Indra Mengagumkan ini Hanya Dimiliki Hewan

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Hewan-hewan di dunia ini sangat beragam bentuk dan jenisnya, dan keberagaman hewan dan makhluk-makhluk bumi tersebut adalah salah satu bukti dan tanda akan kekuasaan Allah SWT Yang Maha Kuasa.

Manusia diberikan akal dan pikiran oleh Tuhan untuk berfikir dan menggunakan akalnya ketika hendak melakukan sesuatu, namun hewan hanya diberikan insting. Namun, meskipun tidak memiliki akal seperti manusia, ternyata hewan memiliki indra yang lebih mengagumkan daripada manusia.

Indra Mengagumkan ini Hanya Dimiliki Hewan

Bahkan beberapa teknologi yang manusia ciptakan ada yang meniru cara kerja indra hewan tersebut, berikut ini adalah indra mengagumkan yang hanya dimiliki oleh hewan.

Feromon


Pernahkah Anda melihat semut berlari kesana kemari? Anda tentu berfikir bahwa pergerakan yang dilakukan semut tersebut tidak terorganisir dengan baik. Namun nyatanya, anggapan tersebut adalah salah.

Anda harus tahu bahwa ternyata semut itu hewan yang terkenal mampu memancarkan aroma yang disebut dengan feromon. Feromon dapat mengkomunikasikan pikiran yang rumit berdasarkan jenis dan jumlah feromon yang dipancarkan. Biasanya menggunakan sepuluh sampai dua puluh jenis feromon, semut dapat memancarkan aroma yang memberitahu semut lain untuk memperhatikan, datang dalam arah ini dan itu, serangan, atau minggir.

Bakteri dan beberapa serangga lainnya pun menggunakan feromon sebagai cara berkomunikasi dengan sesamanya. Luar biasa bukan?

Magnetoreception


Magnetoreception bisa disebut juga sebagai 'indra keenam' hewan. Indra keenam hewan ini tentu berbeda dengan manusia, jika manusia yang mengaku memiliki indra keenam biasanya mengaku dapat melihat makhluk ghaib, sedangan magnetoreception adalah salah satu kemampuan hewan untuk mendeteksi magnet bumi.

Dengan magnetoreception, hewan dapat mendeteksi dimana arah magnet bumi, menentukan arah, serta mengetahui mereka berada dalam ketinggian berapa. Sungguh luar biasa. Burung menggunakan magnetoception untuk mengikuti rute migrasi, ikan Salmon menggunakannya untuk menavigasi laut dan menemukan jalan mereka kembali ke rumah mereka dan beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa anjing menggunakan medan magentik untuk menyesuaikan diri sebelum pergi ke kamar mandi.

Echolocation


Pernah dengar istilah biosonar? Echolocation kurang lebih hampir sama denga biosonar. Echolocation adalah indra hewan yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain meskipun jarak mereka ratusan kilometer. Ini biasanya digunakan ikan paus dan lumba-lumba untuk berkomunikasi.

Sementara itu, kelelawar juga memiliki indra ini ketika mencari makanan dimalam hari. Kelelawar mampu mendeteksi makanan dan keadaan sekitar dengan menggunakan echolocation.

Saking canggihnya echolocation, sampai-sampai manusiapun menerapkannya dalam teknologi canggih dan nyatanya memang sangat berguna bagi manusia. Salah satu teknologi yang menggunakan echolocation adalah kapal selam.

Gelombang Elektromagnetik


Ada beragam warna yang dapat manusia lihat didalam kehidupan ini, namun sebenarnya tidak semua spektrum warna dapat dilihat oleh indra manusia. Cahaya putih yang disebut monokromatik (satu warna) terurai menjadi beragam jenis warna yang disebut polikromatik dengan perbedaan panjang gelombang cahaya. Warna merah memiliki panjang gelombang terpanjang namun frekuensi terendah, sebaliknya biru memiliki panjang gelombang lebih renda namun dengan frekuensi lebih tinggi. Jenis gelombang elektromagnetik salah satunya sinar ultraviolet tak mampu kita lihat secara jelas.

Serangga seperti lebah dan kupu-kupu lah yang memiliki kemampuan melihat secara detail ultraviolet untuk membantu mereka dalam melakukan penyerbukan pada bunga-bunga disekitar mereka yang difavoritkan.

Bahkan yang terunik, burung Merpati memiliki kemampuan membedakan warna yang hampir sama dan sama sekalipun dalam pandangan manusia. Hal ini dikarenakan Merpati dikaruniai kemampuan melihat perbedaan panjang gelombang lima warna dasar yang disebut Pentachromates dalam satu waktu yang sama. Sedangkan kita manusia, termasuk Trichromates yang memproses tiga warna dasar yakni merah, biru dan hijau pada stau waktu. (kaskus)