Beberapa Amalan yang Baik Dilakukan Pada Hari Jum'at

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Hari Jum'at adalah salah satu hari yang istimewa dalam Islam. Karena pada hari ini terdapat keutamaan-keutamaan didalamnya, oleh karena itu dalam Islam hari Jum'at adalah hari yang paling utama.

Salah satu keutamaan hari Jum'at sebenarnya sudah dibahas dalam artikel tentang keistimewaan hari Jum'at dalam Islam, dan disebutkan bahwa yang membuat Jum'at menjadi hari yang paling utama ialah karena Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihissallam dan mewafatkannya, hari Nabi Adam ‘alaihissallam dimasukkan ke dalam surga, hari Nabi Adam ‘alaihissallam diturunkan dari surga menuju bumi, dan kiamat nantinya akan terjadi pada hari Jum'at.

Beberapa Amalan yang Baik Dilakukan Pada Hari Jum'at

Selain itu, hari Jum'at juga disebut juga dengan penghulunya hari dan juga salah satu hari raya umat Islam yang dirayakan setiap pekannya. Pada hari Jum'at umat Islam akan melakukan shalat Jum'at yang wajib dilakukan bagi kaum laki-laki.

Berbicara tentang hari Jum'at, ternyata ada beberapa amalan sunnah Rasulullah yang amat baik jika dilakukan pada hari Jum'at diantaranya:

1. Memperbanyak Shalawat atas Nabi


Salah satu amalan yang sangat baik dilakukan pada hari Jum'at ialah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Karena, shalawat yang kita amalkan akan diperlihatkan kepada Rasulullah setiap hari Jum'at. Selain itu, Rasulullah juga mengatakan bahwa barangsiapa yang memperbanyak shalawat pada hari Jum'at maka di hari kiamat ia akan berada paling dekat dengan Rasulullah.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah hadits dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda,

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum'at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum'at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." [HR. Baihaqi].

Shalawat terbaik seperti yang diajarkan oleh Rasulullah adalah shalawat Ibrahimiyah, yaitu shalawat yang biasa kita baca pada bagian tahiyatul akhir dalam shalat yang berbunyi:

"Allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala a-li Muhammad kama- shallaita 'ala Ibrahima wa 'ala a-li Ibrahim. wa ba-rik 'ala Muhammad wa a-li muhamad kama- ba-rakta 'ala Ibrahim wa a-li Ibrahim. innaka hami-dum maji-d"

Artinya: "Ya Allah, berilah kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayang-Mu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan keluarganya diantara makhluk-makhluk-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia."

2. Membaca Surat Al-Kahfi


Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah pada hari Jum'at adalah membaca surat Al-Kahfi dari awal hingga akhir. Namun, perlu kita ketahui bahwa dalam Islam, awal hari itu dimulai selepas matahari terbenam. Jadi, rentang waktu membaca surat Al-Kahfi ini dilakukan oleh Rasulullah dimulai sejak terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari Jum'at.

Salah satu manfaat membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at adalah bersinar baginya cahaya antara dirinya dan Baitul Haram. Hal ini terdapat dalam sebuah hadits. Rasulullah bersabda,

"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum'at, akan bersinar baginya cahaya antara dirinya dan Baitul Haram." [HR. Baihaqi]

3. Mandi Besar


Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Siapa yang mandi pada hari Jum'at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi Jum'at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat Jum'at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara Jum'at itu dan Jum'at sebelumnya." [HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim]

Seperti kita ketahui bahwa mandi sebelum berangkat ke masjid untuk melakukan shalat Jum'at adalah sunnah, namun ini sangat Rasulullah anjurkan. Untuk itu, sebaiknya kita melakukan seperti apa yang Rasulullah lakukan.

4. Datang ke Masjid Lebih Awal


Datang ke masjid lebih awal pada hari Jum'at adalah salah satu amalan yang mendatangkan pahala. Karena, malaikat akan mencatat setiap orang yang datang ke masjid untuk shalat Jum'at, lalu malaikat akan menutup catatannya dan mulai mendengarkan khutbah ketika imam datang dan naik mimbar. Untuk itu, datanglah ke masjid lebih awal dan sebelum imam datang untuk berkhutbah. Rasulullah bersabda,

"Pada hari Jum'at disetiap pintu mesjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir sholat Jum'at sesuai dengan kualitas kedudukannya, Apabila imam datang/ naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu meraka bersiap-siap mendengarkan khutbah, perumpamaan orang yang datang lebih awal seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi, dan orang datang berikutnya seperti orang yang berqurban kambing, dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedeqah ayam, dan orang yang datang berikutnya (kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur." [HR. Bukhari]

Nah, mari kita lakukan amalan-amalan diatas dengan penuh keikhlasan dan dengan mengharap ridha dari Allah SWT agar kita mendapat keberkahan dari-Nya. Aamiin.