Aplikasi Android Ini yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Lemot

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh ponsel cerdas saat ini, sehingga tidak heran jika banyak sekali pengembang aplikasi yang berlomba-lomba untuk membuat sebuah aplikasi Android baik yang free maupun yang premium.

Tujuan dibuatnya aplikasi-aplikasi tersebut pada awalnya adalah untuk memudahkan pengguna untuk mengakses informasi, web, sosial media dan sebagainya dengan mudah.


Namun, kebanyakan pengguna Android juga banyak yang tidak sadar jika terlalu banyak aplikasi yang ada di smartphone mereka dapat memakan banyak memori dan juga RAM sehingga mengakibatkan kinerja smartphone berkurang bahkan lemot.

Hal ini dikarenakan setiap ponsel memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda-beda. Untuk itu, perlu kebijaksanaan pengguna agar smartphone Android yang dimiliki tidak cepat berkurang performanya.

Dan berikut ini adalah beberapa aplikasi Android yang dapat membuat smartphone Android kamu jadi lemot sehingga disarankan untuk dihapus dari smartphone kamu.

1. Facebook

Aplikasi Android Ini yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Lemot

Bagi sebagian smartphone dengan spesifikasi tinggi, menggunakan aplikasi ini mungkin tidak ada kendala apapun dan smartphone bisa berjalan dengan normal-normal saja.

Namun jika kapasitas RAM smartphone kamu dibawah 1 GB, lebih baik segera hapus aplikasi Facebook for Android ini dari smartphone kamu. Karena, selain membuat smartphone kamu semakin lemot karena terlalu memakan banyak memori, aplikasi ini juga boros data dan memakan banyak daya baterai.

Hal ini dikarenakan adanya fitur push notification yang membuat aplikasi ini selalu berjalan di latarbelakang selama smartphone kamu menyala. Untuk mengganti aplikasi ini, kamu bisa membuka Facebook melalui browser langsung atau kamu juga bisa mendownload aplikasi Facebook Lite.

Aplikasi Facebook Lite memiliki memori yang lebih kecil dan juga tidak terlalu banyak memakan memori.

2. Aplikasi Cuaca

Aplikasi Android Ini yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Lemot

Sebagian orang ingin selalu mengetahui prediksi cuaca hari ini, sehingga jika terjadi cuaca buruk maka kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi hal tersebut.

Namun, menggunakan aplikasi cuaca dapat menghabiskan banyak daya. Karena aplikasi tersebut akan memperbaharui secara berkala. Selain itu aplikasi ini juga dapat menguras kuota internet yang kamu miliki.

Sebagai alternatif, sebaiknya kamu memanfaatkan fitur Google Now di Android kamu agar performa smartphone kamu menjadi lebih bagus.

3. Anti-Virus

Aplikasi Android Ini yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Lemot

Banyak orang yang ingin smartphone mereka terbebas dari virus atau malware lainnya. Termasuk para pengguna Android, sehingga banyak sekali orang yang mengunduh aplikasi anti-virus untuk Android.

Namun sebenarnya, malware atau virus untuk ponsel Android sendiri masih sangat jarang ditemukan. Sehingga penggunaan aplikasi anti-virus ini dirasa masih belum terlalu penting. Untuk itu, sebaiknya segera hapus aplikasi anti-virus jika smartphone kamu terinstall aplikasi tersebut.

4. Aplikasi Pembersih

Aplikasi Android Ini yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Lemot

Aplikasi ini memang dipercaya mampu membersihkan file-file sampah yang tersembunyi di smartphone Android kamu. Namun, terkadang aplikasi ini juga membuat kesal. Karena sering memunculkan iklan in-app yang dapat memotong kuota internet.

Selain itu, aplikasi Clean Master, Cleaner, CC Cleaner, Speed Booster, dan aplikasi sejenisnya selain masih menyisakan "sampah", juga akan cepat menghabiskan daya baterai. Sebaiknya, gunakan aplikasi ini seperlunya saja dan jika sudah tidak digunakan lebih baik dihapus dari smartphone kamu.

5. Launcher Android

Aplikasi Android Ini yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Lemot

Pemilik smartphone biasanya sangat ingin melihat tampilan smartphone miliknya menjadi lebih cantik dan bagus. Sehingga pengguna banyak yang menggunakan launcher Android sebagai pengganti launcher bawaan Android.

Namun, mereka tidak sadar bahwa ternyata launcher tersebut dapat memakan banyak memori di smartphone miliknya. Selain itu, belum lagi plugin-plugin pendukung launcher yang harus diunduh sehingga akan lebih memakan banyak memori.

Dan terkadang, aplikasi ini juga membuat smartphone lebih lemot dan mengurangi performanya.