Mencium Istri Saat Puasa Batal Gak?

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Puasa yaitu menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Saat ini banyak yang masih bingung bagaimana hukumnya mencium pasangan hidup saat berpuasa? Apakah hal tersebut dapat membatalkan puasa?

Mencium Istri Saat Puasa Batal Gak?

Untuk mencari tahu jawabannya, mari kita lihat hadits berikut ini.

Dari Umar bin Al-Khatab ra. berkata, "Suatu hari aku beristirahat dan mencium isteriku sedangkan aku berpuasa. Lalu aku datangi nabi SAW dan bertanya, "Aku telah melakukan sesuatu yang fatal hari ini. Aku telah mencium dalam keadaan berpuasa." Rasulullah SAW menjawab, "Tidakkah kamu tahu hukumnya bila kamu berkumur dalam keadaan berpuasa?" Aku menjawab, "Tidak membatalkan puasa." Rasulullah SAW menjawab, "Maka mencium itu pun tidak membatalkan puasa." [HR. Ahmad dan Abu Daud]

Atau dalam pelafalan lainnya:

Umar bin Khattab pernah datang kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan mengadu, "Syahwatku naik, kemudian aku mencumbu istriku sementara aku sedang puasa." Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam balik bertanya, "Apa pendapatmu ketika kamu berkumur ketika kamu puasa?" Umar menjawab, "Tidak masalah." Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika demikian, apa yang perlu dikhawatirkan?" [HR. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani]

Yang perlu menjadi catatan tentu saja, jangan sampai tindakan tersebut berlanjut menjadi hubungan suami istri yang sudah pasti membatalkan puasa dan dikenakan hukuman cukup berat bagi yang melakukannya.