Tips Memilih Niche yang Tepat Untuk Blog

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Setelah kemarin saya menulis artikel tentang Hal-Hal yang Harus di Pikirkan Sebelum Membuat Blog, kali ini saya akan menuliskan artikel yang hampir sama dan bisa jadi sebagai terusan dari artikel saya yang kemarin itu. Karena artikel ini masih mencakup seputar blogging.

Pada awal sebelum membuat blog, ada sebaiknya kamu menentukan niche blog yang tepat untuk blog kamu. Seperti yang sudah saya tuliskan pada artikel sebelumnya, ada banyak sekali niche blog di dunia ini mulai dari blog pribadi, fashion, dan blog yang isinya campur aduk. Lalu bagaimana cara untuk memilih blog yang tepat agar menjadi seseorang yang sukses di dunia blogging?

Tips Memilih Niche yang Tepat Untuk Blog Baru

Sebelum menentukan niche untuk blog kamu, sebaiknya kamu harus mengenali diri kamu terlebih dahulu. Galilah potensi yang ada diri kamu dan lihatlah minat yang ada di dalam dirimu. Karena jika kamu sudah memahami potensi yang ada pada diri kamu maka kamu dengan mudah bisa menentukan niche blog yang tepat dengan diri kamu.

Pada awalnya, para blogger pemula biasanya merasa bingung dengan topik apa yang harus mereka pilih untuk blognya, termasuk saya. Hingga pada akhirnya mereka membuat blog yang berisi berbagai macam kategori artikel dan biasanya disebut dengan blog gado-gado.

Karena menulis di blog gado-gado dirasa lebih mudah dan memiliki ide untuk bahan artikel yang tidak terbatas. Blogger bisa mendapatkan ide tersebut melalui website-website besar seperti detik, kompas, merdeka, dan yang lainnya.

Tapi, meskipun ide artikel yang tak terbatas, bukan berarti bisa dengan mudah kita bisa membangun blog gado-gado agar bisa memiliki pengunjung yang banyak dan terkenal. Karena semua itu butuh proses, dan lagi niche blog dengan tema ini sudah banyak pesaingnya, sehingga akan sulit untuk bisa bersaing dengan blog-blog besar yang sudah banyak pengunjungnya.

Untuk itu, lebih baik kita memilih niche blog yang hanya membahas satu atau beberapa topik saja. Karena dengan begitu, blog yang memiliki niche khusus akan mendapatkan pengunjung setia. Untuk itu, ada beberapa tips untuk memilih niche blog baru dan diantaranya sebagai berikut.

1. Membuat Blog Sesuai dengan Hobi Kamu
Jika kamu bingung dalam menentukan niche blog, maka kamu bisa menjadikan hobi kamu sebagai niche blog kamu. Misalnya, jika kamu sangat suka dengan otomotif, kamu bisa menjadikan blog kamu dengan niche otomotif. Hal ini jauh lebih menyenangkan bukan? Karena dengan menentukan niche blog sesuai hobi, kamu akan menjadi lebih mudah dalam membuat artikel-artikelnya. Karena kamu memahami bidang ini.

2. Membuat Blog Tentang Keseharian Kamu
Jika kamu adalah orang yang kreatif, maka hal apapun bisa menjadi ide untuk menjadi bahan tulisan. Bahkan keseharian kamu pun bisa kamu tulis di dalam blog. Dan ini bisa juga membawa kamu untuk bisa sukses di dunia blogging.

3. Membuat Blog Tentang Perjalanan
Jika kamu adalah seseorang yang suka jalan-jalan, maka kamu bisa membuat blog dengan niche travel. Karena kamu bisa menulis semua tempat yang telah kamu kunjungi di dalam blog kamu. Jika kamu serius mengerjakan blog kamu, maka bukan hal yang tidak mungkin untuk kamu bisa menjadi seorang blogger traveller yang sukses di internet.

Kesimpulan

Kesimpulannya, jika kamu ingin menentukan niche untuk blog kamu, sebaiknya kamu harus menguasai niche tersebut dan kamu juga senang dengan niche tersebut. Jangan hanya karena niche itu populer, sehingga kamu memilih niche tersebut. Karena hal itu akan membuat kamu merasa bosan dan tidak bisa menikmati pekerjaan kamu sebagai blogger.