Tips Menjaga Kesehatan Otak

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Otak merupakan pusat dari segala aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Otak manusia sendiri terdiri dari lebih dari 100 juta sel syaraf atau yang disebut juga dengan neuron. Manusia memiliki otak dengan volume sekitar 1.350cc, otak ini berfungsi sebagai pusat keseimbangan manusia, mengatur gerakan, memori, dan lain sebagainya.

Otak sangat penting bagi tubuh kita, untuk itu menjaga kesehatan otak adalah menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh diri kita masing-masing. Seperti kita ketahui, otak manusia terbagi menjadi dua bagian yaitu otak besar dan otak kecil.

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Otak Besar adalah bagian otak depan yang bisa dikatakan paling menonjol pada bagian otak. Otak besar ini juga terbagi menjadi dua bagian yakni otak kanan dan otak kiri yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

Otak Kecil adalah bagian otak yang berfungsi untuk mengatur sikap dan posisi tubuh, keseimbangan dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar. Jika terjadi gangguan pada otak kecil ini dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot.

Untuk mengetahui bagaimana cara otak kita bekerja, lihatlah video berikut:



Untuk itu menjaga kesehatan otak sangatlah penting, untuk menjaga kesehatan otak beberapa hal dapat kita lakukan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sangat bermanfaat bagi otak.

Ada beberapa makanan yang dipercaya sangat baik bagi otak dan berikut diantaranya,

Minyak Ikan, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan seperti Sarden, Salmon dan sejenisnya menurut para ahli sangat bagus bagi kesehatan otak manusia. Mengkonsumsi minyak ikan secara teratur dapan meningkatkan memori serta mencegah terjadinya gangguan pada otak.

Telur, sejumlah vitamin dan mineral yang terkandung dalam telur dipercaya dapat menjaga kesehatan otak. Zat besi yang terkandung juga dipercaya dapat menciptakan sel-sel darah merah guna mengirimkan oksigen ke jaringan otak. Vitamin B12 yang terkandung didalam telur juga dapat meningkatkan ingatan dan memori, sehingga jika Anda adalah orang yang sering lupa maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi telur.

Sayuran, sudah menjadi rahasia umum jika didalam sayur-sayuran terdapat jutaan manfaat bagi tubuh kita termasuk didalamnya otak. Bayam dan brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat berguna bagi kesehatan otak karena mengandung antioksidan, asam folat, beta-karoten, dan vitamin C yang sangat berguna bagi kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

Coklat Murni dan Teh Hijau, cokelat murni mengandung flavonoid yang dikenal meningkatkan keterampilan kognitif. Flavonoid membantu menciptakan neuron baru di otak dan meningkatkan kemampuan untuk membuat memori baru. Selain itu, coklat murni dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Sedangkan teh hijau dipercaya dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan juga meningkatkan memori. Antioksidan yang ada di dalamnya dapat mengurangi risiko demensia.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan otak dengan cara memakan makanan yang bergizi dan bermanfaat untuk otak manusia. Semoga bermanfaat.