Cara Memanfaatkan Blog Untuk Ladang Iklan

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Untuk memanfaatkan blog sebagai sumber penghasilan dengan cara memanfaatkannya untuk menarik iklan memang dibutuhkan ketelitian serta strategi khusus. Ketelitian serta strategi ini harus sudah diterapkan sejak pertama kali blog di bangun. Ketelitian ini dibutuhkan mulai dari menentukan tema atau niche, serta pemilihan kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog.

Sementara itu, strategi khusus diperlukan saat blog atau webisite telah di bangun. Strategi ini dibutuhkan untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya sehingga para pengiklan akan tertarik untuk memasang iklan di blog Anda. Hindari membuat blog dengan tampilan dan visitor yang ala kadarnya jika Anda ingin mendapatkan pengiklan.

Cara Memanfaatkan Blog Untuk Ladang Iklan

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan blog sebagai ladang iklan.

1. Memilih Niche Blog


Pemilihan tema atau niche blog merupakan langkah yang sangat penting yang harus dilakukan sebelum membangun sebuah blog. Langkah yang satu ini juga harus dilakukan dengan cara yang sangat teliti dan hati-hati. Karena nantinya tema ini akan mempengaruhi artikel-artikel yang hendak Anda tulis di blog Anda.

Sebuah tema yang menarik tentu saja akan menarik banyak pengunjung. Jika blog Anda sudah ramai pengunjung, tentu saja para pengiklan akan banyak yang akan menghubungi Anda untuk memasang iklan di blog Anda. Oleh karena itu, pemilihan tema merupakan ritual wajib yang harus dilakukan sebelum membangun sebuah blog.

Namun, dalam menentukan tema blog ini juga tidak boleh hanya dilakukan dengan mempertimbangkan faktor menarik dari sisi para pengunjung saja. Tema juga harus menimbulkan ketertarikan dalam diri Anda.

Karena dengan memilih tema yang tidak Anda sukai, maka kinerja Anda dalam menulis artikel pun akan terganggu karena rasa malas serta ketidaktahuan Anda tentang niche tersebut.

Misalnya, Anda adalah seseorang yang sangat hobi berkebun dan mengetahuis tentang seluk-beluk tanaman hias, maka Anda bisa memilih topik tentang tanaman hias yang bisa Anda jadikan tema blog Anda.

Dengan hal ini, rasa pecaya diri Anda akan terus tumbuh sehingga akan menghasilkan sebuah konten blog yang sangat berkualitas dan juga menarik.

Selain itu, pengunjung juga akan senang jika Anda bisa berinteraksi dengan mereka. Karena Anda bisa memahami apa yang mereka bicarakan dan mereka cari di blog Anda.

Untuk membantu memudahkan Anda dalam menentuka tema blog yang tepat, Anda bisa memanfaatkan search engine sebagai alat untuk Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Google sebagai pembantu Anda.

Karena sebagian besar orang saat ini memanfaatkan Google sebagai mesin pencari mereka dalam mencari sebuah informasi yang ingin mereka ketahui.

Pertama, Anda masuklah ke halaman google dengan mengetikkan alamat google.com. Lalu, ketikkan kata kunci yang ingin Anda jadikan tema di blog Anda, maka dengan segera Google akan menampilkan dengan lengkap blog dengan tema serupa serta keterangan berapa jumlah blog yang menggunakan tema tersebut.

Selain search engine, Anda juga bisa memanfaatkan situs Alexa atau Technorati untuk melihat tema atau situs yang sedang populer pada saat itu juga.

2. Menentukan Keyword


Setelah memilih niche blog, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih atau menentukan keyword yang tepat untuk blog Anda. Dengan pemilihan keyword yang tepat, maka hal ini akan mempengaruhi kepopuleran blog Anda di dunia maya.

Pemilihan keyword atau kata kunci dimaksudkan agar blog Anda lebih mudah di kenali oleh mesin pencari. Kata kunci ini selanjutnya bisa di masukkan kedalam judul atau artikel sehingga artikel Anda akan cepat populer.

Beberapa tool yang dapat digunakan untuk memilih keyword adalah dengan memanfaatkan Google Keyword Tool.

3. Mengenai Isi Konten Blog


Para pengunjung tentu saja melakukan browsing untuk menemukan informasi yang sedang mereka cari. Mereka membutuhkan informasi dan bisa jadi mereka tidak tertarik dengan iklan.

Terkadang, pengunjung blog merasa kesal lantaran mereka tidak menemukan informasi yang mereka cari, tetapi malah mereka di hadapkan pada iklan yang mengganggu pengunjung.

Untuk itu, selain menampilkan iklan Anda juga harus menampilkan artikel yang bermanfaat serta di cari oleh pengunjung. Karena saat ini banyak sekali blogger rakus yang ingin cepat kaya dari internet, namun melakukan tindakan-tindakan yang bisa dibilang menipu pengunjung.

Karena, artikel-artikel yang bermanfaat inilah yang akan mengikat pengunjung sehingga pengunjung blog Anda akan semakin bertambah. Selain itu, dengan artikel yang bermanfaat, bukan hal yang tidak mungkin jika pengunjung Anda akan mempromosikan blog Anda ke teman atau kerabatnya karena ia merasa mendapat manfaat dari blog Anda.

Referensi-referensi inilah yang akan memperkuat blog Anda di SERP serta memberikan nilai tambah tersendiri untuk blog yang Anda kelola.

Selain mempertimbangkan kualitas artikel, Anda juga bisa menggunakan beberapa senjata berikut ini untuk bisa mendongkrak pengunjung Anda.

1. Membuat Newsletter

Newsletter gratis adalah salah satu senjata yang ampuh untuk bisa mengikat pengunjung blog Anda. Karena banyak orang yang mau berlangganan artikel menarik secara gatis.

Misalnya Anda membuat blog dengan tema tanaman hias, maka Anda bisa membuat newsletter tentang 'kiat merawat tanaman hias'. Denhan newsletter ini, maka pengunjung akan senang berlangganan artikel terbaru dari Anda.

2. Konten yang Selalu Baru

Artikel yang selalu baru dan up-to-date tentu saja akan membangun rasa kepercayaan pengunjung terhadap blog Anda. Hal ini juga yang dilakukan oleh para pemegang situs-situs terpopuler seperti detik.com, kompas.com, dan makintau.com. Sehingga situs mereka semakin popiler dan semakin banyak pengunjung.

3. Interaksi dengan Pengunjung

Sediakanlah tempat untuk pengunjung agar mereka bisa menyematkan komentar mereka dan bisa berinteraksi dengan Anda. Sehingga pengunjung akan bisa lebih dekat dengan Anda.

Itulah beberapa kiat agar bisa memanfaatkan blog sebagai ladang iklan dengan cara membangun blog yang hebat terlebih dahulu. Semoga bermmanfaat untuk Anda.