Hasil Investigasi #SepangClash : Rossi Bersalah! Start Terakhir di Valencia

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Insiden #SepangClash antara Valentino Rossi dan Marc Marquez akhirnya menemui titik terang. Tim investigasi MotoGP telah menetapkan bahwa Rossi bersalah atas insiden tersebut yang menyebabkan Marquez terjungkal di lap ketujuh setelah bersenggolan dengan Rossi.

Rossi yang saat ini berada di puncak kelasemen ini tampaknya harus berjuang ekstra untuk dapat mempertahankan posisinya di kelasemen yang saat ini hanya terpaut 7 angka dari Lorenzo.

Hasil Investigasi #SepangClash : Rossi Bersalah! Start Terakhir di Valencia

Pasalnya, rider Movistar Yamaha itu harus melakukan start di posisi terakhir pada seri terakhir MotoGP musim ini di Valencia. Padahal, seri itu adalah seri yang paling krusial bagi pembalap asal Italia tersebut.

Karena bukan tidak mungkin bahwa Lorenzo akan mengambil posisinya di kelasemen dan menjadi juara dunia musim ini. Rossi mendapat hukuman lantaran kejadian antara dirinya dengan Marc Marquez pada GP Malaysia, dalam rekaman kamera Rosii terlihat menendang Marquez hingga terjatuh.

Lihat Juga: Video Rossi vs Marquez di MotoGP Sepang Malaysia 2015

Akibatnya, ia mendapatkan hukuman yaitu dengan start di posisi paling belakang pada gelaran berikutnya. Hal ini diperkuat dengan cuitan official MotoGP dalam akun Twitter mereka.



Namun, tampaknya baik pihak Yamaha dan Honda tidak menerima begitu saja hukuman ini. Bahkan kabarnya, kedua tim akan mengajukan banding atas hasil investigasi tersebut.

Penjelasan soal hukuman poin MotoGP

Rossi yang mendapatkan hukuman 3 poin karena insiden ini harus start di posisi terakhir pada GP Valencia dua pekan mendatang. Padahal, untuk menjadi juara dunia ia hanya perlu runner-up. Namun tampaknya hukuman ini akan membuat The Doctor semakin sulit untuk mendapatkan gelar juara dunia.

Karena, Lorenzo bisa langsung tancap gas dan memenangkan balapan. Tentang hukuman poin Rossi, tiga poin penalti di sini bukan berarti mengurangi poin yang didapat seorang pembalap.

Namun, jumlah poin penalti itu mengacu pada berat tidaknya pelanggaran yang dilakukan. Akumulasi poin penalti itu jika sudah mencapai jumlah tertentu akan berujung hukuman.

Empat poin penalti berarti dia akan membalap di urutan terakhir di balapan berikut, tujuh poin akan memulai balapan dari pit lane dan 10 poin berarti tak boleh ikut di balapan berikut. Untuk kasus Rossi, dia hanya mendapat hukuman tiga poin penalti di GP Malaysia.

Namun karena dia sudah mengantongi satu poin gara-gara insiden di kualifikasi GP San Marino, maka jumlah poinnya jadi empat. Dengan hukuman ini, mampukah Rossi menjadi juara dunia tahun ini meski harus start dari posisi terakhir? kita lihat hasilnya di GP Valencia 8 November 2015 mendatang.