Beberapa Peristiwa Ajaib yang Disebutkan Didalam Alquran

Beberapa Peristiwa Ajaib yang Disebutkan Didalam Alquran

Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah sebuah kitab suci yang di dalamnya berisi berbagai macam ilmu pengetahuan, hukum-hukum, sekaligus kisah-kisah umat terdahulu (sebelum Nabi Muhammad).

Dalam kitab suci tersebut ada yang mengisahkan tentang peristiwa-peristiwa aneh dan ajaib yang pernah terjadi pada zaman nabi-nabi terdahulu. Peristiwa-peristiwa yang tidak bisa diterima oleh akal sehat tersebut memanglah mustahil jika kita berfikir menggunakan akal kita. Tetapi, sebagai umat Islam kita mempercayai bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu baik yang ada di langit maupun di bumi.

Beberapa Peristiwa Ajaib yang Disebutkan Al Quran

Beberapa peristiwa tersebut juga di abadikan di dalam Alquran, dan berikut ini adalah kisah peristiwa ajaib diluar nalar manusia yang tertulis di dalam Alquran.

1. Makanan Turun dari Langit


Salah satu mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Isa adalah mampu menurunkan makanan dari langit atas izin dari Allah SWT. Dalam menjalankan misi kenabiannya, Nabi Isa dan para pengikutnya seringkali menghadapi banyak kendala dan tantangan.

Berbagai ancaman juga sering mereka dapatkan dari para pendeta dan kaum dari Bani Israil yang sudah sangat menyimpang dari ajaran Taurat. Hal ini membuat Isa dan para pengikutnya menemui kesulitan untuk mendapatkan makanan dan minuman hingga mereka menderita kelaparan.

Dari sinilah Nabi Isa mendapatkan mukjizat dari Allah yaitu Nabi Isa dapat menurunkan makanaan dari langit. Kisah ini diabadikan di dalam Alquran dalam surat Al-Ma'idah ayat 112-115:

"(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa berkata: "Hai Isa putera Maryam, sanggupkah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?". Isa menjawab: "Bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman". [QS. Al-Mā'idah ayat 112]

"Mereka berkata: "Kami ingin memakan hidangan itu dan supaya tenteram hati kami dan supaya kami yakin bahwa kamu telah berkata benar kepada kami, dan kami menjadi orang-orang yang menyaksikan hidangan itu". [QS. Al-Mā'idah ayat 113]

"Isa putera Maryam berdoa: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama". [QS. Al-Mā'idah ayat 114]

"Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menurunkan hidangan itu kepadamu, barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah (turun hidangan itu), maka sesungguhnya Aku akan menyiksanya dengan siksaan yang tidak pernah Aku timpakan kepada seorangpun di antara umat manusia". [QS. Al-Mā'idah ayat 115]

2. Api Menjadi Dingin


Peristiwa ajaib berikutnya adalah saat Nabi Ibrahim akan dibunuh oleh Raja Namrudz dengan cara dibakar. Saat itu, Raja Namrudz murka kepada Ibrahim saat mengetahui tuhan-tuhan berhala mereka dihancurkan oleh Nabi Ibrahim.

Raja Namrudz pun memerintahkan pasukannya untuk menangkap Ibrahim dan membunuhnya. Nabi Ibrahim diikat ditengah tengah tumpukan kayu bakar yang siap untuk dinyalakan. Setelah api dinyalakan tumpukan kayu bakar itupun menyala berkobar menelan Nabi Ibrahim.

Pengikut Raja Namrudz bersorak gembira melihat api yang berkobar membakar Nabi Ibrahim. Namun, Allah menunjukkan tanda-tanda kebesaran-Nya. Allah memerintahkan api agar menjadi dingin dan menyelamatkan Ibrahim dari kobaran api tersebut.

Peristiwa tersebut diabadikan di dalam Alquran surat Al-'Anbyā' ayat 69.

"Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim". [QS. Al-'Anbyā' ayat 69]

3. Laut yang Terbelah


Saat Nabi Musa dan pengikutnya dikejar pasukan Raja Fir'aun, mereka terpojok di tepi Laut Merah. Tanpa kapal dan perahu, mereka pun bingung dan gelisah. Sementara itu pasukan Fir’aun semakin mendekat, sorak sorai pasukan Fir’aun sudah mulai terdengar oleh mereka.

Musa dan pengikutnya berada pada posisi yang sulit, didepan mereka terbentang lautan yang luas, sementara dibelakang mereka pasukan Fir’aun siap untuk membantai mereka.

Pengikut Musa mulai kuatir dan cemas , mereka mendesak Musa untuk memberikan solusi bagi masalah yang sulit ini. Musa pun berdoa mohon pertolongan Allah. Pada saat yang kritis ketika pasukan Firaun sudah terlihat oleh mereka Allah mewahyukan pada Musa untuk memukulkan tongkatnya ke permukaan air laut.

Setelah Musa memukul permukaan air laut dengan tongkatnya, tiba tiba air laut itu menyibak membentuk jalur yang kering ditengah laut merah itu. Musapun memerintahkan para pengikutnya untuk menyeberangi lautan berjalan ditengah jalur yang kering itu.

Fir’aun beserta pasukannya tanpa berfikir panjang terus mengejar pengikut Musa memasuki jalur laut yang kering itu. Musa dan pengikutnya sampai dengan selamat diseberang lautan merah. Kemudian Allah memerintahkan Musa untuk memukulkan tongkatnya ke jalur yang kering itu.

Dengan tiba tiba laut itupun bertaut kembali menenggelamkan Fir’aun beserta pengikutnya.

Demikianlah Allah menyelamtakan Musa beserta pengikutnya dari kejaran Fir’aun dan menghukum Fir’aun yang durhaka dengan menenggelamkannya mereka di laut merah.

Peristiwa tersebut diabadikan di dalam Alquran surat Ţāhā ayat 77-78.

"Dan sesungguhnya telah Kami wahyukan kepada Musa: "Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari, maka buatlah untuk mereka jalan yang kering dilaut itu, kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam)". [QS. Ţāhā ayat 77]

"Maka Fir'aun dengan bala tentaranya mengejar mereka, lalu mereka ditutup oleh laut yang menenggelamkan mereka." [QS. Ţāhā ayat 78]

Sebenarnya masih banyak lagi peristiwa-peristiwa menakjubkan yang terdapat di dalam Alquran, namun kita akan membahasnya lain waktu. Semoga bermanaat.

Baca Juga: 500 Warga Tiongkok Masuk Islam Setelah Melihat Pemakaman Raja Saudi
Selengkapnya
Kenapa Saat Cuaca Dingin Sering Pipis?

Kenapa Saat Cuaca Dingin Sering Pipis?

Beberapa hari terakhir ini cuaca sedang tidak bersahabat. Saat cuaca hujan atau dingin tiba, entah mengapa kebanyakan orang sering sekali ingin buang air kecil. Ternyata, hal ini merupakan sebuah fenomena alami yang dinamakan sebagai diuresis dingin.

Lalu, apa saja yang membuat orang sering ingin pipis pada saat cuaca dingin? Penjelasannya adalah saat cuaca dingin tiba, maka secara alami tubuh akan menjaga suhu tubuh agar tetap setabil dengan cara mengurangi aliran darah pada kulit, proses tersebut dinamakan vasoconstriction.

Proses ini sangatlah penting, karena saat cuaca dingin panas tubuh akan cepat sekali hilang ke lingkungan yang dingin. Sehingga, tubuh secara ekstrim akan mengurangi aliran darah ke kulit. Hal ini juga yang membuat ujung jari Anda akan ikut cepat dingin.

Kenapa Saat Cuaca Dingin Sering Pipis?

Saat aliran darah terhambat akibat menyempitnya pembuluh darah, maka secara signifikan tekanan darah akan naik. Ginjal akan menyaring darah yang kelebihan cairan untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Hal ini akan membuat kandung kemih penuh dan membuat Anda ingin buang air kecil. Kandung kemih yang penuh adalah salah satu cara tubuh menghilangkan rasa hangat, sehingga Anda harus cepat buang air kecil untuk menjaga tubuh tetap hangat. Proses ini berlangsung sebaliknya di musim panas dan dikenal sebagai nama vasolidation.

Di musim panas, tubuh akan berusaha mendinginkan dirinya sendiri dengan mengeluarkan panas lewat kulit dan membuat Anda lebih banyak berkeringat. Ketika temperatur udara naik, pembuluh darah akan terbuka sehingga aliran darah meningkat.

Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi hal ini? Tak ada temperatur pasti kapan tubuh akan berusaha memanaskan atau mendinginkan diri sendiri. hal ini dipengaruhi oleh temperatur, pH, dan nutrisi dalam tubuh. Faktor lain yang berpengaruh adalah usia, gender, dan komposisi tubuh, sehingga tingkat kehangatan dari tiap orang akan berbeda-beda.
Selengkapnya
Cara Melindungi Anak dari Demam Berdarah

Cara Melindungi Anak dari Demam Berdarah

Di musim penghujan seperti sekarang ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) akan semakin cepat menyebar. Genangan air yang disebabkan oleh air hujan membuat perkembangan nyamuk penyebab DBD, Aides Aegepty semakin cepat.

Seperti kita ketahui, penyakit DBD ini sangatlah berbahaya bahkan dapat berujung pada kematian apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tanggap. Karena saking berbahayanya penyakit yang satu ini, sudah kewajiban kita untuk melindungi diri kita dan anak-anak kita agar tidak terserang penyakit mematikan ini.

Cara Melindungi Anak dari Demam Berdarah

Penyakit DBD ini sangat mudah sekali menyerang anak-anak hingga remaja. Sistem kekebalan tubuh mereka yang belum sempurna membuat penyakit ini sangat mudah untuk menyerang anak-anak dan remaja.

Untuk itu, pencegahan sangatlah penting untuk dilakukan agar nyawa buah hati kesayangan kita tidak melayang.

Pencegahan tersebut juga harus dilakukan secara hati-hati, sebab beberapa tindakan mungkin tidak aman bagi kesehatan buah hati kita.

Seperti misalnya ketika menyemprotkan cairan anti-nyamuk, hal tersebut memang terbukti ampuh untuk membunuh nyamuk. Namun bahan kimia yang terkandung dalam cairan tersebut tidaklah aman bagi kesehatan anak.

Selain itu, lotion anti-nyamuk juga dapat berbahaya bagi anak-anak. Sehingga, cara paling aman untuk pencegahan Demam Berdarah adalah dengan melakukan 4 M yaitu Menutup, Menguras, Mengubur dan Mengawasi.

Anda juga bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk penyakit ini, salah satunya dengan pemasangan kelambu pada kamar anak. Hal ini, mampu membatasi akses nyamuk pada tubuh anak.
Selengkapnya
#SaveKPK Jadi Trending Topic Dunia

#SaveKPK Jadi Trending Topic Dunia

Setelah penangkapan penangkapan Bambang Widjojanto pada 23 Januari 2015 pagi tadi, gelombang dukungan terus mengalir kepada wakil ketua KPK tersebut. Gelombang dukungan tersebut juga datang dari para Netizen di media sosial.

Gelombang dukungan besar-besaran yang ditandai dengan hashtag atau tagar #SaveKPK itu ternyata mampu menjadi trending topic di Indonesia. Berbagai suara dukungan datang dan mendesak agar polri segera melepas wakil ketua KPK tersebut.

Setelah berhasil menembus trending topic di Indonesia, tagar #SaveKPK ternyata juga merajai trending topic paling populer di dunia. #SaveKPK mulai masuk 10 besar kata yang paling dikicaukan pengguna Twitter sedunia pada sekitar pukul 11.30 WIB.

#SaveKPK Jadi Trending Topic Dunia

Selain #SaveKPK, kata "KPK vs Polri" juga mendunia dengan menempati peringkat ketujuh TTWW.

Tagar #SaveKPK dan KPK vs Polri muncul setelah merebaknya kabar Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto ditangkap oleh Bareskrim Polri. Kabar tersebut segera memicu reaksi netizen Indonesia.

Sebagian masyarakat Indonesia di dunia maya mengecam penangkapan tersebut dan menganggap KPK sedang menjadi korban "serangan" dari polisi. Penangkapan yang dilakukan Bareskrim Polri dinilai sebagai upaya pelemahan institusi KPK.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny Sompie telah membenarkan bahwa pihak kepolisian telah menangkap Bambang Widjojanto karena kasus sengketa Pemilukada Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pada tahun 2010. Bambang disebut polisi meminta saksi untuk bersaksi palsu di Mahkamah Konstitusi.

