Beberapa Fakta Tentang Nabi Isa AS

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Isa bin Maryam adalah salah satu sosok penting dalam Islam. Sosoknya begitu dihormati, bukan hanya dikalangan umat Islam, sosok Isa al-Masih juga dikenal oleh para pengikut agama lain seperti Yahudi dan Nasrani.

Dikalangan umat Nasrani, Isa bin Maryam dikenal sebagai Yesus Kristus. Umat Nasrani menganggap bahwa Nabi Isa AS telah disalib dan dikubur untuk menebus dosa-dosa manusia. Sedangkan orang-orang Yahudi meyakini bahwa mereka telah berhasil membunuh Isa.

Beberapa Fakta Tentang Nabi Isa AS

Dan Islam sendiri sangat meyakini bahwa Isa masih hidup hingga saat ini, dia hidup disuatu tempat yang hanya Allah saja yang mengetahui, ia tidak disalib atau dibunuh. Kepercayaan ini berdasarkan keterangan yang jelas didalam Alquran, Allah berfirman:

"dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." [QS. An-Nisa' ayat 157-158]

Sangat menarik sekali jika membahas tentang Nabi Isa AS, dan berikut ini ada beberapa fakta menarik tentang nabi Isa AS.

1. Umat Islam memuliakan Yesus/Nabi Isa as sebagai Rasul Allah Yang Mulia

Umat Islam sangat menghormati Isa dan mengimaninya, namun dalam Islam Isa hanya dianggap sebagai Rasul Allah saja, bukan sebagai Tuhan atau anak Tuhan. Karena Islam percaya bahwa Allah itu tidak beranak (QS. Al-Ikhlas ayat 3). Isa juga mengatakan sendiri bahwa dia hanyalah sebagai utusan Allah, seperti yang tertera dalam Alquran:

"Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali". Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya." [QS. Maryam ayat 30-34]

2. Nabi Isa Akan Turun di Menara Putih

Ada beberapa hadits yang mengatakan tentang kedatangan Nabi Isa menjelang hari kiamat ini,

"Saat dia seperti itu, Allah mengutus Al-Masih Isa bin Maryam; ia turun di menara putih di Damaskus Timur. Ia berpakaian dua potong, dengan memegang sayap dua malaikat. Bila ia mengangguk maka kepalanya meneteskan air, dan bila menengadah maka kepalanya meneteskan butir-butir air bagaikan mutiara. Setiap orang kafir yang mencium baunya pasti akan mati dan napasnya mencapai jarak sejauh mata memandang. Ia mencari dajjal sampai mendapatkannya Babul Lud dan membunuhnya..." [HR Muslim; lafazh miliknya, Ahmad, Ibnu Majah dan Abu Daud]

Dari Aus bin Aus r.a, Nabi Muhammad SAW bersabda :

"Isa bin Maryam akan turun di menara putih di damskus." [HR Thabrani, para perawinya, tsiqah menurut Al-Haitsami]

Dari Nafi' bin Kisan r.a, Rasulullah bersabda :

"Isa bin Maryam akan turun di pintu sebelah timur kota Damaskus." [Disebutkan oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani]

Dan masih banyak yang lainnya.

3. Nabi Isa akan Membunuh Dajjal

Hal ini disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim,

Dari Abdullah bin Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti Urwah bin Mas'ud, ia mencari Dajjal dan membunuhnya..." [HR. Muslim]

4. Nabi Isa akan Mengajarkan agama Tauhid seperti yang diajarkan Muhammad dan rasul-rasul sebelumnya

Kedatangan Nabi Isa pada akhir zaman nanti selain akan membunuh Dajal, beliau juga akan mengajarkan dan menyadarkan agama Tauhid seperti yang dibawa oleh Muhammad, dan nabi-nabi sebelumnya.

5. Nabi Isa akan Melaksanakan Shalat, Haji dan Umrah

Pada saat turun nanti, nabi Isa akan melaksanakan shalat, haji dan umrah.

Dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah saw bersabda, "Tiba-tiba Isa sudah berada diantara mereka dan dikumandangkanlah shalat, maka dikatakan kepadanya, majulah kamu (menjadi imam shalat) wahai Ruh Allah." Ia menjawab, "Hendaklah yang maju itu pemimpin kamu dan hendaklah ia yang mengimami shalat kamu." [HR. Ahmad]

Juga dkisahkan bahwa Nabi Isa akan melaksanakan haji: "Demi Dzat yang diriku berada ditanganya, sesungguhnya Ibn Maryam akan mengucapkan tahlil dengan berjalan kaki untuk melaksanakan haji atau umrah atau kedua-duanya dengan serentak." [HR Ahmad & Muslim dari Abi Hurairah].

6. Saat Nabi Isa Turun, Dunia akan Sangat Aman

"Lalu Allah mengutus Isa bin Maryam seperti Urwah bin Mas'ud, ia mencari Dajjal dan membunuhnya. Setelah itu selama tujuh tahun, manusia tinggal dan tidak ada permusuhan di antara dua orang pun. Kemudian Allah mengirim angin sejuk dari arah Syam lalu tidak tersisa seorang yang dihatinya ada kebaikan atau keimanan seberat biji sawi pun yang tersisa kecuali mencabut nyawanya" [HR. Muslim]

Itulah beberapa fakta tentang Nabi Isa, kita sebagai umat Islam wajib mengimani dan percaya bahwa Nabi Isa suatu saat nanti akan turun ke bumi untuk membunuh Dajjal dan menegakkan keadilan di dunia ini.

Baca Juga:

Kumpulan Artikel Tentang Akhir Zaman