas menyatakan bahwa iblis itu bernama Al-Harits. Sedangkan An-Nuqasy mengatakan, "Iblis memiliki nama alias, yaitu Abu Kurdus."

Iblis dulunya juga meruakan penghuni surga, namun karena membangkang terhadap perintah Allah untuk sujud kepada Adam, akhirnya Allah megusirnya dari surga.

Baca Juga: Inilah Khutbah Iblis yang Paling Menyentuh Hati
Selengkapnya
ISIS Hancurkan Peninggalan Kuno di Mosul

ISIS Hancurkan Peninggalan Kuno di Mosul

ISIS kembali melakukan aksinya, kali ini mereka menghancurkan koleksi patung-patung di Irak yang sudah berumur ribuan tahun. Dengan menggubakan palu godam dan peralatan, milisi menghancurkan karya seni kuno yang tak ternilai itu di sebuah museum di kota Mosul, Irak Utara.

Seperti yang di kutip dari situ Republika Online, sebuah rekaman video menunjukkan sekelompok pria berjanggut menghancurkan patung berumur 3.000 tahun di Museum Niniwe. Sebelum menghancurkannya dengan peralatan, mereka mendorongnya hingga roboh.

Salah satu patung yang dihancurkan adalah patung Asyur-dewa pelindung yang digambarkan sebagai banteng bersayap dan dibuat pada abad ke-9 SM. Seorang pria dalam video mengatakan, barang-barang itu dihancurkan karena menyebabkan penyembahan berhala.

ISIS Hancurkan Peninggalan Kuno di Mosul

"Nabi memerintahkan kita untuk menyingkirkan patung dan peninggalan, dan para sahabat melakukan hal yang sama ketika mereka menaklukkan berbagai bangsa," kata pria itu.

Menurut seorang mantan karyawan di museum, patung yang hancur berasal dari sebuah museum barang antik di kota Mosul, yang dikuasai oleh Negara Islam pada Juni, lalu. Kepada Reuters, karyawan itu mengatakan, kelompok ekstremis telah menghancurkan sejumlah kuil - termasuk tempat-tempat suci Muslim untuk menghilangkan ajaran sesat.

Militan juga diyakini telah menjual karya seni kuno di pasar gelap untuk menyokong aksi penaklukan di seluruh wilayah. Video yang dirilis media ISIS itu juga telah diposting pada akun Twitter yang digunakan oleh kolompok itu.

Kemarin, ISIS telah meledakkan Perpustakaan Umum Mosul dan mengakibat 10.000 buku dan lebih dari 700 manuskrip langka terbakar. Tokoh masyarakat Mosul dilaporkan mencoba untuk menghentikan penghancuran bangunan itu, tapi gagal.

Direktur perpustakaan, Ghanim al-Ta'an mengatakan, ekstremis menggunakan bom rakitan untuk membom perpustakaan itu. "Militan ISIS membom Perpustakaan Umum Mosul. Mereka menggunakan bom rakitan."

Diduga serangan itu menghancurkan koleksi Perpustakaan Pusat Irak dari awal abad ke-20, peta dan buku-buku dari Kekaisaran Ottoman dan koleksi buku yang disumbangkan oleh sekitar 100 keluarga pendirian Mosul.

Isis pertama menginvasi Perpustakaan Pusat pada bulan Januari. Warga mengatakan, ekstremis berhasil menguasai pusat belajar di kota Irak utara itu dan mengambil sekitar 2.000 buku. Buku itu diantaranya, cerita anak-anak cerita, puisi, filsafat dan olahraga, kesehatan, ilmu pengetahuan dan budaya. Mereka membawanya menggunakan enam truk pickup. Di sana hanya tertinggal buku-buku Islam.

"Buku-buku ini mengajarkan perselingkuhan dan panggilan untuk tidak mematuhi Allah. Jadi semuanya akan dibakar," kata militan berjenggot di Afghani kepada warga yang dikuti salah satu pria yang tinggal di perpustakaan kepada The Associated Press.

Profesor ilmu sejarah di sebuah Universitas di Mosul, yang tak mau disebut namanya mengatakan, ekstrimis mulai merusak koleksi perpustakaan umum lainnya pada bulan Desember 2014. Menurut dia, kerusakan yang sangat parah dialami perpustakaan Muslim Sunni, perpustakaan Gereja Latin berumur 265 tahun, Biara para Bapa Dominika, dan Museum Perpustakaan Mosul dengan karya-karya sejak ke 5000 SM.
Selengkapnya
Apa yang Dimaksud Ilmu Tajwid Alquran?

Apa yang Dimaksud Ilmu Tajwid Alquran?

Membaca Alquran harus dilakukan dengan baik dan benar. Untuk itu, selain belajar membaca Alquran, kita juga wajib mempelajari ilmu Tajwid. Tajwid berguna untuk membedakan bacaan yang panjang dan pendek, melafazkan bacaan dengan baik dan benar serta membantu kita untuk mengetahui hukum bacaan di dalam Alquran.

Di dalam surat Al-Muzzammil ayat 4, Allah memerintahkan kita untuk membaca Alquran dengan perlahan/tartil.

"...Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan." [QS. Al-Muzzammil ayat 4]

Dalam ayat diatas, Allah memerintahkan Nabi Muhammad untuk membaca Alquran dengan tartil, yaitu memperindah pengucapan setiap huruf-hurufnya (bertajwid).

Apa yang Dimaksud Ilmu Tajwid Alquran?

Dalam ilmu Tajwid terdapat beberapa hukum bacaan seperti hukum bacaan nun mati atau tanwin, mim mati, mim dan nun tasydid, alif lam, idgham, mad, qalqalah dan waqaf.

Dalam setiap hukum bacaan dibagi menjadi beberapa hukum bacaan lagi, seperti:

1. Hukum nun mati atau tanwin.

Dalam hukum nun mati atau tanwin terdapat beberapa hukum bacaan seperti:

  • Izhar Halqi
  • Idgham Bighunnah
  • Idgham Bilaghunnah
  • Iqlab
  • Ikhfa’ haqiqi

2. Hukum mim mati.

Selain hukum nun mati dan tanwin adapula hukum lainnya dalam mempelajari dan membaca Alquran yakni Hukum mim mati. Dalam hukum mim mati juga terdapat beberapa bagian, yaitu:

  • Ikhfa Syafawi
  • Idgham Mimi
  • Izhar Syafawi

3. Hukum mim dan nun tasydid.

Hukum mim dan nun tasydid juga disebut sebagai wajib ghunnah (ﻭﺍﺟﺐ ﺍﻟﻐﻨﻪ) yang bermakna bahwa pembaca wajib untuk mendengungkan bacaan. Maka jelaslah yang bacaan bagi kedua-duanya adalah didengungkan. Hukum ini berlaku bagi setiap huruf mim dan nun yang memiliki tanda syadda atau bertasydid (ﻡّ dan نّ).

4. Hukum alif lam.

Dalam hukum alif lam dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Al-Syamsiah
  • Al-Qamariah

5. Hukum idgham

Dalam hukum idgham dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

  • Idgham mutamathilain
  • Idgham mutaqaribain
  • Idgham mutajanisain

6. Hukum mad

Mad yang artinya yaitu melanjutkan atau melebihkan. Dari segi istilah Ulama tajwid dan ahli bacaan, mad bermakna memanjangkan suara dengan lanjutan menurut kedudukan salah satu dari huruf mad. Terdapat dua bagian mad, yaitu mad asli dan mad far’i. Terdapat tiga huruf mad yaitu alif, wau, dan ya’ dan huruf tersebut haruslah berbaris mati atau saktah. Panjang pendeknya bacaan mad diukur dengan menggunakan harakat.

7. Hukum Qalqalah

Dalam hukum qalqalah ini dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Qalqalah Sughra
  • Qalqalah Qubra

8. Waqaf

Waqaf dari sudut bahasa ialah berhenti atau menahan, manakala dari sudut istilah tajwid ialah menghentikan bacaan sejenak dengan memutuskan suara di akhir perkataan untuk bernapas dengan niat ingin menyambungkan kembali bacaan.

Sekian informasi tentang ilmu tajwid ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.
Selengkapnya
Cara Mewarat Muka Berjerawat

Cara Mewarat Muka Berjerawat

Apakah Anda menginginkan wajah cantik Anda ditumbuhi jerawat? tentu saja tidak! Jerawat dikalangan wanita memang menjadi sebuah momok menakutkan. Mereka yang ingin tampil cantik tentu tidak ingin wajah mulus mereka ditumbuhi jerawat.

Jerawat bisa membuat Anda tampil tidak pede di depan umum, untuk itu jagalah kebersihan wajah Anda agar jerawat tidak muncul di permukaan kulit mulus Anda. Namun, jika wajah Anda sudah terlanjur ditumbuhi jerawat, ada baiknya Anda melakukan perawatan ekstra pada wajah Anda. Dan berikut ini adalah beberapa tips merawat wajah berjerawat:

Cara Mewarat Muka Berjerawat

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Setelah bepergian, wajah Anda pasti berminyak dan terkena debu, hal inilah yang menjadi wajah Anda menjadi berjerawat. Untuk itu, setelah bepergian segeralah cuci muka Anda dengan air.

2. Hindari Penggunaan Kosmetik Sembarangan

Penggunaan kosmetik secara berlebihan sangat tidak dianjurkan untu Anda yang memiliki kulit wajah sensitif. Jangan sampai kulit wajah Anda ditumbuhi jerawat. Pemilihan kosmetik yang Anda gunakan juga harus diperhatikan agar wajah yang sudah terkena jerawat tidak semakin parah.

3. Rajin Mengkonsumsi Air Putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih memiliki manfaat yang sangat banyak. Bahkan, air putih juga dipercaya mampu menyehatkan kulit wajah sehingga wajah tidak berminyak.
Selengkapnya
Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya

Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya

Nabi merupakan utusan Allah yang menerima wahyu untuk melanjutkan syari'at yang diemban oleh rasul sebelumnya. Seperti kita ketahui bersama, di dalam ajaran Islam kita mengenal 25 nabi dan rasul Allah. Dan nabi sekaligus rasul terakhir yang diutus Allah adalah Muhammad SAW.

