Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Banyak masyarakat yang percaya bahwa ada pohon-pohon yang dipercaya sebagai tempat tinggal hantu. Dan akhirnya pohon yang dipercaya memiliki penunggu tersebut akhirnya dikeramatkan.

Hantu atau penunggu pohon biasanya dipercaya tinggal di pohon-pohon besar dan tua. Selain itu, banyak yang meyakini bahwa pohon yang memiliki penunggu tidak boleh ditebang karena yang menebang pohon tersebut akan dijadikan tumbal, benarkah? Lalu pohon-pohon apa saja yang dipercaya memiliki hantu atau penunggu?

1. Pohon Beringin

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Dari dulu, pohon beringin memang terlihat memiliki kesan dan aura mistis yang sangat besar. Akar-akar pohon beringin yang menggantung membuat pohon beringin tersebut terlihat lebih seram dari pohon-pohon yang lainnya.

Penunggu pohon beringin dipercaya berasal dari bangsa genderuwo. Genderuwo adalah makhluk yang memiliki wujud tunggi besar dan berbulu lebat. Ia dipercaya suka menempati pohon beringin.

Selain itu, pohon beringin yang sangat besar dipercaya sebagai salah satu istana jin. Sehingga sering kita jumpai cerita-cerita mistis seputar pohon beringin dikalangan masyarakat.

2. Pohon Sukun

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Pohon sukun adalah pohon yang dipercaya sebagai tempat tinggal yang disukai oleh bangsa pocong. Pohon ini memiliki buah yang sangat enak, namun banyak cerita beredar di masyarakat bahwa pohon tersebut dipercaya memiliki aura mistis tersendiri apabila dimala hari.

Pocong sangat gemar tinggal di pohon sukun tersebut. Sukun merupakan tanaman tahunan yang tumbuh baik pada lahan kering (daratan), dengan tinggi pohon dapat mencapai 10 m atau lebih. Buah muda berkulit kasar dan buah tua berkulit halus. Daging buah berwarna putih agak krem, teksturnya kompak dan berserat halus. Rasanya agak manis dan memiliki aroma yang spesifik.

3. Pohon Randu

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Pohon randu atau dikenal juga sebagai kapuk randu adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan famili Malvaceae (sebelumnya dikelompokkan ke dalam famili terpisah Bombacaceae), berasal dari bagian utara dari Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia, dan (untuk varitas C. pentandra var. guineensis) berasal dari sebelah barat Afrika. Kata "kapuk" atau "kapok" juga digunakan untuk menyebut serat yang dihasilkan dari bijinya.

Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapok Jawa, atau pohon kapas-sutra. Juga disebut sebagai Ceiba, nama genusnya, yang merupakan simbol suci dalam mitologi bangsa Maya.

Pohon ini tumbuh hingga setinggi 60-70 m dan dapat memiliki batang pohon yang cukup besar hingga mencapai diameter 3 m. Dibalik itu semua, banyak cerita mitos beredar bahwa pohon randu adalah pohon yang dipercaya sebagai tempat tinggal kuntilanak. Penampakan hantu wanita berbaju putih sedang nangkring di pohon randu kerap menjadi perbincangan dimasyarakat.

4. Pohon Pisang



Pisang adalah tanaman yang serba guna seluruh bagian pohon ini dapat dimanfaatkan. Namun, apakah kamu pernah dengar cerita bahwa pohon pisang adalah tempat tinggal favorit para hantu? Konon, banyak orang yang sering melihat penampakan pocong atau kuntilanak di balik rimbunnya pepohonan pisang.

5. Pohon Bambu

Pohon yang Dipercaya Sebagai Tempat Tinggal Hantu

Pohon bambu dapat kita jumpai di daerah pedesaan atau hutan. Pohon bambu memiliki ciri khas yaitu mereka tumbuh bergerombol, banyak cerita beredar bahwa pohon bambu merupakan tempat yang paling digemari oleh para hantu.

Secara tampilan saja kita tahu bahwa pohon bambu tumbuh bergerombol dan sangat rimbun, tak heran jika para hantu sangat menyukainya. Pernah suatu ketika disalah satu kampung, ada tukang ojek yang melihat kuntilanak sedang duduk diatas pohon bambu. Ada juga yang menyebutkan melihat sosok tinggi besar dengan mata merah menyala sedang duduk diatas bambu sambil memegang rokok, menghalang-halangi orang yang mau lewat dijalan yang kebetulan bersebelahan dengan kebun bambu tersebut.