Beberapa topik terkait lain seputar penangkapan Wakil Ketua KPK ikut masuk daftar Trending Topic di Indonesia, antara lain "BW Ditangkap", "#SayaMauMelaporkan", "Wakil Ketua KPK", "Bambang Widjojanto", "Cicak vs Buaya", dan "Wakil Ketua KPK".
Selengkapnya
Bambang Widjojanto Wakil Ketua KPK Bebas

Bambang Widjojanto Wakil Ketua KPK Bebas

Setelah ramai berita tentang penangkapan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya Bambang Widjojanto kini bebas. Dia muncul di gedung Bareskrim POLRI dengan ditemani beberapa pimpinan KPK.

Bambang di bebaskan pada Sabtu, 24 Januari 2015 dini hari tepatnya pada pukul 01.20 WIB tadi. Wakil ketua KPK ini juga terlihat di dampingi oleh kuasa hukumnya serta terlihat pula Adnan Pandu dan Usman Hamid di sisinya.

Bambang Widjojanto Wakil Ketua KPK Bebas

Pembebasan Bambang juga dikawal oleh pihak kepolisian. Sebelumnya, Bambang Widjojanto ditangkap polisi pada 23 Januari 2015 sekitar pukul 07.30 WIB. Bambang ditangkap di Jalan Raya sesaat setelah dirinya mengantarkan anaknya ke sekolah Jumat pagi.

Mendengar berita tersebut, banyak reaksi bermunculan. Kebanyakan diantaranya menuntut polisi untuk segera membebaskan Bambang Widjojanto.

Banyak kalangan seperti dari para aktivis anti-korupsi yang mengadakan aksi unjuk rasa sebagai protes atas penangkapan wakil KPK Bambang Widjojanto.

Dukungan tersebut akhirnya membuahkan hasil setelah Bambang Widjojanto dibebaskan oleh pihak kepolisian beberapa saat yang lalu.
Selengkapnya
Beberapa Fakta Ilmiah Tentang Shalat

Beberapa Fakta Ilmiah Tentang Shalat

Shalat adalah sebuah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam, barangsiapa yang menjalankannya akan mendapatkan pahala dan barangsiapa yang dengan sengaja meninggalkannya maka akan mendapatkan dosa.

Perintah shalat diberikan kepada Nabi Muhammad SAW setelah beliau miraj ke Sidratul Muntaha, disana Rasulullah mendapatkan perintah shalat dari Allah SWT sebanyak 50 kali sehari pada awalnya, hingga pada akhirnya menjadi 5 kali saja dalam sehari.

Mungkin banyak di antara orang-orang muslim yang menganggap bahwa shalat hanya sebuah ibadah wajib yang harus dilaksanakan, namun tahukah Anda bahwa dibalik ibadah shalat tersebut ternyata terdapat manfaat saat kita menjalankan ibadah tersebut.

Beberapa Fakta Ilmiah Tentang Shalat

Dan berikut ini adalah beberapa fakta ilmiah tentang manfaat dari shalat yang harus Anda ketahui:

1. Gerak Olahraga Terbaik


Dalam beberapa tahun terakhir di Perancis terjadi penyebaran penyakit Desk, dengan presentase 18 dari 20 warga Perancis terkena penyakit tersebut. Anehnya, para dokter yang menganalisa penyakit tersebut justru menganjurkan penderita untuk melakukan Shalat sebagai terapi penyakit tersebut.

Kenapa? Karena diketahui secara medis dengan disiplin melakukan shalat setiap waktunya plus sholat malam, berdampak pada perubahan pada gerak otot dan hal ini mampu membangkitkan semangat baru pada tubuh, mengikis timbunan lemak di sekitar perut dan paha dan memperlambat efek-efek penuaan pada tubuh.

Bahkan, konsistensi shalat pun mampu menjaga bentuk ideal tubuh dan gerakannya serta mempercepat munculnya vitalitas tubuh secara non stop 24 jam setiap harinya. dengan demikian sholat adalah latihan yang paling mudah dan cocok dijadikan sebagai olah tubuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

2. Sujud Bermanfaat Bagi Kesehatan


Setiap harinya, umat Islam bersujud minimal 34 kali dalam sehari. Bilangan tersebut dianggap sebagai bilangan yang tepat untuk meningkatkan aktivitas otot dan saraf tubuh serja menjaga keseimbangan antar sendi, khususnya tangan, paha, lutut dan kaki.

Dengan aktivitas sujud juga, peredaran darah dalam tubuh bisa berjalan dan bergerak dengan mudah dari atas ke bawah. Selain itu meningkatnya lipatan tangan mampu melancarkan peredaran darah dari atas pergelangan ke bawah hingga mampu mencegah infeksi yang umumnya menyerang pergelangan tangan.

3. Manfaat Wudhu dalam Terapi Penyakit Kanker Kulit


Berbagai kajian yang berhubungan dengan faktor pemicu kanker kulit mengungkapkan bahwa faktor yang mendominasi munculnya kanker kulit adalah karena kulit banyak menyrap zat kimiawi; dan solusi terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menghilangkannya dengan membersihkannya secara berulang kali.

Selain itu keringat dan lemak yang keluar dari pori-pori tubuh dan bercampur dengan debu pada umumnya mengandung zat kimiawi dan bakteri berbahaya. Jadi masih meragukan manfaat wudhu?

4. Shalat Mampu Menyembuhkan Rematik


Para ilmuwan dan juga para dokter mengungkapkan, salah satu cara untuk menyembuhkan rematik (khususnya pada tulang punggung) yang disebabkan ketidakseimbangan otot adalah dengan berolahraga. Berdasarkan saran dari dokter ini maka tidak ada solusi terbaik untuk menghindari rematik sejak dini kecuali dengan melaksanakan sholat 5 waktu secara konsisten, karena gerakan sholat adalah jenis gerakan terbaik yang mampu mengembalikan fungsi otot dengan baik.

Gerakan yang dimaksud adalah gerakan rukuk, berdiri tegak dan sujud. tentu saja gerakan itu adalah gerakan yang tuma'nina (tidak tergesa-gesa) dan sebaiknya lebih lama. Gerakan yang dilakukan secara berulang tersebut merupakan terapi terbaik dan penyembuhan terhebat bagi siapapun yang menderita penyakit tulang dalam waktu yang cepat.

5. Manfaat Shalat dengan Khusyu'


William Molton Marstein, seorang ahli psikolog pada majalah "Reader Digest" mengungkapkan bahwa bahwa kemampuan untuk memusatkan pikiran biasa dialami oleh setiap individu dalam kehidupannya. Misal, seorang pemimpin akan memusatkan pikirannya dalam menghadapi masalah.

Hal yang dapat menurunkan kemampuan memusatkan pikiran dan bahkan merusaknya adalah penyimpangan dan terlalu sibuk dalam menuruti hawa nafsu.

William juga mengungkapkan bahwa akal merupakan alat yang mengagumkan dan memiliki kemampuan yang sangat hebat jika difokuskan pada suatu titik.

Berkaitan dengan itu di Amerika dilakukan latihan berbicara kepada suatu obyek dengan menghadirkan hati dalam setiap kalimat yang diucapkannya dengan tujuan meningkatkan semangat dan kekuatan untuk berkeinginan dalam beraktivitas.

Jika saja mereka tahu tentang sholatnya kaum Muslim. Dan harap dicatat: obyek yang dituju dalam sholat adalah Dzat Yang Maha Agung, tentu saja kekuatan yang didapatkan sangat jauh. Subhanallah

Akhir-akhir ini, muncul kontroversi hukum haram terhadap yoga. Banyak pro dan kontra atas isu tersebut. Saya tidak bisa melakukan justifikasi akan hukum itu.

Tapi, mengacu pada manfaat kekhusyukan dalam sholat serta temuan bahwa sholat mampu menghilangkan kekhawatiran dalam diri dengan menuju kepada Allah, Dzat Yang Maha Agung, lalu kenapa kita malah memalingkan diri dari sholat yang merupakan manifestasi yang dahsyat dan melakukan meditasi yoga? Sungguh tidak perlu diperdebatkan dengan menguras nalar.

"Sesungguhnya sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya" [QS Al-Mu'minuun ayat 1-2]

Baca Juga: Ramalan Kitab Suci Hinddu Tentang Datangnya Muhammad Membuat Wanita Ini Mualaf
Selengkapnya
Cara Install 2 Aplikasi BBM dalam 1 HP

Cara Install 2 Aplikasi BBM dalam 1 HP

BBM (BlackBerry Messenger) adalah sebuah aplikasi yang populer dikalangan para pengguna BlackBerry sebelum akhirnya RIM memutuskan untuk membuat versi Android dan iPhone. Kini, BBM sudah menjadi aplikasi chatting yang support cross-platform sehingga bisa di gunakan oleh pengguna Android dan iOS.

Untuk dapat berhubungan dengan para pengguna BlackBerry Messenger lainnya, Anda di haruskan memiliki akun BlackBerry ID. Akun tersebut akan digunakan untuk log-in ke dalam aplikasi BlackBerry Messenger. Setiap perangkat smartphone hanya dapat menjalankan 1 aplikasi BBM.

Itu berarti Anda hanya akan memiliki 1 PIN untuk 1 smartphone Anda. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menjalankan 2 aplikasi BBM dalam 1 handphone?

Cara Install 2 Aplikasi BBM dalam 1 HP

Untuk bisa menjalankan 2 aplikasi BBM secara bersamaan dalam 1 smartphone Android sebenarnya cukup mudah. Yaitu dengan menggunakan aplikasi BBM yang sudah di modifikasi, sehingga Anda bisa menjalankannya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Smartphone Anda harus support BlackBerry Messenger.
2. Download aplikasi berikut ini:
3. Setelah download, silahkan install BBM seperti biasa
4. Tunggu hingga proses intalasi selesai
5. Setelah selesai, jalankan aplikasi BBM3 tersebut seperti biasa.

Selamat, Anda sudah berhasil menginstall 2 aplikasi BBM di handphone Anda.
Selengkapnya
Om Bob Sadino Meninggal Dunia

Om Bob Sadino Meninggal Dunia

Pengusaha yang terkenal nyentrik, Bob Sadino dikabarkan meninggal dunia Senin, 19 Januari 2015 sore tadi. Pengusaha yang akrab disapa Om Bob itu tutup usia di Rumah Sakit Pondok Indah. Pria bernama lengkap Bambang Mustari Sadino meninggal di usia 76 tahun.

Mengutip dari merdeka.com, Bob Sadino lahir pada 9 Maret 1939 dengan nama Bambang Mustari Sadino dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara.

Bisnisnya berkembang pesat terutama di bidang penjualan makanan. Padahal awalnya Om Bob hanya menjajakan telur dari rumah ke rumah.

Om Bob Sadino Meninggal Dunia

"Innalillahi wa innailihi rojiun, Om Bob Sadino telah meninggal dunia. Semoga teman2 turut2 mendoakan. Beliau itu guru bagi entrepreneur dan kita semua," tulis Naomi Susan, dalam Facebooknya

Sementara, dalam akun Facebooknya, tertulis "innalillahi wainnailaihi rajiun... telah meninggal om bob sadino... allahummaghfirlahu warhamhu... mohon dimaafkan segala kesalahan beliau..."

Sebelumnya, Bob Sadino juga sempat diisukan meninggal, namun kabar tersebut pun langsung dibantah dirinya. Dalam Twitter nya dia mebuklis "Aku masih HIDUP koooook...,".

Om Bob sempat dirawat di rumah sakit swasta. Foto Om Bob di ruang ICU juga sempat beredar di Facebook, sehingga banyak orang berspekulasi mengenai kondisi pemilik Kemchik, Kemang ini.
Selengkapnya
5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. II)

5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. II)

Pengertian dari mualaf adalah adalah sebutan bagi orang non-muslim yang mempunyai harapan masuk agama Islam atau orang yang baru masuk Islam. Pada Surah At-Taubah Ayat 60 disebutkan bahwa para mualaf termasuk orang-orang yang berhak menerima zakat.

Pada artikel sebelumnya, (baca: 5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. I)) ada 5 orang-orang terkenal dunia yang merubah keyakinannya dan menjadi seorang muslim. Banyak kisah mewarnai perjalanan mereka sehingga mereka menemukan kebenaran dalam Islam.

5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. II)

Dan inilah 5 mualaf dari tokoh-tokoh dunia.