Sebelum nabi Muhammad SAW di utus oleh Allah, sudah ada banyak sekali nabi dan rasul yang diutus oleh Allah untuk membawa ajaran Tauhid yaitu hanya menyembah satu Tuhan yang berhak disembah, yaitu Allah SWT.

Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya

Nabi Ibrahim, Isa dan Musa adalah beberapa contoh nabi yang Allah utus untuk menegakkan ajaran Allah tersebut. Mereka hidup di masa lalu bahkan jauh sebelum Nabi Muhammad hidup. Lalu, bagaimana rupa dan wajah para Nabi tersbut?

Dalam sebuah hadits saat Rasulullah melakukan isra' mi'raj, Rasulullah bertemu dengan nabi Musa, Isa, dan Ibrahim. Kemudian beliau menceritakan rupa dari para Nabi tersebut.

Imam Ahmad meriwayatkan, dari Yunus dan Hujain, dari Al-Laits, dari Abu Zubair, dari Jabir, dari Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:

"...Setelah itu aku diperlihatkan sejumlah nabi. Di sana aku melihat Musa. Ia adalah contoh pria yang memiliki postur yang tegap (yakni besar dan kekar). Kemudian aku melihat Isa bin Maryam, setelah aku amati dari dekat wajahnya sangat mirip dengan Urwah bin Mas'ud. Kemudian aku melihat Ibrahim, dan ketika aku amati dari dekat wajahnya mirip dengan orang yang bersama kalian ini (yakni dengan diri Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sendiri)."

Ada hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad, melalui Aswad bin Amir, dari Israil, dari Utsman, dari Mujahid, dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ketika itu aku bertemu Isa bin Maryam, Musa, dan Ibrahim. Adapun Isa, ia memiliki warna kulit yang kemerahan, berambut ikal, dan dada yang membusung. Sedangkan Musa memiliki warna kulit yang gelap, bertubuh tegap, dan rambut yang panjang. Lalu para sahabat bertanya, "Bagaimana dengan Ibrahim?" Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, "Lihatlah sahabat kalian ini. (yakni, mirip dengan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sendiri)"

Itulah rupa wajah para Nabi yang telah digambarkan oleh Rasulullah SAW. Dan kita percaya bahwa Rasulullah dalam setiap perkataannya terdapat kebenaran.

Baca Juga: Apakah Hewan Qurban Merasakan Sakit Saat Disembelih?
Selengkapnya
Apakah yang Dimaksud dengan Ruh?

Apakah yang Dimaksud dengan Ruh?

Ruh merupakan kata yang sering kita dengar di masyarakat. Seperti kita ketahui, ruh atau roh merupakan sebuah unsur non-materi yang bersemayam di dalam tubuh seseorang atau jasad yang diciptakan Allah yang merupakan penyebab adanya kehidupan.

Islam percaya bahwa ruh itu ada dan setiap makhluk hidup memiliki ruh. Manusia adalah makhluk yang paling akhir diciptakan oleh Allah, setelah diciptakan-Nya makhluk lain seperti malaikat, jin, alam semesta, hewan (binatang), tumbuhan dan lainnya.

Apakah yang Dimaksud dengan Ruh?

Allah menciptakan manusia dengan dipersiapkan untuk menjadi makhluk yang paling sempurna. Karena, manusia diciptakan untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi dan memakmurkannya.

Sebelum ruh ditiupkan kepada jasad, Allah akan mengambil sumpah ruh-ruh tersebut di alam arwah. Seperti yang tertera pada ayat berikut ini:

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)", [QS. Al-'A`raf ayat 172]

Dengan kesaksian dan perjanjian ini maka seluruh manusia lahir ke dunia dianggap sudah memiliki nilai, yaitu nilai fitrah beriman kepada Allah dan ajaran yang lurus.
Selengkapnya
Fakta Warna Api Dalam Hadits Rasulullah

Fakta Warna Api Dalam Hadits Rasulullah

Kita mengetahui bahwa api adalah suatu unsur yang bersifaFat panas, api sangat berguna bagi kehidupan manusia. Api juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi manusia. Biasanya api digunakan untuk memasak, merbus air, dan hal-hal lain yang bermanfaat bagi manusia.

Secara ilmiah, api merupakan oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi, yang menghasilkan panas, cahaya, dan berbagai hasil reaksi kimia lainnya. Apakah Anda pernah melihat api? seperti apa warna api itu? pasti Anda pernah melihat warna api yang berbeda-beda. Yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari mungkin berwarna biru dan merah saja.

Fakta Warna Api Dalam Hadits Rasulullah

Penelitian dari para ilmuwan menyimpulkan bahwa api dapat berubah warna apabila suhunya dinaikkan. Hal ini sangat bersesuaian dengan hadits Rasulullah SAW tentang api sebagai berikut:

"Api dinaikkan suhunya selama seribu tahun sampai berubah menjadi merah, lalu dinaikkan lagi selama seribu tahun hingga berubah menjadi putih, kemudian dinaikkan lagi selama seribu tahun sampai menghitam, dan itulah yang disebut dengan hitam legam". [HR. At-Tirmidzi]

Lalu bagaimana bisa Rasulullah mengetahui bahwa api akan berubah warna apabila suhunya dinaikkan? padahal di zaman nabi belum ada yang mampu melakukan peneltian. Itulah salah satu kebenaran dari ucapan Muhammad SAW utusan Allah, mana mungkin Rasulullah bisa mengetahuinya jika tanpa petunjuk dari Allah SWT.

Inilah fakta tentang warna-warna api yang harus Anda ketahui:

1. Api Berwarna Merah

Api berwarna merah/kuning biasanya terjadi di suhu yang kurang dari 1000 derajat celcius. Api jenis ini yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Jika di matahari, inilah api yang berada di bagian paling dingin di matahari.

2. Api Putih

Inilah api yang paling panas di bumi. Api berwarna putih biasanya terjadi apabila suhunya melebihi 2000 derajat celcius, dan api ini merupakan api yang ada di dalam inti matahari dan muncul akibat reaksi fusi oleh matahari.

3. Api Hitam

Api hitam, kita tidak akan menjumpainya di bumi. Karena api ini merupakan api paling panas yang hanya ada di dalam neraka. Rasulullah bahkan menggambarkan bahwa api yang ada di dunia ini merupakan tujuh puluh bagian dari panasnya api neraka.

Hal itu telah digambarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadist yang diriwayatkan sahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:

“(Panasnya) api yang kalian (Bani Adam) nyalakan di dunia ini merupakan sebagian dari 70 bagian panasnya api neraka Jahannam.

Para sahabat bertanya:
“Demi Allah, apakah itu sudah cukup wahai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam?”

Rasul bersabda:
“(Belum), sesungguhnya panasnya sebagian yang satu melebihi sebagian yang lainnya sebanyak 69 kali lipat.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Baca Juga: Bagaimana Rupa Wajah Para Nabi? Ini Jawabannya
Selengkapnya
Isyarat Alquran Tentang Water Birth Mampu Kurangi Rasa Sakit

Isyarat Alquran Tentang Water Birth Mampu Kurangi Rasa Sakit

Pada tahun 70-an, proses persalinan di dalam air baru mulai populer di negara Eropa. Rusia dan Perancis yang saat itu mengenalkan metode baru persalinan yang mampu mengurangi rasa nyeri pada saat melahirkan.

Melahirkan di dalam air dapat mengurangi rasa sakit pada ibu, ide awal dari semua persalinan ini adalah bermula dari pemikiran bahwa janin yang selama sembilan bulan berenang dalam air ketuban dapat lebih nyaman memasuki dunia baru yang juga air sebelum menghirup udara dan kemudian bernafas.

Isyarat Alquran Tentang Water Birth Mampu Kurangi Rasa Sakit

Namun di dalam surat Maryam, Allah memberikan informasi tersebut secara tersirat. Ayat itu bercerita tentang proses kelahiran nabi Isa a.s:

"Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan"." [QS. Maryam ayat 23]

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. [QS. Maryam ayat 24]

Dalam proses water birth, ada beberapa manfaat bagi ibu dan anak yang dilahirkan antara lain:

Manfaat bagi Ibu: Ibu akan merasa lebih relaks karena semua otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi elastis. Metode ini juga akan mempermudah proses mengejan. Sehingga rasa nyeri selama persalinan tidak terlalu dirasakan. Di dalam air proses pembukaan jalan lahir akan berjalan lebih cepat.

Manfaat bagi bayi: Manfaat persalinan di air bagi bayi adalah dapat menurunkan risiko cedera kepala bayi, peredaran darah bayi akan lebih baik sehingga tubuh bayi akan cepat memerah setelah dilahirkan.

Meskipun belum dilakukan penelitian mendalam, namun pakar kesehatan meyakini bahwa lahir dengan metode ini memungkinkan IQ bayi menjadi lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir dengan metode lain.

Manfaat melahirkan dalam air dibanding proses persalinan biasa adalah terletak pada kemampuan media air mengurangi rasa sakit pada ibu ketika proses melahirkan berlangsung. Beberapa pasien yang telah mencoba metode water birth ini merasa cukup nyaman, tubuh mengalami rileksasi, dan tidak merasa terlalu sakit.

Baca Juga: Fakta Warna Api Dalam Hadits Rasulullah
Selengkapnya
Dr. Zakir Naik: Alquran 100% Lulus Uji

Dr. Zakir Naik: Alquran 100% Lulus Uji

Dr. Zakir Naik adalah seorang akademisi di bidang perbandingan ilmu agama yang terkenal di seluruh dunia. Beliau merupakan murid dari Ahmad Deedat yang juga merupakan seorang pembicara muslim paling berpengaruh di dunia.

