Apakah SEO Penting Untuk Website?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah ilmu yang sering digunakan oleh para webmaster untuk membuat website yang mereka kelola menjadi lebih friendly dengan search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Dengan mengoptimasi blog atau website agar menjadi lebih friendly dengan mesin pencari tentu pengelola website akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya yaitu posisi atau SERP di mesin pencari semakin bagus, bahkan bisa menjadi peringkat pertama di mesin pencari.

Apakah SEO Penting Untuk Website?

Dengan menjadi yang pertama, maka hal itu berpotensi besar untuk mendatangkan traffic yang besar. Karena, rata-rata pengunjung pasti akan meng-klik tautan yang berada di halaman pertama mesin pencari.

Oleh karena itu, SEO sangatlah dibutuhkan. Apalagi jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin memperkenalkan bisnis Anda di dunia maya. Namun, tidak mudah untuk menjadi yang nomor satu di Google atau search engine lainnya.

Karena, Anda juga bersaing dengan jutaan website lainnya yang juga menginginkan hal yang sama, yaitu ingin menjadi yang nomor 1 di mesin pencari. Untuk itu, diperlukan strategi khusus agar website Anda bisa mengalahkan jutaan kompetitor Anda.

Mengenal Konsep Dasar SEO

Google adalah produk mesin pencari yang paling populer saat ini. Mereka menginginkan penggunanya merasa puas dengan apa yang mereka cari, sehingga Google berusaha sebaik mungkin untuk menampilkan hasil yang relevan dengan kata kunci (keyword) yang diketikkan oleh pengunjung.

Sehingga, agar website Anda menjadi friendly terhadap mesin pencari, buatlah website dengan kualitas terbaik, yaitu dari segi konten, navigasi, serta user experience.

Jika user atau pengunjung Anda suka dengan apa yang ditampilkan di dalam website Anda, maka tentu saja mereka akan selalu kembali lagi untuk mengunjungi website Anda. Jika sudah seperti itu maka website Anda akan menjadi lebih populer.

Mulailah Mengoptimasi Situs Anda

Saat Anda ingin mengoptimasi situs Anda, mulailah untuk belajar melakukannya sendiri. Dengan demikian, maka pengalaman Anda akan semakin bertambah dan Anda akan lebih menguasai SEO tentunya.

Namun, yang perlu diketahui adalah SEO bukanlah ilmu yang bisa dikuasai secara instan. Untuk menguasainya diperlukan kesabaran dan ketekunan dalam melakukannya.

Jika Anda sudah berusaha namun belum mendapatkan hasil yang seperti diinginkan, maka jangan menyerah begitu saja. Selain itu, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang Anda butuhkan untuk mempelajari SEO yaitu:

  1. Riset Keyword
  2. Link Building
  3. Optimasi konten
  4. Perbaiki struktur halaman website

Jika Anda menguasai hal-hal diatas, maka Anda akan sangat mudah dalam menjalankan SEO Anda.