1. Lauren Booth


Lauren Booth lahir pada 22 Juli 1967 di London, Inggris. Ia adalah seorang jurnalis jurnalis, penyiar televisi dan aktivis hak-hak asasi manusia asal Inggris dan seorang mualaf.

Ia menjadi mualaf setelah ia tinggal beberapa waktu di Timur Tengah.

2. Margret Marcus


Margret Marcus terkenal sebagai seorang intelektual serta penulis ternama di bidang agama, filsafat, maupun sejarah. Maryam Jameela, demikian nama muslimnya.

Ia telah menghasilkan sejumlah karya yang cukup penting dalam khazanah pemikiran Islam, antara lain Islam and Western Society: A Refutation of the Modern Way of Life, Islam and Orientalis, Islam in Theory and Practice, dan 'Islam and the Muslim Woman Today'.

3. Jermaine Jackson


Jermaine Jackson lahir pada 11 Desember 1954, ia adalah saudara kandung mendiang superstar Michael Jackson. Jermain Jackson memeluk Islam usai kunjungannya ke Bahrain dalam serangkaian tur Timur Tengah pada dekade 80-an.

4. Anthony Mundine


Anthony Mundine lahir pada tanggal 21 Mei 1975, ia adalah seorang petinju berkebangsaan Australia. Dia seorang petinju yang menjuarai berbagai pertandingan dunia, pernah menjuarai dua kali Super Middleweight champion.

Dia menjadi mualaf pada tahun 1999, dia juga membantu temannya, Blake Ferguson, dan membuatnya menjadi pemeluk Islam.

5. Alys Faiz


Alys Faiz adalah seorang aktivis perdamaian dan hak asasi manusia. Perempuan asal London, Inggris ini menjadi mualaf setelah ia menikah dengan seorang pria muslim. Ia meninggal pada 12 Maret 2003 silam.

Baca Juga: Beberapa Fakta Ilmiah Tentang Shalat
Selengkapnya
5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. I)

5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. I)

Banyak sekali saat ini orang-orang yang berbondong-bondong masuk Islam, alasan mereka masuk Islam kebanyakan karena menemukan sebuah kedamaian serta kebenaran dalam Islam. Meski saat ini banyak sekali orang-orang yang mencoba untuk menghancurkan Islam, namun hal itu justru membuat banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan ajaran Islam.

Dari rasa penasaran dan rasa ingin tahu tersebut, orang-orang itu kemudian mempelajari Islam secara mendalam hingga pada akhirnya mereka mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Dan berikut ini adalah kisah dari para tokoh dunia terkenal yang memutuskan untuk memilih menjadi seorang muslim.

Cat Stevens

Tokoh-tokoh tersebut adalah:

1. Cat Stevens


Cat Stevens adalah seorang penulis musik sekaligus penulis lagu kelahiran London, Inggris, pada 21 Juli 1948. Cat Stevens lahir dengan nama Stephen Demetre Georgiou.

Di masa-masa kesuksesannya, ia berhasil menjual 40 juta album, kebanyakan pada tahun 1960-an dan 1970-an. Lagu-lagunya yang paling populer antara lain adalah "Morning Has Broken", "Peace Train", "Moonshadow", "Wild World", "Father and Son", "Matthew and Son", dan "Oh Very Young".

Kisahnya menjadi pemeluk Islam bermula setelah ia mengalami near-death experience, ia terkena sebuah penyakit yang membuat dirinya menjadi semakin stres. Saat dirinya sakit, ia merenung hingga dirinya menyadari bahwa dirinya hanyalah sepotong jasad saja.

Ia menilai bahwa penyakit yang di deritanya hanyalah cobaan dari Tuhan, setelah dirinya sembuh ia kemudian mencoba untuk mendalami ilmu agama yang hingga pada akhirnya ia menemukan Islam.

Lewat Alquran, akhirnya dirinya mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Kini dia menjadi seorang pendakwah dan pendidik. Dia aktif menciptakan lagu-lagu rohani keislaman, dan namanya kini berubah menjadi Yusuf Islam

2. Lew Alcindor


Lew Alcindor adalah mantan pemain NBA yang kini berganti nama menjadi Kareem Abdul Jabbar setelah dirinya mualaf. Kareem Abdul Jabbar diakui sebagai salah seorang pemain basket terbesar sepanjang sejarah NBA.

Shooting, Slam dunk, rebound, block , maupun aksi lainnya, sangat memukau. Tak jarang, lawannya dibuat kesulitan untuk membendung agresivitas pemain bertinggi badan 2,18 meter ini.

Karier pria kelahiran New York City, 16 April 1947, di ajang bola basket Amerika dimulai ketika bermain untuk tim bola basket kampus, Universitas California, Los Angeles (UCLA). Aksi-aksinya di tim UCLA, mendapat perhatian serius para pelatih basket Amerika Serikat saat itu.

Perkenalan Kareem dengan ajaran Islam terjadi lewat salah seorang temannya yang bernama Hamaas Abdul Khaalis. Ia mengenal Hamaas melalui ayahnya. Seperti halnya sang ayah yang seorang musisi jazz, Hamaas juga pernah mengeluti musik jazz. Dia adalah mantan drumer jazz.

Dari Hamaas inilah, kemudian Kareem belajar banyak mengenai Islam. Ia juga sempat berkenalan dengan Muhammad Ali (Cassius Clay) yang sudah menjadi Muslim.

3. Thomas J. Abercrombie


Thomas J. Abercrombie, lahir 13 Agustus 1930 di Stillwater, Minnesota. Ia adalah seorang fotografer senior Amerika Serikat yang juga merupakan fotografer kebanggaan National Geographic.

Sebagai seorang mualaf, ia menjadi jembatan perdamaian antara dunia Islam dan dunia barat. Dan saat ini karya-karyanya menjadi rujukan fotografer modern dunia.

4. Dave Chappelle


Dave Chappelle lahir pada 24 Agustus 1973. Ia adalah seorang penulis, komedian, aktor dan produser film asal Amerika Serikat.

Dia menjadi mualaf pada tahun 1998 dan memberitahukan keislamannya kepada publik pada tahun 2005. Pada majalah Time, ia berkata "I don't normally talk about my religion publicly because I don’t want people to associate me and my flaws with this beautiful thing. And I believe it is beautiful if you learn it the right way."

5. Yulia Volkova


Yulia Volkova lahir di Moscow, 20 Februari 1985 adalah seorang penyanyi dan anggota di grup musik berkebangsaan Rusia, t.A.T.u. dengan Lena Katina.

Ia menjadi mualaf dan memeluk Islam sejak tahun 2010 silam.

Baca Juga: 5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. II)
Selengkapnya
5 Tanda Pria Sedang Jatuh Cinta

5 Tanda Pria Sedang Jatuh Cinta

Saat ada pria yang Anda rasa semakin dekat, semakin akrab dan mulai ada perasaan curiga, "Jangan-jangan dia sedang jatuh cinta dengan saya," Apakah benar dugaan Anda? Jika si pria menunjukkan setidaknya 4 dari 5 tanda-tanda ini, kemungkinan besar dia memang jatuh cinta pada Anda.

Semakin Sering Mengganggu

Ada beberapa pria yang tidak dapat menunjukkan perasaannya pada si wanita. Dia ingin mengatakan "Hei, aku suka kamu!" tapi kadang otak pria lebih 'error' ketika sedang jatuh cinta. Alih-alih melakukan hal romantis, banyak pria justru makin sering mengganggu si wanita. Entah dengan menelepon tengah malam, mengganggu makan siang Anda dan hal lain yang cukup menyebalkan. Hal ini sebenarnya reaksi atas kegugupan mereka sekaligus ingin mendapat perhatian Anda.

Mengingat Hal-Hal Tentang Anda

Tiba-tiba dia tahu apa grup musik kesukaan Anda, dia tahu genre film kesukaan Anda dan dengan santai bilang "Kamu suka film drama komedi kan?" padahal Anda tidak pernah mengatakannya. Atau dia jadi ingat apa yang Anda katakan. Saat Anda bilang lebih suka es krim cokelat dibanding strawberry, maka dia akan merekam hal itu.

5 Tanda Pria Sedang Jatuh Cinta

Semakin Sering Menatap Anda

Pria yang sedang jatuh cinta juga tidak bisa menahan diri untuk terus menatap Anda. Tiba-tiba dia jadi tahu bahwa Anda baru pakai anting baru, tiba-tiba dia bertanya apakah sepatu Anda nyaman? Pokoknya dia jadi perhatian dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dan yang paling penting, Anda sering mendapati dia menatap Anda dalam waktu yang lama.

Dia Meniru Apa Yang Anda Lakukan

Ketika dia tahu Anda suka musik ala The Corrs, dia ikut mendengarkan lagu itu, padahal sebelumnya dia tidak suka. Saat dia tahu Anda suka ngemil keripik kentang, dia akan ikut makan keripik kentang. Tanda yang paling mungkin adalah dia ikut melakukan gerakan Anda secara tak sadar. Pria yang sedang jatuh cinta akut biasanya akan meng-copy paste apapun yang dilakukan wanita yang dia suka.

Tidak Canggung Berkenalan Dengan Keluarga

Pria akan kabur ketika Anda minta untuk berkenalan dengan keluarga Anda, atau dia akan menunda-nunda mengenalkan Anda pada keluarganya. Tapi ketika si pria dengan senang hati mengenalkan Anda pada keluarganya, dan dia santai saja saat Anda mengenalkan dia pada keluarga Anda (bahkan dia sangat antusias) itu adalah satu sinyal bahwa dia ingin mengenal Anda lebih dalam, dan dia mengizinkan Anda untuk masuk ke kehidupannya.

Apakah sahabat ada yang sudah merasakan gejala-gejala di atas?

Sumber
Selengkapnya
5 Tanda Pria Suka Pada Wanita

5 Tanda Pria Suka Pada Wanita

Wanita kadang merepotkan bagi banyak pria, karena kita selalu ingin diyakinkan bahwa kita dicintai sepenuh hati oleh pria yang kita cintai. Benar kan?

Tidak semua pria bisa menunjukkan cintanya dengan membawa selusin bunga mawar, mengajak makan malam romantis atau hal-hal indah lainnya yang diimpikan wanita. Masih ada sinyal lain yang menunjukkan bahwa seorang pria benar-benar menyukai Anda.

Berikut adalah beberapa tanda yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah Anda spesial untuknya, seperti dilansir dari Vemale.com:

5 Tanda Pria Suka Pada Wanita

1. Anda Diajak Bertemu Dengan Teman Dan Keluarganya

Ketika seseorang merasa bangga dengan Anda, tentu ia akan mengajak Anda untuk mengenal teman-teman di sekelilingnya bahkan juga keluarganya. Jika itu terjadi pada diri Anda, tandanya Anda benar-benar spesial di hatinya.

2. Dia Membicarakan Masa Depan Bersama Anda

Ketika seorang pria merencanakan liburan atau hal-hal yang akan terjadi di masa depan, itu tandanya ia selalu ingin melakukannya dengan Anda. Tak perlu lagi khawatir karena si dia bahagia bersama Anda.

3. Status Hubungan Menjadi Prioritasnya

Umumnya status sebuah hubungan lebih menjadi perhatian perempuan ketimbang lelaki. Namun jika Anda mendapati bahwa si dia tampak serius dengan status hubungannya, tandanya Anda begitu berarti di hatinya.

4. Membuat Anda Tertawa

Pria senang membuat kita tertawa. Ini merupakan salah satu hal favorit mereka, dan jika teman baik Anda senang membuat Anda tertawa sepanjang waktu, itu bisa menjadi tanda bahwa dia benar-benar menyukai Anda.

5. Dia Ingat Dengan Hari Ulang Tahun Anda

Orang yang mencintai Anda akan selalu ingat hari ulang tahun Anda, sampai rela begadang hanya menunggu untuk sampai jam 12 malam.

Tak ada sosok pria yang sempurna, tapi pasti ada sosok pria yang bersungguh-sungguh mencintai Anda. Good luck for your love life, Ladies.
Selengkapnya
Beberapa Tradisi Islam di Indonesia yang Mengadopsi dari Ajaran Hindu

Beberapa Tradisi Islam di Indonesia yang Mengadopsi dari Ajaran Hindu

Indonesia adalah sebuah negara dengan jumlah populasi muslim terbanyak di dunia, dan di negara ini juga terdapat beraneka macam tradisi masyarakat Islam yang bisa kita jumpai di sekeliling kita. Kita tentu sering mendengar istilah selamatan 7 hari, 40 hari, 100 hari dan seterusnya.