Pria yang lahir di Mumbay 18 Oktober 1965 silam itu saat ini masih aktif dalam kegiatan-kegiatannya dalam berdakwah tentang Islam. Dalam setiap acaranya, Dr. Zakir Naik selalu memberikan waktu untuk para hadirin yang datang untuk mengajukan pertanyaan tentang Islam dan akan dijawab langsung oleh Dr. Zakir Naik.

Dr. Zakir Naik: Alquran 100% Lulus Uji

Dalam sebuah video yang diunggah di situs YouTube, Dr. Zakir Naik mengatakan bahwa kitab suci seluruh agama gagal diuji, kecuali Alquran. Berikut ini adalah videonya:

Selengkapnya
Wanita Cantik Ini Bernama Abcdefg Hijklmn Opqrst Uvwxyz

Wanita Cantik Ini Bernama Abcdefg Hijklmn Opqrst Uvwxyz

Banyak orang percaya bahwa sebuah nama pasti memiliki makna dan mengandung doa. Selain itu, nama juga merupakan sebuah identitas bagi seseorang untuk memudahkan orang lain dalam mengingat orang tersebut.

Nama lazimnya mengandung kata-kata yang baik dan memiliki arti yang baik juga, oleh karena itu banyak orangtua yang mencoba memberikan nama yang terbaik bagi anak-anak mereka. Nama juga dipercaya bisa mempengaruhi nasib seseorang, lantaran didalam nama tersebut mengandung doa.

Namun, berbeda dengan wanita cantik yang satu ini. Ia menggunakan nama yang terbilang unik dan tidak seorangpun yang menggunakannya. Siapa dia? Berikut ini adalah profinya.

Wanita Cantik Ini Bernama Abcdefg Hijklmn Opqrst Uvwxyz

Percaya atau tidak, nama wanita cantik ini adalah Abcdefg Hijklmn Opqrst Uvwxyz. Ia berprofesi sebagai seorang guru di salah satu sekolah di Bogota, Kolombia.

Perempuan yang saat ini berusia 36 tahun itu merasa menggunakan nama Abcdefg Hijklmn Opqrst Uvwxyz adalah memiliki kenyamanan tersendiri. Untuk itulah ia berjuang selama 2 tahun demi mendapatkan nama yang disukainya itu.

Sebelum mengubah namanya, ia bernama Ladyzunga Cyborg. Abcdefg merupakan guru seni dan fotografi di tiga universitas. Dia juga menjadi perancang busana. Tak hanya namanya yang aneh. Penampilannya pun selalu unik.
Selengkapnya
Hantu Wanita Paling Seram Di Seluruh Dunia

Hantu Wanita Paling Seram Di Seluruh Dunia

Hantu adalah momok paling menakutkan bagi semua orang, apapun bentuknya yang namanya hantu pasti mampu membuat bulu kuduk merinding. Nama dan jenis-jenis hantu juga beragam, di Indonesia saja banyak sekali jenis hantu seperti pocong, kuntilanak, genderuwo dan masih banyak yang lainnya.

Di negara lain yang bahkan termasuk negara maju sekalipun, orang-orangnya juga masih banyak yang percaya dengan adanya hantu. Hal ini bisa dilihat dari masih banyaknya cerita-cerita legenda yang berbau horor di daerah tersebut. Berbicara soal hantu, kali ini kami akan memberikan beberapa informasi tentang jenis hantu wanita paling seram dari seluruh dunia.

Hantu Wanita Paling Seram Di Seluruh Dunia

Ingin tau? Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Kuntilanak (Indonesia)

Kuntilanak adalah hantu wanita yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Di berbagai daerah di Indonesia, hantu jenis ini selalu ada di dalam setiap cerita masyarakat di daerah tersebut.

Tidak hanya di Indonesia, hantu ini juga terkenal di kalangan masyarakat Malaysia dengan nama Pontianak. Jika Anda bertemu dengan wanita yang mengenakan baju putih panjang dengan rambut yang berantakan di malam hari, bisa jadi itu adalah sesosok Kuntilanak.

Hantu Kuntilanak dipercaya merupakan arwah gentayangan dari wanita yang meninggal saat hamil.

2. La Llorona (Amerika Latin)

Masyarakat Meksiko sangat percaya dengan adanya hantu wanita menangis yang bernama La Llorona. La Llorona adalah hantu yang sangat populer di kalangan masyarakat di daerah Amerika Latin, konon dahulu ada seorang wanita bernama Maria. Ia adalah seorang pembunuh yang membunuh anak-anaknya lantaran cintanya ditolak oleh pria yang disukainya.

Karena itulah, kemudian ia juga bunuh diri. Saat ia mulai memasuki gerbang surga, Tuhan bertanya kepadanya "Dimana anak-anakmu?" Maria menjawab, "Saya tidak tahu Tuhanku", karena itulah, ia tidak diizinkan masuk ke dalam surga.

Ia akhirnya mengembara ke bumi untuk mencari anak-anaknya, karena itulah ia selalu menangis dan menghantui warga di daerah tersebut.

3. Harionago (Jepang)

Harionago (针女子), juga dikenal sebagai Harionna (针女), adalah seorang wanita hantu menakutkan dalam mitologi Jepang. Namanya secara harfiah berarti “perempuan berduri”.

Harionago disebut sebagai seorang wanita cantik dengan rambut sangat panjang dan berujung lancip seperti duri. Harionago mampu menggerakkan rambutnya, dan digunakan untuk menjerat pria.

Konon ia berkeliaran di jalan-jalan di Prefektur Ehime di pulau Shikoku Jepang, mencari korban. Ketika ia menemukan seorang pria muda, ia akan tertawa, dan jika pemuda tersebut berani ikut tertawa, Harionago akan menunjukkan rambut berdurinya yang mengerikan dan menyerang.

4. Rusalki (Russia/Ukraine)

Rusalki adalah roh wanita yang telah meninggal sambil membawa anak haram, yang meninggal di dalam atau di dekat badan air, atau yang bunuh diri. Pada malam hari, mereka muncul dari tubuh air di mana mereka hidup untuk memanjat pohon.

Itulah hantu-hantu wanita dari seluruh dunia yang membuat bulu kuduk merinding.
Selengkapnya
Apa yang Dimaksud Neraka Itu?

Apa yang Dimaksud Neraka Itu?

Kata neraka tidaklah asing di telinga kita, neraka menurut berbagai agama adalah tempat yang disiapkan oleh Tuhan untuk menyiksa manusia/jin yang berdosa dan tidak menjalankan perintah-Nya semasa hidup di dunia.

Dua agama terbesar di dunia, yaitu Kristen dan Islam dalam ajarannya juga mempercayai tentang adanya neraka. Menurut Wikipedia, istilah neraka merupakan berasal dari bahasa Sanskerta dan bahasa Hindi (India), yaitu Naraka (नरक) yang dalam mitologi Hindu dilukiskan sebagai seorang raksasa kejam.

Apa yang Dimaksud Neraka Itu?

Ia merupakan putra dari bumi, yang dilukiskan sebagai wanita cantik bernama Pertiwi. Naraka akhirnya tewas di tangan ayahnya sendiri, yaitu Wisnu yang dipuja umat Hindu sebagai dewa pemelihara dunia.

Neraka Menurut Islam


Kata neraka di dalam Alquran sangat banyak sekali jumlahnya, neraka di dalam Alquran disebutkan dengan menggunakan kata naar. Ditempat inilah umat Islam percaya jin dan manusia yang membangkang terhadap perintah Allah dan mendustakan nabi-Nya akan disiksa selama-lamanya.

Neraka adalah penjara di akhirat yang didalamnya trdapat berbagai macam keburukan. Siksa yang ada di dalam neraka bermacam-macam, sesuai dengan dosa apa yang dilakukan semasa hidupnya.

Ada orang-orang yang kekal di dalam neraka, dan ada pula orang yang hanya sementara di dalamnya. Orang-orang yang sementara di neraka adalah yang termasuk dalam golongan orang yang terakhir masuk surga, mereka akan dimasukkan kedalam surga setelah dosa-dosanya ditebus dengan siksa neraka.

Namun bagi orang-orang kafir dan musyrik, mereka akan hidup kekal di dalamnya selama-lamanya. Didalam Al-Qur'an disebutkan bahan bakar neraka adalah dari manusia dan batu (ada yang mengartikan berhala).

Dalam Islam, neraka dijaga oleh malaikat yang dipimpin oleh malaikat Malik. Didalam neraka tersebut terdapat malaikat yang menyiksa orang-orang yang berbuat dosa di dalam neraka. Malaikat penyiksa itu disebut malaikat Zabaniyah, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa neraka dipegang (ditahan) oleh tujuh puluh ribu tali, dan setiap talinya di pegang oleh tujuh puluh ribu malaikat.

Didalam neraka juga terdapat musim dingin, meskipun kadang-kadang orang beranggapan bahwa neraka adalah merupakan tempat yang sangat panas. Ketika musim dingin tiba, hawa neraka akan menjadi sangat dingin yang sangat mematikan.

Dari Ka'ab, ia berkata, "Sesungguhnya di neraka terdapat dingin yaitu zamharir (dingin yang amat beku), yang ini bisa membuat kulit-kulit terlepas hingga mereka (yang berada di neraka) meminta pertolongan pada panasnya neraka."

Begitu pula dengan minuman yang diminum oleh para penghuni neraka, mereka diberi minuman dari air yang sangat panas, dan sangat dingin.

"Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin." [QS. Sad ayat 57]

Wujud penghuni neraka akan dibuat beberapa kali lipat besarnya dari manusia yang pernah hidup dibumi, keterangan ini terdapat dalam beberapa hadits-hadits. Salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad pernah mengatakan bahwa, jarak antara kedua orang kafir yang masuk neraka adalah tiga hari perjalanan seorang penunggang cepat.

