Beberapa Hewan Ajaib yang Diceritakan Dalam Alquran

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Alquran adalah sebuah kitab suci umat Islam yang akan selalu terjaga kemurniannya hingga akhir zaman nanti. Oleh karena itu, Alquran harus kita jadikan sebagai buku pedoman kita agar kita selamat di dunia dan di akhirat.

Meskipun Alquran adalah sebuah kitab suci, namun didalamnya tidak hanya berisi aturan-aturan agama saja. Bahkan di dalamnya terdapat berbagai macam ilmu pengetahuan serta kisah-kisah sejarah di masa lalu.

Beberapa Hewan Ajaib yang Diceritakan Dalam Alquran

Di dalam Alquran, hal-hal yang berbau ajaib adalah hal biasa. Karena, umat Islam percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi itu karena atas kuasa Allah SWT. Seperti halnya dengan kisah-kisah binatang aneh yang diceritakan di dalam Alquran berikut ini, jika kita hanya melihat dari sisi logis saja, tentu kita tidak akan percaya bahwa ada hewan yang dapat berbicara, lahir dari batu, dan lain-lain.

Tapi, sekali lagi hal ini dapat terjadi berkat kuasa Allah SWT. Dan berikut ini adalah beberapa hewan aneh yang diceritakan di dalam Alquran.

1. Unta Nabi Saleh

Nabi Saleh adalah seorang nabi dan rasul yang diutus kepada kaum Tsamud. Dalam menjalankan misi kenabiannya, Nabi Saleh selalu mendapat tentangan serta olok-olok dari kaumnya, yaitu kaum Tsamud.

Pada suatu hari, Nabi Saleh ditantang oleh kaumnya untuk menunjukkan mukjizat kepada mereka agar mereka percaya bahwa Nabi Saleh adalah benar-benar orang yang diutus Allah SWT.

Kaum Tsamud tersebut meminta Nabi Saleh untuk mendatangkan seekor unta dari sebuah batu besar, karena mereka yakin bahwa Nabi Saleh tidak akan sanggup menuruti permintaan mereka.

Kemudian, Nabi Saleh berdoa dan memohon kepada Allah agar permintaan kaum Tsamud tersebut dikabulkan. Dan, Allah akhirnya mengbulkan doa Nabi Saleh dengan mengeluarkan seekor unta betina dari sebuah batu yang sangat besar.

Merekapun tercengang melihat peristiwa tersebut, dan sebagian dari mereka akhirnya percaya kepada Nabi Saleh, namun sebagian lainnya tetap masih tidak percaya dan menganggap Nabi Saleh menggunakan ilmu sihir.

Kisah ini diabadikan didalam Alquran sebagai berikut:

"Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah, sebagai mukjizat (yang menunjukkan kebenaran) untukmu, sebab itu biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat". [QS. Hud ayat 64]

2. Ikan yang Memakan Nabi Yunus

Kisah Nabi Yunus yang sangat terkenal adalah pada saat ia masuk kedalam perut ikan yang sangat besar. Ikan yang memakan Nabi Yunus ini adalah seekor ikan yang menyelamatkan Nabi Yunus.

Ketika berada didalam perut ikan tersebut, Nabi Yunus berseru sebagaimana dikisahkan didalam Alquran,

"Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". [QS. Al-Anbya ayat 87]

Allah kemudian memerintahkan ikan tersebut untuk mengeluarkan Nabi Yunus dari perutnya, lalu keluarlah Nabi Yunus dari perut ikan besar tersebut dalam keadaan lemah dan sakit. Lalu Allah menumbuhkan pohon untuknya beristirahat hingga ia sehat kembali.

3. Burung Hud-hud Nabi Sulaiman

Didalam Alquran dikisahkan,

"Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini." [QS. An-Naml ayat 22]

"Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar." [QS. An-Naml ayat 23]

Kisah tersebut menggambarkan bahwa burung hud-hud adalah hewan yang mempunyai kecerdasan dan kecemerlangan berpikir sehingga dalam pengembaraannya untuk mencari makanan tidak semata untuk tujuan duniawi saja, melainkan untuk penyebaran agama.

Burung hud-hud, di antara waktunya, memanfaatkan kesempatan mencari berita dan kabar suatu kaum karena ia berkeinginan untuk menyampaikan risalah Islam kepada mereka. Melalui presentasi burung hud-hud yang gemilang serta keberanian dalam mengemukakan uzur (keterlambatan), Nabi Sulaiman dapat mengajak kaum Saba untuk mentauhidkan Allah.

4. Anjingnya Ashabul Kahfi

Kisah Ashabul Kahfi adalah kisah 7 pemuda dan seekor anjing bernama Qithmir yang tertidur lelap di dalam gua yang kurang lebih selama 300 tahun. Qithmir anjing yang menemani Ashabul Kahfi tersebut dipercaya sebagai satu-satunya anjing yang masuk surga.

Kisah Ashabul Kahfi dan anjingnya ini dikisahkan didalam Alquran sebagai berikut,

"Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka." [QS. Al-Kahfi ayat 18]