Tradisi-tradisi tersebut memang di kemas secara islami, namun tahukah Anda bahwa ternyata tradisi tersebut mengadopsi dari ajaran agama Hindu? agar kita menjadi lebih tahu, mari kita coba menelaah secara singkat tentang tradisi-tradisi yang bermuatan Islam diadopsi dari ajaran agama Hindu.

Seperti kita ketahui, sebelum Islam masuk ke Indonesia, agama Hindu dan Buddha sudah lebih dulu menjadi agama yang dianut oleh penduduk Nusantara. Sebagaimana kita ketahui, dulu juga terdapat beberapa kerajaan Hindu yang paling menonjol di Nusantara seperti Mataram, yang terkenal karena membangun Candi Prambanan yang megah, diikuti oleh Kerajaan Kediri dan Singhasari.

Beberapa Tradisi Islam di Indonesia yang Mengadopsi dari Ajaran Hindu

Hindu di Indonesia mengalami puncak kejayaan pada abad ke-14, Majapahit adalah salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar yang pernah ada dalam sejarah Indonesia. Tradisi-tradisi Hindu dari masa lampau hingga kini masih sering kita jumpai di kalangan masyarakat muslim Nusantara.

Dan berikut ini adalah beberapa tradisi yang bersumber dari agama Hindu:

1. Selamatan 7, 40, 100 dan 1000 Hari Kematian


Saat terjadi salah seorang anggota keluarga atau tetangga yang meninggal dunia, sering kita jumpai ritual keagamaan yang disebut dengan selamatan atau kenduri kematian yang berupa melakukan doa-doa, tahlilan, dan yasinan yang di lakukan pada hari ke-7, 40, 100, dan 1000 setelah kematian.

Setelah diteliti, ternyata amalan tersebut tidak dapat di temukan di dalam kitab suci Alquran, Hadits (sunnah Rasul) maupun Ijma dari para Sahabat. Justru, Anda dapat menemukannya di dalam kitab-kitab agama Hindu.

Dalam Kitab Weda Smerti Hal. 99 No. 192, agama Hindu meyakini bahwa roh dari leluhur atau orang yang sudah meninggal harus di hormati, karena mereka meyakini bahwa roh tersebut bisa menjadi dewa terdekat manusia. Selain itu, dalam agama Hindu juga mempercayai tentang adanya Samsara (menitis/reingkarnasi).

Dalam Kitab Manawa Dharma Sastra Weda Smerti hal. 99, 192, 193 berbunyi:

"Termashurlah selamatan yang diadakan pada hari pertama, ketujuh, keempat puluh, keseratus dan keseribu."

Dalam buku media Hindu yang berjudul: "Nilai-nilai Hindu dalam budaya Jawa, serpihan yang tertinggal" karya dari: Ida Bedande Adi Suripto, ia mengatakan: "Upacara selamatan untuk memperingati hari kematian orang Jawa hari ke 1, 7, 40, 100, dan 1000 hari, jelas adalah ajaran Hindu".

Sedangkan penyembelihan kurban untuk orang mati pada hari (hari 1,7,4,...1000) terdapat pada kitab Panca Yadnya hal. 26, Bagawatgita hal. 5 no. 39 yang berbunyi:

"Tuhan telah menciptakan hewan untuk upacara korban, upacara kurban telah diatur sedemikian rupa untuk kebaikan dunia."

2. Kenduri atau Kenduren


Genduri merupakan upacara ajaran Hindu. Masalah ini terdapat pada kitab sama weda hal. 373 (no.10) yang berbunyi:

"Sloka prastias mai pipisatewikwani widuse bahra aranggaymaya jekmayipatsiyada duweni narah".

Yang memiliki arti: "Antarkanlah sesembahan itu pada Tuhanmu Yang Maha Mengetahui". Yang gunanya untuk menjauhkan kesialan.

Juga terdapat pada kitab Siwa Sasana hal. 46 bab 'Panca maha yatnya' dan pada Upadesa hal. 34, yang isiya:

  • Dewa Yatnya (selamatan) yaitu korban suci yang secara tulus ikhlas ditujukan kepada Sang Hyang Widhi dengan jalan bakti sujud memuji, serta menurut apa yang diperintahkan-Nya (tirta yatra) metri bopo pertiwi.
  • Pitra Yatnya yaitu korban suci kepada leluhur (pengeling-eling) dengan memuji yang ada di akhirat supaya memberi pertolongan kepada yang masih hidup.
  • Manusia Yatnya yaitu korban yang diperuntukan kepada keturunan atau sesama supaya hidup damai dan tentram.
  • Resi Yatnya yaitu korban suci yang diperuntukan kepada guru atas jasa ilmu yang diberikan (danyangan).
  • Buta Yatnya yaitu korban suci yang diperuntukan kepada semua makhluk yang kelihatan maupun tidak, untuk kemulyaan dunia ini (unggahan).

Upacara Telonan, Mitoni dan Tingkepan Pada Wanita Hamil


Telonan, Mitoni dan Tingkepan yang sering kita jumpai di tengah-tengah masyarkat adalah tradisi masyarakat Hindu. Upacara ini dilakukan dalam rangka memohon keselamatan anak yang ada di dalam rahim (kandungan).

Upacara ini biasa disebut Garba Wedana (garba : perut, Wedana : sedang mengandung). Selama bayi dalam kandungan dibuatkan tumpeng selamatan/sesaji Telonan, Mitoni, Tingkepan.

Intisari dari sesajinya adalah (terdapat dalam Kitab Upadesa hal. 46) :

  1. Pengambean, yaitu upacara pemanggilan atman (urip)
  2. Sambutan, yaitu upacara penyambutan atau peneguhan letak atman (urip) pada si jabang bayi
  3. Janganan, yaitu upacara suguhan terhadap "Empat Saudara" (sedulur papat) yang menyertai kelahiran sang bayi, yaitu : darah, air, barah, dan ari-ari (orang Jawa menyebut kakang kawah adi ari-ari)

Hal ini dilakukan untuk panggilan kepada semua kekuatan-kekuatan alam yang tidak kelihatan tapi mempunyai hubungan langsung pada kehidupan sang bayi dan juga pada panggilan kepada 'Saudara Empat' yang bersama-sama ketika sang bayi dilahirkan, untuk bersama-sama diupacarai, diberi pensucian dan suguhan agar sang bayi mendapat keselamatan dan selalu dijaga oleh unsur kekuatan alam.

Sedangkan upacara terhadap ari-ari, ialah setelah ari-ari terlepas dari si bayi lalu dibersihkan dengan air yang kemudian dimasukkan ke dalam tempurung kelapa selanjutnya dimasukkan ke dalam kendil atau guci. Ke dalamnya dimasukkah tulisan 'Aum' agar sang Hyang Widhi melindungi.

Selain itu dimasukkan juga berbagai benda lain sebagai persembahan kepada Hyang Widhi. Kendil kemudian ditanam di pekarangan, dikanan pintu apabila bayinya laki-laki, dikiri pintu apabila bayinya perempuan.

Kendil yang berisi ari-ari ditimbun dengan baik, dan pada malam harinya diberi lampu, selama tiga bulan. Apa yang diperbuat kepada si bayi maka diberlakukan juga kepada Saudara Empat tersebut.

Kalau si bayi setelah dimandikan, maka airnya juga disiramkan kepada kendil tersebut. (Kitab Upadesa, tentang ajaran-ajaran Agama Hindu, oleh: Tjok Rai Sudharta, MA. dan Drs. Ida Bagus Oka Punia Atmaja, cetakan kedua 2007)

Baca Juga: 5 Tokoh Dunia yang Memilih Jadi Mualaf (Bag. I)
Selengkapnya
Keajaiban Bahasa Arab dalam Al-Qur'an

Keajaiban Bahasa Arab dalam Al-Qur'an

Nabi Muhammad S.A.W. bersabda bahwa setiap nabi Allah mempunyai mukjizat yang meyakinkan. Sebuah mukjizat yang membuat orang-orang yang melihatnya, walaupun mereka tidak mengakuinya dengan lidah mereka, tetapi hati mereka mengakui bahwa mukjizat itu datang dari Tuhan. Jadi mereka yakin bahwa orang itu seorang nabi Tuhan.

Misalnya, Musa diberi mukjizat dapat membelah Laut Merah. Dan ketika Fir’aun melihatnya, sebenarnya ia tahu bahwa Musa memang nabi Tuhan. Ketika hampir tenggelam, dia berkata "Sekarang saya beriman kepada-Mu Tuhan", namun taubatnya sudah tidak lagi diterima Allah. Misalnya Nabi Isa bisa menyembuhkan orang-orang yang sakit, ia menyembuhkan penderita kusta, menyembuhkan orang buta, bahkan orang yang sudah mati dapat dibangkitkan olehnya atas izin Tuhan.

Keajaiban Bahasa Arab dalam Al-Qur'an

Tapi Nabi Muhammad S.A.W. bersabda: "Aku telah diberikan Al’Quran dan aku berharap karenanya, ada lebih banyak orang yang masuk agamaku daripada nabi lainnya." Beberapa dari kalian mungkin berkata: "Bagaimana mungkin Al-Qur'an adalah mukjizat?" Namun, jika anda membaca tulisan sebelumnya, maka anda tahu bahwa Al’Quran tetap utuh dan asli selama ribuan tahun. Ini sesuatu yang luar biasa.

Tapi sesuatu yang luar biasa bukan berarti mukjizat. Jadi apa definisi mukjizat? Mukjizat adalah sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh proses alam. Dan mukjizat sangat berbeda dengan sihir karena ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan penyihir. Seperti misalnya ketika Musa menghadap Fir’aun, mukjizat yang diberikan Tuhan kepada Musa adalah tongkatnya. Ketika ia melemparkan tongkat itu dan tongkatnya berubah menjadi ular, maka Firaun berkata: "Para penyihirku juga bisa mengubah tongkatnya menjadi ular." Perlu diketahui bahwa para penyihir Fir’aun begitu ahli.

Sihir di Mesir pada zaman itu merupakan kesenian yang telah mencapai puncaknya. Banyak masyarakat Mesir pada zaman itu yang terlibat dengan praktek-praktek sihir. Bahkan ada sejenis mantra sihir yang dapat menghidupkan para Fir’aun terdahulu yang telah mati untuk beberapa saat.

Jadi ia memanggil penyihirnya dan mengadakan kompetisi antara para penyihir melawan Musa. Para penyihir melalui sihir mereka berhasil menipu orang-orang yang berpikir bahwa tongkat mereka adalah ular. Tapi kemudian ketika Musa melemparkan tongkatnya dan menghancurkan sihirnya, dan para penyihir sendiri menyadari bahwa mukjizat Nabi Musa tidak bisa ditandingi penyihir mana pun.

Para penyihir terkejut, mereka tahu bahwa mukjizat Musa jauh melampaui kemampuan mereka. Mereka tahu persis bahwa Nabi Musa mendapatkan mukjizat dari Tuhan. Bagi mereka itu adalah mukjizat yang meyakinkan.

Demikian pula di zaman Nabi Isa A.S. (Yesus), orang-orang Yahudi sangat terampil di bidang kedokteran. Tapi ketika Yesus datang dan dapat menyembuhkan orang buta, menyembuhkan penyakit kusta, bahkan orang yang sudah mati bisa dihidupkan kembali olehnya. Karena mukjizat Nabi Isa A.S. (Yesus) yang luar biasa ini, maka mereka tahu bahwa mukjizatnya berasal dari Allah.

Jadi bagaimana mungkin sebuah kitab, yakni Al’Quran dapat menyaingi mukjizat Nabi-nabi yang lain seperti misalnya Nabi Musa A.S. dan Nabi Isa A.S. (Yesus)? Dan tentu saja bahwa setiap mukjizat hanya cocok untuk masa tertentu dan untuk bangsa tertentu. Mukjizat Nabi Musa hanya cocok untuk bangsa Mesir pada zaman itu, karena pada zaman itu mereka begitu mengagumi seni sihir.

Demikian pula, di zaman Nabi Isa A.S. (Yesus), orang-orang yang ahli dalam bidang kedokteran sangat terkesan dengan mukjizat Nabi Isa, sehingga mereka tahu bahwa mukjizatnya berasal dari Allah. Jadi mukjizat-mukjizat para nabi hanya cocok untuk zaman tertentu dan untuk kaumnya saja.