Gigi taring atau gerahamnya sama besarnya dengan bukit Uhud dan tebal kulitnya sama dengan tiga hari perjalanan, sedangkan hadits lain menjelaskan tebal kulitnya sejumlah 42 hasta atau 70 hasta.

Siksaan neraka yang paling ringan adalah diberikannya sandal yang terbuat dari api neraka yang sanggup mendidihkan otak penggunanya.

"Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksaannya ialah orang yang diberi sepasang sandal yang talinya terbuat dari api neraka, lalu mendidihlah otaknya karena panasnya yang laksana air panas mendidih di dalam periuk. Dia mengira tiada seorangpun yang menerima siksaan lebih dahsyat dari itu, padahal dialah orang yang mendapat siksaan paling ringan." [HR. Bukhari Muslim]

Neraka Menurut Kristen


Dalam ajaran Kristen, kata neraka juga banyak terdapat dalam Alkitab. Ayat-ayat yang sama dalam terjemahan-terjemahan lain menyebutkan “kubur”, “dunia orang mati”, dan sebagainya. Alkitab-Alkitab lain hanya mentransliterasikan kata-kata bahasa asli yang kadang-kadang diterjemahkan “neraka”; Dalam bahasa Ibrani, neraka diistilahkan sebagai "She’ohl" (syeol) dan dalam bahasa Yunani “Hai’des” (hades) sebagai kuburan umum dari umat manusia yang mati; Dalam bahasa Yunani "He’en-na" (gehenna) dan digunakan sebagai lambang dari kebinasaan kekal.

Dalam agama Kristen, Neraka terbagi dalam 3 tingkat, yaitu:

Syeol/Hades

Adalah tempat atau bagian dari neraka yang paling atas atau sama dengan tempat penantian. namun di dalam tempat penantian itupun banyak jiwa yang tidak luput dari pandangan para utusan neraka.

Gehenna/Neraka
Adalah tempat atau bagian tengah dari neraka. Siksaan di bagian ini lebih kejam daripada di hades.

Jurang tak berdasar.

Adalah bagian neraka yang paling dalam. Di tempat ini terdapat lautan api dan belerang dimana para jiwa yang berdosa direndam dalam lautan itu. Di tempat itu pula Allah memenjarakan Sang Naga atau Iblis yang akan dilepaskan pada masa tujuh tahun penderitaan.

Baca Juga: Metode Belajar Membaca Alquran Untuk Anak
Selengkapnya
Semut Berbicara Didalam Alquran, Ilmuwan Membuktikannya

Semut Berbicara Didalam Alquran, Ilmuwan Membuktikannya

Nabi Sulaiman adalah seorang nabi dan rasul Allah yang diberikan mukjizat oleh Allah yaitu ia dapat mengerti bahasa binatang. Nabi Sulaiman A.S merupakan anak dari Nabi Daud A.S, dalam Alquran namanya disebutkan sebanyak 27 kali.

Ia diangkat menjadi raja di kerajaan bani Israil setelah ayahnya wafat, tak hanya menjadi raja bani Israil, Allah memberikannya kemampuan untuk menjadi raja untuk bangsa jin dan binatang. Oleh karena itu, Nabi Sulaiman bisa mengerti berbagai macam bahasa binatang termasuk semut.

Semut Berbicara Didalam Alquran, Ilmuwan Membuktikannya

Dalam sebuah kisah di dalam Alquran, dikisahkan bahwa pada saat itu Nabi Sulaiman dan bala tentaranya sedang melintasi sebuah jalan yang di jalan itu terdapat gerombolan semut. Dalam ayat tersebut Allah menyebutkan bahwa semut-semut tersebut dapat berbicara satu sama lain.

"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari";" [QS. An-Naml ayat 18]

Sebagai umat Islam, kita percaya bahwa apa yang tertera di dalam Alquran tidak ada yang sia-sia. Namun, bagi orang-orang yang tidak mempercayai Alquran, pastilah ayat diatas hanya dianggap sebagai bualan belaka.

Namun, fakta kebenaran Alquran kembali terungkap melalui sebuah penelitian ilmiah. Science Magazine yang terbit pada 6 Februari 2009 menuliskan sebuah hasil penelitian ilmiah terbaru yang menyatakan semut dapat berbicara.

Dalam penemuan tersebut mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi audio yang canggih telah memungkinkan para ilmuwan untuk meneliti dan menemukan kesimpulan bahwa semut-semut secara rutin berbicara antara satu dengan yang lainnya.

Semut Sebagian besar memiliki semacam papan alami dan plectrum yang terdapat dalam perut mereka yang dapat mengeluarkan suara sebagai media untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

Menggunakan microfon dan speaker mini yang canggih yang dapat dimasukkan kedalam sarang semut, peneliti menemukan bahwa ratu semut dapat mengeluarkan instruksi kepada para pekerja mereka.

Para peneliti heran, yang berhasil membuat rekaman pertama dari semut ratu "berbicara", juga menemukan bahwa serangga lain pun meniru hal yang persis sama. Kupu-kupu besar Rebel adalah salah satu dari sekitar 10.000 makhluk yang memiliki hubungan parasit dengan semut dan sekarang ditemukan telah belajar untuk meniru suara dengan menggunakan sinyal kimia.

Larva Kupu-kupu dibawa oleh semut ke sarang di mana mereka diberi makan oleh pekerja. Ketika koloni terganggu semut akan menyelamatkan larva. Bahkan jika mereka kekurangan makanan, semut akan mengorbankan diri mereka sendiri sebagai bahan makanan pengganti.

Hasil penelitian beberapa dekade yang lalu telah menunjukkan bahwa semut mampu membuat panggilan menggunakan alarm berbunyi, tetapi baru-baru ini hasil riset telah menunjukkan bahwa kosa kata mereka mungkin jauh lebih besar dan mereka juga dapat "berbicara" satu sama lain.

Profesor Jeremy Thomas, dari University Oxford, mengatakan kemajuan teknologi telah memungkinkan penemuan baru, hal itu karena komunikasi semut bisa direkam secara subjektif.

Para peneliti melakukan penelitian dengan cara memasukkan speaker mini yang berisi rekaman suara ratu semut ke dalam sarang semut kemudian memutarnya. Hal ini ternyata mampu menarik perhatian para semut dan membuat mereka bersiaga.

"Ketika kami memutar suara ratu yang mereka lakukan kemudian adalah bersiap siaga. Mereka akan bergerak berdiri sambil mengulurkan antena mereka ke depan dan rahang (capit) mereka terbuka selama berjam-jam. Siapa saja makhluk asing yang berada di dekat mereka, mereka akan serang," katanya.

Dia menggambarkan bagaimana semut akan melakukan gerakan menekan antena mereka ke arah speaker seperti mereka menyambut yang lain dalam sarang semut.

"Kita pasti pernah lihat semut bersalaman ketika mereka bertemu. Seperti itulah mereka melakukannya." lanjutnya.

Profesor Thomas masih belum mengetahui dengan pasti tentang berapa jumlah semut yang mengandalkan suara untuk bahasa mereka, namun ia menduga penelitian lebih lanjut akan mengungkapkan kosakata yang lebih luas daripada yang terlihat sebelumnya.

Sedangkan menurut buku "Encyclopedia of Entomology" karangan John L. Capinera halaman 92, dikatakan setidaknya ada 4 jenis senyawa kimia yang dikeluarkan semut dalam berkomunikasi, dengan mengambil contoh semut African Weaver:

  • Hexanal: Zat ini menarik perhatian dan membangunkan ketertarikan mereka.
  • Hexanol: Semut-semut menjadi siaga dan berlarian ke segala arah dalam rangka mencari sumber masalah.
  • Undecanone: Saat dipancarkan, ini menarik semut ke sumber bahaya, dan membuat mereka menggigit semua objek asing pada daerah semut.
  • Butyloctenal: Meningkatkan agresi dan kesiapan mereka untuk mengorbankan diri.

Dalam surat An-Naml ayat 18 di atas, kira-kira seperti inilah percakapan para semut tersebut:

1. "Hai para semut": dalam tahap ini, Hexanal di keluarkan, memasuki fasa alerting dimana semut tersebut meminta perhatian semut yang lain.

2. "kembalilah ke sarangmu" : dalam tahap ini, Hexanal lebih intense dikeluarkan, menyebabkan apa yang dikatakan oleh John L. Capinera di atas, semut-semut berlari dengan cepat dan acak, serta mengubah arah.

3. "agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya" : dalam tahap ini, Hexanol di keluarkan, mengakibatkan fasa attraction dan stopping dimulai, di mana perhatian para semut di arahkan kepada source atau sumber bahaya, dalam hal ini adalah Sulaiman dan tentaranya.

4. "sedangkan mereka tidak menyadari" : dalam tahap ini, semut-semut itu di perintahkan untuk holding, bukan bitting. Undercanone dan Butyloctenal dalam kadar tertentu bersama-sama menentukan jenis pertahanan apa yang harus mereka buat untuk mempertahankan diri dan sarang mereka. Dalam hal ini yang diperintahkan adalah "hold" atau tunggu. "Jangan serang, karena mereka tidak menyadari. Mereka tidak sengaja akan menginjak kita dan menyerang kita".

Inilah keajaiban Alquran yang telah dibuktikan oleh penelitian ilmiah, semoga dengan demikian kita bisa menjadi lebih yakin akan kebenaran Alquran.

Baca Juga: Dr. Zakir Naik: Alquran 100% Lulus Uji
Selengkapnya
Cara Mengendalikan Amarah Ala Rasulullah

Cara Mengendalikan Amarah Ala Rasulullah

Marah adalah hal yang wajar terjadi pada manusia. Karena manusia diciptakan dengan diberi akal dan nafsu oleh Allah SWT. Rasulullah juga menyuruh kita untuk bersabar dan dapat mengedalikan amarah ketika marah.

