Cara Mudah dan Aman Cek Status Root Android

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Smartphone Android memang sudah menjadi salah satu smartphone paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Salah satu alasan kenapa orang menggunakan smartphone Android adalah karena di Android banyak sekali aplikasi gratis dan berbayar yang keren dan menarik di Play Store.

Selain itu, smartphone Android juga mudah digunakan sesuai dengan keinginan penggunanya. Terlebih lagi jika smartphone tersebut sudah dalam keadaan root. Ada banyak sekali manfaat yang didapat jika smartphone Android di root seperti dapat membuang aplikasi bawaan ponsel, mempercepat kinerja smartphone dan banyak lagi kelebihan lainnya.

Sayangnya melakukan root pada smartphone Android dapat menghilangkan garansi dari smartphone tersebut. Selain itu, melakukan rooting juga dapat menyebabkan kerusakan fatal pada sistem Android jika tidak dilakukan dengan benar.

Cara Mudah dan Aman Cek Status Root Android

Mungkin bagi Anda yang gemar mengutak-atik smartphone Android khususnya pasti sudah mengerti bagaimana cara melakukan rooting pada sistem Android dan cara mengecek apakah Android yang digunakan sudah di root atau belum.

Namun bagi seseorang yang masih awam, jangankan melakukan rooting, mengetahui apakah ponsel Android sudah di root atau belum saja mungkin akan terlihat membingungkan.

Tapi jangan khawatir, kini Anda bisa mengetahui apakah smartphone Anda sudah dalam keadaan root atau belum dengan mudah.

Cara Mengetahui Apakah Ponsel Android Sudah di Root atau Belum


Setelah melakukan rooting pada ponsel Android, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melihat atau mengecek apakah rooting yang Anda lakukan sudah berhasil atau belum. Karena, melakukan root pada sistem Android tidaklah mudah bahkan cenderung beresiko besar jika gagal.

Lalu bagaimana cara aman untuk bisa mengetahui apakah smartphone Android kita sudah di root atau belum? Berikut cara gampang untuk melihat status root smartphone Android dengan mudah dan aman.

Menggunakan Aplikasi Simple System Checker


Cara ini adalah cara yang paling dan sangat mudah digunakan untuk mengetahui status root hp Android. Dengan aplikasi ini kita bisa melihat apakah smartphone Android kita sudah di root atau belum.

Caranya:

  1. Download aplikasinya terlebih dahulu di Play Store: Simple System Checker.
  2. Setelah itu buka aplikasinya, maka akan terlihat tampilan awalnya yaitu menampilkan informasi CPU smartphone kita.
  3. Untuk mengetahui apakah Android sudah di root atau belum, maka geser ke bagian system.
  4. Lihat bagian Root Access, jika statusnya No maka smartphone Anda belum di root, tapi jika Yes, maka smartphone Anda dalam keadan ter-root.

Gambar:

Tampilan info CPU ponsel
Tampilan info CPU ponsel

Tampilan informasi perangkat
Tampilan informasi perangkat

Tampilan informasi sistem, termasuk status root.
Tampilan informasi sistem, termasuk status root.

Bagaimana? mudah bukan untuk mengetahui apakah smartphone Android sudah di root atau belum? Sekedar tambahan, aplikasi Simple System Checker ini juga dapat digunakan untuk mengecek informasi dan spesifikasi smartphone Anda dengan lengkap. Ada banyak fitur yang salah satunya adalah dapat mengecek status root smartphone Android.

Semoga bermanfaat, cara mudah mengetahui status root Android dengan aplikasi ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin mengetahui apakah Androidnya sudah di root atau belum, jadi selamat mencoba.