Namun Al-Qur'an adalah mukjizat untuk sepanjang masa. Dan mukjizat Al’Quran, bukanlah hanya pada bagian tertentu saja, namun dari segala aspeknya. Dan salah satu mukjizat Al’Quran adalah ayat-ayatnya, yang dapat menceritakan tentang alam ini, yang biasanya hanya diketahui di kalangan para ilmuwan. Al’Quran berisi informasi yang tidak mungkin diketahui orang pada masa 1.400 tahun yang lalu.

Inilah mukjizat ilmiah dari Al’Quran, karena Al’Quran adalah pedoman bagi kita di pada zaman modern sekarang, seperti juga halnya Al-Qur'an merupakan pedoman pada zaman Nabi Muhammad S.A.W.

Tapi topik kita dalam tulisan ini bukanlah mukjizat ilmiah Al-Qur'an. Kita akan membahasnya dalam tulisan selanjutnya. Topik kita pada tulisan kali ini adalah tentang keajaiban bahasa Al-Qur'an.

Kita tahu bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang hidup. Orang-orang masih berbicara dalam bahasa Arab pada zaman sekarang. Orang-orang zaman sekarang bisa memahami isi Al-Qur'an meskipun kitab ini telah berumur 1.400 tahun. Di dunia ini, mungkin hanya Al-Qur’an-lah satu-satunya kitab yang memiliki kelebihan ini, sebuah kitab yang sangat kuno tapi orang-orang masih dapat mengerti & memahami bahasanya.

Selanjutnya, saya ingin menjelaskan keadaan jazirah Arab pada zaman Nabi Muhammad S.A.W. Jazirah Arab pada zaman Nabi Muhammad adalah sebuah negeri dengan peradaban yang terbelakang. Tidak ada teknologi yang maju disana, bahkan kehidupan di Jazirah Arab pada masa Nabi Muhammad bersifat barbar. Orang-orang Arab pada masa itu sangat kejam. Kebiasaan mereka adalah membunuhi bayi-bayi perempuan. Mereka juga tidak punya jalan-jalan yang bagus, tidak ada bangunan yang bagus, semuanya serba terbelakang.

Satu-satunya peradaban yang mereka miliki adalah kemampuan berbahasa. Mereka sangat ahli dalam berbahasa. Bahkan, mereka menjuluki orang-orang non-Arab dengan sebutan “ajmi” yang berarti orang bodoh dan bisu. Mereka juga sangat menyukai puisi. Bahkan mereka memiliki pasar untuk orang-orang yang suka berpuisi. Pasar itu bernama "wuhaz."

Perlu diketahui bahwa Nabi Muhammad S.A.W. buta huruf, dia bukan seorang yang berpendidikan, dia bukan seorang sastrawan, dan dia bukan seorang penyair. Namun dia dikenal sebagai orang yang jujur dan dapat dipercaya. Dan kemudian dia datang membawa ayat-ayat Al-Qur'an yang luar biasa kualitasnya. Ayat-ayat Al-Qur’an merupakan karya sastra yang sangat luar biasa dengan tata bahasa yang tidak dapat ditandingi orang-orang Arab manapun. Inilah bukti bahwa Al-Qur'an memang berasal dari Tuhan.

Dan Allah membuat tantangan. Tantangan yang pertama adalah karena orang-orang berkata: "Muhammad-lah yang mengarang-ngarang Al’Quran." Jadi ayat Al-Qur'an pun diturunkan Allah. Dalam surat ke Ath-Thuur dalam ayat 33-34

“Ataukah mereka mengatakan: "Dia (Muhammad) membuat-buatnya." Sebenarnya mereka tidak beriman. Maka hendaklah mereka mendatangkan kalimat yang semisal Al Qur'an itu jika mereka orang-orang yang benar.” (Q.S. Ath Thuur:33-34)

Dan para orang-orang kafir Mekkah tidak mampu membuat sesuatu yang menandingi Al-Qur’an, maka kemudian Allah berfirman dalam surat Hud ayat 13-14

Bahkan mereka mengatakan: "Muhammad telah membuat-buat Al Qur'an itu", Katakanlah: "(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar. Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu maka ketahuilah, sesungguhnya Al Qur'an itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (kepada Allah)?” (Q.S. Hud:13-14)

Dan ini tidak pernah dilakukan para penyair sebelumnya. Jika mereka diberi tantangan, maka mereka harus merespon sendiri, mereka tidak pernah meminta bantuan orang lain. Bagaimana mungkin anda bisa membuktikan bahwa anda adalah seorang penyair besar, jika anda meminta bantuan orang lain? Meskipun begitu, Allah berfirman bahwa mereka cukup membuat sepuluh surat saja dan mereka dapat memanggil kawan-kawan mereka untuk membantu. Tapi mereka masih tidak sanggup memenuhi tantangan ini.

Jadi Allah memberikan mereka tantangan yang sangat mudah. Di surat Al-Baqarah dalam ayat 23-24:

"Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Tuhan, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) -- dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir."
(Q.S. Al-Baqarah:23-24)

Inilah tantangannya. Dan surat yang paling pendek adalah:

“innaa a'thaynaakal kawtsar. fashalli lirabbika wanhar. inna syaani-aka huwal-abtar."
(Q.S. Al-Kautsar)

Hanya tiga ayat namun orang-orang Arab manapun tidak mampu membuat tiga ayat saja yang seperti Al’Quran. Dan Allah berfirman bahwa selamanya tidak akan ada yang mampu menandingi Al’Quran.

Di surat Al-Isra’ dalam ayat 88:

"Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain.” (Al-Isra’:88)

Bagaimana mungkin Nabi Muhammad yang buta huruf, tidak pandai berpuisi, namun dia dapat menghasilkan sebuah karya yang tak tertandingi, yang begitu indah, dan begitu fasih, bahkan para ahli dari segala macam puisi dalam bahasa Arab tidak dapat menandingi surat terpendek Al-Qur'an? Bahkan mereka lebih memilih untuk melawan Nabi Muhammad sehingga perdagangan dan reputasi mereka hancur.

Bagaimana mungkin mereka lebih memilih untuk menderita, daripada hanya memenuhi tantangan sederhana untuk membuat satu surat yang semisal Al’Quran? Itu karena mereka tidak akan pernah bisa melakukannya.

Dan At-Taburi, seseorang yang terkenal dalam menjelaskan keindahan Al’Quran, dia berkomentar:

" Al’Quran berekspresi dengan kefasihan terbesar, membuat maksud pembicara jelas & memfasilitasi pemahaman pendengar, yang merupakan tingkat tertinggi yang paling gemilang dari keindahan. Dan Al-Qur’an naik melampaui tingkat kefasihan dan kemampuan manusia sehingga tidak ada hamba Tuhan yang mampu menyamainya. Maka hal ini menjadi bukti & tanda bagi Nabi Muhammad sebagai utusan Yang Maha Kuasa.

Maka Al-Qur’an dapat disamakan dengan mukjizat membangkitkan orang mati, menyembuhkan penderita kusta, dan menyembuhkan orang buta. Semua ini membuktikan tanda-tanda kerasulan, karena semua ini melampaui tingkat pencapaian yang dapat dicapai oleh obat-obatan, umat manusia, & terapi penyembuhan.

Sangat jelas bahwa tidak ada wacana yang lebih fasih, tidak ada kebijaksanaan yang lebih mendalam, tidak ada pidato yang lebih luhur, tidak ada bentuk ekspresi yang lebih mulia daripada wacana yang jelas yang berasal dari ucapan seorang pria. Dia menantang orang-orang yang mengaku sebagai penguasa seni pidato, retorika, puisi, prosa, prosa berirama, dan sajak-sajak peramal. Muhammad S.A.W. menghancurkan khayalan mereka untuk menunjukkan betapa tidak memadainya logika mereka. Ia memisahkan diri dari agama mereka dan memanggil mereka semua untuk mengikutinya, untuk menerima seruannya, untuk bersaksi kepada kebenaran, dan menegaskan bahwa ia adalah utusan yang dikirim Tuhan kepada mereka. Dia membuat mereka tahu bahwa kebenaran yang dia katakan adalah bukti asli kenabiannya yang bayan.

Dia berseru dalam bahasa yang seperti bahasa mereka, dalam sebuah seruan yang maknanya mengkonfirmasi arti dari ucapan mereka. Kemudian ia mengatakan kepada mereka, bahwa mereka tidak akan mampu menciptakan sesuatu yang sebanding dengan bahkan satu surat saja dari kitab yang ia bawa, dan bahwa mereka tidak memiliki kekuatan untuk melakukan hal ini. Mereka semua tersadar mengakui ketidakmampuan, mereka mengakui kebenaran dari apa yang dibawa olehnya dan menjadi saksi atas ketidakberdayaan mereka sendiri.” (At-Taburi)

Dan Al Bayan merupakan julukan Al’Quran yang berarti wacana yang jelas. Al-Qur’an juga mempunyai julukan lainnya, yaitu Al Hikmah (kebijaksanaan) dan Al Furqan (pembeda antara yang benar & yang salah). Lihatlah kejadian yang luar biasa dan tantangan dari Al’Quran. Orang-orang tidak akan pernah mampu menandinginya & bahkan sampai zaman sekarang tidak ada yang mampu menandinginya.

Dan seseorang mungkin berkata: "Yah, mungkin memang ada seseorang yang dapat menghasilkan suatu karya yang sebanding dengan Al-Qur'an, tapi mungkin tidak pernah diketahui siapapun.” Tapi itu tidak mungkin, jika seseorang memang dapat menulis sesuatu yang sebanding dengan Al’Quran, maka pesan Nabi Muhammad akan hancur, dia akan dipermalukan, dan tak ada seorang pun yang akan mendengarkan dia. Seperti yang tadi saya sebutkan, mereka lebih suka berperang melawan Nabi Muhammad daripada menghasilkan satu surat saja yang menandingi Al’Quran.

Sekarang mari kita lihat apa kata para orientalis yang telah mengakui bahwa Al’Quran tidak mungkin ditiru. E.H. Parmer dalam bukunya The Quran, menulis:

"Penulis Arab terbaik manapun tidak pernah berhasil memproduksi sesuatu dalam tingkat yang sama dengan Al’Quran." (The Quran, E.H. Parmer)

H.A.R. Gibb dalam bukunya Islam: A Historical Survey, berkomentar:

Dalam kurun waktu 1.400 tahun, tidak ada orang yang pernah bermain dalam instrumen yang sangat dalam seperti yang Muhammad lakukan. Instrumen yang sangat kuat dan tegas, sangat berani dan mempunyai berbagai efek emosional. Sebagai sebuah monumen sastra, Al’Quran berdiri dengan sendirinya. Sebuah produksi yang unik dalam literatur Arab & tidak ada yang menjadi pelopor atau penerus Al-Qur’an." (Islam: A Historical Survey, H.A.R. Gibb)

Bahkan para non-Muslim telah mengakui kebenaran Al-Qur’an. Jadi bagaimana mungkin seorang pria yang buta huruf, menghasilkan keindahan yang luar biasa. Bahkan sampai zaman modern sekarang, tidak ada orang-orang Arab yang mampu menghasilkan sesuatu yang menandingi Al-Qur’an. Tidakkah anda berpikir bahwa memang Al’Quran adalah firman Allah, bahwa memang Muhammad S.A.W. adalah utusan Allah? Bukankah memang seharusnya kita semua mengucapkan:

Asyhadu Anla Illaha Illalah wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah
(Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah)

Baca Juga: Beberapa Tradisi Islam di Indonesia yang Berasal dari Ajaran Hindu

Sumber
Ajaib dan Aneh
Selengkapnya
Mahar 'Laskar Pelangi' Meninggal Dunia

Mahar 'Laskar Pelangi' Meninggal Dunia

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan tanah air, Veris Yamarno yang merupakan salah satu pemeran dalam film Laskar Pelangi tersebut meninggal dunia di kamar kos yang dihuninya.

Menurut berita yang MAKINTAU.com kutip dari KapanLagi, dua hari lalu, pemeran Mahar dalam Laskar Pelangi ini mengeluh sakit kepala dan pusing. Berniat untuk membawanya ke dokter, Veris menolak tawaran Zulfani dan memilih untuk tinggal di kosnya.

Sekitar jam 08.00 tadi pagi, saksi, Zulfani Fasa mengaku kalau dia melihat Veris mengalami muntah. Saksi pun kemudian meninggalkan mahasiswa IKJ semester 3 tersebut pada pukul 14.30 untuk berangkat kuliah.


Namun naas untuk Zulfani yang menemukan Veris sudah tergeletak dalam keadaan tidak bernafas. Saksi pun segera melaporkan kejadian ini pada pihak yang berwajib.