Sabda Rasulullah, "Janganlah marah dan bagimu surga." [HR. Al-Thabrani]

Secara medis dijelaskan bahwa marah yang berlebihan bisa memicu dampak negatif bagi kesehatan seseorang. Ketika marah, jantung akan berdebar lebih cepat dan tekanan darah akan naik dari biasanya. Dan hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Cara Mengendalikan Amarah Ala Rasulullah

Untuk itu, Rasulullah menganjurkan kita untuk bisa mengendalikan amarah. Namun mengendalikan amarah adalah bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, ikutilah tips-tips ala Rasulullah agar dapat mengendalikan amarah.

Berikut ini adalah cara mengendalikan amarah seperti yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW:

1. Membaca Ta'awwudz

Rasulullah bersabda "Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A’udzu billah minasy syaithaanir rajim (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk)." [HR. Bukhari Muslim].

2. Berwudlu

Rasulullah bersabda, "Kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah." [HR. Abu Dawud].

3. Mengubah Posisi

Dalam sebuah hadits dikatakan, "Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah." [HR. Abu Dawud].

4. Diam

Dalam sebuah hadits dikatakan, “Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah.” [HR. Ahmad].

5. Bersujud

Artinya shalat sunnah mininal dua rakaat. Dalam sebuah hadits dikatakan "Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud)." [HR. Tirmidzi].

Baca Juga: Semut Berbicara Didalam Alquran, Ilmuwan Membuktikannya
Selengkapnya
Ilmuwan: Baca Alquran Sehatkan Jasmani dan Rohani

Ilmuwan: Baca Alquran Sehatkan Jasmani dan Rohani

Alquran dikenal sebagai Kitab Suci umat Islam, yang didalamnya terdapat petunjuk, pedoman serta hukum-hukum yang telah ditetapkan Allah kepada manusia. Selain itu, Alquran ternyata bisa dijadikan sebagai obat atau penawar bagi seseorang yang terkena penyakit.

Hal ini Allah terangkan dalam surat berikut:

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." [QS. Yunus ayat 57]

Ternyata, hal itu memang benar adanya. Para peneliti banyak melakukan penelitian tentang Alquran, dan hasilnya memang sungguh mengejutkan.

Ilmuwan: Baca Alquran Sehatkan Jasmani dan Rohani

Seorang peneliti asal Belanda bernama Vander Hoven pernah memberikan sebuah pernyataan mengejutkan. Ia berkata, "Muslim yang dapat membaca bahasa Arab dan yang membaca Al Qur’an secara teratur dapat melindungi diri dari penyakit psikologis.".

Dan di tahun 2009 lalu, Abdullah dengan disertasinya yang berjudul "The Effects of Reading the Holy Qur’an on Muslim Students’ Heart rate, Blood Pressure and Perceived Stress Levels" juga pernah mengungkapkan temuan dari seorang peneliti dari Universitas Salford, Yucel Salih pada tahun 2007.

Dalam temuan itu dilaporkan bahwa ada pengaruh dari bacaan Alquran dalam tubuh manusia. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 30 sarjana Muslim jurusan psikologi dari Universitas Salford, yang masing-masing 15 laki-laki dan 15 perempuan.

Percobaan pertama dilakukan dengan dibagi menjadi dua tahap, pertama peserta di tes denyut jantung, tekanan darah dan stres sebelum membaca dan setelah membaca Surah Alam Nashrah dan Surah Al Rahman.

Kemudian pada tahap kedua, denyut jantung, tekanan darah, dan stres diukur sebelum dan setelah membaca materi non-religius yang ditulis dalam Bahasa Arab.

Data analisa tersebut menggunakan dua faktor yaitu Anova dan Post-Hoc Analysis. Dari percobaan tersebut ditemukan bahwa peserta yang membaca surah Alquran tadi mengalami penurunan denyut jantung, tekanan darah, dan tingkat stres.

Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa membaca Alquran sangat bermanfaat bagi kesehatan psikologis dan fisiologis bagi yang membacanya. Sementara itu, efek tersebut tidak dapat ditemukan di pembacaan bahan non-religius yang ditulis dalam bahasa yang sama sebagai Al-Quran.

Ada 3 jenis syaraf yang diaktifkan dalam tubuh saat membaca maupun mendengarkan Alquran. Hasil penelitian tersebut dipresentasikan dalam International Conference on Cross Cultural Collaboration in Nursing for Sustainable Development di Bangkok, Thailand, pada 9-10 September 2013 lalu dan mendapatkan apresiasi positif dari peserta konferensi yang mayoritas beragama non-Islam dan lulusan akademik tingkat S2 dan S3.

Dari penelitian tersebut kita bisa simpulkan bahwa Alquran, selain menjadi Kitab Suci umat Islam, ia juga dapat menjadi obat bagi segala penyakit. Sesuai dengan ayat Alquran berikut ini:

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." [QS. Al-Isra' ayat 82]

Baca Juga: Cara Mengendalikan Amarah Ala Rasulullah
Selengkapnya
Tips Mengatasi 'Nyesek' Dihari Valentine Bagi Para Jomblo

Tips Mengatasi 'Nyesek' Dihari Valentine Bagi Para Jomblo

Bulan Februari selalu identik dengan hari kasih sayang atau Valentine. Cokelat, warna pink, dan Teddy Bear menghiasi banyak tempat. Seolah-olah tidak menyisakan tempat untuk para jomblo. Eits, tapi jangan sedih dulu. Anda harus ingat, bahwa "Love happens every day" dan hari kasih sayang di bulan Februari itu cuma pengingat.

Meskipun jombol, Anda juga masih bisa menikmati momen Valentine semaksimal mungkin kok! Yuk simak 5 tipsnya berikut ini.

Say Hi to Discount!

Anda mungkin merasa sebal karena semua gerai di pusat perbelanjaan berubah berwarna pink. Jangan sebal dulu ya, Ladies, karena di balik warna pink yang merajalela tersebut, akan ada banyak diskon menanti. Manfaatkan diskon ini dengan sebaik mungkin.

Tips Mengatasi 'Nyesek' Dihari Valentine Bagi Para Jomblo

Sebaik mungkin bukan hanya berarti pintar memilih barang yang akan dibeli, tapi juga memilih siapa yang akan Anda ajak. Tak ada salahnya mengajak calon pasangan yang Anda incar. Ajak ia mengobrol selama memilih barang-barang doskonan. Pepatah mengatakan orang yang pintar berbelanja juga bijak dalam mengelola rumah tangga.

Pit Stop Pertama Resolusi

Resolusi tahun baru itu kadang memang seperti petasan. Kencang di awal lalu tak berbunyi sama sekali. Padahal resolusi penting untuk menyusun rencana dan target selama setahun ke depan. Termasuk soal asmara.

Kalau di Bulan Januari Anda belum punya pasangan, saatnya untuk memeriksa apa yang belum pas. Februari adalah pit stop pertama untuk memeriksa resolusi asmara Anda. Setelah mengevaluasi, tak ada salahnya untuk melanjutkan perjalanan lagi.

Kumpul Keluarga

Yasmin Ahmad, seorang sutradara Malaysia, pernah berkata kunci sukses adalah “be nice to your parent”. Mungkin Anda berpikir tak ada hubungannya antara keluarga dengan menggaet pasangan. Hei, orang pertama yang Anda harus sungkem ketika menikah nanti adalah orangtua.

Februari ini sempatkan untuk berkumpul dengan keluarga. Bicara dari hati ke hati pada orangtua tentang pasangan ideal menurut mereka. Boleh jadi pesannya klise tapi dari sana Anda akan lebih selektif dan fokus memilih pasangan.

Pergi dengan Teman dan Pasangannya

Banyak orang memilih pergi dengan teman sesama jomblo di hari kasih sayang dengan alasan seperti sebuah bangsa yang sedang dijajah, senasib sepenanggungan. Padahal ada cara lebih mengasyikkan, yakni dengan pergi bersama teman yang memiliki pasangan. Jadi obat nyamuk? Tergantung bagaimana Anda menjalaninya.

Pergi bersama teman dan pasangannya akan membuat Anda belajar mengapa mereka bisa menjadi pasangan. Setiap orang punya cara unik merayakan kebersamaan, tak ada salahnya Anda mengamatinya. Tapi ingat seperti layaknya ujian sekolah jangan terus-terusan belajar saja tapi lupa ikut ujiannya, jika waktunya sudah tepat Anda harus cari pasangan sendiri.

Coba cara baru mendapatkan pasangan

Seperti halnya menuju sebuah tempat kadang kita terlalu nyaman dengan jalur tertentu. Padahal dengan menggunakan jalur lainnya kita bisa sampai lebih cepat. Begitu pula dengan mencari pasangan, kadang kita terlalu nyaman untuk mencari dari teman satu lingkungan, dikenalkan teman, atau sahabat lama. Padahal banyak cara baru yang bisa dicoba.

Februari ini saatnya lebarkan pandangan dalam mencari pasangan. Jika kaki Anda hanya bisa melangkah beberapa kilometer, maka jari-jari Anda bisa membantu berselancar lebih jauh mencari pasangan di dunia maya. Kuncinya adalah berani mencoba hal baru!

Jika dalam kesehatan kita mengenal 4 sehat 5 sempurna. Maka lima jurus ini akan menyempurnakan kesehatan hubungan Anda di bulan penuh kasih sayang ini. Anda hanya butuh berani untuk terbuka dan memulainya sekarang juga.

Jika dulu Jessica Biel si jomblo frustasi dalam film Valentine’s Day mengatakan, “My closest relationship is with my blackberry”. Anda tak perlu sefrustasi itu, kini Anda bahkan bisa mencari hubungan asmara yang sehat dari handphone yang Anda pegang. (Vemale.com)
Selengkapnya
Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Allah yang Wajib Diketahui

Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Allah yang Wajib Diketahui

Dalam ajaran Islam ada yang namanya rukun iman yaitu iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada nabi dan rasul Allah, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada Qada dan Qadar.

