Tanggal 30 Juni 2015 Hari Akan Berjalan Lebih Panjang dari 24 Jam

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Hasil mengejutkan datang dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan yang meneliti ketepatan waktu Paris Observatory dan International Earth Rotation Service (IERS), mereka mengungkap akan ada pertambahan waktu yang terjadi pada tanggal 20 Juni 2015.

Hasil dari penelitian tersebut berpatokan pada jam atom yang digunakan untuk menjadi patokan waktu di bumi. Diketahui bahwa bumi berotasi lebih lama 1 detik dalam seharinya. Oleh karena itu IERS melalui hasil penelitian mengatakan perlu ada kompensasi sehingga waktu di Bumi sesuai dengan waktu sesungguhnya.

Tanggal 30 Juni 2015 Hari Akan Berjalan Lebih Panjang dari 24 Jam

Seperti yang di kutip dari Solopos, ini membuat 30 Juni 2015 bakal lebih lama dari 24 jam. Kompensasi yang rencananya akan dilakukan IERS itu dilakukan untuk membuat waktu dan rotasi bumi tepat.

Perubahan ini sendiri pernah terjadi pada 2012. Kala itu penambahan waktu membuat bencana sangat besar pada internet dunia. Situs-situs dunia seperti Mozilla, Reddit, Foursquare, Yelp, LinkedIn dan Stumble Upon bahkan crash bersamaan.

Penambahan satu detik di 30 Juni nanti bisa membuat website di dunia offline jika masalah server yang timbul tidak segera diatasi.

Guna menghindari kiamat internet yang sama di tahun 2012 atau 2015 yang akan datang, pemerintah dunia nampaknya akan memutuskan untuk menghapus praktik penambahan waktu bumi. Pemerintah Amerika misalnya, mengatakan bila hal itu tidak diperlukan, karena cepat atau lambat waktu bumi memang tidak akan sinkron dengan jam atom akibat melambatnya putaran bumi yang terus terjadi.

Jika benar penambahan waktu itu dihilangkan, kiamat internet kecil tahun 2015 ini dipastikan adalah yang terakhir. Di sisi lain, manusia mungkin tidak akan sadar bila di tahun 2700 nanti satu hari di bumi menjadi 24 jam 30 menit.