Polisi yang mengambil alih kejadian ini tidak menemukan tanda-tanda penganiayaan pada tubuh Veris. Sampai sekarang pun penyidikan masih terus berlanjut untuk mengetahui penyebab kematian pada aktor arahan Andrea Hirata tersebut.

Kabar pilu ini pun masih menggemparkan para netizen sejak beberapa jam yang lalu hingga sekarang.
Selengkapnya
Siapa yang Berhak Menghukum Penghina Rasulullah?

Siapa yang Berhak Menghukum Penghina Rasulullah?

Baru beberapa waktu yang lalu dunia dan media massa di hebohkan dengan aksi penyerangan di kantor majalah kontroversial, Charlie Hebdo. Dalam penyerangan tersebut menyebabkan 12 orang tewas serta belasan lainnya luka-luka.

Diketahui bahwa Charlie Hebdo merupakan seorang kartunis yang sempat membuat umat muslim marah karena aksinya yang dengan berani menghina Nabi Muhammad SAW dengan gambar kartun buatannya. Mungkin serangan ini ada kaitannya dengan kartun-kartun yang dibuatnya.

Memang hukuman bagi penghina Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dan penghina Islam adalah dibunuh dan halal darahnya. Akan tetapi bukan berarti boleh membunuhnya secara zhalim dan tanpa hak. Islam adalah agama yang adil dan penuh rahmah.

Siapa yang Berhak Menghukum Penghina Rasulullah?
Warga London, Inggris, menggelar doa bersama mengenang 12 korban yang tewas saat sekelompok pria bermasker hitam menyerang kantor tabloid Charlie Hebdo di Paris, Prancis, pada 7 Januari 2015.

Yang bisa mengeksekusi pembunuhan adalah ulil amri yang sah dengan keputusan dari hakim, yang memang memiliki hak untuk memberikan hukuman. Hukuman yang diberikan pun harus sesuai dengan tuntunan syariat, karena Islam telah mengatur masalah pemberian hukuman termasuk kadar dan jenis hukuman yang penuh hikmah dan jauh dari kezaliman.

Jadi bukan dengan pembunuhan yang serampangan semisal dengan menyembelih secara keji atau menembak secara membabi buta.

Berikut sedikit pembahasannya seperti yang dikutip dari situs Muslim.or.id:

Hukuman Mati Bagi Penghina Rasulullah


Ulama telah bersepakat bahwa penghina Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam hukumannya adalah dibunuh. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata dalam Sharimul Maslul,

إن من سب النَّبي صلى الله عليه وسلم من مسلم أو كافر فانه يجب قتله هذا مذهب عامة أهل العلم. قال ابن المنذر: أجمع عوام أهل العلم على أن حدَّ مَن سب النَّبي صلى الله عليه وسلم القتل وممن قاله مالك والليث واحمد وإسحاق وهو مذهب الشافعي قال :وحكي عن النعمان لا يقتل -يعني الذمي- ما هم عليه من الشرك أعظم

"Orang yang mencela Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam baik Muslim atau kafir ia wajib dibunuh. Ini adalah madzhab mayoritas ulama. Ibnu Munzir mengatakan: mayoritas ulama sepakat bahwa hukuman bagi pencela Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam adalah dibunuh. Diantara yang berpendapat demikian adalah Malik, Al Laits, Ahmad, Ishaq, dan ini juga merupakan pendapat madzhab Syafi’i. Ibnul Munzir uga berkata: dan diriwayatkan dari An Nu’man bahwa ia berpendapat pencela Nabi (jika kafir dzimmi) tidak dibunuh, karena justru mereka sudah memiliki hal yang lebih parah yaitu kesyirikan"

Ini juga berlaku bagi orang muslim yang belum bertaubat (menurut satu pendapat). Karena mereka dikatakan dengan "kafir sesudah beriman" sebagaimana dalam firman Allah,

قُلْ أَبِاللّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنتُمْ تَسْتَهْزِؤُونَ* لاَ تَعْتَذِرُواْ قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

"Katakanlah, 'Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?' Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman." [QS. At-Taubah ayat 65-66].

Demikian juga orang kafir. Maka mereka akan mendapat hukuman dibunuh jika mencela nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dari ‘Ali radhiallahu ‘anhu,

أَنَّ يَهُوْدِيَّةً كَانَتْ تَشْتِمُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَتَقَعُ فِيْهِ، فَخَنَقَهَا رَجُلٌ حَتَّى مَاتَتْ فأَبْطَلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَمَهَا.

"Seorang wanita Yahudi mencela Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mencaci maki beliau, kemudian seorang laki-laki mencekiknya sampai mati, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membatalkan (hukuman atas) penumpahan darah wanita itu" [Sunan Abi Dawud (XII/17, no. 4340), al-Baihaqi (IX/200), dinilai jayyid oleh Syaikhul Islam dalam Sharimul Maslul)]

Dilarang Membunuh Secara Zalim


Zalim artinya menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya. Dalam segala hal, zalim itu terlarang, termasuk juga dalam membunuh atau dalam menyikapi orang kafir. Islam telah memberikan tuntunan yang sempurna dalam setiap hal yang sesuai dan penuh hikmah. Barangsiapa bersikap di luar tuntunan tersebut, baik karena kurang ataupun berlebihan, maka ia zalim. Maka seseorang tidak boleh sembarang membunuh orang kafir. Hak membunuh dan memberikan hukuman tidak berada di tangan setiap orang. Yang berhak menjalankan hukum bunuh adalah ulil amri/ pemerintah yang sah. Imam An Nawawi dalam Al Majmu‘ berkata:

أما الأحكام: فإنه متى وجب حد الزنا، أو السرقة، أو الشرب، لم يجز استيفاؤه إلا بأمر الإمام، أو بأمر من فوض إليه الإمام النظر في الأمر بإقامة الحد، لأن الحدود في زمن النبي صلى الله عليه وسلم وفي زمن الخلفاء الراشدين ـ رضي الله عنهم ـ لم تستوف إلا بإذنهم، ولأن استيفاءها للإمام

“adapun mengenai masalah hukum, ketika seseorang sudah layak dijatuhi hadd (hukuman) zina, atau mencuri atau minum khamr maka tidak boleh mengeksekusinya kecuali atas perintah imam (penguasa). Atau atas perintah dari orang yang mewakili imam dalam menegakkan hadd. Karena hukuman-hukuman di masa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dan juga di zaman Khulafa Ar Rasyidin radhiallahu’anhum tidak dieksekusi kecuali atas izin mereka, dan karena hak untuk memunaikannya ada di tangan imam (penguasa)”.

Syaikh Abdurrahman al-Barrak hafidzahullah mengatakan:

وإن كان السابّ معاهداً كالنصراني كان ذلك نقضاً لعهده ووجب قتله ، ولكن إنما يتولى ذلك ولي الأمر

“Jika orang yang mencela Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang kafir yang tidak memerangi kaum muslimin, misalnya orang Nasrani, maka dia ini berarti telah membatalkan kesepakatan damai dengannya, sehingga wajib dibunuh. Akan tetapi, yang melakukan hal itu adalah pemimpin” (Sumber: http://islamqa.info/ar/14305).

Islam mengajarkan agar tidak sembarangan membunuh baik seorang muslim ataupun non-muslim, kecuali non-muslim yang memerangi kaum muslimin maka boleh dibunuh. Lebih-lebih yang dibunuh adalah seorang Muslim. Maka perkaranya cukup besar. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللهِ مِنْ قَتْلِ مُسْلِمٍ

“Lenyapnya dunia lebih ringan bagi Allah dibandingkan pembunuhan terhadap seorang muslim” (HR. At Tirmidzi no. 1395).

Bahkan ancamannya cukup keras jika membunuh seorang Muslim jika sengaja, yaitu bisa lama sekali tinggal di neraka dalam waktu yang cukup panjang. Allah Ta’ala berfirman,

وَمَن يَقْتُلْ مُؤْمِناً مُّتَعَمِّداً فَجَزَآؤُهُ جَهَنَّمُ خَالِداً فِيهَا وَغَضِبَ اللّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُ وَأَعَدَّ لَهُ عَذَاباً عَظِيماً

“Barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah jahanam. Ia kekal di dalamnya, Allah murka kepadanya, mengutukinya, serta menyediakan azab yang besar baginya.” [QS. An-Nisa' ayat 93].

Demikian juga tidak boleh membunuh orang kafir sembarangan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

من قتل معاهداً لم يرح رائحة الجنة وإن ريحها ليوجد من مسيرة أربعين عاماً

“Barangsiapa yang membunuh orang kafir yang memiliki perjanjian perlindungan (mu’ahad), maka dia tidak akan mencium wangi surga. Sungguh, wangi surga itu tercium sejauh jarak empat puluh tahun.” [HR. Al Bukhari 3166].

Terkait dengan orang kafir yang menghina Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan membuat gambar-gambar kartun yang menghina, maka kami cantumkan fatwa syaikh Shalih Fauzan Al-Fauzan hafidzahullah,

السائل: هل يجوز اغتيال الرسام الكافر الذي عرف بوضع الرسوم المسيئة للنبي صلى الله عليه وسلم؟

Penanya: Bolehkah membunuh kartunis kafir yang terkenal dengan membuat kartun yang menghina Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam?

beliau menjawab:

هذا ليس طريقة سليمة الاغتيالات وهذه تزيدهم شرا وغيظا على المسلمين لكن الذي يدحرهم هو رد شبهاتهم وبيان مخازيهم وأما النصرة باليد والسلاح هذه للولي أمر المسلمين وبالجهاد في سبيل الله عز وجل نعم

"Ini bukanlah metode yang benar dalam membunuh. Hal Ini akan menambah keburukan dan kemarahan mereka kepada kaum muslimin. Akan tetapi, cara menolak mereka adalah dengan membantah syubhatnya dan menjelaskan perbuatan mereka yang sangat memalukan tersebut. Adapun membela (Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam) dengan tangan dan senjata, maka ini hanyalah untuk para pemerintah kaum muslimin dan hanya melalui jihad di jalan Allah ‘Azza wa Jalla. demikian". (Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/1960).

Kesimpulan


Yang berhak menghukum penghina Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam adalah ulil amri. Jika ia ada di negara Muslim, maka ulil amri yang menjatuhkan hukuman bunuh. Jika ia di negara kafir, boleh di bunuh atas izin ulil amri Muslim atau melalui jalan jihad yang syar’i.

Demikianlah semoga kita bisa menyikapi hal ini dengan bijak.

Baca Juga: Keajaiban Bahasa Arab dalam Al-Qur'an
Selengkapnya
Mengerikan Kisah Petugas Dengarkan Rekaman BlackBox

Mengerikan Kisah Petugas Dengarkan Rekaman BlackBox

Mendengarkan suara rekaman terkadang mengasyikkan. Apalagi jika yang didengarkan adalah rekaman suara musik. Tapi bagaimana jika yang didengarkan rekaman suara percakapan pilot dan kopilot pada black box atau kotak hitam sebuah pesawat yang mengalami celaka?

Mendengarkan percakapan pilot dan kopilot di kabin kokpit menjadi bagian penting dalam menginvenstigasi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Tugas investigasi itu berada di tangan Komite Nasional Keselamatan‎ Transportasi (KNKT).

Dari rekaman percakapan pilot dan kopilot, terutama di menit-menit akhir sebelum pesawat itu celaka, maka bisa ditemukan jawaban kenapa pesawat tersebut mengalami kecelakaan.

"Kita akan tahu apa sih yang sebenarnya terjadi dari percakapan pilot atau kopilot sesaat pesawat itu mengalami kecelakaan," kata Investigator KNKT, Nurcahyo Utomo di Pangkalan Bun.

Di situ tugas KNKT untuk melakukan invesitigasi lebih lanjut.‎ Dari percakapan itu akan ditarik benang merahnya pada hal-hal lain yang menyebabkan pesawat kecelakaan. Bisa pada kerusakan suatu mesin, rusaknya radar, atau ketidaktahuan pilot akan medan atau jalur yang dilalui pesawatnya.

Mengerikan Kisah Petugas Dengarkan Rekaman BlackBox

Bagian Mengerikan

‎Nurcahyo mengakui, pengalamannya meneliti black box, terutama terhadap rekaman suara percakapan pilot dan kopilot, awalnya tidak berjalan mulus. Investigator yang sudah bergabung sejak tahun 1997 ini mengatakan, pada saat masa awal tugasnya mendengarkan percakapan dari kotak hitam membuatnya terganggu.