Dalam salah satu rukun iman di atas, salah satunya kita wajib beriman kepada nabi dan rasul Allah. Menurut hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh At-Turmudzi jumlah rasul ada 312 rasul, sedangkan jumlah nabi ada 124 ribu orang.

Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Allah yang Wajib Diketahui

Dalam Islam, kita wajib mengetahui 25 nama-nama nabi dan rasul Allah. Berikut ini adalah daftar 25 nama nabi dan rasul Allah yang wajib kita imani.

Baca Juga: Wanita Ini Mualaf Karena Merasa Islam Ajarkan Kebenaran

Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Allah
1. Adam a.s 2. Idris a.s
3. Nuh a.s 4. Hud a.s
5. Shaleh a.s 6. Ibrahim a.s
7. Luth a.s 8. Isma'il a.s
9. Ishaq a.s 10. Yaqub a.s
11. Yusuf a.s 12. Ayyub a.s
13. Syu'aib 14. Musa a.s
15. Harun a.s 16. Zulkifli a.s
17. Yunus a.s 18. Ilyas a.s
19. Ilyasa a.s 20. Daud a.s
21. Sulaiman a.s 22. Zakaria a.s
23. Yahya a.s 24. Isa a.s
25. Muhammad saw
Selengkapnya
Kecerdasan Burung Gagak Didalam Alquran

Kecerdasan Burung Gagak Didalam Alquran

Selama ini kita mengetahui lumba-lumba, kera, dan anjing sebagai hewan yang memiliki kecerdasan yang bisa dikatakan cukup luar biasa. Ya, hewan-hewan tersebut memang memiliki kecerdasan dan dapat dilatih oleh manusia.

Hewan-hewan cerdas umumnya berasal dari golongan mamalia. Jarang sekali kita temui hewan cerdas dari jenis burung, bahkan "otak burung" sering digunakan orang untuk merendahkan orang lain dengan menyebutnya seperti "otak burung".

Namun sebenarnya diantara hewan-hewan tersebut, penelitian terbaru menyebutkan burung gagak merupakan hewan yang paling cerdas di dunia. Adalah ilmuwan Bernd Heinrich dan Thomas Bugnyar dari Vermont University, Kanada dan St Andrews University, Skotlandia yang melakukan penelitian tersebut.

Kecerdasan Burung Gagak Didalam Alquran

Majalah American Scientific mempublikasikan hasil penelitian keduanya yang menyebutkan bahwa burung gagak memiliki kemampuan dan mental yang sangat baik, sehingga ia dapat beradaptasi dengan baik di lingkungannya.

Para ilmuwan ini juga mengatakan bahwa burung gagak menggunakan logika untuk memecahkan masalah dan beberapa kemampuan mereka bahkan melampaui dari kera besar.

Dalam percobaan yang mereka lakukan, burung gagak diberikan tugas yang kompleks yang belum mereka temui sebelumnya, bahkan percobaan ini memaksa gagak untuk melakukan sesuatu hal yang mana naluri mereka tidak diprogram untuk ini secara alami.

Hasilnya sungguh mengejutkan, mereka selalu berhasil mencari kreatifitas dan solusi logis untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Yang lebih mengejutkan lagi, mereka melakukannya dengan benar pertama kali, setiap kali, tanpa proses trial and error apapun.

Percobaan lain menunjukkan bahwa beberapa burung gagak bahkan mampu membuat binatang lain bekerja untuk mereka, membuat hewan lain mencarikan makanan untuk mereka atau minimalnya mempermudah mereka.

Lihat video berikut ini:



Kecerdasan gagak dalam kisah masa lalu juga di sebutkan di dalam Alquran:

"Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi." [QS. Al-Ma'idah ayat 30]

"Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal." [QS. Al-Ma'idah ayat 31]

Ayat tersebut menceritakan Qabil telah membunuh saudaranya, namun dia bingung dan gelisah karena tidak tahu apa yang harus ia lakukan kepada jenazah saudaranya itu.

Kemudian Allah memerintahkan burung gagak untuk memberikan contoh kepada Qabil tentang bagaimana cara menguburkan jenazah saudaranya itu. Burung burung gagak menggali tanah dengan kaki dan paruhnya, lalu memasukkan gagak lain yang sudah mati dalam pertarungan kedalam lubang yang telah digalinya, dan menutupi kembali dengan tanah.

Melihat contoh dan pengajaran yang diberikan oleh burung gagak itu, termenunglah Qabil sejenak lalu berkata pada dirinya sendiri:"Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?"

Dan dari contoh yang diberikan oleh burung gagak itulah Qabil menguburkan saudaranya itu, dan hingga kini manusia juga melakukan hal yang sama ketika ada orang lain yang meninggal dunia, yaitu menguburkannya.

Baca Juga: Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Allah yang Wajib Diketahui
Selengkapnya
Merinding! Beginilah Reaksi Janin Ketika Mendengar Alquran

Merinding! Beginilah Reaksi Janin Ketika Mendengar Alquran

Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap manusia pasti akan tinggal selama 9 bulan di dalam kandungan seorang ibu. Dan di dalam kandungan, kita belum mengetahui apapun. Kita belum mengetahui siapa ibu kita, siapa ayah kita, saudara kita dan sebagainya.

Orangtua kita juga belum mengetahui wajah, jenis kelamin kita atau yang lainnya saat kita masih di dalam kandungan. Namun kini zaman sudah semakin canggih dan modern, bahkan saat ini para orangtua yang sedang menunggu kehadiran buah hati mereka pun sudah bisa memprediksi jenis kelamin anak-anaknya meski masih di dalam kandungan.

Merinding! Beginilah Keadaan Janin Ketika Alquran Dibacakan

Bahkan orangtua sekarang juga dapat melihat aktivitas calon anak mereka yang masih di dalam kandungan tersebut dengan menggunakan peralatan yang canggih. Menurut para pakar medis, mendengarkan musik bagi ibu hamil dinilai sangat baik untuk kesehatan janin, namun bagaimana jika yang didengarkan adalah Alquran? sungguh menakjubkan.

Dalam video berikut ini, akan di perlihatkan aktivitas bayi yang masih ada di dalam kandungan. Dan lihat perbedaannya saat tidak dibacakan Alquran dan pada saat dibacakan Alquran.



Kita bisa lihat bahwa reaksi bayi terhadap dua suara tersebut sangatlah berbeda, saat bayi mendengarkan suara Alquran, dia tampak lebih tenang dan seakan-akan ikut mendengarkan dengan seksama lantunan ayat-ayat suci Alquran, berbeda saat dia mendengarkan suara lain.

Ini membuktikan bahwa meskipun bayi tersebut belum mengetahui apapun di dunia ini, namun ia telah mengenal penciptanya, yaitu Allah SWT.

"Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." [QS. Al-A'raf ayat 204]

Baca Juga: Kecerdasan Burung Gagak Didalam Alquran
Selengkapnya
Tips Menggunakan Make Up Aman dan Tidak Kadaluarsa

Tips Menggunakan Make Up Aman dan Tidak Kadaluarsa

Bukan wanita namanya jika tidak peduli terhadap kecantikan mereka, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya produk kosmetik baru yang bermunculan setiap tahun. Produk kecantikan seperti alat make up merupakan incaran utama para wanita.

Tampil cantik memang perlu terutama bagi wanita yang hobi merias wajah mereka, tetapi kita juga harus waspada terhadap produk kosmetik yang kita gunakan bukan hanya brand atau kualitas tetapi juga masa berlaku dari make up tersebut.

Tips Menggunakan Make Up Aman dan Tidak Kadaluarsa

Dewasa ini sudah banyak wanita yang terkena infeksi atau iritasi pada wajah mereka akibat penggunaan make up yang tidak aman dan juga kadaluarsa. Iritasi dan infeksi dapat timbul akibat bakteri masuk ke dalam alat kosmetik yang sudah terbuka atau sudah habis masa berlakunya dan akan berpindah ke wajah. Berikut beberapa cara menggunakan make up secara aman:


  1. Taruh kosmetik dalam satu wadah dan tempatkan di tempat yang sejuk agar bentuk, kepadatan dan warna dari kosmetik tersebut tidak mudah berubah.
  2. Jangan menggunakan kosmetik yang sudah berbau tidak pada kosmetik biasanya, berubah warna, lembek atau berair karena hal tersebut menunjukkan kosmetik telah terkontaminasi oleh bakteri atau jamur yang dapat menimbulkan penyakit.
  3. Hindari menggunakan lipstick atau lip gloss milik orang lain karena jika terlalu sering dapat menimbulkan penyakit dari bakteri yang bisa menular melalu kosmetik tersebut.
  4. Ingat kapan pertama kali Anda menggunakan make up karena setiap kosmetik memiliki masa berlaku sejak pertama kali di buka atau di gunakan, seperti :

  1. Eye Liner dan Maskara 3 bulan
  2. Foundation berbahan dasar air 1 tahun, sedangkan yang berbahan dasar minyak 1,5 tahun
  3. Blush on 6 bulan
  4. Bedak 1 sampai 2 tahun
  5. Lipstick 2 sampai 3 tahun
  6. Kuteks 2 tahun
  7. Eye shadow 2 tahun
  8. Cream shadow 1 tahun sampai 1,6 tahun  
  9. Parfum 3 tahun dari pertama kali digunakan



Itulah beberapa tips perawatan kecantikan untuk menggunakan make up dan menjauhkan produk kosmetik yang sudah tidak layak untuk digunakan kembali karena bias merugikan diri Anda, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat!
Selengkapnya
Kemenangan Bizantium, Salah Satu Bukti Kebenaran Alquran

Kemenangan Bizantium, Salah Satu Bukti Kebenaran Alquran

Kekaisaran Romawi Timur atau yang lebih dikenal dengan nama Kekaisaran Bizantium pernah mengalami kekalahan pada abat ke-7 M dari bangsa Persia. Akibat dari kekalahan telak itu, Bizantium harus kehilangan Yerusalem. Dan pada saat itu orang-orang mengira bahwa Kekaisaran Bizantium tidak akan pernah bisa bangkit kembali.

