6 Masjid Ini Tetap Utuh Saat Diterjang Bencana

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Masjid adalah tempat ibadah umat Islam di seluruh dunia. Masjid sebenarnya memiliki arti tempat sujud, dulu Masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah. Karena pada masa awal Islam, Masjid memiliki berbagai macam fungsi seperti untuk tempat pendidikan, ceramah, musyawarah, dan lain sebagainya.

Namun kini seiring dengan berkembangnya zaman, peran Masjid sebagai pusat kehidupan komunitas muslim tampaknya semakin berkurang. Kini Masjid hanya digunakan sebagai tempat beribadah.

Berbicara tentang Masjid, banyak sekali kisah Masjid yang sangat luar biasa dan bahkan bisa dikatakan diluar nalar. Salah satunya adalah masjid yang tetap utuh dan berdiri kokoh meski diterjang bencana dahsyat yang menghancurkan bangunan-bangunan lain di sekitarnya.

6 Masjid Ini Tetap Utuh Saat Diterjang Bencana

Meski ada banyak teori yang menjelaskan tentang bagaimana hal itu dapat terjadi, namun kita sebagai umat Islam yang percaya akan kekuasaan Allah tentu lebih meyakini bahwa hal itu dapat terjadi karena kuasa Allah yang Maha Segala-galanya.

Dan berikut ini adalah 6 masjid yang masih tetap berdiri meski diterjang bencana hebat.

1. Masjid at-Tawhid, Haiti

Masjid at-Tawhid, Haiti

Apakah Anda mengingat bencana dahsyat yang mengguncang Haiti pada tahun 2010 silam? gempa dengan kekuatan 7 Skala Richter itu mengguncang Haiti pada 12 Januari 2010 dan menewaskan sekitar 200.000 orang serta mengakibatkan kerusakan parah pada bangunan-bangunan disana termasuk Istana Presiden Haiti, Gedung Parlemen Haiti, Katedral Port-au-Prince, dan sebuah rumah sakit.

Namun, hebatnya sebuah Masjid disana tidak hancur dan masih berdiri utuh meskipun bangunan di sekitarnya hancur dan rata dengan tanah. Sungguh ini adalah kuasa Allah yang Maha Kuasa.

2. Masjid al Fatihah, Haiti

Masjid al Fatihah, Haiti

Sama seperti Masjid at-Tawhid, Masjid ini juga diguncang gempa pada bencana gempa Haiti 2010 silam. Kedua masjid tersebut masih tetap berdiri sekalipun bangunan-bangunan lainnya di sekitarnya, termasuk istana kepresidenan Haiti luluh lantak karena gempa.

3. Masjid Golcuk, Turki

Masjid Golcuk, Turki

Pada tahun 1999 kota Gölcük, Turki diguncang gempa dahsyat berkekuatan 7,6 skala Richter. Besarnya guncangan gempa membuat struktur pantai kota tersebut hilang. Namun, ada cerita luar biasa dibalik gempa dahsyat tersebut, meskipun bencana tersebut menghancurkan banyak bangunan di kota tersebut dan menewaskan puluhan ribu orang, namun sebuah Masjid masih tetap berdiri utuh.

Menaranya juga masih terlihat kuat seolah tak pernah terjadi apa-apa. Masyarakat sekitar percaya bahwa hal tersebut berkat kuasa Allah SWT.

4. Masjid Kobe

Masjid Kobe

Masjid Kobe diresmikan pada Oktober 1935, pembangunan Masjid ini didanai oleh sumbangan dari Komite Islam Kobe dan dimulai sejak tahun 1928 hingga dibuka pada tahun 1935.

Masjid ini sudah bertahan dari berbagai macam bencana seperti banjir, gempa bumi, tsunami, dan lain sebagainya. Namun ajaibnya, masjid ini masih tetap kokoh berdiri. Kejadian pertama adalah ketika dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di mana masjid ini menjadi salah satu bangunan yang tak terpengaruh. Bahkan ketika Kobe hancur karena adanya gempa dahsyat, masjid ini masih tetap berdiri dengan kokohnya, hanya ada keretakan-keretakan kecil saja.

5. Masjid al-Ikhlas Lhoknga

Masjid al-Ikhlas Lhoknga

Mungkin sebagian orang masih dapat mengingat dengan jelas bagaimana ganasnya tsunami Aceh pada Desember 2004 silam, bencana gempa bumi dan tsunami ini tak hanya memakan ratusan ribu korban jiwa, tapi juga banyak sekali bangunan-bangunan yang hancur tersapu ombak.

Namun ada cerita ajaib didalam bencana dahsyat tersebut, beberapa saksi mata yang merupakan jamaah yang mencari perlindungan di dalam masjid mengatakan bahwa air bah yang berasal dari laut tersebut sampai terbelah bagaikan mukjizat yang pernah terjadi pada Nabi Musa. Aneh bin ajaib masjid ini tidak ikut tersapu air padahal jaraknya sangat dekat dengan bibir pantai.

6. Masjid Baiturrahman Aceh

Masjid Baiturrahman Aceh

Sama dengan Masjid al-Ikhlas Lhoknga, Masjid Baiturrahman juga selamat dari bencana alam tsunami dan gempa bumi dahsyat yang melanda Aceh tahun 2004 silam. Masjid ini tetap kokoh berdiri meskipun diterjang air bah yang sangat dahsyat yang menghancurkan bangunan-bangunan di sekitarnya.

Gelombang air yang ketinggiannya belasan meter tidak sanggup menghancurkan bangunan masjid. Sampai akhirnya karena bangunan di sekitarnya hancur berantakan, masjid ini dijadikan tempat penampungan para korban.


Itulah beberapa Masjid yang mendapatkan perlindungan dari Allah SWT pada saat terjadi bencana. Meskipun ada yang menganggap bahwa hal itu bisa saja karena kebetulan, atau karena struktur konstruksi bangunan yang bagus, namun kita umat Islam percaya bahwa itu adalah salah satu bentuk kekuasaan Allah SWT. Dia menunjukkan kekuasaan-Nya untuk mengingatkan manusia bahwa Dia adalah Yang Maha Kuat lagi Maha Berkuasa.