Tunggangan Bangsa Jin

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Jin merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang memiliki kewajiban yang sama seperti manusia yakni wajib beribadah dan menyembah Allah SWT. Jin hidup seperti manusia, mereka makan, minum, dan berkembang biak.

Selain itu, mereka juga tinggal disekitar kita. Namun karena mereka adalah gaib, maka kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Seperti manusia, jin juga memiliki hewan-hewan peliharaan seperti kuda, keledai, dan sebagainya.

Didalam Alquran disebutkan juga bahwa jin ternyata memiliki hewan tunggangan seperti yang manusia gunakan. Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa makanan hewan dari bangsa jin adalah kotoran dari hewan milik manusia. Dalam riwayat Imam Muslim disebutkan,

Tunggangan Bangsa Jin

"Untuk kalian (golongan jin) segala tulang yang disebut nama Allah atasnya (pada saat penyembelihannya), yang kalian dapatkan masih banyak dagingnya, dan setiap kotoran binatang adalah makanan untuk binatang kalian (golongan jin). Oleh karenanya janganlah (golongan manusia) beristinjak (cebok) dengan keduanya, sebab keduanya adalah makanan saudara-saudara kalian" HR. Muslim no. 450]

Kemudian lagi dikatakan bahwa setan ternyata memiliki tunggangan. Tunggangan mereka adalah kuda, hal ini diungkapkan Allah dalam firman-Nya. Pada saat Iblis diperintahkan Allah untuk sujud kepada Adam dan ia membangkang, kemudian Allah melaknat Iblis.

Kemudian, Iblis yang terlaknat itu memohon kepada Allah agar diberi penangguhan ajal dan agar bisa menyesatkan anak cucu Adam hingga hari kiamat. Allah kemudian mengabulkan permohonan Iblis, Allah berfirman:

"Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu (suaramu), dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan tipuan belaka" [QS. Al Israa’ ayat 64]

Itulah ayat yang menyebutkan bahwa setan memiliki tunggangan yaitu kuda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua, Aamiin.