Namun tujuh tahun setelah kekalahan Bizantium tepatnya pada tahun 620 M, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah yang berisi berita bahwa Bizantium akan meraih kemenangan kembali setelah kekalahannya dalam beberapa tahun mendatang.

Kemenangan Bizantium, Salah Satu Bukti Kebenaran Alquran
Ilustrasi © Wikipedia

Wahyu tersebut bisa dilihat dalam surat Ar-Rum:

"Alif Laam Miim" [QS. Ar-Rum ayat 1]

"Telah dikalahkan bangsa Romawi," [QS. Ar-Rum ayat 2]

"di negeri yang terdekat dan mereka sesudah dikalahkan itu akan menang" [QS. Ar-Rum ayat 3]

"dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Romawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman," [QS. Ar-Rum ayat 4]

Pada saat diturunkannya firman Allah tersebut, orang-orang kafir mencemooh dan menertawakan apa yang telah diwahyukan kepada Rasulullah SAW. Mereka menganggap bahwa Bizantium tidak mungkin bisa bangkit dalam beberapa tahun mendatang apalagi sampai meraih kemenangan.

Hal itu lantaran kekalahan Bizantium atas Persia yang begitu sangat parah, sehingga mereka menganggap apa yang diberitakan Allah itu mustahil terjadi. Namun, sesungguhnya Allah tidak pernah menyalahi janji-Nya.

Pada akhirnya, firman Allah tersebut terbukti. Pada Desember 627 M, di Nineveh terjadi peperangan antara pasukan Kekaisaran Bizantium melawan Persia. Secara mengejutkan, Bizantium berhasil mengalahkan Persia dan berhasil meraih kemenangan kembali.

Beberapa bulan setelahnya, bangsa Persia terpaksa membuat perjanjian dengan Bizantium yang mengharuskan mereka untuk mengembalikan wilayah yang sudah mereka ambil dari Bizantium.

Dan akhirnya terbukti sudah firman Allah tersebut. Jadi, satu bukti lagi yang sudah kita ketahui bahwa Alquran adalah memang benar-benar firman Allah SWT yang dijamin 100% kemurnian dan kebenarannya. Untuk itu, jangan pernah kita meragukan janji Allah, karena Allah tidak akan pernah mengingkari janji-Nya.

Baca Juga: Maraknya Perzinaan Salah Satu Tanda Kiamat yang Sudah Terbukti
Selengkapnya
Satu Lagi Korban Kejahatan ISIS

Satu Lagi Korban Kejahatan ISIS

ISIS kembali mengeksekusi tawanannya, seperti biasa mereka melakukannya dengan cara kejam. Korban kali ini adalah seorang pilot asal Yordania, Muath al-Kaseasbeh. Ia dibunuh IS dengan cara dibakar hidup-hidup.

Atas meninggalnya pilot tersebut, pemerintah Yordania dan dunia mengecam tindakan biadab ISIS. Raja Abdullah II dari Yordania, yang berada di Washington, langsung berbicara di Jordan TV terkait tewasnya Al-Kaseasbeh. Ia, mendesak semua rakyat di Yordania untuk bersatu. Tayangan itu mengonfirmasi tewasnya Al-Kaseasbeh.

Satu Lagi Korban Kejahatan ISIS

Ayah pilot itu, Safi Kaseasbeh, mengatakan kepada para wartawan dan orang-orang lain yang berkumpul untuk menyampaikan rasa dukacita mereka, bahwa pelaksanaan hukuman mati terhadap 2 militas ISIS, Sajida Rishawi dan Ziad Karboli, pada hari Rabu tidaklah cukup.

Ia mengatakan, pelaksanaan hukuman mati terhadap Rishawi dan Karboli tidak cukup untuk membalas kematian anak laki-lakinya dan ia mendesak pemerintah Yordania untuk melakukan pembalasan berat terhadap kelompok ISIS yang kejam, yang menurutnya telah mencemari sifat Islam yang sebenarnya.

Raja Abdullah, yang hari Selasa (3/2) bertemu sebentar dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih, tiba di Amman Rabu malam, menghadapi seruan rakyat untuk bertindak. Dalam pidato kepada rakyatnya melalui televisi Selasa malam, ia mendesak agar tragedi nasional itu menyatukan semua orang.

Abdullah mengatakan, Muath al-Kaseasbeh bergabung dalam deretan martir bangsa yang menyerahkan nyawa dan darahnya demi negara. Ia menyerukan agar semua rakyat Yordania mendampingi keluarga pahlawan nasional mereka, dalam tragedi besar untuk seluruh rakyat ini.

Kematian brutal pilot ini, yang nasibnya setiap hari menjadi sumber berita kesedihan media Arab, hari Rabu membuat banyak orang mencucurkan air mata, dan membuat komentator yang biasanya tidak banyak bicara, ikut menyatakan kedukaan.

Di Karak, kota asal Muath al-Kaseasbeh, seorang tetangganya mengutuk pembunuhan itu.​ Tetangga itu mengatakan, apa yang terjadi adalah kejahatan dan tidak bisa diterima dalam ajaran Islam. Semoga Tuhan memberkati dan melindungi Muath al-Kaseasbeh, tambahnya.

Pengutukan secara resmi atas pembunuhan itu datang dari seluruh dunia Arab. Universitas Al Azhar di Mesir menyebut ISIS sebagai “sebuah sumber kekotoran dan kerusakan di bumi.”

Sementara itu, Ketua Liga Arab, Nabil ElArabi menyebut pembunuhan brutal itu “kejahatan keji.” Para pemimpin politik di Irak, Uni Emirat Arab, Mesir dan Lebanon juga mengecam pembunuhan itu.
Selengkapnya
Ternyata Raja Salman Sudah Hafal Alquran Sejak Umur 10 Tahun

Ternyata Raja Salman Sudah Hafal Alquran Sejak Umur 10 Tahun

Salman bin Abdulaziz Al Saud telah resmi di angkat sebagai Raja baru Arab Saudi beberapa saat setelah Raja Abdullah meninggal dunia. Beliau adalah Raja ketujuh Arab Saudi setelah meneruskan pemerintahan kakaknya Raja Abdullah.

Pengangkatan Raja Salman bin Abdulaziz ini banyak diperbincangkan dan menjadi buah bibir oleh banyak orang. Berbagai macam sisi lain dari Raja baru Arab Saudi ini memang sangat menarik orang untuk mengetahui sisi lain dari Raja Salman bin Abdulaziz.

Ternyata Raja Salman Sudah Hafal Alquran Sejak Umur 10 Tahun

Sebuah fakta yang tidak diketahui banyak orang yaitu ternyata Raja Salman sudah mampu menghafal Alquran sejak usia 10 tahun.

Karena sejak kecil hidup di lingkungan kerajaan, Salman kecil mengambil pendidikan di sekolah yang sudah dipersiapkan oleh pihak kerajaan. Selain itu, beliau juga berguru pada seorang Imam dan Khatib Masjidil Haram pada waktu itu, Syaikh Abdullah Al-Khayyath.

Bagu Anda yang penasaran bagaimana lantunan tilawah Raja Arab Saudi yang baru ini, silahkan lihat video berikut ini saat beliau membaca surat Al-Muzammil:

Baca Juga: Kemenangan Bizantium, Salah Satu Bukti Kebenaran Alquran

Selengkapnya
Mengucapkan Alhamdulillah Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Mengucapkan Alhamdulillah Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu memiliki pikiran positif dan mengutamakan kesabaran. Rasulullah SAW sendiri juga menganjurkan para pengikutnya untuk selalu bersabar dan berprasangka baik terhadap sesuatu yang datang kepada diri kita.

Dalam Alquran dan Hadits juga ada banyak dalil yang menganjurkan kita untuk selalu bersabar dan berpikiran positif terhadap segala sesuatu. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata sabar dan memiliki pikiran positif itu mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan?

Mengucapkan Alhamdulillah Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Seperti yang tertulis di dalam surat Al-Baqarah berikut ini:

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." [QS. Al-Baqarah ayat 155]

"(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun"." [QS. Al-Baqarah ayat 156]

"Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." [QS. Al-Baqarah ayat 157]

Dalam ilmu pengetahuan modern, para peneliti berkesimpulan bahwa rahmat yang dimaksud adalah berupa semakin meningkatnya kesehatan bagi yang bersabar dan berpikiran positif. Peneliti Barat seperti Bernard Jensen berkata dalam bukunya 'The Science and Practice of Iridology', dokter masa kini punya pandangan bahwa kekuatan manusia yang sesungguhnya bukan pada fisiknya, tapi pada otaknya.

Dalam bukunya yang berjudul 'Your Health... Your Choice', Dr. Ted M Morter menyebutkan bahwa pikiran negatif adalah penghasil asam nomor wahid di tubuh manusia.

Nah, dari tingkat keasaman yang tinggi itulah akan datang berbagai macam penyakit yang berasal dari tingkat asam yang tinggi tersebut. Pasalnya tubuh bereaksi terhadap sikap negatif dan tekanan emosional yang dibawa oleh pikiran negatif. Sama seperti saat bereaksi terhadap ancaman fisik secara nyata.

Untuk itu, biasakanlah diri kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dengan mengucapkan "Alhamdulillah". Kita harus berusaha untuk menjaga rumah dan lingkungan kerja kita terasa damai dan sebisa mungkin bebas dari stres. Salah satu cara agar kita dapat melawan efek stres adalah menyadari akan stres yang kita hadapi, dan mengkonsumsi nutrisi yang cukup dan suplemen seperti herbal.

Biasakanlah untuk mengucapkan, "Alhamdulillah" untuk apa yang kita miliki; "Insya Allah" untuk apa yang kita niatkan; dan, "Subhanallah" ketika kita melihat sesuatu yang menarik atau menakjubkan. Juga mengucap "Astaghfirullah" ketika kita kehilangan kesabaran atau menjadi lemah.

