Orang-Orang yang Tidak Diterima Sholatnya oleh Allah

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Sebagai umat muslim, kita tentu tahu betul bahwa shalat adalah ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Oleh karenanya, saat kita mendengar lantunan adzan, sebaiknya kita segera pergi ke masjid atau mushola untuk melakukan ibadah shalat.

Shalat bukanlah ibadah yang dapat dilakukan secara asal-asalan, namun ada tata caranya dan sudah diatur oleh Rasulullah SAW. Shalat juga bukan ibadah yang boleh dilakukan dengan main-main, karena pada saat shalat kita itu sedang menghadap Allah SWT.

Orang-Orang yang Tidak Diterima Sholatnya oleh Allah

Oleh karena itu, kita tidak boleh main-main dalam melakukan ibadah wajib tersebut. Untuk itu, dalam melakukan shalat sebaiknya dilakukan dengan ikhlas dan niat yang sungguh-sungguh agar ibadah kita menjadi sempurna.

Rasulullah bersabda, "Islam dibangun di atas lima hal; bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat..." [HR. Bukhari dan Muslim]

Selain itu, shalat juga memiliki berbagai macam manfaat bagi manusia diantaranya ialah shalat dapat mencegah kita dari maksiat dan kemungkaran. Dalam hadits, Rasulullah juga bersabda, "Barang siapa yang memelihara sholat, maka sholat itu sebagai cahaya baginya, petunjuk dan jalan selamat dan barangsiapa yang tidak memelihara sholat, maka sesungguhnya sholat itu tidak menjadi cahaya, dan tidak juga menjadi petunjuk dan jalan selamat baginya."

Lalu, Rasulullah juga menjelaskan bahwa ada 10 golongan orang yang shalatnya tidak diterima Allah, mereka yaitu:

  1. Lelaki yang sholat sendirian tanpa membaca sesuatu.
  2. Lelaki yang mengerjakan sholat tetapi tidak mengeluarkan zakat.
  3. Lelaki yang menjadi imam, padahal orang yang menjadi makmum membencinya.
  4. Lelaki yang melarikan diri.
  5. Lelaki yang minum arak tanpa mau meninggalkannya (taubat).
  6. Perempuan yang suaminya marah kepadanya.
  7. Perempuan yang mengerjakan sholat tanpa memakai tudung.
  8. Imam atau pemimpin yang sombong dan zalim menganiaya.
  9. Orang-orang yang suka makan riba.
  10. Orang yang sholatnya tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan yang keji dan munkar.

Bahkan Rasulullah menjabarkan tentang poin nomor 10 dengan bersabda, "Barang siapa yang sholatnya itu tidak dapat menahannya dari melakukan perbuatan keji dan mungkar, maka sesungguhnya sholatnya itu hanya menambahkan kemurkaan Allah swt dan jauh dari Allah." Hasan r.a berkata, "Kalau sholat kamu itu tidak dapat menahan kamu dari melakukan perbuatan mungkar dan keji, maka sesungguhnya kamu dianggap orang yang tidak mengerjakan sholat. Dan pada hari kiamat nanti sholatmu itu akan dilemparkan semula ke arah mukamu seperti satu bungkusan kain tebal yang buruk."

Semoga kita tidak termasuk dalam golongan-golongan diatas. Amin.