Karena, dia harus mendengarkan suara seseorang pada detik-detik terakhir sebelum kecelakaan. Pikirannya dipaksa untuk membayangkan bagaimana posisi seorang pilot atau kopilot yang sudah mengetahui akan celaka.

"Bayangkan, kita harus mendengarkan rekaman suara itu sampai habis. Bayangkan, dia tahu bahwa dalam hitungan 1 atau 2 detik lagi akan celaka," kata Nurcahyo.

Pada menit-menit atau detik-detik terakhir rekaman suara percakapan itu, adalah bagian yang mengerikan.‎ Nurcahyo atau investigator KNKT lainnya mendengarkan 'kata-kata' terakhir dari sang pilot atau kopilot.

Dia sampai tak bisa membayangkan bagaimana berada di posisi pilot dan kopilot itu. Kata-kata' terakhir yang biasanya terdengar dari pilot dan kopilot adalah Allahu Akbar. Kata-kata itu yang‎ membuat semakin bulu kuduknya berdiri.

"Ini paling mengerikan. Apalagi bagian akhir. Kata-kata terakhir dari pilot. Umumnya teriak Allahu Akbar. Itu merinding saya dengarnya," ujar dia.

Namun, perasaan atau pikiran-pikiran itu mulai bisa dia atasi seiring berjalannya waktu. Kian lama waktu berjalan dalam tugasnya, dia makin terbiasa saat mendengarkan bagian-bagian akhir rekaman suara percakapan di kabin pilot. Meski sampai saat ini dia masih tak bisa membayangkan bagaimana berada pada posisi pilot atau kopilot.

Pernah suatu kali, Nurcahyo dan teman-temannya mendengarkan rekaman suara percakapan pilot dan kopilot pesawat yang mengalami kecelakaan. Tanpa menyebut kecelakaan pesawat apa, Nurcahyo bersama-sama teman-temannya hening tanpa berbicara satu sama lain usai rekaman suara habis. Mereka hanya bisa saling menatap satu sama lain.

"Akhirnya kita rewind (putar ulang) lagi. Dengar lagi, karena itu kan tugas kita," kata Nurcahyo.

Segudang Pengalaman

‎Belasan tahun bekerja sebagai investigator KNKT, maka sudah puluhan kali ia harus mendengarkan rekaman suara black box. Sebab, mendengarkan percakapan pilot dan kopilot jadi bagian penting dalam melakukan investigasi sebuah kecelakaan pesawat.

Kotak hitam yang ditelitinya di antaranya kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak pada 2012, lalu kecelakaan Pesawat Lion Air di Bali pada 2013, kecelakaan Pesawat Garuda Indonesia di Yogyakarta pada 20007, dan kecelakaan Pesawat Lion Air di Solo pada 2004.

Dari rentetan peristiwa kecelakaan itu, umumnya black box yang ditangani KNKT berhasil diteliti. Meski kondisinya sudah rusak, KNKT berhasil mengungkap penyebab kecelakaan pada sebuah pesawat dari kotak hitam. Contohnya saja, black box Sukhoi Superjet 100 yang terbakar atau black box Lion Air pada kecelakaan di Bali 2013 yang sudah terendam air laut.

"Kalaupun rusak, kita akan melakukan berbagai cara, seadanya kita teliti. Pakai hitungan manual," kata Nurcahyo.

Terkait dengan kecelakaan Pesawat AirAsia QZ8501 ini, black box pesawat tipe Airbus A320-200 itu sampai saat ini belum ditemukan. Namun, jika sudah ditemukan, bukan berarti pekerjaan selesai.

"Justru penemuan black box itu awal pekerjaan kami. Awal PR (pekerjaan rumah) kami," kata Nurcahyo.
Selengkapnya
Ini Dia Rahasia Tidur 300 Tahun Ashabul Kahfi

Ini Dia Rahasia Tidur 300 Tahun Ashabul Kahfi

Ashabul Kahfi adalah kisah dari 7 pemuda dan 1 ekor anjing mereka yang di kisahkan tertidur selama 300 tahun di dalam gua, mereka dilindungi Allah dengan cara ditidurkan selama ratusan tahun agar mereka selamat dari kekejaman Raja Dikyanus, kisah ini juga tertulis dalam Alquran dalam surat Al-Kahfi.

Kisah ini juga di kenal dalam agama Kristen dengan nama The Seven Sleepers. Menurut beberapa sejarahwan Islam, ketujuh pemuda tersebut bernama: Maxalmena, Martinus, Kastunus, Bairunus, Danimus, Yathbunus dan Thamlika. Serta seekor anjing bernama Kithmir, yang dipercaya sebagai satu-satunya anjing yang masuk Surga.

Ini Dia Rahasia Tidur 300 Tahun Ashabul Kahfi

Di dalam gua tersebut mereka tertidur selama 300 tahun, jika bukan karena kekuasaan Allah maka hal ini tidak mungkin terjadi. Tapi, mari kita kupas satu per satu tentang resep tidur panjang para pemuda tersebut? Seperti yang dikutip dari lulusuji.blogspot.com:

1. Makanan


Kehebatan Ilmu Manusia:

Cairan kombinasi es & garam yang disuntikkan dalam tubuh agar suhu darah menurun. Lumayan drop dari 37 C s/d 10 C. Apabila suhu darah sudah drop tentu saja metabolisme tubuh pun ikut turun. Ini sudah diuji coba pada seekor babi & berhasil. Namun ini hanya berhasil dalam beberapa jam saja.

Menurut para ahli dari University of California & Safar Centre for Resuscitation Research at the University of Pittsburgh, tempo bisa diperpanjang hingga hitungan hari, minggu bahkan bulan dengan catatan tubuh harus diberi makan dalam bentuk tetes yang dialirkan ke pembuluh darah.

Hanya konsekuensi hibernasi: Rambut & kuku akan tetap tumbuh, umur pun tetap bertambah.

Kehebatan Ilmu Allah SWT:

Tidak ada asupan makanan apalagi minuman karena para pemuda itu tidur non-stop selama 300 tahun. Yang luar biasa umur tak bertambah sedikitpun.

2. Kotoran


Kehebatan Ilmu Manusia:

Sampai saat ini para peneliti masih kesulitan mengatasi urusan yang satu ini. Di antara binatang yang mengadopsi sistem hibernasi pun hanya beruang saja yang tidak punya masalah buang air besar.

Kehebatan Ilmu Allah SWT:

Mereka tidak memiliki masalah ini. Apa dalilnya? Apakah Anda punya argumentasi yang dapat menjelaskan seseorang yang tidak pernah mendapat asupan makanan & minuman sama sekali tapi masih bisa mengeluarkan kotoran? Bisa-bisa dehidrasi dong? Jadi no input, no output!

3. Cahaya


Kehebatan Ilmu Manusia

Para ahli nampaknya belum melirik faktor yang satu ini untuk mempertahankan kondisi tubuh. Yang diyakini saat ini menggunakan sistem "drowning in icy water" alias tubuh direndam dalam air es. Metode ini terbukti mampu mengobati tubuh yang terluka atau menyelamatkan pasien serangan jantung setelah "mati" dalam beberapa jam.

Kehebatan Ilmu Allah SWT:

Coba perhatikan petikan ayat ke-17:

"Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya." [QS. Al-Kahfi ayat 17]

Dalam medis pun sinar matahari dianggap penting untuk pembersihan, penguatan tulang & kulit dan manfaat lainnya.

Dalam tafsir Al-Qurthubi mengatakan, Ayat 'bila matahari terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri', maksudnya adalah bagian kiri matahari mengenai mereka karena sengatannya. Sinar matahari memperbaiki tubuh mereka. Ayat itu dalam hal ini menegaskan bahwa Allah SWT menempatkan mereka di gua yang karakteristiknya unik. Mungkin jika arsitektur gua yang berbeda hasil akhirnya bisa jadi berbeda. Malah, bisa-bisa tubuh terpanggang gara-gara matahari siang.

Kejadian itu merupakan bagian dari kebesaran dan kekuasaan Allah.

Baca Juga: Siapa yang Berhak Menghukum Penghina Rasulullah?
Selengkapnya
Ilmuwan: Alam Semesta Itu Berbentuk Sangkakala

Ilmuwan: Alam Semesta Itu Berbentuk Sangkakala

Sangkakala adalah sebuah terompet raksasa yang berbentuk seperti tanduk dari cahaya dan memiliki ukuran yang sangat luar biasa besar. Dalam sebuah hadits, Rasulullah menjelaskan bahwa sangkakala itu dibuat oleh Allah setelah Allah selesai menciptakan alam semesta beserta isinya, Allah menciptakan sangkakala kemudian diberikan kepada malaikat Israfil.

Pada hari kiamat nanti, sangkakala akan di tiup oleh malaikat Israfil setelah Allah memerintahkannya. Setelah itu, hancurlah alam beserta isinya pada tiupan Nafkhatus sa'aq, musnahlah segala makhluk yang ada di langit dan di bumi kecuali yang dikehendaki oleh-Nya.

Sangkakala saat ini masih menjadi misteri di kalangan para ilmuwan, namun bagi kita yang mempercayai janji Allah, tentu kita tidak boleh ragu tentang apa yang diberitakan oleh Alquran kepada kita semua.

Ilmuwan: Alam Semesta Itu Berbentuk Sangkakala

Para peneliti dan ilmuwan saat ini banyak sekali yang mempelajari tentang alam semesta, hingga akhirnya seorang ilmuwan mengklaim bahwa ia berhasil mengungkap misteri sangkakala.

Seorang profesor dari Universitas Ulm mengemukakan kesimpulan yang mencengangkan. Prof. Frank Steiner mengatakan bahwa alam semesta ini berbentuk seperti terompet. Di mana pada bagian ujung belakang terompet tersebut merupakan alam semesta yang tidak bisa diamati (unobservable), sedang bagian depan, di mana bumi dan seluruh sistem tata surya berada merupakan alam semesta yang masih mungkin untuk diamati (observable).

Penelitian tersebut dilakukan menggunakan peralatan canggih milik NASA yang bernama "Wilkinson Microwave Anisotropy Prob" atau WMAP.

Bentuk Alam Semesta


Ada sebuah hadits panjang yang sangat menarik untuk kita cermati dalam kitab Tanbihul Ghofilin Jilid 1 hal. 60. Dalam kitab tersebut menjelaskan tentang kejadian kiamat yang pada bagian awalnya sangat menarik untuk dicermati.

Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw bersabda: "Ketika Allah telah selesai menjadikan langit dan bumi, Allah menjadikan sangkakala (terompet) dan diserahkan kepada malaikat Israfil, kemudian ia letakkan dimulutnya sambil melihat ke Arsy menantikan bilakah ia diperintah".

Saya bertanya: "Ya Rasulullah apakah sangkakala itu?" Jawab Rasulullah: "Bagaikan tanduk dari cahaya." Saya bertanya: "Bagaimana besarnya?" Jawab Rasulullah: "Sangat besar bulatannya, demi Allah yang mengutusku sebagai Nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali. Pertama: Nafkhatul faza' (untuk menakutkan). Kedua: Nafkhatus sa'aq (untuk mematikan). Ketiga: Nafkhatul ba'ats (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan)."

Dalam kalimat 'seluas langit dan bumi' dapat kita pahami sebagai ukurang yang sangat luas yang meliputi seluruh langit (lambang alam ghaib atau tak nyata) dan seluruh bumi (lambang alam nyata).

Dengan kata lain, terompet malaikat Isrofil itu membentang dari alam nyata hingga alam ghaib. Kedahsyatan tiupan sangkakala tersebut juga digambarkan dalam ayat berikut:

"Dan (ingatlah) hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri." [QS. An-Naml ayat 87]

Sungguh Maha Besar Allah yang memiliki Kerajaan Langit dan Bumi.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Tidur 300 Tahun Ashabul Kahfi
Selengkapnya
Nebula 'Mawar Merah' di Dalam Al Quran

Nebula 'Mawar Merah' di Dalam Al Quran

Bagi Anda yang menggemari dunia astronomi tentu tak asing dengan istilah Nebula. Seperti yang kita ketahui bahwa Nebula adalah awan antar bintang yang terdiri dari debu, gas dan plasma. Nebula juga merupakan tempat lahirnya bintang-bintang baru, tahukah Anda bahwa secara tersirat di dalam Alquran juga disebutkan tentang salah satu keindahan langit yang satu ini?