Dan yang paling penting, ucapkanlah "Allahu Akbar" ketika kita dihadapkan dengan tantangan hidup. Kelima kalimah thayyibah itu apabila kita amalkan setiap hari, seperti halnya mengkonsumsi multi-vitamin yang memiliki dampak pada kesehatan jiwa kita.

Baca Juga: Raja Salman bin Abdulaziz Sudah Hafal Alquran Sejak Usia 10 Tahun
Selengkapnya
Kisah Bangkit dari Kematian yang Disebutkan Didalam Alquran

Kisah Bangkit dari Kematian yang Disebutkan Didalam Alquran

Allah adalah Tuhan yang Maha Berkuasa atas makhluk-makhluk ciptaan-Nya. Dia dapat dengan mudah untuk menciptakan, memberikan kematian dan membangkitkan siapapun yang Ia kehendaki. Jika Allah menghendaki sesuatu, maka Dia berkata: "Jadilah!" maka apa yang dikehendaki-Nya akan terjadi.

Seperti dalam firman Allah berikut ini:

"Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia." [QS. Yā-Sīn ayat 82]

Oleh karena itu, banyak sekali kejadian-kejadian menakjubkan yang berada diluar akal manusia dapat terjadi, seperti peristiwa-peristiwa ajaib dan mukjizat-mukjizat yang terjadi pada umat terdahulu, semua itu adalah atas kehendak dari Allah SWT.

Kisah Bangkit dari Kematian yang Disebutkan Didalam Alquran

Sehingga kita tidak boleh meragukan kekuasaan Allah, termasuk kekuasaan Allah untuk membangkitkan manusia atau makhluk yang sudah mati. Dialah yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu, seperti kisah-kisah orang atau kaum berikut ini yang telah diwafatkan oleh Allah SWT dan kemudian dibangkitkan kembali oleh-Nya.

Peristiwa tersebut juga diabadikan di dalam Alquran, sehingga kita wajib mempercayainya. Karena Alquran adalah firman Allah SWT.

1. Umat Nabi Musa Dibangkitkan oleh Allah Setelah Tersambar Petir


Kisah pertama adalah tentang umat Nabi Musa 'Alaihis Salam yang mati tersambar petir. Saat itu, umat Nabi Musa tidak yakin dengan apa yang dikatakan oleh Nabi Musa tentang Allah, sehingga meminta Nabi Musa untuk memanggil dan memperlihatkan wujud Allah SWT kepada mereka.

Mereka mengancam kepada Nabi Musa, jika dia tidak menuruti permintaan mereka maka maka mereka tidak bersedia untuk beriman kepada Musa. Allah tidak menyukai perbuatan pengikut Nabi Musa tersebut dan murka kepadanya.

Allah pun menurunkan azab kepada mereka dengan menyambarkan petir kepada mereka. Ketika petir itu menyambar sebagian dari mereka, sebagian orang yang lainnya menyaksikan hal tersebut hingga kemudian merekapun disambar oleh petir pula.

Setelah mereka semua mati akibat disambar petir, barulah Allah menghidupkan mereka kembali agar mereka sadar dan mau bertaubat dari kesalahan mereka tadi.

Kisah ini disematkan di dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 55-56.

"Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan terang, karena itu kamu disambar halilintar, sedang kamu menyaksikannya". [QS. Al-Baqarah ayat 55]

"Setelah itu Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati, supaya kamu bersyukur." [QS. Al-Baqarah ayat 56]

2. Salah Seorang Umat Nabi Musa yang Terbunuh


Pada suatu hari, salah seorang dari umat Nabi Musa mati terbunuh. Namun tidak diketahui siapa yang membunuh orang tersebut. Sehingga terjadi perselisihan diantara mereka dan saling tuduhpun terjadi.

Kemudian, salah seorang pengikut Nabi Musa yang lain memberitahukan hal ini kepada Nabi Musa. Lalu beliau memerintahkan mereka untuk menyembelih seekor sapi betina dengan ciri-ciri khusus. Setelah sapi betina itu disembelih, lalu Allah memerintahkan untuk mengambil salah satu bagian dari anggota tubuh sapi betina tersebut untuk kemudian dipukulkan kepada orang yang telah mati dibunuh tadi.

Setelah orang mati itu dipukul dengan salah satu bagian anggota tubuh sapi betina tersebut, lalu tiba-tiba orang mati itu menjadi hidup kembali. Lalu orang-orang menanyakan kepada dia siapakah orang yang telah membunuhnya. Diapun kemudian memberitahukan kepada mereka nama orang yang telah membunuhnya.

Kisah ini terdapat dalam Alquran sebagaimana berikut ini:

"Dan (ingatlah), ketika kamu membunuh seorang manusia lalu kamu saling tuduh menuduh tentang itu. Dan Allah hendak menyingkapkan apa yang selama ini kamu sembunyikan." [QS. Al-Baqarah ayat 72]

"Lalu Kami berfirman: "Pukullah mayat itu dengan sebahagian anggota sapi betina itu !" Demikianlah Allah menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati, dam memperlihatkan padamu tanda-tanda kekuasaan-Nya agar kamu mengerti." [QS. Al-Baqarah ayat 73]

3. Kisah Suatu Kaum yang Menghindari Wabah Penyakit


Disebuah negeri pada saat itu ada wabah penyakit menular yang mematikan, sehingga warga disana mencoba untuk pergi meninggalkan kampung halaman mereka demi untuk menghindari kematian yang disebabkan oleh wabah tersebut.

Mereka menganggap jika mereka keluar dari desa tersebut maka mereka dapat terhindar dari kematian, namun sangkaan mereka salah. Karena hanya Allah yang berkuasa atas hidup dan mati seseorang.

Kemudian Allah menunjukkan kekuasaan-Nya dengan mematikan orang-orang tersebut dan kemudian membangkitkannya kembali agar mereka sadar bahwa kematian adalah sesuatu ketetapan Allah yang tidak bisa dihindari oleh siapapun.

Kisah tersebut terdapat dalam ayat berikut:

"Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang ke luar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati; maka Allah berfirman kepada mereka: "Matilah kamu", kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur." [QS. Al-Baqarah ayat 243]

4. Kisah Seorang Musafir


Pada suatu hari seorang musafir melewati sebuah kota yang hancur dan luluh lantak. Musafir itu memandangi kota tersebut dengan takjub dan dalam hatinya ia bertanya-tanya bagaimana caranya jika Allah ingin menghidupkan dan mengembalikan kota ini seperti sedia kala.

Lalu Allah mematikan orang tersebut selama seratus tahun, sehingga tinggallah keledai dan bekal makanan dan minumannya begitu saja di situ. Tak berapa lama kemudian, keledai itupun ikut mati di dekatnya.

Setelah seratus tahun berlalu, Allah menghidupkan kembali orang tersebut dan bertanya kepadanya: "Berapa lama engkau berada di sini?" Orang itu menjawab: "Saya baru berada di sini sekitar setengah hari atau satu hari saja." Allah berkata: "Sebenarnya engkau telah berada di sini selama seratus tahun. Coba engkau lihat bekal makanan dan minumanmu, ia masih belum berubah. Lihatlah pula keledaimu, Kami ingin menjadikanmu sebagai bukti tanda kekuasaan-Ku kepada umat manusia. Perhatikanlah tulang keledaimu, bagaimanakah cara Kami menyusun dan menyambungnya kembali satu sama lain, kemudian setelah itu Kami balut ia dengan daging."

Setelah orang itu melihat tanda kekuasaan Allah yaitu bagaimana Allah menghidupkan kembali binatang yang telah mati dan menjadi tulang belulang yang berserakan, diapun berkata: "Saya telah meyakini bahwasanya Allah itu Maha berkuasa atas segala sesuatu."

Kisah tersebut ada didalam surat Al-Baqarah ayat 259.

"Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: "Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?" Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: "Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?" Ia menjawab: "Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari". Allah berfirman: "Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi beubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging". Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) diapun berkata: "Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu"." [QS. Al-Baqarah ayat 259]

5. Nabi Ibrahim Menyembelih Burung


Nabi Ibrahim adalah Nabi yang selalu taat terhadap apa yang Allah perintahkan kepadanya. Pada suatu ketika, muncul keingintahuan Nabi Ibrahim tentang bagaimana cara Allah membangkitkan orang yang telah mati secara langsung.

Beliaupun memohon kepada Allah agar Allah mengabulkan permohonannya tersebut. Kemudian, Allah memerintahkan beliau untuk menangkap hidup-hidup empat ekor burung, kemudian dikumpulkan, dan setelah itu barulah dipotong-potong hingga menjadi bagian-bagian yang kecil.

Kemudian setelah itu, beliau diperintahkan untuk menyebarkan potongan-potongan kecil dari keempat ekor burung tadi secara merata di beberapa buah gunung.

Setelah selesai melakukan hal tersebut, Allah 'azza wa jalla memerintahkan Nabi Ibrahim 'alaihis salam untuk memanggil keempat burung tersebut. Kemudian tiba-tiba, beliau melihat suatu kejadian yang sangat menakjubkan, yaitu potongan-potongan burung tadi kembali bersatu dan menjadi empat ekor burung yang utuh dan sempurna seperti semula dan semuanya berkumpul kembali ke hadapan Nabi Ibrahim.

Kisah tersebut disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 260.

"Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati". Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu?" Ibrahim menjawab: "Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku) Allah berfirman: "(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu. (Allah berfirman): "Lalu letakkan diatas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera". Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." [QS. Al-Baqarah ayat 260]

Itulah segelintir kisah yang sangat luar biasa yang tertulis di dalam Alquran. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah diatas. Amin.

Baca Juga: Mengucapkan Alhamdulillah Ternyata Baik Untuk Kesehatan
Selengkapnya