Di dalam sebuah surat tertulis firman Allah yang menggambarkan tentang keindahan Nebula ini. Namun di dalam Alquran, Nebula di gambarkan bagaikan mawar merah yang mengkilap seperti minyak. Jika Anda membaca surat Ar-Rahman, lihatlah pada ayat ke-37. Dalam surat tersebut berbunyi firman Allah:

"Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak." [QS. Ar-Rahman ayat 37]

Kini kebenaran ayat tersebut sudah di buktikan oleh NASA. Berjarak 3000 tahun cahaya dari Bumi, terdapat 'Nebula Mawar Merah' tersebut yang disebut NASA sebagai Nebula Cat's Eye.

Nebula 'Mawar Merah' di Dalam Al Quran
Cat's Eye Nebula (Mawar Merah)  © NASA

Nebula Cat's Eye sebelumnya adalah sebuah bintang mati yang akhirnya meledak dan menyemburkan gas yang bersinar terang seperti mawar merah.

Gambar yang berhasil di abadikan oleh teleskop Hubble ini tampak seperti apa yang di gambarkan oleh Alquran surat Ar-Rahman tadi.

"Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak." [QS. Ar-Rahman ayat 37]

Meski di sebutkan seperti mawar merah di dalam Alquran, lantas kita jangan mengartikan bahwa warna Nebula itu selalu merah. Yang di maksud dalam surat Ar-Rahman ayat 37 tersebut tidaklah selalu merah mawar, tetapi menyerupai mawar merah yang seperti kilatan minyak.

Banyak sekali nebula-nebula seperti ini yang telah ditemukan dan dipelajari oleh para ahli perbintangan. Warna mereka pun sangat beragam dan semuanya itu menunjukkan kejadian masa lalu, karena apa yang tertangkap oleh teleskop adalah cahaya yang telah mengarungi angkasa ribuan tahun cahaya lamanya.

Banyak di antara nebula-nebula menunjukkan nasib berbagai bintang ketika menemui ajalnya. Namun tak sedikit pula nebula yang merupakan tempat lahirnya bintang-bintang baru.

Berikut ini adalah gambar-gambar Nebula lain dengan warna berbeda:

Nebula 'Mawar Merah' di Dalam Al Quran
Cat's Eye Nebula  © NASA

Nebula 'Mawar Merah' di Dalam Al Quran
Cat's Eye Nebula © NASA

Baca Juga: Ilmuwan: Alam Semesta Itu Berbentuk Sangkakala
Selengkapnya
JARVIS Iron Man di Zaman Rasulullah

JARVIS Iron Man di Zaman Rasulullah

Siapa yang sudah pernah nonton film fiksi tentang superhero bernama Tony Stark alias Iron Man? Iron Man adalah film produksi Marvel yang juga merupakan salah satu film Marvel yang sukses. Dalam film tersebut dikisahkan bahwa Tony Stark adalah seorang industrialis, petualang, filantropis, penemu dan ilmuwan. Dia adalah seorang pendiri Maria Stark Foundation, CEO Stark Enterprises, CEO Stark Solutions, CEO Circuits Maximus, CEO Stark International, dan Presiden Kehormatan Stark Resilient.

Tony Stark hidup dengan seorang pembantu digital yang sangat canggih dengan dilengkapi sistem komputer yang mendukung kecanggihannya. Pembantu digital tersebut juga dilengkapi dengan aplikasi yang super canggih bernama JARVIS kependekan dari Just A Really Very Intelligent System. Aplikasi tersebut mampu untuk membuat tampilan gambar sedderhana menjadi gambar dengan bentuk visual 5 dimensi.

JARVIS Iron Man di Zaman Rasulullah

Dengan menggunakan sentuhan tangan si Iron Man, gambar 5 dimensi tersebut bisa di gerakkan dan dilihat dari berbagai sudut sehingga akan tampak seperti bentuk yang sebenarnya.

Tahukah Anda bahwa ternyata teknologi serupa juga ada di zaman Rasulullah? Hal ini terjadi pada saat Rasulullah di Isra'-kan oleh Allah dari Masjidil Haram ke Majidil Aqsa.

Dalam hadits Rasulullah dari Ibnu Abbas RA ia berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW: "Ketika malam aku di Isra'-kan dan pada waktu subuh aku telah sampai di Makkah, aku khawatir dengan urusanku kemudian aku duduk dengan hati yang sedih."

Kemudian melintaslah Abu Jahal dan kemudian duduk di sebelah beliau dan berkata: "Kamu tampak sedih, apakah ada sesuatu?" Rasulullah menjawab: "Sesungguhnya aku di Isra'-kan malam tadi" Abu Jahal berkata: "Kemana?" Rasulullah menjawab: "Ke Baitul Maqdis", Abu Jahal berkata: "Kemudian saat subuh engkau sudah ada di hadapan kami (di Makkah)?" Rasulullah menjawab: "Ya"

Abu Jahal tidak menampakkan sikap bahwa ia mendustakannya karena takut beliau tidak mau menceritakan hal itu lagi jika kaumnya dipanggil olehnya. Kemudian dia berkata: "Tahukah engkau, jika engkau hendak mendakwahi kaummu, maka kamu harus menceritakan kepada mereka apa yang barusan kau ceritakan padaku" Rasulullah menjawab: "Ya"

Kemudian Abu Jahal Berkata: "Kemarilah wahai penduduk Bani Ka'ab bin Lu'ai!" Lalu mereka berkumpul kepadanya datang sampai duduk mengelilingi keduanya. Dia berkata: "Ceritakan pada kaummu apa yang telah engkau kisahkan kepadaku."

Kemudian Rasulullah berkata: "Sesungguhnya aku di Isra'-kan malam tadi", mereka bertanya: "Kemudian saat subuh engkau sudah ada di hadapan kami (di Makkah)?" Beliau menjawab: Ya. Lalu ia (Ibnu Abbas) berkata: "Maka ada yang bersorak dan ada yang meletakkan tangannya di atas kepala karena heran atas kebohongan itu (menurut mereka)". Mereka berkata: "Dan apakah engkau dapat menyifatkan kepada kami masjid itu?" di antara penduduk tersebut sudah ada yang pernah melihatnya.

Maka Rasulullah SAW bersabda: "Maka aku mulai menyebutkan ciri-cirinya dan tidaklah aku berhenti menyifatkan sehingga aku lupa beberapa cirinya." Beliau bersabda: "Lantas didatangkan masjid sampai diletakkan tanpa kesamaran sehingga aku dapat melihat(nya). Maka aku menyifatkan dengan melihat hal itu." Ia berkata: "Dan sampai ini, ada sifat yang tidak aku hafal". Ia berkata: kemudian ada kaum yang berkata: "Adapun sifat tersebut, demi Allah, ia benar." [HR. Ahmad (2680), disahkan Al-Albani dalam Ash-Shahihah (VII:3021)]

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa ketika Rasulullah lupa dengan ciri-ciri masjid tersebut, dengan segera Allah mendatangkan gambar masjid tersebut di hadapan Rasulullah dengan gambar yang tampak seperti nyata. Sehingga Rasulullah bisa menerangkan sifat atau ciri-ciri masjid tersebut tanpa ada keraguan.

Mungkin jika tidak berlebihan, kita bisa menggambarkan hal ini seperti teknologi JARVIS yang ada dalam film Iron Man. Di hadapan beliau terpampang sebuah layar berukuran besar yang menampilkan citra Masjid Baitul Maqdis berikut halamannya dalam bentuk 5 dimensi, sehingga Rasulullah dapat memutar-mutarnya untuk mengetahui berapa jumlah tiang masjid Baitul Maqdis, bagaimana bentuk halaman depannya, seperti apa ukiran-ukiran yang ada di dinding masjid tersebut dan lain sebagainya.

"Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." [QS. Al-Isra' ayat 1]

Jika kita mengetahui dan mempercayai akan kebenaran Al-Qur'an, tentu kita akan semakin mempercayai bahwa Al-Qur'an memang kitab yang datang langsung dari Allah sehingga di zaman modern seperti sekarang ini, kebenaran-kebenaran Al-Qur'an mulai terbukti melalui teknologi dan penelitian ilmiah.

Namun, bagi orang-orang kafir hal seperti ini hanya akan dijadikan sebagai bahan tertawaan dan menganggap segala kejadian dan kebenaran Al-Qur'an yang terbukti itu tak lebih dari suatu hal yang di kait-kaitkan dengan Al-Qur'an saja.
Selengkapnya
Hati-Hati Dengan Foto 'Centang' di Facebook

Hati-Hati Dengan Foto 'Centang' di Facebook

Ada hal aneh yang ada pada facebook baru-baru ini, entah apa sebabnya yang jelas akun Anda akan terkunci jika Anda memasang sebuah gambar seperti tanda 'terverifikasi' di facebook. Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan bagaimana hal ini bisa terjadi.

Facebook sendiri belum memberikan keterangan terkait hal yang satu ini. Yang jelas, sudah banyak korban yang mencobanya dan ternyata memang benar. Anda tidak disarankan untuk memasang foto atau gambar tersebut sebagai gambar profil Anda jika Anda tidak bisa memverifikasi akun facebook Anda. Karena, salah-salah Akun Anda malah akan terkunci untuk selamanya.

Baca Selengkapnya: Disini
Selengkapnya
Pakai Foto Ini, Profil Facebook Kamu Akan Terkunci

Pakai Foto Ini, Profil Facebook Kamu Akan Terkunci

Ada hal aneh yang ada pada facebook baru-baru ini, entah apa sebabnya yang jelas akun Anda akan terkunci jika Anda memasang sebuah gambar seperti tanda 'terverifikasi' di facebook. Sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan bagaimana hal ini bisa terjadi.

Facebook sendiri belum memberikan keterangan terkait hal yang satu ini. Yang jelas, sudah banyak korban yang mencobanya dan ternyata memang benar. Anda tidak disarankan untuk memasang foto atau gambar tersebut sebagai gambar profil Anda jika Anda tidak bisa memverifikasi akun facebook Anda. Karena, salah-salah Akun Anda malah akan terkunci untuk selamanya.
Pakai Foto Ini, Profil Facebook Kamu Akan Terkunci
Apa sih sebenarnya yang menyebabkan gambar tersebut bisa membuat akun facebook terkunci?

Bug


Ada yang menganggap bahwa itu adalah sebuah celah 'bug' facebook, yang ada pada fitur gambar profile facebook. Mungkin saja dari situ seorang hacker bisa mencuri data kata sandi dan data penting lainnya di facebook korban.

Namun anggapan tersebut mungkin saja salah, karena setelah mengganti foto profil dengan foto tersebut Anda akan diminta masuk lagi dan memverifikasi akun Anda, setelah itu Anda akan diminta untuk mengganti kata sandi Anda.

Namun, meskipun demikian, saya sarankan Anda harus berhati-hati terhadap hal-hal yang seperti ini. Karena mungkin juga ini ulah dari para hacker yang iseng dan ingin menjebak akun Anda.

Ini dia foto tersebut, jangan di pasang di Facebook Anda! Jika Anda penasaran, silahkan.

Pakai Foto Ini, Profil Facebook Kamu Akan Terkunci
Selengkapnya
Empat Telur Aneh, Berkuning Ganda

Empat Telur Aneh, Berkuning Ganda

Telur biasanya memiliki kuning 1, namun telur yang di masak oleh wanita Inggris ini berbeda dan aneh. Telur yang dia masak ini memiliki kuning telur ganda, bukan hanya satu tapi empat sekaligus.

Diberitakan seorang perempuan Inggris terkejut saat hendak membuat sarapan pagi untuk keluarganya. Dia membuat telur rebus dan seluruhnya berkuning telur ganda.

Surat kabar Mirror melaporkan, Kamis (1/1), Michelle Fiddler asal Kota Liverpool nampak kaget seperti menang undian. "Hari itu akhir pekan dan saya membuat sarapan telur. Hanya tersisa empat telur ini. Saya pernah menemukan dua kuning telur ganda sebelumnya tapi tak sebanyak ini," ujar Fiddler.

Empat Telur Aneh, Berkuning Ganda

Dia mengambil gambar telur-telur itu dan mengunggahnya di jejaring sosial Facebook dan Twitter. Rekan-rekannya langsung mengomentari dan mengulang kicauan itu hingga menjadi viral di Inggris.

Menurut juru bicara Layanan Informasi Telur Inggris mengatakan kuning telur ganda berasal dari ayam muda yang sistem hormonnya belum berkembang penuh. Namun seharusnya satu berbanding ribuan. "Ini cukup aneh," ujar sumber tak disebut namanya ini.

Sumber
Merdeka.com
Selengkapnya